Gadget Promotions

Monday, September 28, 2015

Piramid Online, Setitik Nila di Belanga Susu Lazada


Sekitar dua minggu lalu, di Lazada sedang ramai-ramainya bertebaran hujan voucher diskon. Sebagai seorang konsumen oportunis, saya tak luput dari khilaf, memanfaatkan diskon-diskon ini, dengan harapan bisa mendapatkan gadget yang selama ini diimpikan namun belum kunjung nyata akibat halangan dana. He.. He..

Menyasar BlackBerry Q10 yang Harganya Terjun Bebas

Bidikan kali ini saya arahkan kepada perangkat dengan keypad fisik yang nyaman. Belakangan ini saya sering merasa kesulitan mencari waktu untuk menulis, padahal banyak sekali yang ingin saya tuangkan di blog ini, entah itu pengalaman saya bertualang di ranah e-commerce dan layanan konsumen online, maupun kabar-kabar bahagia seputar dunia gadget.

Perangkat Blackberry nampaknya masih berada di lini depan untuk soal smartphone berkeypad fisik. Hanya saja tak mungkin saya membeli perangkat dengan BlackBerry OS 7 ke bawah, paket BIS tidak ada yang bersahabat dengan kantong. Jatuhlah pilihan saya pada BlackBerry Q10 dengan harga termurah sebelum diskon di Lazada sebesar Rp 1,9 jutaan.

Pada Halaman Handphone dan Tablet, Terpampang Piramid Online dalam Program Promo Rekomendasi Seller

Saat saya mengunjungi Lazada dan masuk ke halaman Handphone dan Tablet, sebuah space terisi oleh program promosi Merchant atau Seller (istilah Lazada: supplier). Waktu itu Merchant yang kebagian dipromosikan adalah Piramid Online. Kebetulan Merchant ini menjual BlackBerry Q10 yang sedang saya buru dengan harga Rp 1,9 jutaan juga.



Saya simulasikan dengan program diskon yang saat itu ada di Lazada, harganya tinggal Rp 1,7 jutaan saja deh. Wah, good deals pikir saya kala itu.

Saya lalu teringat, Piramid Online sebelumnya sudah banyak kasus. Coba saja googling, ada kasus Redmi Note cacat, Zenfone 2 salah spesifikasi, dan barang refurbished. Bimbang antara harga murah dan banyaknya kasus, saya putuskan lanjut saja membeli BlackBerry Q10 di sana, sekalian menguji kabar-kabar yang banyak beredar soal Merchant ini saja lah. Saya yakin uang saya takkan ke mana-mana di marketplace online sebesar Lazada begini.

Mencoba Pembayaran Menggunakan Internet Banking Mandiri untuk Pertama Kali

Ada yang lain saat checkout pesanan kali ini, rupanya Lazada sudah mengadaptasi metode pembayaran baru melalui channel Bank Mandiri. Metodenya yaitu melalui menu pembayaran yang dapat dilakukan dari ATM Mandiri maupun web internet banking Bank Mandiri. Metode seperti ini biasanya tak butuh konfirmasi manual, dan mengingat dana saya memang adanya di rekening Bank Mandiri, sayapun eksekusi pembayaran melalui menu pembayaran di Internet Banking Mandiri. Untuk metode yang satu ini, rupanya Lazada bekerjasama dengan payment gateway Mitrapay.

Pesanan Tak Kunjung Berubah Status

Selesai melakukan pembayaran, saya kembali mengecek pesanan saya di Lazada. Tidak seperti saat melakukan pembayaran via BCA ATM Otomatis (menu pembayaran di ATM BCA), status pesanan kali ini tidak langsung berubah. Saya pun kemudian mengontak Customer Service Lazada melalui fitur livechat, jawaban dari pihak Lazada cukup melegakan hati, pembayaran sudah diterima meskipun status pesanan belum terupdate.

Keesokan harinya, status pesanan berubah dari 'verifying' menjadi 'memproses'. Bertambah legalah hati ini, setidaknya meskipun Gista Putri melangsungkan resepsi pernikahannya dengan orang lain, pesanan saya di Lazada lancar prosesnya (ga nyambung, I knew. Baper, itu juga I already knew ha.. ha..).

Mengirim Pesan kepada Piramid Online di Tokopedia, Lagi-lagi

Sudah tiga hari berlalu sejak saya melakukan pembayaran, status pesanan belum juga berada dalam pengiriman. Rasa galau kembali datang (halah). Saya kembali bercengkrama dengan CS Lazada melalui jejaring livechat, dikatakan barang sedang dalam proses pengemasan oleh Supplier, saya tahu jawaban ini hanyalah template semata, tapi ya sudah kita cari cara lain untuk mem-push si Piramid Online ini untuk segera mengirim barang.

Hasil dari googling, saya dapat beberapa info kontak Piramid Online. Pertama saya invite BBM mereka, hasilnya sampai saat saya menulis artikel ini, belum juga kami dapat berteman di BBM, padahal saya sudah gemas lho ingin mengirim ribuan PING! kerinduan saya (pada pesanan saya tentunya, bukan pada owner Piramid Online hehehe).

Kedua, saya dapat nomor telepon Piramid Online dari sebuah postingan blog yang pemiliknya juga pernah dikecewakan Piramid Online. Sms sudah dikirim, namun rupanya kerinduan saya masih harus bertepuk sebelah tangan. Tak ada balasan yang saya terima, mungkin dia lelah, ataukah tak punya pulsa untuk sms saya, he.. he..

Terakhir, jurus andalan saya, berkirim pesan di Tokopedia. Kebetulan Piramid Online juga menggelar lapak di sana. Jumlah transaksinya di Tokopedia ternyata baru belasan, hebat juga ya bisa sampai mendapat space promo di Lazada si Merchant nakal yang satu ini. Dari data Tokopedia bisa diketahui user Piramid Online ini baru saja login dalam kurun waktu 24 jam yang lalu, sip deh pesan pun saya tulis agar mereka segera mengirim pesanan saya di Lazada.

