Gadget Promotions

Saturday, February 13, 2016

Full Review Lenovo Vibe S1, Sang Selfie Maker


Pada tulisan kali ini, Anda mungkin akan menemukan sesuatu yang berbeda dari gaya penulisan saya sebelumnya. Apakah itu? Saya tidak akan menjawabnya, bacalah sampai akhir ya, biar tahu, tahu bulet, lima ratusan, digoreng di mobil. Halah, ha.. ha.. ha..

Ternyata Lenovo tidak asal klaim saat membubuhkan jargon Selfie Maker kepada salah satu smartphone keluaran terbaru mereka, Lenovo Vibe S1. Kamera depannya mampu menghasilkan foto selfie yang sangat jernih. Sementara konfigurasi dual front camera-nya (8 Megapixels + 2 Megapixels) berguna untuk memodifikasi hasil selfie sehingga latar belakang dapat dibuat blur atau dihilangkan untuk diganti dengan latar lain.

Penasaran dengan hasil selfie Lenovo Vibe S1? Cek artikel yang satu ini ya, saya sudah upload hasil foto kamera Lenovo Vibe S1 baik menggunakan kamera depan maupun kamera utamanya yang berresolusi 13 Megapixels.

Desain Body Lenovo Vibe S1

It's all about beauty. Smartphone ini secara mengejutkan tampil begitu menawan pada kondisi nyata. Saya menulis demikian karena foto-foto produk Lenovo Vibe S1 di berbagai marketplace sama sekali tidak terlihat menarik.

Tapi pada kenyataannya? Setiap sudutnya sangat menunjukkan citarasa desain smartphone kelas atas. Sampai saya yakin banyak orang takkan menyangka ini adalah smartphone dengan merk Lenovo, sebuah merk global asli Tiongkok. Rasanya garis desain Lenovo Vibe S1 lebih identik dengan yang biasa hadir pada smartphone keluaran Samsung, Apple, dan Motorola. Nama terakhir ini nampaknya yang membuat misteri indahnya desain Lenovo Vibe S1 sedikit lebih masuk nalar.

Ya, saya yakin Lenovo Vibe S1 adalah hasil campur tangan Motorola Mobility yang beberapa waktu lalu diakuisisi Lenovo dari tangan Google. Anda lihat saja beberapa penampakannya berikut ini.

Lenovo Vibe S1 -
Lenovo Vibe S1 - dari sudut terindahnya

Lenovo Vibe S1 - tampak belakang
Lenovo Vibe S1 - tampak belakang

Lenovo Vibe S1 - sisi bawah
Lenovo Vibe S1 - sisi bawah: lubang microfon, micro USB 2.0, lubang speaker

Lenovo Vibe S1 - sisi kiri, hanya terdapat slot dual sim card
Lenovo Vibe S1 - sisi kiri, hanya terdapat slot dual sim card

Lenovo Vibe S1 - sisi atas: noise cancellation mic dan port audio 3.5 mm
Lenovo Vibe S1 - sisi atas: noise cancellation mic dan port audio 3.5 mm

Lenovo Vibe S1 - sisi kanan: tombol power dan volume rocker
Lenovo Vibe S1 - sisi kanan: tombol power dan volume rocker

Spesifikasi Jeroan Lenovo Vibe S1

Spesifikasi dapur pacunya ternyata tidak dilupakan. Processor octacore 64-bit besutan Mediatek, MT6752 ditemani oleh lapangnya RAM sebesar 3 GB dan kapasitas memory internal 32 GB.





Sebuah catatan khusus bagi saya, processor Mediatek MT6752 pernah memuaskan saya saat disandingkan pada Meizu M1 Note. Performa MT6752 kala itu sangat lancar, lebih lancar dari Cinta Laura berbahasa Indonesia, ha.. ha.. Selain itu konsumsi baterainya tidaklah rakus, buktinya dulu Meizu M1 Note saya mampu bertahan lebih lama dari rasa kangen ini satu hari penuh.

Pastinya juga bukan tanpa sebab Sony mempertahankan MT6752 ketika mengeluarkan penerus dari Xperia C4. Ya, Sony Xperia C4 dan Sony Xperia C5 Ultra sama-sama menggunakan processor ini. Sampai saat ini saya masih menahan hasrat untuk mencoba Sony Xperia C5 Ultra, harganya masih belum bersahabat di kantong euy, hehe...

Performa Lenovo Vibe S1

Kembali ke Lenovo Vibe S1, ada dua hal yang perlu kita uji dengan konfigurasi MT6752 - RAM 3GB - Layar 5 inci Full HD sehubungan dengan performa nyatanya, karena jika melihat angka-angka di atas kertas nampaknya cukup menjanjikan.

1. Hasil Uji Benchmark Sintetis Lenovo Vibe S1 dengan Antutu Benchmark.

Skor Antutu Benchmark Lenovo Vibe S1 berada di atas Meizu M1 Note. RAM yang lebih besar saya yakini jadi faktor pembeda. Hingga titik ini, MT6752 masih jadi jaminan performa buat saya. Sayang sekali processor penerusnya, MT6753 yang banyak sekali digunakan di smartphone yang saat ini beredar di Indonesia (Meizu M2 Note, Alcatel Flash 2, Infinix Zero 2, Infinix Note 2, AccessGo GoTune 5, dll), malah terasa sebagai sebuah degradasi, bukan perbaikan.

Lenovo Vibe S1 - Skor Antutu Benchmark
Lenovo Vibe S1 - Skor Antutu Benchmark

2. Daya Tahan Baterai Lenovo Vibe S1

Ada tiga kondisi berbeda saat saya mengukur daya tahan baterai Lenovo Vibe S1:

Kondisi 1: Umur masih hitungan hari, masih sering-seringnya dipakai.


