Gadget Promotions

Saturday, September 5, 2015

Doogee X5 Pro, Smartphone 4G Terjangkau Nan Lengkap dari Negeri Tiongkok [PREVIEW]


Naksir berat sama Meizu M2 Note tapi males punya smartphone yang pasaran? Atau cari yang harganya lebih hemat? Layar 5.5 inch terlalu besar buat Anda? Atau Anda cuma pengen buat handphone kedua saja yang tidak harus terlalu tinggi speknya, yang penting bisa sinkronisasi data ke internet? Jika satu atau lebih dari pertanyaan saya di atas Anda jawab YA, sepertinya Anda perlu untuk menengok kepada sebuah smartphone keluaran negeri Tiongkok yang satu ini, Doogee X5 Pro.

Menggunakan besaran RAM dan ROM yang sama dengan Meizu M2 Note, smartphone terbaru keluaran Doogee Mobile ini dijual dengan harga setengahnya saja. Memang ini harga resmi untuk Pre-order di negerinya sana, namun bukan berarti para penggemar gadget di Indonesia tidak berkesempatan memilikinya lho. GearBest.com yang merupakan salah satu situs marketplace asal Tiongkok menyediakan penjualan smartphone ini untuk dapat dikirim ke seluruh penjuru dunia.


Desain


Desain Doogee X5 Pro ini cukup menarik. Meskipun bandrolnya sangat terjangkau, namun proses pembuatannya tidak asal-asalan. Proses pembuatan lekuk maupun bentuk pada body smartphone ini menggunakan teknik yang disebut CNC Fine Engraving, memastikan setiap bagiannya presisi dan siap digunakan dalam genggaman tanpa cacat. Jika ditilik, sekilas bentuknya mirip smartphone laris besutan Lenovo, Lenovo A6000.



Satu kelebihan Doogee X5 Pro adalah letak loudspeaker yang berada pada sisi bawah, bukan belakang seperti yang kita temukan pada Lenovo A6000. Hal ini akan sangat terasa manfaatnya di saat kita meletakkan smartphone kita di atas bidang datar, misalnya di atas meja. Aliran suara tidak terhalang sehingga memungkinkan nada dering terdengar dengan sempurna, membuat kita takkan melewatkan setiap panggilan yang masuk.

Rasio ukuran layar berbanding dengan sisi depan keseluruhan pun rasanya pas, tidak ada bagian yang terkesan terlalu panjang atau lebar. Proporsional adalah kata yang tepat untuk melukiskan bagaimana sisi depan dari smartphone yang satu ini.

Tersedia dalam dua warna, back cover Doogee X5 Pro ini cukup ergonomis dengan hadirnya lekukan yang membuatnya nyaman untuk digenggam bahkan hanya dengan satu tangan saja. Finishing lapisan yang terasa seperti karet, membuat bahan polikarbonat yang digunakan semakin mantap disentuh. Tidak mudah meninggalkan goresn, bekas minyak, namun tetap memberikan sensasi nyaman saat tangan kita menyentuhnya.






Layar

Dengan resolusi HD 720p, ukuran layar 5 inch terasa sangatlah pas dalam genggaman. Teknologi IPS yang sudah disematkan pada layarnya, menjauhkan kita dari kekhawatiran soal masalah sudut pandang layar dan reproduksi gambarnya.



Dapur Pacu

Untuk bagian ini, acungan jempol harus kita berikan pada smartphone yang dilepas dengan harga Pre-Order sebesar hanya $79.99 saja ini. Urusan jeroan, Doogee X5 Pro harusnya tidak terlalu ketinggalan dari performa Meizu M2 Note, terlebih kerja smartphone ini lebih ringan karena resolusi layarnya yang cukup HD alias 720 x 1280 pixel. Diharapkan dengan resolusi layar lebih rendah seperti ini, baterainya yang berkapasitas 2.400 mAh mampu menyuplai kebutuhan dayanya seharian.



Berikut spesifikasi resmi dari Dooge X5 Pro:

  • Band 2G: GSM 850/900/1800/1900MHz
  • Band 3G: WCDMA 850/1900/2100MHz
  • Sim Card: Dual SIM Card Dual Standby (Dual Micro SIM Card)
  • Service Provider: Unlocked
  • Color: Black/White
  • Shell Material: Plastic
  • OS: Android 5.1
  • CPU: MTK6735 Quad Core 1.0GHz
  • GPU: Mali-720 
  • ROM: 16GB
  • RAM: 2GB
  • Display Size: 5.0Inch
  • Type: IPS
  • Resolution: 1280 x 720 pixels
  • Card Extend: Support TF card up to 32GB extended
  • Camera: Dual Cameras, front camera 2.0MP, back camera 5.0MP
  • GPS Yes,built in.also support A-GPS
  • WIFI Yes, 802.11 b/g/n
  • Bluetooth Bluetooth 4.0
  • Multi-Touch Yes
  • Dimension: 143 * 72.2 *8.8 mm
  • Weight: 130g
  • Language: English, Spanish, Portuguese (Brazil), Portuguese (Portugal), Italian, German, Dutch, French, Polish, Romanian, Turkish, Russian, Arabic, Indonesian, Malay, Thai, Vietnamese, Hindi, Hebrew, Simplified Chinese, Traditional Chinese. (It has updated 48 languages)
  • Other Feature: WIFI, Play Store, FM, Bluetooth, Ebook, Email, Messaging, wallpapers, calendar, calculator, clock, camera, etc.