Lagi-lagi jurus kirim pesan di Tokopedia ini menemui hasil, esoknya Piramid membalas pesan saya. Mereka menanyakan nomor pesanan saya di Lazada.

Saya balas dengan mencantumkan nomor pesanan saya di Lazada. Tak lupa saya tegaskan supaya mereka tidak mengirim barang refurbished buat saya.

Pesanan Saya Dibatalkan, (Konon) Piramid Kehabisan Stok




Sehari setelah PDKT dengan Piramid Online, saya harus menerima kenyataan pahit, gagal gagal gagal dalam bercinta dengan BlackBerry Q10. Pesanan saya di Lazada statusnya menjadi 'dibatalkan'.



Penuh kekesalan dan emosi, saya menghubungi kembali CS Lazada. Jawabannya sungguh tak memuaskan, mereka beralasan ada kendala di sistem, saya nyatakan saya tak puas dengan alasan ini. CS Lazada yang bernama Nuryasin itu pun meminta waktu untuk menghubungi tim terkait untuk informasi detailnya. Saya diminta tenang karena pasti dana saya akan dikembalikan dalam waktu 3-7 hari kerja setelah permohonan masuk ke bagian keuangan Lazada.

Sore harinya, CS Lazada sudah mendapatkan informasi bahwa pembatalan disebabkan oleh Supplier mengalami OOS, Out of Stock alias kehabisan stok. Menggelikan! Bagaimana tidak, saat itu Piramid Online masih menjual BlackBerry Q10 dengan SKU dan link yang berbeda. Saya sampaikan fakta ini, dan sedikit memaki bahwa Lazada memelihara Supplier bermasalah!



Jika Anda cari saat ini, seharusnya Piramid Online sudah tidak menjual lagi BlackBerry Q10, mungkin ini tindak lanjut atas protes keras saya.

Setahu saya, jika Supplier tidak dapat memenuhi komitmen kepada pembeli seperti ini, Lazada berhak memotong deposit mereka untuk kemudian diberikan sebagai kompensasi kepada pembelii berupa voucher belanja. Namun sepertinya saya memang sedang apes pake banget, cuma dapat permohonan maaf atas ketidaknyamanannya saja.

Tanggapan dari Mereka yang Pernah Berurusan dengan Piramid Online

Saat saya bahas kasus saya ini di milis id-android, rupanya ada beberapa suhu di sana yang juga pernah bermasalah dengan Piramid Online ini. Satu di antaranya pernah dibatalkan pesanan BlackBerry Q10-nya, namun akhirnya tetap dikirim setelah mengancam akan memperkarakan Lazada dan Piramid Online.

Refund Lazada cepat, ajaib sekali.

Kebetulan juga, salah satu pakar gadget Indonesia, sedang mempunyai transaksi yang dibatalkan oleh Lazada, saya mention deh dia di twitter, menanyakan kabar refund-nya dengan tak lupa memberi mention ke @LazadaID.

Jawaban dari admin twitter Lazada untuk proses refund adalah 7-14 hari, wow lebih lama dari jawaban yang diberikan CS Lazada di livechat yang berkisar antara 3-7 hari saja.

Namun ajaibnya, hanya butuh waktu satu hari saja hingga uang saya dikembalikan utuh oleh Lazada. Mungkin protes keras saya disertai mention ke seorang pakar gadget cukup ampuh membantu proses refund di Lazada ya, he.. he..

Blacklist Yuk Piramid Online Ini Sebelum Jatuh Korban Selanjutnya

Tak ingin memaksa Piramid memenuhi kewajibannya, saya memilih menerima refund ini walaupun tanpa kompensasi. Daripada dapat barang refurbished, mendingan uang kembali saja deh, biar saya gunakan membeli gadget di marketplace lain, sekalian menguji bertransaksi di beberapa e-commerce Indonesia yang belum saya arungi.

Pesan saya, di marketplace manapun oknum penjual bermasalah sangat mungkin ada. Pastikan Anda mengecek reputasi penjual di berbagai tempat. Untuk Piramid Online ini, rekomendasi saya sebaiknya jangan pernah deh membeli barang dari mereka. Daripada makan hati sendirian, barang tak datang, Gista Putri dipinang orang, lengkap kan penderitaannya? He.. he..

Saya bersyukur uang saya kembali dengan utuh, namun dalam hati ini sudah terpatri, untuk menyebarkan pesan ini: Mari kita masukkan Piramid Online ke dalam blacklist belanja online. Semoga saya jadi korban terakhir ketidakbecusan Piramid Online Shop.

103 comments:

  1. Terima kasih mas infonya. Nah ini yang kadang mengganjal. Apa iya, merchant tidak di verifikasi terlebih dahulu? Apa asal angkut yang penting untung?

    Memas sih saya belum perna beli lewat merchant nya Lazada, lebih sering beli barangnya Lazada. Semoga yang lain tidak tertipu merchant macam gini, Iklan dipasang, dipesan barang habis.

    Anyway, siapa mas Pakar gadget yang di mention :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. verifikasi kan di awal saja kayanya, bisa jadi di awal memang bagus hehehe.

      mention om HSW :D

      Delete
  2. Dia cuma gak ada stock. dan uang pasti kembali karena anda trf ke lazada. Saya lihat anda cuma kesal karena barang tidak ready.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe sah-sah saja pendapat Om Michael bahwa saya hanya kesal.

      cuma, pada saat dicancel, Piramid masih jual BB Q10 koq.

      uang kembali tapi kan lama tertahan, ga bisa dibelika barang lain segera

      Delete
    2. Berarti anda blom beruntung, kalo di lihat dari kasus di atas, anda termasuk pembeli yg cukup arogan, karena di atas masalahnya hanya kebhabisan stock, dan itu wajar disaat barang sedang banyak diskon mereka kehabisan barang.

