Gadget Promotions

Sunday, September 6, 2015

Tips dan Trik Penggunaan Meizu M2 Note (Cara Root, Pakai Smartfren, dll)

Selama menggunakan Meizu M2 Note, saya menemukan ada beberapa hal yang cara melakukannya berbeda dibandingkan smartphone Android pada umumnya. Tak ayal hal-hal seperti ini acap kali menjadi pertanyaan yang diajukan berulang-ulang oleh beberapa orang yang saya temukan di forum, mailing list, dan juga grup di social media.

Daripada capek menjelaskan berulang kali, saya pikir ada baiknya membuat semacam FAQ atau daftar pertanyaan yang sering diajukan dan jawabannya. Daftar ini saya buat dengan format tips dan trik saja ya. Dan let's go, mari kita makan, eh mulai :D

1. Mematikan suara kamera

Saat fokus terkunci dan saat shutter ditekan, selalu terdengar bunyi khas. Khawatir Anda dituduh mengambil gambar seseorang tanpa izin padahal memang iya karena bunyi kamera ini? Tenang, bunyi tersebut bisa dimatikan koq. Hanya saja Anda takkan menemukannya pada menu pengaturan kamera. Masuklah ke Setting > Sound (gambar speaker) > System Sound, lalu matikan pada bagian Camera Shutter.

2. Melakukan sinkronisasi kontak Google

Pada Meizu M2 Note versi Internasional, kita sudah dapat menambahkan akun Google secara default. Namun saat masuk ke pengaturan sinkronisasi, kita takkan menemukan pilihan untuk dapat melakukan sinkronisasi kontak Google. Untuk mengatasinya, bukalah aplikasi AppCenter, abaikan bahwa konten aplikasi ini menggunakan tulisan tiongkok semua, pilih Continue saat muncul konfirmasi. Tap tombol search pada bagian bawah, lalu carilah "Google Installer" dan lanjutkan proses download hingga selesai. Setelah itu jalankan aplikasi Google Installer yang telah kita download, ketika selesai maka kita akan menemukan pilihan sinkronisasi kontak Google pada pengaturan akun.



3. Melakukan seleksi/blok pada teks

Pada beberapa kesempatan, melakukan tap dan tahan pada teks tidak dapat memunculkan opsi untuk seleksi/blok, copy, cut, dan paste teks. Ternyata caranya cukup simple, tempatkan kursor pada awal atau akhir teks yang akan diseleksi, lalu sapukan jari ke arah mana seleksi akan dilakukan. Maka teks akan terblok, dan menu pengeditan teks pun muncul.

4. Memunculkan Recent Apps

Cukup sapukan jari dari bawah layar ke atas. Harus persis dari bagian bawah layar, baiknya dimulai dari samping kiri atau kanan tombol home. Tap dan tahan icon aplikasi untuk menguncinya agar tidak tertutup. Tap dan sapukan icon ke arah atas untuk menutup suatu aplikasi. Tap dan sapukan icon ke arah bawah untuk menutup semua aplikasi lain, jika ini dilakukan di homescreen maka semua aplikasi akan tertutup.

5. Cara Root Meizu M2 Note

Ternyata, Meizu M2 Note dapat di-root langsung tanpa memerlukan tools tambahan lho. Terlepas dari masalah hangus atau tidaknya garansi apabila di-root ya, karena hal ini masih perlu dikonfirmasi lagi.

Cara untuk mendapatkan akses root pada Meizu M2 Note ini cukup ringkas, bukalah aplikasi Setting, lalu pilih menu Accounts (kedua dari atas). Kemudian akan muncul daftar akun-akun kita pada smartphone ini, pilih akun FlyMe yang berada terpisah sendiri paling atas, tulisannya "My FlyMe". Jika belum login, maka Anda akan diminta memasukkan alamat e-mail dan password. Setelah itu, Anda akan masuk ke layar detail akun FlyMe Anda. Pilih menu paling atas yang ada nomor user ID FlyMe Anda, maka Anda akan masuk ke layar Personal Settings. Pada bagian others, ada menu System Privilege, klik menu ini dan Anda akan dimintai konfirmasi. Setelah konfirmasi dilakukan, Meizu M2 Anda akan mengalami proses reboot.