Software

Berjalan pada Android Lollipop 5.1, ini merupakan OS versi terbaru yang bisa kita nikmati saat ini. Cukup mengesankan bahwa smartphone dengan harga terjangkau seperti ini sudah membawa Android paling mutakhir. Meskipun membawa kustomisasi, namun terlihat tidak terlalu berat. Sebagai penggemar stock Android, saya senang saat kustomisasinya ringan-ringan saja, supaya penggunaan RAM tidak diberatkan oleh tampilan UI semata.


Kamera

Urusan pengambilan gambar menjadi titik yang sepertinya akan paling banyak menuai pro dan kontra. Resolusi kameranya bisa dikatakan pas-pasan, 5 Megapixels untuk kamera utama, dan 2 Megapixels untuk kamera depan. Meskipun interpolasi menggunakan perangkat lunak dapat membantu meningkatkan resolusinya menjadi 8 Megapixeld untuk kamera utama dan 5 Megapixels untuk kamera depan, namun nampaknya masih belum akan bisa membantu memposisikan smartphone ini dalam jajaran smartphone murah berkamera wah.


Paket Penjualan

Berikut adalah isi di dalam kotak Doogee Mobile yang disertakan dalam pembelian:
1 x Doogee X5 Pro
1 x 2400 mAh Battery
1 x USB Cable
1 x Charger



Jaringan

Dengan penggunaan salah satu tipe processor Mediatek terbaru, ini artinya smartphone Doogee X5 Pro sudah mendukung jaringan 4G lho. Wah nampaknya predikat smartphone 4G dengan harga termurah akan menjadi salah satu daya tarik utama smartphone ini. Belum lagi fakta bahwa chip Mediatek MTK6735 sudah terbukti mendukung jaringan 4G FDD-LTE sekaligus TDD-LTE, wah Anda para pengguna Smartfren Andromax pantas menunggu smartphone yang satu ini, siapa tahu bisa jadi alternatif bagi Anda yang tidak puas dengan jajaran smartphone yang ditawarkan operator tersebut.



Fitur

Dengan harga yang terjangkau, fitur Doogee X5 Pro terbilang lumayan variatif. Fungsi double tap to wake sudah hadir pada smartphone ini, meskipun smartphone ini hanya mendukung multitouch sebanyak 2 titik saja. Membawa fitur audio Box Sound Cavity, smartphone ini akan menjadi pendatang yang paling diperhitungkan apabila sampai ada distributor yang mau memasukkan produk ini ke Indonesia.




Kesimpulan

Processor quadcore terbaru? Checked! RAM besar? Checked! ROM lega plus masih bisa ditambahkan microSD? Checked! Layar IPS dengan resolusi minimal HD 720p? Checked! Support jaringan 4G? Checked! Harga yang terjangkau? Checked! Yang masih belum bisa checked hanyalah masalah kualitas hasil kamera 5 Megapixels-nya saja ya, semoga ada distributor yang mau memasukkan produk ini ke Indonesia ya. Oh, ini berarti ada satu lagi yang belum checked, ketersediannya. Untuk saat ini baru tersedia melalui situs online marketplace GearBest.com saja, namun sudah dapat melakukan pengiriman ke Indonesia ya. Syaratnya Anda harus punya Kartu Kredit atau akun PayPal untuk dapat melakukan pembayaran.

Dengan spesifikasi seperti di atas, maka Doogee X5 Pro siap menjadi primadona baru seandainya masuk ke tanah air. Menjamurnya penggunaan 4G di Indonesia akan membuat beberapa kalangan mencari smartphone 4G dengan harga terjangkau. Kalangan ini seringkali menggunakan smartphonenya untuk tujuan gaming juga. Saya rasa Doogee X5 Pro takkan menemui kendala jika diajak bermain game-game populer.

Satu yang mungkin menjadi sumber ketidakpuasan, adalah besaran resolusi gambar yang dapat dihasilkan kameranya. Namun dengan harga yang ditawarkan sih, harusnya hal ini masih dapat kita toleransi ya.

So, jika Anda sudah tidak sabar ingin memilikinya, saat ini sepertinya Anda harus memesannya langsung dari negeri asalnya langsung di GearBest.com pada link berikut: www.gearbest.com/cell-phones/pp_234310.html

1 comment:

  1. i like this phone but when i compare with Bluboo Maya then result is Bluoo maya is best so i decide to buy Bluboo Maya, this is amazing phone that comes with decent specs and according to Bluboo, brings high-quality Sony IMX sensor camera and price only at $69.99

    ReplyDelete