      Saya tidak membela penjual atau pembeli, tapi terlihat komplain yg berlebih.
      Untuk pihak penjual juga kurang respon sepertinya,
      Mungkin untuk kasus ini, pihak penjual bisa melihat apa yg di keluhkan.

      Delete
    3. alasan seller di message tokopedia bukan stok koq, cek saja sampai hari ini Piramid masih jualan BB Q10 di blanja.com juga.

      alasan stok habis saya dapat dari CS Lazada.

      terima kasih sudah menganggap saya arogan, memang di sini posisi konsumen sangat lemah, kalo struggle sedikit saja sudah dibilang arogan hehehe

      Delete
    4. Berarti yg harus anda permasalakan adalah pihak CS lazada yg kurang info atau main asal biilang stock kosong.

      Kalo saya baca CS lazada yg bermasalah bukan Penjualnya.
      disini anda menjelekan penjual dan membela lazada yg jelas" bilang stock kosong.

      Posisi konsumen tidak dalam kondisi lemah sama sekali, karena uang anda ada di pihak lazada sampai barang sudah sampai.

      Delete
    5. Saya sebetulnya mau menyodorkan fakta lain, tapi tampaknya lebih baik saya simpan saja, Anda sudah punya asumsi Anda sendiri, jadi tidak perlu saya jelaskan apa-apa lagi sepertinya :D

      Delete
    6. hahah seru neh baca comment ini, laxada aja smp skrg kasusnya ama saya blom beres, skrg ditambah merchantnya.. hooahmmm.. om micheal #shameonyou

      Delete
    7. sudah om, ntar dibilang arogan lho.. hihihi

      Delete
    8. saya pernah belanja lewat lazada juga suplayernya piramid online.yaitu xiaomi redmi note 3g.sekali pesan cepet bgt hari ini saya transfer 2 hari dah sampai.posisi saya di jogja.namun barang yang dikirim ternyata cacat,ada beberapa yang tidak fungsi,saya sms ke piramid online tidak di balas,invite pin bb gak di add,akhirnya komplain ke lazada dan langsung ditanggapi,suruh kirim balik dan akan diganti baru.
      akhirnya saya return dan setelah seminggu saya dapat ganti baru.selama seminggu menunggu barangnya datang saya mencari info tentang piramid online dan ternyata mereka memang menjual barang yang tidak layak pakai,akhirnya barang baru yang datang langsung saya jual lagi.jadi intinya saya puas dengan pelayanan lazada tapi tidak untuk piramid onlie.semoga kedepanya lazada tidak bekerja sama dengan piramid online lagi.

      Delete
    9. betul, lebih baik cari aman saja. masih banyak seller yg serius jualan online :)

      Delete
  3. bersukacitalah karena sistem marketplace membuat uang kembali. Bayangkan apabila membeli di OLX, kemungkinan uang hilang akan lebih besar. Right?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tentunya masih bersyukur karena uang kembali, walaupun kita sebagai konsumen berhak mendapat kompensasi atas wanprestasi yg dilakukan seller.

      saya bayangkan dulu ya om membeli di OLX, karena setahu saya OLX tidak menangani pembayaran transaksi, alias cuma iklan baris, jadi komparasinya tidak apple-to-apple kalo menurut saya :)

      Delete
  4. Saya sering dana tertahan di Lazada dengan alasan barang out of stock, total sudah mencapai 15juta kalau diparalelkan. :)

    Detik ini dana saya tertahan di angka 6,8 juta dengan alasan out of stock, padahal hari ini seller ini masih menjual barang yang ingin saya beli, tetapi sudah ada koreksi harga dengan harga lebih tinggi.

    Betapa buruk kontrol Lazada terhadap suppliernya, jika harga yang diberikan oleh supplier dirasa terlalu rendah dengan demand yang tinggi, maka supplier bisa cancel sesuka hatinya kemudian melakukan penjualan lagi dengan koreksi harga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya Om, sudah sepantasnya Lazada mempertegas aturan main kepada suppliernya, demi nama baik Lazada juga ini. :)

      Delete
    2. hahaha, jelas dari toko seberang ini.

      Delete
    3. Duh gimana ya, ketika yg lain membahas fakta dan data, ada yang menulis asumsi seperti ini. Heuheu, beda alam jadinya.

      Delete
  5. Main2 mas ke lapak saya di lazada.co.id/bayoujam

    ReplyDelete
  6. Main2 mas ke lapak saya di lazada.co.id/bayoujam

    ReplyDelete
  7. LEBAY BANGET.

    Banyak org yg menyebutkan, belanja online banyak keuntungannya dibandingkan belanja offline.
    NYATANYA, belanja Online jg banyak minusnya dibandingkan belanja offline.
    Salah satunya ya, yg anda permasalahkan ini.

    Kesimpulannya, Kl belum siap beli online, lebih baik jangan beli online.

    Mending beli offline, anda bisa mmastikan ketersediaan barang, bisa cek barang 'sampai mampus' (jd tdk perlu repot2 lgi request ke penjual dgn menegaskan jgn mengirim brg refurbish KAN ????)

    Satu hal yg perlu diketahui, Piramid Online jg mempunyai Toko Offline di Jakarta Pusat. WAJAR, apabila sistem stok penjualan offline mereka tdk otomatis mnyesuaikan dgn sistem stok penjualan online mereka baik di Lazada, Tokopedia, blanja.com, dll...)
    Jadi tdk perlu juga anda menuduh Piramid Online berbohong/tdk bahwa stok BB Q10 nya kosong. Kl FAKTANYA memang stok kosong bagaimana ??
    Kl anda mengatakan 'Buktinya, Piramid masih jualan BB Q10 di blanja.com", jawabannya sederhana, Mungkin saja Piramid belum mengupdate/memperbarui stok di blanja.com apalagi blanja.com termasuk e-commerce yg agak 'sepi'.
    Dtambah lagi, ketika anda memesan BB Q10 tsb ketika momen Sale/Diskon/Voucher Lazada besar-besaran beberapa hari lalu bukan ? Tentu Sangat Wajar apabila derasnya arus penjualan Piramid saat itu shg akhirnya stok habis/kosong.

