Review Modem Mi-Fi Smartfren Andromax M3Y, Baterai Besar Mimpi Basah Semua Pelanggan Smartfren

review modem mifi 4g smartfren andromax M3Y

Buat Anda yang sudah pernah membaca artikel review modem mi-fi milik smartfren lain (Review Andromax M2P dan Review Andromax M2Y) di blog saya ini, pasti bertanya-tanya kenapa saya beli mi-fi lagi, masih Smartfren pula yang notabene modemnya pasti locked.

Alasan saya kembali membeli modem mi-fi keluaran terbaru Smartfren antara lain:
  1. Serasa beli kuota, tapi bonus modemnya.
  2. Harganya sama dengan modem keluaran lama, aneh kan?
  3. Baterainya dong, 3.000 mAh, ini mah udah kaya mimpi basah banget lah akhirnya Smartfren sadar juga kalau mi-fi itu butuh baterai lebih besar.
Konon katanya, selain baterai, spesifikasi teknis lainnya masih sama dengan modem mi-fi pendahulunya. Ya anggap saja beli kuota deh, dapet charger baru pula, ha.. ha.. Lanjutkan saja deh baca artikel review modem mi-fi 4G Smartfren Andromax M3Y ini ya, biar tahu apa pendapat saya tentang produk yang satu ini.

Oh ya, klik link berikut ini jika Anda mencari review Modem Mi-Fi 4G Smartfren Andromax M3Y ya!

Unboxing dan Hands-on Smartfren Andromax M3Y

Saya sudah dokumentasikan proses unboxing-nya dalam video di bawah ini. Mohon dimaklumi ya jika suaranya teramat pelan, ceritanya sih sedang bereksperimen melakukan video recording menggunakan kamera smartphone Xiaomi Mi 4c. Bahkan, semua foto pada artikel kali ini pun dihasilkan oleh smartphone yang sama. Cek di got:


Anda yang tidak punya ponsel Smartfren tidak perlu khawatir akan kesulitan mengaktifkan perdana yang disertakan pada paket penjualan. Begitu dinyalakan sudah langsung bisa terkoneksi ke internet koq. Setelah itu Anda bisa mendaftarkan nomor Anda di web my.smartfren.com dengan menggunakan nomor perdana dan kode aktivasi yang tertera pada stiker di bagian belakang modem.

review modem mifi 4g smartfren andromax M3Y
Smartfren Andromax M3Y - Stiker di belakang berisi banyak informasi


Tak lupa, buat pengguna smartphone Android, segera install aplikasi MyLink M3Y di Google PlayStore, biar tak perlu setting-setting modem melalui interface web admin. Sayangnya aplikasi MyLink M3Y ini masih kurang enak dilihat, seringkali tulisan di suatu menu tak terlihat jelas karena latar belakangnya yang transparan.

Berikut penampakan langsung dari Smartfren Andromax M3Y.

review modem mifi 4g smartfren andromax M3Y
Smartfren Andromax M3Y - keterangan pada kotak kemasan

review modem mifi 4g smartfren andromax M3Y
Smartfren Andromax M3Y - fitur yang tertera di kotak kemasan

review modem mifi 4g smartfren andromax M3Y
Smartfren Andromax M3Y - that look!

review modem mifi 4g smartfren andromax M3Y
Smartfren Andromax M3Y - tombol WPS ada di pinggir


review modem mifi 4g smartfren andromax M3Y
Smartfren Andromax M3Y - saat dibuka, port micro-USB ada di bawah ya

review modem mifi 4g smartfren andromax M3Y
Smartfren Andromax M3Y - tombol reset, slot micro-SD, slot simcard


Plus dan Minus Smartfren Andromax M3Y

Kelebihan Smartfren Andromax M3Y

  1. Baterai, pastinya! 3.000 mAh lho, besar dan tahan lama (err.. kaya iklan anu deh).
  2. Harganya tetap.
  3. Bonus kuota besar (18GB + bonus 12GB, sampai gimmick-nya adalah beli kuota bonus modem.
  4. Waktu yang diperlukan untuk menyalakan hingga terkoneksi terbilang singkat.
  5. Slot micro-sim menggunakan model jepit, kesukaan Om Herry SW banget ini mah. Jadi yang sudah kadung memotong simcard-nya menjadi ukuran nano, masih bisa dipasangkan tanpa adapter, asal pas saja memposisikannya.