Saat punya hape baru, biasanya saya banyak install aplikasi, coba menu sana-sini. Alhasil dalam waktu 13 jam saja baterai sudah kepayahan.

Kondisi 2: Umur sudah hitungan minggu, pemakaian normal.


Masa bulan madu sudah lewat, hape mulai jarang dijamah haha... Tapi mampu tembus 24 jam dengan Screen On Time 3,5 jam adalah prestasi mengingat layar sudah Full HD 1080p, RAM besar (3 GB), sementara baterai hanya 2.420 mAh.

Kondisi 3: Umur sudah hitungan minggu, sudah tahu ada fitur Ultimate Power Saver.


17 jam dipakai, dan sisa baterainya masih lebih dari setengah. MT6752 benar-benar cocok buat saya nampaknya. Selanjutnya dapat dilihat prestasi terjauhnya adalah 1 hari dan 10 jam (OK, kurang 3 menit sih haha). Nah prestasi ini saya capai setelah mengaktifkan fitur di bawah ini:


Lenovo Vibe S1 mempunyai fitur Ultimate Power Saver yang membantu menghemat daya tanpa membuat smartphone ini mengalami delay saat menerima notifikasi.

Apa Kata Aa tentang Lenovo Vibe S1

Bagian ini sudah berada pada domain selera, dan penuh subjektifitas ya. Jangan heran kalau isinya mungkin tidak sesuai dengan keinginan Anda.

Hasil pemakaian Lenovo selama satu bulanan saya rasa cukup memuaskan. Sayangnya level harga yang sudah masuk kelas premium ala Lenovo tidak tercermin dalam beberapa hal berikut ini:

  • Sensor banyak disunat. Konfigurasi sensor seperti ini bisa Anda temukan pada Infinix Note 2, tapi wajib diingat harga resmi Infinix Note 2 tak sampai setengah dari harga resmi Lenovo Vibe S1.
  • Lenovo Vibe S1 - Sensor
    Lenovo Vibe S1 - Sensor

  • Tombol kapasitif tanpa lampu latar alias backlight. Ini tentu bisa ditolerir pada Lenovo A6000, tapi perlu diingat lagi bahwa Lenovo A6000 harganya 1,6 jutaan, bukan 4 juta kurang seribu seperti halnya Lenovo Vibe S1.
  • Lenovo Vibe S1 - tombol kapasitif tanpa lampu latar
    Lenovo Vibe S1 - tombol kapasitif tanpa lampu latar

  • Tidak ada LED Notification. Sampai titik ini  saya sungguh bingung koq ada smartphone semahal ini dengan banyak penyunatan begini.
  • Tidak disertakannya headset dalam paket penjualan. Meskipun sama seperti smartphone keluaran Lenovo lainnya yang juga menyertakan pelindung layar dan hardcase, namun saya berharap ada headset juga untuk harga segini sih.

Lenovo Vibe S1 - kotak kemasan memanjang dan stylish
Lenovo Vibe S1 - kotak kemasan memanjang dan stylish

Lenovo Vibe S1 - belakang kotak
Lenovo Vibe S1 - belakang kotak

Lenovo Vibe S1 - box
Lenovo Vibe S1 - box

Lenovo Vibe S1 - box
Lenovo Vibe S1 - box

Lenovo Vibe S1 - kelengkapan dalam kotak penjualan
Lenovo Vibe S1 - kelengkapan dalam kotak penjualan

Lenovo Vibe S1 - kepala charger dengan output 5v 1.5 A
Lenovo Vibe S1 - kepala charger dengan output 5v 1.5 A

Buat Anda yang tidak punya masalah dengan budget, mementingkan looks dari sebuah smartphone, dan tentunya penggila selfie, smartphone ini bisa jadi alternatif di saat Anda bosan dengan produk Samsung tapi belum bisa move on ke perangkat apel kroak. Penggemar Motorola juga bisa sedikit melampiaskan rindunya melalui Lenovo Vibe S1, karena menurut saya smartphone ini memiliki cukup banyak kemiripan desain dengan Moto X 2014.

Buat yang mementingkan value berbanding price (harga jual), absennya banyak sensor pada Lenovo Vibe S1 nampaknya akan menjadi deal breaker bagi Anda.

Saran saya, jika memang kebelet ingin memiliki smartphone ini, carilah diskon besar. Saya masih menganggap Rp 3.999.000 masih overpriced untuk Lenovo Vibe S1. Terbukti dengan harga jual kembalinya yang jatuh sekali. Di kaskus ada beberapa yang menjual Lenovo Vibe S1 kondisi tilas tapi raos (bekas tapi mulus) di kisaran 3,1 juta dan masih menerima nego.

Berikut ini ada promo diskon yang untuk ukuran saat ini rasanya cukup nampol (hape saya selanjutnya dibeli menggunakan promo ini, hehehe).



Pantas atau tidaknya Lenovo Vibe S1 ini dimiliki, pastinya saya kembalikan kepada masing-masing, karena selera dan kebutuhan orang bisa berbeda.

Buktinya cukup nyata, saya termasuk pengguna yang cukup dipuaskan. Bahkan seandainya tidak bertemu dengan HTC One E8, mungkin Lenovo Vibe S1 ini akan menjadi hape utama saya.
Namun, selidik punya selidik, rekan milis yang membeli unit ex-review dari saya ternyata saat ini malah sudah mengiklankan kembali Lenovo Vibe S1-nya.

Ya ini buktinya bahwa results may vary, people are unique. He.. he.. he..

Sebagai penutup, saya tampilkan kembali video unboxing dan first impression saya terhadap Lenovo Vibe S1 ini.


No comments:

Post a Comment