    Ya garis besarnya yg saya lihat tulisan anda ini hanya Bentuk kekecewaan krn anda tdk berhasil mendapatkan BlackBerry Q10 dgn harga super murah yg telah anda idam-idamkan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah nampaknya Mbak Clara up to date banget soal Piramid dan kondisi e-commerce.

      Keterangan dari Piramid bukan kehabisan stok lho, dia bilang kesalahan sistem di Lazada. Malah orang Lazada yang bilang OOS.

      Memang ini tulisan kekecewaan saya koq, sama seperti tulisan-tulisan orang lain yg saya dapatkan saat googling soal merchant yg satu ini :)

      Siap beli online itu siap ga dikirim barang maksudnya? Saya saja siap bayar, masa penjual ga siap kirim. Kalau pembeli harus siap beli online, penjual juga harus siap jual online dong? :D

      Delete
  8. sabar om irfan ..mas michael dan mbak clara pasti digaji sama piramid online...atau mereka berdua mungkin ownernya...hehehe... lebih galak mereka berdua dari om irfan yang curhat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Inshaa Allah masih sabar, makin dilayani ya makin melebar nanti heuheu.

      Delete
    2. Nah ini salah satu contoh ORANG SUPER TOLOL.

      Tolong donk tunjukkan Buktinya bahwa saya digaji/owner dari Piramid Online.

      Heran, ketika saya dan mungkin mas michael mempunyai pandangan/sudut pandang yg berbeda berdasarkan pengalamannya, tiba2 muncul orang SUPER TOLOL yg menuduh/menduga org berbeda pandangan tersebut merupakan rekan/teman dari Piramid Online.

      Kl anda tdk bisa menunjukkan bukti tersebut, ya anda memang pantas disebut orang SUPER TOLOL.


      Delete
    3. nah kan, jadinya keluar bahasa-bahasa tidak pantas. hey ayo dong diskusi yang sehat.

      Delete
    4. Mas Irfan, kl anda menginginkan diskusi yg sehat, saya ingin tahu pendapat anda sbelumnya.
      Menurut anda komentar 'Unknown'/entah siapa itu dengan menuduh seperti itu dasarnya apa ?? Apa komentarnya mnunjukkan diskusi yg sehat/tidak ?

      Delete
    5. saya mengingatkan buat semuanya koq, makanya saya tidak menanggapi asumsi yang dibuat, terutama oleh akun anonim :D

      hanya kebetulan penyebutan kata-kata kurang pantas dengan huruf kapital semua, dimulai dari Mbak Clara. Ini nama asli kan, Mbak? :)

      Delete
    6. Tnyata anda tidk mau mberikan pendapat thdap pertanyaan saya tsb.

      ARtinya tuduhan thd prnyataan komentar 'unknown' itu tadi tidak anda permasalahkan.

      Saya sudah SALAH BESAR ikut berdiskusi disini. Krn yg membuat tulisan/blog ini sendiri tnyata BELUM CUKUP SEHAT.

      Ini akhir tulisan saya di blognya "Buyer yg Tidak BECUS". (sama halnya spt tulisan anda diatas 'ketidakbecusan Piramid Online Shop')

      Saran saya terakhir, sebelum membeli SMARTphone jadilah orang SMART terlebih dahulu. :)

      Terima Kasih

      Delete
    7. Hehehehe banyak yg ngga googling ya.. Coba aja pada googling Piramid Online shop.. Lumayan banyak negatif nya.
      Saya justru terima kasih sama bro Irfan, yg jelas seller kaya gitu sih saya hindari.

      Delete
    8. Terima kasih info nya, dan komen yang mencoba nge flame dan mengalihkan topik, bottom line, masih banyak toko ol / vendor ol yang jauh2 lebih siap jualan ol dan jujur, di banding yang atu ini (tidak jujur dan/atau tidak siap).

      Delete
    9. @clara hush hush.... napa? gak senang? iya baca komen anda cmn bikin ngakak, keliatan tololnya kok anda... ngatain org tolol tanpa sebab... saya jg yg membaca comment anda curiga inget curiga kalaubanda adalah org dalem piramid. yah lebih baik anda capcus aja deh.. buat org waras aja, biar gak kejebak.

      Delete
    10. hehe sudah om, makin direspon makin seneng dia :)

      Delete
  9. Satu hal Yg pasti klo piramid memang niat jualan Online ya harus nya di perkuat juga bisnis Online nya. Jgn krn kehabisan barang do toko offline kemudian online terbengkalai. Ini duit org loh yg di tahan bukan punya tuyul. Langkah mas Irfan cerdas menurut saya ra googling dulu sebelum membeli jadi bisa tau reputasi seller online gimana. Di Indonesia imho yg jualan offline bisa jadi sangat bagus reputasi nya tp bisa jasa online rating nya jeblok. Begitu juga sebaliknya. Dan dari kasus nya mas Irfan, piramid Online shop Ini yg jeblok rating jualan online nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, mungkin secara offline tokonya bagus-bagus saja, bisa jadi.

      mungkin kurang keurus saja urusan jualan onlinenya :)

      Delete
  10. Kalo lihat ceritanya piramida tuh memang gak beres jualannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. piramid om/tante, ga pake -a hihihi.

      sebetulnya saya sudah googling soal kasus-kasusnya, tapi mumpung diskon n sekalian buktiin, eh ternyata bener :)

      Delete
  11. Haha, komentar saya diatas langsung diputarbalikkan oleh bro Michael dengan kata "dari toko sebelah". Dan bro ini dibela oleh bro / bri Clara, dengan mengalihkan topik pembicaraan fakta. :D

    Saya sebenarnya tak terlalu suka diskusi membahas fakta negatif seperti ini, karena pasti akan ada pahlawan dari pihak yang merasa salah.