Kekurangan Smartfren Andromax M3Y

  1. Ukurannya makin bongsor, ya iya lah!
  2. Lampu indikator kurang terlihat di luar ruangan.
  3. Indikator baterai cuma menggunakan warna (biru saat masih banyak, merah saat lowbat, hijau saat charging. Kita tidak bisa memperkirakan sisa baterainya, lebih baik indikator berupa bar seperti di M2Y).
  4. Kurang ajar! Kalo ini sih menurut mereka yang belum lama ini keburu membeli modem Smartfren Andromax M2Y dan menyesal. Ha.. ha.. ha..

Apa Kata Aa tentang Smartfren Andromax M3Y

Beginilah kalau saya melakukan review selain smartphone, kadang suka bingung apa saja yang harus diujikan. Ini adalah modem mi-fi Smartfren ketiga yang saya coba, bagusnya adalah dari modem yang paling awal sampai yang terakhir ini, selalu kapasitas baterainya meningkat, 1.500 mAh di M2P, 2.000 mAh di M2Y, dan akhirnya 3.000 mAh di M3Y. 

review modem mifi 4g smartfren andromax M3Y
Smartfren Andromax M3Y - jualan utama modem ini, baterai!


Inilah kekuatan utama dari Smartfren Andromax M3Y! Ya, baterai! Dalam pemakaian saya yang rata-rata menghubungkannya dengan tiga perangkat secara bersamaan, baterainya selalu mampu bertahan di atas delapan jam.

Kalau soal ukuran yang besar, itu adalah harga yang harus dibayar untuk bisa mengandung sang baterai yang kapasitasnya jumbo itu. Secara build quality, Smartfren Andromax M3Y sepadan dengan harganya. Finishing-nya sekarang matte dengan tekstur bagian depan seperti brushed metal, meninggalkan sentuhan glossy ala M2Y. Desainnya dibuat sangat mirip dengan Smartfren Andromax M3Z yang dirilis bersamaan, hanya beda vendor pembuat (M3Z diproduksi oleh ZTE dan bertekstur seperti kulit). Semua lampu indikator diletakkan di bagian depan dalam sebuah cincin chrome yang mengelilingi tombol power.

Betul memang vendor yang mengerjakan modem mi-fi Smartfren Andromax M3Y adalah Haier. Jikalau untuk smartphone seri Andromax saya sangat prefer yang buatan Hisense, dan kurang menyukai smartphone buatan Haier yang memang biasanya kebagian seri level bawah, maka untuk modem saya tidak punya masalah dengan Haier. Ini dikarenakan Smartfren Andromax M2Y yang sebelumnya saya gunakan, mampu memenuhi kebutuhan saya tanpa kendala berarti selama ini. Jadi marilah berharap bahwa hal yang sama akan terulang pada Smartren Andromax M3Y ya.

Jika harus membandingkan harga dengan value yang didapat, saya rasa semua sudah tahu bahwa modem mi-fi milik Smartfren tidak ada yang menandingi masalah harga jualnya. Wajar karena sebetulnya Smartfren ambil untung dari pembelian pulsanya, bukan jualan device-nya. Bandingkan dengan harga modem mi-fi keluaran beberapa operator lain, harganya menjulang tinggi. 

Hanya saja Anda harus menerima 'ikatan dinas' dari Smartfen, karena modemnya memang locked. Dan selama ini jarang sekali ada modem Smartfren yang bisa di-unlock. Kalaupun bisa, jaringannya yang hanya mendukung frekuensi FDD-LTE 850 Mhz dan TDD-LTE 2300 MHz jadi halangan selanjutnya. Memang sih Bolt beroperasi di frekuensi 2300 MHz juga, tapi di Bandung saja tidak ada layanannya he.. he..

Siap mimpi basah? Ha.. ha.. ha..


Update, Sedikit Head-to-head dengan Andromax M3Z

Kebetulan saya sekarang sudah punya juga Andromax M3Z, mau lihat perbandingannya dengan Andromax M3Y? Silakan simak video di bawah ini ya!


Comments

  1. 1. Bro untuk speed nya di bandingkan m2s buatan LG lebih kencang mana ya? secara m2s itu dual antena dan dual receiver..

    2. Pilih andromax m3y dibanding yg m3z kenapa, apa ada alasan tertentu seperti haier lebih bagus untuk urusan modem dibandingkan zte?