Segera setelah smartphone Anda menyala kembali, akses root sudah berhasil Anda dapatkan. Masuk kembali ke menu System Privilege dengan urutan yang sama seperti di atas, maka Anda akan melihat daftar aplikasi apa saja yang dapat Anda berikan hak akses root ke system. Mudah kan?

6. Menggunakan kartu Smartfren dan Bolt pada Meizu M2 Note

Emang bisa? Jawabannya bisa! Saya sudah buktikan menggunakan kartu USIM Smartfren 4G. Syaratnya pastikan Anda berada dalam jaringan 4G Smartfren frekuensi 2300 ya. Smartfren hingga saat ini masih menjalankan 4G-nya pada dua frekuensi, Meizu M2 Note hanya support frekuensi yang 2300, bukan yang 850.

Setelah memasukkan USIM Smartfren 4G dan menyalakan Meizu M2 Note Anda, segera masuk ke Dual SIM and Network Settings. Arahkan penggunaan mobile data menggunakan SIM Card Smartfren. Lalu bukalah Dialer atau Telepon, dan masukkan kode berikut ini: *#*#3646633#*#* maka Anda akan dibawa masuk ke menu Engineer Mode. Cari pilihan Network Selecting, dan pilih LTE Only, lalu kembali ke Dual SIM and Network Settings. Pilih menu APNs, dan pilih nomor kartu Smartfren. Biasanya sudah ada APN yang otomatis muncul, jika belum juga dapat melakukan koneksi data, pilih RESET untuk APN pada kartu Smartfren ini, dan buatlah sendiri dengan parameter:

  • Name: Smartfren (yang ini sebetulnya bebas)
  • APN: Smartfren4G
  • Username: smartfren
  • Password: smartfren


Biarkan data lainnya tanpa perubahan, dan simpan dan pilih APN ini. Jika memang ada jaringan Smartfren 4G frekuensi 2300, Anda akan dapat melakukan koneksi data segera. Oya, jaringan Smartfren 4G frekuensi 2300 biasanya muncul sebagai 51009 pada nama kartu SIM-nya, pada Meizu M2 Note ini belum dapat muncul nama operator Smartfren.

Mengingat frekuensi yang sama juga digunakan Bolt, maka Anda yang menggunakan Meizu M2 Note di sekitaran Jabodetabek dan Medan harusnya bisa juga menggunakan Bolt pada smartphone ini. Cari saja info parameter APN yang tepat untuk Bolt ya, saya sudah lama pensiun pakai Bolt sejak pindah ke Bandung nih, he.. he..

7. Update ROM Manual ke FlyMe 4.5.3I

Ga dapat notifikasi update via OTA? Atau tiap cek update selalu dibilang sudah versi terbaru padahal masih di versi 4.5.2I? Gampang, buka saja URL berikut ini http://www.flyme.cn/en/firmwarelist-56-1.html lalu download file ZIP-nya. Setelah selesai, tempatkan file ZIP di memory internal Meizu M2 Note, lalu buka aplikasi Documents, dan buka file ZIP tadi. Maka akan otomatis muncul popup untuk konfirmasi reboot untuk melakukan update system. Tunggu sampai prosesnya selesai, dan Meizu M2 Note Anda sudah terupdate ke versi FlyMe OS terbaru.

8. Suara Tidak Keluar Saat Dikoneksikan ke Bluetooth Audio Device

Habis update FlyMe OS ke versi 4.5.3I? Terus biasa menyambungkan bluetooth ke tape atau head unit di mobil untuk mendengarkan lagu dari Meizu M2 Note Anda melalui speaker mobil? Dan setelah update FlyMe OS jadi ga keluar suaranya?

Jika jawabannya YA semua, hoho tenang saja. Cukup hapus device bluetooth yang sudah pernah dilakukan pairing, lalu lakukan kembali pairing ulang. Suara akan kembali keluar normal setelahnya, terbukti dan terpercaya (apa sih hehehe).

9. Menambahkan Kontak Dari Sim-Card

Sebagian orang yang baru berpindah dari feature phone ke smartphone pasti akan mengalami ini, kebutuhan memindahkan kontak dari sim-card ke memory telepon. Harusnya sih ini sekali saja, karena seterusnya kontak sudah tersinkronisasi dengan akun Google atau FlyMe.