    Saya dari toko sebelah ya bro Michael? Bisa dilihat buktinya buat pembaca lain, ini transaksi saya terakhir dengan nilai 6,8 juta yang dicancel sepihak, kronologi cancel sepihak sudah saya sampaikan di komentar awal diatas.

    http://4.bp.blogspot.com/-znc9fCnzHV0/VhNluxs023I/AAAAAAAABAc/4VY1vjxHLAc/s1600/Untitleds-vert.jpg

    Diparalelkan dengan transaksi dulu, sudah ada dana saya senilai 15 juta yang sempat tertahan karena cancel sepihak.

    Pesan saya buat yang mau belanja Handphone di Lazada, HINDARI MEMBELI HANDPHONE YANG HARGANYA DIBAWAH HARGA PASARAN jika barang itu DIJUAL OLEH MERCHANT, karena kemungkinan CANCEL sepihak akan sangat besar.

    Yang membuat Lazada murah itu adalah adanya voucher yang nilainya memang sangat lumayan, dan jika barang itu dijual oleh Lazada sendiri, jika dijual oleh merchant rata-rata harganya sesuai harga pasaran.

    Untuk permasalahan refund, sayangnya saya mengalami sampai seminggu lebih, bisa dilihat pada image yang saya kirimkan diatas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kita yg bermain dengan data dan fakta, dikompori tangan-tangan tak bertanggungjawab ya Mas...

      ya sambil senyum-senyum aja bacanya biar ga ikut panas heuheu...

      saya doakan semoga proses refund Mas Daru dapat segera diterima. Tips saya, minta ke CS tanggal pasti kapan request refund masuk ke bagian keuangan Lazada.

      Dulu saya agak mengancam akan bawa media sih heuheu

      Delete
    2. Untuk refund sudah masuk kok Mas, cuma ya mencapai 10hari sejak tanggal cancel sepihak.

      CS Lazada memang cukup buruk, dalam artian kita yang harus mengejar mereka, bukan mereka yang melayani kita. Sangat berbeda dengan CS dari marketplace lain, dimana kita yang dikejar, diemail ditelpon bahkan kadang di sms.

      Walaupun CS buruk, saya tetap belanja di Lazada kok kadang-kadang, karena harga yang murah jika saat ada promo voucher, selisihnya sangat lumayan dibanding marketplace lain. :D

      Cuma belanjanya lebih cari aman saja dimana saya membeli barang dari Lazada, sebisa mungkin bukan membeli dari Merchant untuk menghindari cancel sepihak dan dana tertahan.

      Delete
  12. Wah bro, saya malah baru tau setelah baca artikel ini. Saya juga numpang cerita ya. hehehe

    Sebelumnya udah pernah beli barang dari merchant satu ini.
    sekitar 2 bulan yg lalu, saya iseng2 pengen nyobain smartwatch, terus lihat2 di lazada pas ada diskon 10% khusus barang elektronik. waktu itu beneran gak kepikiran sama sekali buat browsing reputasi merchant ini, soalnya selama belanja gadget di lazada (belum pernah di merchant piramid) alhamdulillah nggak pernah ada kendala di pengiriman ataupun di barangnya.

    Akhirnya saya beli deh, asus zenwatch. buat proses emang nggak secepat lazada sendiri. Toh saya juga waktu itu pesan weekend (sabtu) jadi nggak mengharap shippingnya cepat. Hari selasa baru resi masuk di status pemesanan saya, rabu masih manifested, dan kamis barang sampai.

    Nah, saya unbox deh zenwatchnya. Pertama saya sempat curiga, unit yang saya dapat box nya tidak dibungkus plastik rapat yg biasa ada di dus2 hp baru. Tapi saya lihat segelnya, masih rapat dan sulit dikelupas jadi ya saya percaya2 aja. Lanjut ke nyalain unit, normal2 saja sampai setting kelar. Habis itu saya menemukan hal ganjil lagi, ada yang aneh sama baterainya. Saya lihat di notifikasi, baterainya 74%, tapi di watchface nya (di antarmuka jam nya) 48% saya inget banget hehe. deg2an deh tuh. terus saya utak atik di setting, ternyata emang baru update software. yaudah saya pikir gara2 belom update software aja mungkin. Setelah update software, sekitar ada 4 update (dari kitkat ke lollipop), baru deh tuh saya test ulang lagi. ternyata indikator masih ngaco juga, suka loncat berkurangnya lebih dari 1%. Batre rasanya jadi boros banget padahal ngecas juga udah dari 0% sampai 100%.

    Galau melanda, pengen nelpon lazada komplain buat replace barang, tapi udah males bayangin prosesnya yang ribet (apa mungkin saya aja yang males ya haha). Akhirnya saya putuskan, kalo besok masih tetep error saya baru akan proses ke lazada. Tapi, ndelalah, alhamdulillah batrenya normal. Pemakaian pagi, malam jam 9an batre masih di angka 40% dan sekarang ga pernah turun drastis lagi.

    Dan habis baca artikel ini, saya jadi mikir apa jangan-jangan jam saya ini refurbished ya... tapi ya sebenernya 2 bulan ini udah nggak pernah ada masalah apa2 lagi di hardware/software jam nya sendiri jadi semoga aja deh awet. tapi habis ini kayaknya saya jadi bakal lebih ketat buat milih merchant di lazada.