    3. Di promo nya adalah kita beli kuota 30gb seharga 300rb dan gratis mifi nya, itu seperti apa ya pembagian nya?

    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. belom beli M2S, karena: baterai ga bisa dilepas.
      2. karena di bukalapak baru ada M3Y kemarin :D sebetulnya pengen coba ZTE, Haier udah coba di M2Y
      3. 18GB kuota utama, 12GB kuota bonus. Yang dipake kuota bonus duluan, 24 jam. Konon kuotanya ga hangus di bulan berikutnya asal perpanjang paket.

      You're welcome :)

      Delete
    2. Mantap kang abdi langsung bungkus 1 ini, aslina na mah penasaran hoyong nyobian m3z emeh tiasa ngalengkapkeun review na anjeun.
      Ngan anu ready hungkul m3s, sorry bro sunda nya keluar setelah tau bro orang cimahi haha

      - mau nanya lagi bro ini pertama kali nya ane pake smartfren, mau beli paket berapapun kuota sisa akan tetap ke akumulasi kan?
      Contoh bln pertama paket 150rb masih ada sisa kuota lalu beli paket 100rb apakah kuota hangus atau akumulasi?
      Lupa nanya kemaren pas beli hehe

      Delete
    3. saya numpang di Cimahi :D

      kuota akumulasi (cenah saya oge sih), tapi biar aman mah 1 hari sebelum masa berlaku paketnya habis, isi pulsa. kalo EVO kan begitu isi pulsa otomatis jadi kuota :)

      Delete
  2. 1. Masalah menu yg transparan gimana bang ngakalinnya?
    2. Kok baru aja diconnect 5 menitan, pas dicek di mylink jumlah uploudnya udah 30mb an ya, padahal belum ngapa2in.

    ReplyDelete
  3. Kok, qouta nya harus perpanjang paket. Bukannya berlaku 3 bulan?

    ReplyDelete
  4. gan klo kuota 30gb sudah habis apakah harga kuota 30gb tetap 300rbu untuk perpanjang paket trsebut?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo isi 300rb dalam 1x pengisian di atm misalnya, langsung dapet yg 18gb + 12gb bonus nya. Tapi kalo cuma sekedar mau perpanjang yg 18gb cuma perlu isi berapapun kok ga harus 300rb.

      Delete
    2. Kalo isi 300rb dalam 1x pengisian di atm misalnya, langsung dapet yg 18gb + 12gb bonus nya. Tapi kalo cuma sekedar mau perpanjang yg 18gb cuma perlu isi berapapun kok ga harus 300rb.

      Delete
  5. ijin koment gan, quota bonus 12gb nya bisa dipake 24 jam juga atau cuma bisa malem? yg diatas ambigu jawabannya hehe makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kak 24 jam. Saya udah pake. Jadi yg kepake bonus 12gb nya dulu baru yg 18gb (yg bisa diperpanjang).

      Delete
    2. Bisa kak 24 jam. Saya udah pake. Jadi yg kepake bonus 12gb nya dulu baru yg 18gb (yg bisa diperpanjang).

      Delete
  6. Mas, gw udh beli nih modem sebji, tp sygnya d tmpat gw jaringan 4Gnya tak stabil. Gw mau nanya nih ada gak antena tambahan utk modem jenis ini?

    ReplyDelete
  7. Kang numpang nanya..
    Saya baru beli andromax M3Y nih, di hp sama tab saya jalan kang internet nya, tapi begitu saya koneksikan ke laptop ko malah no internet. Pas nyoba browsing malah muncul DNS addres could not be found. Kira2 tau jawaban nya ?

    ReplyDelete
  8. cara cek sisa kuota gimn ya gan?pakai mylink kok cm yang terpakai aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. klik detail, ada sisanya di situ.
      atau di my.smartfren.com :)

      Delete
  9. Kang urang boga m3z
    Baru beli kemarin
    Pas dicoba mantep sinyalnya
    Kenapa hari ini conetionnya lambat yah, kadang di my link m3znya no device
    Kenapa yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. smartfrenna nuju gangguan jigana, saya ge pernah pas minggu2 kapengker kitu. ayeuna tos OK deui kan?