Caranya cukup masuk ke aplikasi Telepon, tekan tombol Menu (tiga buah lingkaran kecil di kanan bawah), pilih Setting, lalu masuk ke menu Contacts and Account yang berada di paling atas. Setelah itu, scroll sampai bawah banget sampai menemukan menu Sim Card Contacts, buka menu ini. Pada layar Meizu M2 Note Anda akan ditampilkan semua data kontak yang berada pada sim card, tekan tombol download/import yang berada di kiri bawah layar.

Harusnya sih data kontak tersalin ya, saya soalnya ga dilanjutkan, soalnya mengimpor kontak lama dari sim-card ditakutkan membawa kenangan dan luka lama kembali, eeeet daaaah hahaha..


Daftar ini akan selalu saya update, jadi cek terus ya :)

26 comments:

  1. Trims gan infonya, awalnya saya ga tau kalo ada update, kirain sudah terupdate. Ternyata sebetulnya ada toh.. trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. FYI, ada keluhan setelah update, waktu dihubungkan ke audio device melalui bluetooth, suaranya ga keluar :)

      Delete
  2. Thanks infonya gan...
    ada pertanyaan nih, selain Meizu M2 Note, smartphone apa lagi ya yang bisa pake kartu smartfren ?
    mohon infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Andromax Series, Hisense Pureshot dan Pureshot+, harusnya sih Lenovo A6000 juga bisa, soalnya dulu pake Bolt bisa. :)

      Delete
    2. Hatur nuhun kang..
      kalo lenovo a7000 plus bisa pake kartu 4g smartfren ga ya ?
      Nuhun

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Saya sudah instal google installer tapi kok ga bisa dijalanin ya, diklik2 ga mau gerak.. Tgl dong infonya. Mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari AppCenter installnya?
      Hmm kenapa ya, versi Flyme OS berapa?

      Delete
  5. kalau smartfrennya ditaruh slot 2 masih bisa ga mas? trus caranya apa masih sama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah ga pegang meizu, jadi ga bisa jawab Mas :D

      Delete
  6. mau tanya dong kalo hp meizu m2 note layarnya berkedip kenapa ya?

    ReplyDelete
  7. mau tanya dong kalo hp meizu m2 note layarnya berkedip kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebaiknya ke Service Center kalau masalah hardware :)

      Delete
  8. Tanya..untuk menu data usage meizu m2 note di mana ya??thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. di dual sim setting atau mobile network, maaf sudah lupa soalnya udah ga pegang heuheu

      Delete
  9. cara kembali ke pengaturan pabrik gimana ya? coz BBMku gak nongol di pemberitahuan. klo mau buka bbm harus langsung ke aplikasinya.

    ReplyDelete
  10. Kalo hape meizu mati total, gak mau nyala, udah nyala ada tulisan "Sinkronisasi Aplikasi" ada loading angka dari 0-102 kadang 0-119 dll.. itu gimana ya? setelah nyala lagi, dia mati sendiri lagi. susah banget nyala nya.. padahal udh mencet tombol power lamaaa banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. baiknya dicek ke service center.
      besar kemungkinan masalah software, semoga bukan eMMC-nya yang kena :)

      Delete
  11. kalo buat hp alchatel flash 2 itu bisa dipasanginn kartu bolt gak..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. belom coba hape itu, lagi murah ya sekarang? :)

      Delete
  12. Assalamu'alaikum kang. mau tanya kalo meizu m2 note ada fitur double tap to wake sama double tap to sleep nya ga? soalnya prepare gontagantihape ke m2 note ini

    ReplyDelete
  13. Selamat siang gan...
    hape meizu M2note saya ke kunci dan minta pin,,, tapi seingat saya belum pernah register flyme account,, apa itu mungkin terjadi dan bagaimana unlockednya,,

    ReplyDelete
  14. pagi bos..
    saya pengguna meizu m3, semoga tidak salah kamar
    kenap hp saya tidak bisa pakai gps, seperti gps off, setelah saya cari tahu ternyata masih settinga china, setelah search sana sini ternyata tinggal di ganti, namun harus root. saya coba roost selalu gagal, dengan semua aplikasi rooted baik di hp/pc. saya cek tutorial spt punya agan tinggal cr di setting n dll. namun di hp saya tidak ada menu privillage yang di maksud, sudha cb ubek2 tapi ga ada, bisa bantu bos?

    ReplyDelete