    Thanks berat bro Irfan buat infonya, bermanfaat banget nih buat yang suka belanja via e-Commerce supaya lebih hati2 lagi. Emang kadang yang aman itu masih butuh pengamanan ekstra juga ya. hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe saya tidak bisa berspekulasi soal zenwatch-nya om...
      biasanya refurbish terjadi pada barang yg sudah lama ada di pasaran, bahkan sudah hampir tidak dijual barunya.

      zenwatch seharusnya masih banyak barang barunya ya...

      mungkin cacat produk saja.

      semoga zenwatchnya kembali normal, dan ya memang belanja online harus pilih-pilih :)

      Delete
  13. Waduh ngeri juga y. Kemaren hari rabu ane order xiaomi yi tavel edition dari seller ini dgnharga bersaing. Dan masih proses pengiriman. Semoga aja nanti gak dpt brang refurbish/cacat atau yi cam nya new tpi monopodnya gak ori :'( (sedih jg klo ngebayangin)

    ReplyDelete
    Replies
    1. gimana sudah keterima pesanannya? semoga baik2 saja ya :)

      Delete
  14. wah saya telat baca blog ini, pesanan sy di blibli juga gak kunjung dikirim nih sama seller ini.
    udah saya japri juga di tokopedia bukalapak semuanya gak dibalas, asem nih orang.
    koq masih bisa dipercaya ya sama marketplace2 nya, heran sy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah berapa lama om?
      blibli kadang agak lama, karena yang ngirim bukan sellernya, tapi blibli yang jemput barang buat dikirim barengan, soalnya blibli kan free ongkir.

      semoga cepat dikirim, diterima, dan tanpa kendala ya Om ;)

      Delete
    2. Baru dapat email dari Blibli :
      Terima kasih atas kepercayaan Anda berbelanja di Blibli.com dan menjadikan Blibli.com e-commerce pilihan Anda. Informasi dari pihak merchant bahwa akan ada keterlambatan pengiriman pesanan 11000936497 - 11001047524 untuk produk Asus Zenwatch WI500Q Brown Smartwatch dikarenakan produk baru tiba dari supplier ke gudang merchant kami pada tanggal 30 November 2015. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya.

      Saya langsung balas diceritakan reputasi merchant ini dan saya minta refund aja biar hati tenang :)

      Yang paling dongkol saya kirim pesan di tokopedia sama bukalapak dia gak balas pdhl tiap hari online dia, asyem tenan

      Delete
    3. 30 November??? Males banget yak...

      Betul, lebih baik refund.

      Delete
    4. Dan sampai hari ini barang gak datang2, refund gak kelar2
      hiks

      Delete
    5. waduh kasian bener nih kang Wahyu... sabar ya kang..
      mudah-mudahan diganti rejekinya yang lebih baik. amin.

      Delete
  15. Saya pesan di qoo10id XIAOMI NOTE 4G harga super bersaing.
    hari selasa 24 Nov langsung di proses rabu malam sudah keluar resi JNEnya. Hari ini Kamis kemungkinan barang sampai. Jadi 2 hari saja bila hari ini sampai sejak pemesan.
    Trims Piramid dengan perbaikan servicenya.
    Go online shopping.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, ada "kaki tangannya" lagi nih! Iya sih, akhirnya saya ikut2an kaya mereka kalau nanggepin yang beginian, cuma saya suka ga rela aja ngasih punchline ke orang-orang kaya gini... Maap ya mas irfan jadi ngotorin komen sectionnya, yah itung2 ngeramein dagelan si piramid lah...hehehe...

      Delete
    2. baiknya memang menyuarakan sesuatu menggunakan identitas yg jelas, biar bisa dipertanggungjawabkan heuheu...

      tugas belanjaonlineman sudah selesai di bumi, kembali keeee.... laptop! :D

      Delete
  16. ikutan ngomeng ah.. sy hampir klik pesan cm liat review nya jadi males.. biarin aja biar mampus tuh piramid kerjaannya cm menyulitkan konsumen.. kalo ada yg bela piramid sy bongkar kelakuan modus mereka disini.. let see

    ReplyDelete
    Replies
    1. share aja om/tante, biar tidak jatuh korban lebih banyak :)

      Delete
  17. Hadeh... ane telat googling nyari info ttg penjual... baru tadi malam (11 Des 15)ane pesan xiaomi redmi note lewat bukalapak.com dgn merchant tsb... smoga barang yg nyampe tdk ada masalah ato tidak cacat...Aamiin

    ReplyDelete
  18. Hadeh... ane telat googling nyari info ttg penjual... baru tadi malam (11 Des 15)ane pesan xiaomi redmi note lewat bukalapak.com dgn merchant tsb... smoga barang yg nyampe tdk ada masalah ato tidak cacat...Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Gan, ane juga tergiur beli redmi note 2 di bukalapak via Piramid Online Shop, status dikirim tgl 11 Des 15 (JNE YES) sampe sekarang belum nongol, yang parahnya ane gak bisa tracking tu barang No. Resi gak sesuai dengan format resi JNE pada umumnya, ini cuma 4 digit "1234" doang. hadeuh. Udah lapor ke bukalapak, katanya baru dikasih jawaban 1x24 ke depan. :(

      Delete
    2. sesama korban telat baca nih, aduh.. saya juga niat googling piramid online karena saya dikasih no resi di bukalapak dengan no. 1234. Nah loh mana ada no resi macam ni..
      saya juga membeli redmi note 2, karena lagi ada diskon, kirain karena hari belanja online nasional jadi harganya pada diskon, terus ada counter time nya lagi. kirain kaya flash sale nya lazada.
      wah mudah-mudahan bisa kembali uangnya.

      Delete
    3. @Gede Ananda : Transaksinya saya batalkan, pihak bukalapak sudah melakukan refund. :)

      Delete
  19. ngadu ke bukalapak lewat fitur kirim pesannya, ngga ada balasan. mungkin harus di telpon kali ya..
    nge message penjualnya ga ada respon sama sekali.
    padahal situs piramidonlineshop nya kelihatan profesional. aneh, bisa begitu...

    ReplyDelete
  20. alhamdulillah, uangnya dah dibalikin ke bukadompet .. hehe
    masih selamat. mudah-mudahan yang lain juga bisa dikembalikan uangnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah... sayang ya, diskon harbolnas-nya gagal gara-gara seller tak bertanggungjawab macam ini... :(

      Delete
    2. iya bang irfan, hehe. waswas juga soalnya. biasanya kalo belanja online ga pernah sewaswas transaksi yang satu ini.