      Delete
  10. Untuk pemakaian kuota bonusnya boros gak . Kok pemakaian saya kayaknya boros yah. Pakai 1 hari 1 gb habis.
    Itu data download sama upload kok besaran upload yah. Down 400 mb up bisa 500 mb an. Kan ane kalau kita cuma browsing dan download tapi ada data upload.
    Bagaimana menurut sesama pengguna M3Z/Y disini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saat browsing, kirim request ke server juga kan, itu dihitung upload.

      posting gambar atau update status itu upload lho :D

      Delete
  11. kang, kok aplikasi m3y saya sering lepas ya? Selain itu, setiap pengisian pulsa apakah langsung berubah ke paket?
    Mohon pencerahannya ya kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. langsung jadi paket, karena MiFi otomatis paketnya Connex Evo. tiap diisi pulsa langsung jadi kuota

      Delete
  12. bedanya m3y dan m3z cuma dipabrikannya aja kang?
    kelebihan dan kekurangan dari masing2 pabrikannya apa kang?

    ReplyDelete
  13. bedanya m3y dan m3z cuma dipabrikannya aja kang?
    kelebihan dan kekurangan dari masing2 pabrikannya apa kang?

    ReplyDelete
  14. Mau tanya.. Edisi penasaran nih kang..
    Kalo dari segi desain elegan m3z.. Tp direct sales yg berkunjung ke kantor nawarin ke saya m3y.. Katanya lebih bagus dr m3z.. Itupun cuma 1 kalo yg zte bawa banyak dia..
    Kelebihan m3y yg dimaksud itu apaan ? Dari segi apa ? Pencerahannya kang..

    ReplyDelete
  15. Mau tanya.. Edisi penasaran nih kang..
    Kalo dari segi desain elegan m3z.. Tp direct sales yg berkunjung ke kantor nawarin ke saya m3y.. Katanya lebih bagus dr m3z.. Itupun cuma 1 kalo yg zte bawa banyak dia..
    Kelebihan m3y yg dimaksud itu apaan ? Dari segi apa ? Pencerahannya kang..

    ReplyDelete
  16. Gan kalau isi ulang 100 rb berapa dapet kuota?

    ReplyDelete
  17. Beli nya kapan mas? Saya baru aja beli nih di galeri smartfren taman anggrek..tp knp ga ada charger nya ya..cm kabel data...bahkan di packing list nya cm ada 5 item 😢

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mbak kemarin saya juga beli di Mall Ambasador, ga dpt chargernya, cuma kabel data.

      Delete
  18. Salam kenal gan,
    Mo nanya nih, kemarin minggu baru beli laptop Asus A456UF-WX023T, intel core i5 ram 4 GB, trs sekalian beli modem buat internetnya Andromax M3Y, begitu dicoba dirumah kok lemot ya internetnya, kebetulan kemarin pas abis ujan, apa selalu begitu kalau cuaca jelek?

    ReplyDelete
  19. Salam kenal gan,
    Mo nanya nih, kemarin minggu baru beli laptop Asus A456UF-WX023T, intel core i5 ram 4 GB, trs sekalian beli modem buat internetnya Andromax M3Y, begitu dicoba dirumah kok lemot ya internetnya, kebetulan kemarin pas abis ujan, apa selalu begitu kalau cuaca jelek?

    ReplyDelete
  20. Gan itu modem nya locked maksud nya gimana..

    ReplyDelete
  21. Bisa ganti paket ke smartplan limitless gk ya???

    ReplyDelete
  22. Bisa ganti paket ke smartplan limitless gk ya???

    ReplyDelete
  23. Gan mau nanya.sya bingung soal pembelian paket internet m3y.tinggal isi ulang plsa trus jdi kuota atau dftr paket internet dlu?klo dftr paket internet dlu,baiknya pilih paket inet apa ya gan??

    ReplyDelete
  24. Gan mau nanya.sya bingung soal pembelian paket internet m3y.tinggal isi ulang plsa trus jdi kuota atau dftr paket internet dlu?klo dftr paket internet dlu,baiknya pilih paket inet apa ya gan??

    ReplyDelete
  25. Gan cara menambah masa aktif andromax m3y hanya isi pulsa 20.000 aja kan gan?saya,hari itu ngisinya pas hari 30 gan,hasilnya hanya ada kuota 500.000mb aja gan,yang 30gb itu hilang entah kemana,mohon bantuannya gan,supaya 30gb saya tadi kembali....soalnya saya baru satu bulan menggunkan m3y ini....mohon banget gan!