      Delete
    3. Alhamdulillah, pihak bukalapak sudah refund ke bukadompet... Dapat pelajaran berharga dari kasus ini, untuk pertama kalinya selama belanja online saya merasa dagdigdug.. Terus terang awalnya kemarin Saya agak terburu-buru memutuskan untuk transaksi dengan Piramid Online Sh#t, tanpa googling, review terlebih dahulu... Terbuai dengan moment Harbolnas dan harga yang murah (ternyata murahan)... Hehehe...

      Delete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  22. ane juga pesan dari tanggal 12 desember gan status juga tak kunjung berubah dari "dibayar" ke "di kirim" ane PM akunny tuh protes 3 kali d bukalapak. Tgl 14 Des status berubah jadi "di kirim" dengan nomor resi 123456. Apa2an nih kirimnya gak niat, nomer resi bohong2an. apa cuman buat nenangin. Kamfret dah..
    udah ane ultimatum kalo kirimnya klamaan, awas. akhirnya dbales dengan bahasanya yag diplomatis. dikasi penjelasan tokonya overorder gan & stok masih banyak, mohon maaf keterlambatannya.
    Pembeliaan sengaja ngga ane cancel gan.. ntar kalo uda nyampee ane update lagi ya gan. hehehe

    ReplyDelete
  23. Saya baru mengalami hal yg tidak menyenangkan oleh piramid olshop ,saya order hp lenovo seharga 1 jt di matahari mall dgn seller tsb . Tepat seminggu barang datang tgl 18 .
    Tetapi ketika dibuka dus hp dalam keadaan rusak/kotor dan segel sudah dibuka (mengindikasikam bahwa yg di kirim adalah barang bekas ).
    Ketika saya cek saya lebih kecewa karna ternyata tdk ada charger dan micro sd 2gb seperti yg dijanjikan. Yang saya heran di nota pembelian yg dikeluarkan seller jelas jelas ditulis barang dalam kondisi baru dan aksesoris lengkap.
    (Saya tidak akan komplain bila di web diberitahu bahwa barang yg dijual seller adalah barang bekas ,masalahnya secara jelas tertulis kalo itu baru ) rencanaya saya akan mengembalikan barang itu pada matahari mall dan saya berharap uang saya di refund/dikembalikan .
    Karna saya sudah tidak ingin berurusan lagi dengan piramid olshop.
    Saya mengakui salah tidak goggle piramid shop terlebih dahulu.
    Tp bukan berarti sebagai konsumen bisa dipermainkan dgn mengirim barang asal asalan .
    Mungkin nominal nya tidak besar ,tapi saya merasa ditipu oleh piramid shop karna mengirim barang bekas.
    Oh ya kontak piramid shop tdk ada yg bisa di hubungi sama sekali (bbm ,tlp tdk di jwb )
    Semoga proses refund dari pihak matahari mall tidak dipersulit dan prosesnya tidak memakan waktu lama .
    Dan untuk piramid shop semoga usahanya berkah saja .

    ReplyDelete
  24. No order saya di matahari mall c1449827092814 terhitung hari ini 19/12 barang sudah saya kirim kepada matahari mall . Semoga proses refund tdk dipersulit nanti akan saya update status kelanjutannya .
    Note ini sebagai peringatan untuk yang berniat order di piramid olshop .
    Semoga info saya membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga lancar dan cepat selesai proses refundnya, Mbak :)

      Dan jadi perhatian bagi yang lain juga.

      Delete
  25. Maaf gan, tolong ana gimana caranya biar bisa membatalkan transaksi pembelian dg piramid online shop, sedang uang sudah ditranfer ke lazada..
    saya baru aja beli hari senin tgl 21, mumpung barang belum dikirim..
    plis gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. caranya ada di:
      http://www.lazada.co.id/helpcenter/orders-payment/#answer-faq-changeorder-ans

      semoga berhasil mas Ghazi :)

      Delete
    2. kalau misalkan uang belum kembali dan barang sudah dikirim itu gimana gan?? haduh

      Delete
    3. retur saja, coba ada link produknya ga mas? biasanya ada jaminan pengembalian dll di halaman produknya :)

      Delete
    4. nih mas,
      http://www.lazada.co.id/xiaomi-redmi-note-3g-8gb-putih-2087695.html
      maaf ini jadi ngerepotin

      Delete
    5. waduh status barangnya sudah terkirim..
      Pesanan telah dikirim melalui JNE, no.resi cgkg907657301215, Input nomor tracking di JNE memakan waktu antara 1 s.d 3 hari kerja. Anda dapat melihat status pengiriman di www.jne.co.id/ or atau menghubungi 021-2927.8888

      itu bener ga mas resinya? gimana ini ya

      Delete
    6. itu produk ada jaminan 100% Perlindungan Pembeli dan/atau Jaminan Kepuasan

      dalam waktu 14 hari bisa refund koq harusnya.

      cek di sini:
      http://www.lazada.co.id/helpcenter/returns-refunds/#answer-faq-return-ans

      Delete
    7. tapi ternyata barang yg sudah dikirim itu bukan hapenya mas, saya salah liat tadi.
      yg udh dikirim barang yg lain.
      gimana kalo kasusnya gini mas? jadi tadi saya order 2 barang, beda pengirim
      yg order hapenya bisa refund ga?

      Delete
    8. trus status barangnya belum dikirim juga , padahal udh lebih dar 2 hari kerja.
      menurut mas baiknya dibatalkan atau meminta segera dikirim?

      Delete
  26. Harga 1 item 1,7jt rupiah
    Jika ada 100 orderan, total dana masuk adalah 170jt rupiah
    Jika proses menunggu dan proses refund digabung dan totalnya memakan waktu 2 minggu, maka pendapatan bunga yg diperoleh dari 170jt rupiah adalah sebesar....

    Itung sendiri deh, hahaha

    ReplyDelete
  27. Saya baru saja mengalami hal serupa dengan seller Piramid online shop ini.. Jadi pada waktu tgl 14 januari kmarin setelah menimbang2 akhirnya sy memutuskan beli xiaomi redmi note 3 di lazada dengan seller ini, karena dengan pertimbangan harga lbh murah dr seller sebelah.. Sy sebelumnya sama sekali tidak curiga akam seller ini.. Karena dalam sejarah sy membeli produk di lazada selalu terkirim dengan baik dan tidak ada kendala pada barang.. Setelah sy mengklik submit dan transaksi berhasil, tiba2 seperti ada yg mengganjal dan saya iseng2 googling soal review orang2 soal seller ini di lazada.. Ternyata hasilnya banyak yg kecewa dengan seller ini, barang salah kirim lah, cacat lah, dsb. Akhirnha saya jd was2 mengetahui hal tersebut, memikirkan bagaimana dengan nasib pesanan saya.. Tidak menggu lama, ternyata hr ini tanggal 16 jan barang tiba di tangan saya dkirim oleh kurir Lex (Lazada express).. Ketika sy membuka packing paket ternyata apa yg sy khawatirkan terjadi! Sungguh mengesalkan ternyata barang yg ada dalam paket bukan xiaomi redmi note 3 melainkan xiaomi redmi note 2! Ketika sy baca invoice pengiriman barang pun nama dan alamat yg tertera dsitu bukan nama saya! Saya kecewa berat dan langsung menghubungi pihak lazada untuk melakukan pengembalian barang (refund uang).. Semoga hal ini dapat diselesaikan dengan tuntas oleh pihak lazada, sesuai dengan jaminan 100% dan jaminan kepuasan yg dibilang lazada untuk seller ini! Menurut saya lazada harus mereview lagi kelayakan seller ini untuk menawarkan produknya di lazada, sebelum nama lazada tercoreng gara2 seller bodong yg sangat mengecewakan ini.. Harusnya konsumen lebih pintar untuk mengecek terlebih dahulu tentang review seller ini sehingga tidak ada yg dkecewakan lagi, semoga proses pengembalian produk ini dapat beres dengan tuntas sehingga sy dapat membeli produk serupa di seller lain yg lbh terpercaya! Lazada tolong agar hal ini diperhatikan agat tidak jatuh korban seperti saya lagi! Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kita mulai dengan memberitahu kepada teman dan saudara mbak, biar ga jatuh korban lebih banyak :)

      semoga mbak proses returnya lancar ya :)

      Delete
  28. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  29. Ada yg udah beli mi3 di blibli nggak dengan seller piramid ini? , hrga 1,5 bikin ngiler, mana udah ditransfer lagi... Tolong ya bagi yg udah beli kasih tau gimana barangnya, moga2 ane dpt yg bgus bkn refurbish

    ReplyDelete
  30. Ane ambil di lazada seller piramid online shop... Rate seller d lazada ok.. Jd ane ptusin ambil iphone 4s (meski yg refurbished) tp ketrgan mreka seakan akan trprcaya bgt...
    Y ane lihat lazada jg... Jd nya ane beli dah tu iphone 4s
    Eh bru dpt seminggu tmbol volume error...
    Ane klaim gransi B-Cell trnyata bru klar sbupan lbh... Dn parahmya.. Imei awal hp ane dr yg prtama dg yg ane bru trima, ganti imei nya..

    Trus yg awalnya storage 64Gb, jd cmn 12Gb..

    Sran an.. Jgn ambil dah... Jgn beli di lazada lg.. Klo ada msalah mreka lmpar ke seller nya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. di manapun kalo ada masalah pasti dikembalikan ke seller, kecuali barang disediakan sendiri oleh si marketplace.

      kalo soal iPhone lama, mau sellernya manapun di online, kebanyakan memang refurbished.

      yg masih ori dan baru, biasanya di Global Teleshop Om, harganya pun masih terpaut jauh :)

      Delete
  31. ane kemaren beli yg di blibli bro mi3 1,5 gada mslh, bagus, cuma emg segel plastik di hp udh kebuka, trus laku kan 1,6 ane jual, soal nya ane cicil 12 x, org bayar cash, untung lah ane ga pake modal..

    rencana mau beli lagi di piramid via elevenia, emg murah gan 1,5, tapi gegara baca cerita ente semua jadi ngeri.. wkwkwkwkwwk..

    gimana nih enak nya, beli lagi atau enggakk ya.?
    ada yg mau beli lagi 1,9
    wkwkwkwk,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo siap nanggung resiko pas orang klaim kerusakan sih ga masalah, dan harus siap nanggung barang yg diterima ada masalah juga, atau lama kirimnya :D

      dulu juga saya suka jual hape diskonan, selama untungnya masih masuk akal, dan garansi pribadi saya cuma seminggu, lanjut aja :D

      Delete
  32. Gan.. baru baca jugaaa saya beli ciaomi mi4 2.299 kemarin di blibli.com transaksi tgl 25 feb hari kamis...di websitenya sih estimasi sampai barangnya dr 26 feb - 3 maret. Dan sampe hari ini di websitenya msh proses pengambilan oleh kurir sejak tgl 25. Aduh bagaimana inih -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. ditunggu dulu saja om, semoga ga ada masalah.
      cuma harus dicek baik-baik kondisi barang nanti, Mi4 cukup rawan barang rekondisi

      Delete
    2. bang irfan tau gak cara bedain barang ori sm rekondisi?
      xiaomi yg saya kemarin itu untuk yang di hongkong msa gan..
      tulisan nya mi.hk
      kalau tau cara beda in nya tolong di share bang..

      thx b4

      Delete
    3. kalau xiaomi kurang tau ciri-ciri rekondisi, kalo di iPhone kentara soalnya dari casing, sama aksesorisnya terkesan murahan

      Delete
  33. Infonya sangat bermanfaat. Trims..

    ReplyDelete
  34. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  35. mbak, maaf, saya salah satu pelanggan yang dikecewakan piramid karena serial number hp yang saya beli tidak sama dengan yng dikardusnya. boleh minta info nomor telpon piramida mbak? terima kasih banyak

    ReplyDelete