    ReplyDelete
  26. Beli modem ini 300 ribu dapat 30 GB.
    Beli pulsa 30 GB tanpa modem juga 300 ribu. Berarti mending beli modemnya tiap bulan yak?

    ReplyDelete
  27. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  28. kalau lama cerger baterai berapa lama?soalnya baru beli

    ReplyDelete
  29. akang mau tanya saya jg pengguna M3Z gimana caranya topup via vocer ya??? saya sudah beli vocer 100 K tapi ga bisa ngisinya, masa iya ga bisa di pake. kan sayang. mohon penceraannya kang.
    makasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  30. pak.. untuk memperpanjang quotanya hrs isi ulng min brp ya .. dan caranya bgmn ..mksh

    ReplyDelete
  31. pak.. selamat sore.. mhn tanya utl perpanjang masa kuota yg dpt dr awal pembelian hrs di top up brp ya pak minimalnya.. dan caranya bgmn.. maklum pak blm pernah pake modem portable .. mksh bantuannya

    ReplyDelete
  32. permisi, saya ingin memasang iklan di http://www.gontagantihape.com/

    jika anda tertarik, silahkan hubungi kami di ulatbulu1355@gmail.com untuk informasi lebih lanjut.

    terima kasih

    ReplyDelete
  33. Saya punya m3y, pas sebulan 30 gb habis, udah isi 100 ribu tapi gak otomatis jadi kuota malah katanya pulsa dan kuota anda habis itu kenapa ya?

    ReplyDelete
  34. Baru dua bulan baterai M3Y ku dah kembung, kenapaya, msih garansi gak????????

    ReplyDelete
  35. Saya baru beli gan yang andromax m3y .. sinyal kencang buka youtube tp pas vidio call melalui FB sinyal nya lelet gan knpa ya ? Ada pengaruh vidio call kahh .. Saya asal sumut kabupaten serdang bedagai .. salam kenal gan

    ReplyDelete
  36. Brooo, kalo m3y nya mati sendiri pada saat kita nyalaain , knapa it bro ?

    ReplyDelete
  37. Gan mau tanya, saya udah berulang kali isi pulsa tapi masa aktifnya hanya 10 hari padahal ngisinya selalu diatas 100 rbu, percuma kuota masih vanyak masa aktif hanya beberapa hari, apa ada solusinya gan? Atau memang harus beralih ke modem dan profider lain?

    ReplyDelete
  38. Bro knapa ya mifi m3y ane..sambil download ane juga mau browsing..tp browsing malah server not found.di speed test ga ada uploadnya..kbaca speed download aja..hadeuh

    ReplyDelete
  39. Setelah yang 30gb habis kira2 paketan apa yang murah?

    ReplyDelete
  40. kak mau nanya donk,, saya dah registrasi kartu, tapi knpa sinyal di m3y sell merah yaaaa

    ReplyDelete
  41. sore bro,mau tanya nih. andromax M3y saya kok tiba2 sinyalny warna merah terus ya? dibawa2 jalan kemana saja tetap merah padahal punya teman kantor aman2 saja. kira2 kenapa ya?

    ReplyDelete
  42. Baru dua hari beli kok batrai nya cepat habis ya? Gak nyampe 5 jam, padahal sdh di cas semalaman?

    ReplyDelete
  43. Mau tanya gan...ane kan pake andromax m3z...sinyal di lampu biru...brrti ok kan...

    Tp kok lemot ya... kcpatan ny cma 10 kbps

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sama nih. Andromax M3Z ane juga kalau lampu indikatornya biru justru lemot, tapi kalau hijau, kenceng. Mohon pencerahannya ~

      Delete
  44. sinyal 4g nya ko x terus yah,, lagi gangguan kah untuk m3y?? minta infonya

    ReplyDelete
  45. saya MENYESAL menggunakan mifi M3Y. untuk bulan pertama memang lancar digunakan namun menginjak 3 bulan mulai banyak masalah. contohnya saja saya sering menggunakan untuk game. setelah menginjak 3 bln koneksinya semakin memburuk bah kan pada puncaknya sering DC

    ReplyDelete
  46. baru beberapa bulan m3zku udah letoy,di suntik pakai no baru tetep letoy. kenapa ya dengan mifi andromax?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts