Gadget Promotions

Monday, October 24, 2016

Review QCY Q-26 Wireless Earphone, Mungil Segede Upil!

review qcy q-26 wireless bluetooth earphone headset indonesia

Suatu pagi, saya sedang berkendara menuju kantor dengan menumpang salah satu layanan ojek online yang identik dengan warna hijau (ya saya tahu, setidaknya ada dua layanan sejenis yang mengidentikkan diri mereka dengan warna ini). Hingga sekitar dua kilometer jelang rute berakhir, sang pengendara menghentikan laju sepeda motornya. "Bannya bochor Pak!", jelasnya.

Saya pun segera turun dan melihat ke arah ban belakang sepeda motor jadul yang masih terasa bertenaga itu. Saat itu pula Bapak pengendara meminta maaf dan bermaksud mengembalikan sebagian ongkos yang sebetulnya sudah duluan saya bayarkan menggunakan layanan pembayaran digital. Namun konsentrasi saya sudah tak lagi tertuju pada ucapan si Bapak, saat membuka helm, sebuah gadget kecil yang saya tempelkan di kuping, terlepas dan jatuh ke jalanan, kemudian menggelinding ke kolong sebuah angkot yang sedang melintas. Untungnya sesaat kemudian saya masih bisa memungutnya dari jalanan dalam kondisi sedikit baret saja.

Gadget tersebut adalah sebuah wireless earphone atau bisa juga disebut bluetooth headset yang baru saja saya terima satu hari sebelumnya. QCY Q-26, nama produknya memang terasa cukup asing di telinga. Untung saja produk ini untuk dipasangkan di telinga, sehingga mereka bisa berkenalan supaya tak lagi merasa asing, ha.. ha..

QCY Q-26 ini saya dapatkan dari Banggood.com, bukan dibeli tetapi diberi. Lebih tepatnya saya yang meminta produk ini karena memang sesuai dengan kebutuhan saya yang belakangan mulai sering pulang kerja menggunakan angkot. Bukan buat pencitraan lho ya saya naik angkot, kebetulan saya belum ada partai yang mau mengusung untuk Pilkada nanti. Saya sepertinya tidak akan maju secara partai, tapi eceran saja, ha.. ha..

Biasanya saya menggunakan beberapa earphone berkabel bergantian saat pulang berjalan kaki dari kantor kemudian disambung naik angkot sebanyak dua kali. Perjalanan pulang yang memakan waktu sekitar 40-60 menit tersebut selalu saya isi dengan mendengarkan musik agar tak bosan. Kabel earphone seringkali saya selipkan di balik jaket atau kaos yang saya pakai, lalu dihubungkan ke ponsel yang saya taruh di saku celana. Saat mulai duduk di angkot dan ingin membuka media sosial di ponsel, kabel earphone pun mulai terasa mengganggu, karena seringkali membuat saya tak leluasa memegang smartphone saya.

Nah masalah di atas otomatis sudah terselesaikan dengan hadirnya wireless earphone QCY Q-26 ini. Tapi apakah earphone ini hanya menang di konektifitasnya yang nirkabel saja? Atau apakah sisi lainnya juga memiliki kualitas untuk membuatnya layak dimiliki? Baca terus artikel ini sampai habis ya. Namun jika Anda sudah tergoda dengan warna dan bentuknya yang mungil, Anda dapat memesan sebuah QCY Q-26 wireless earphone di Banggood dengan diskon 10% dari harga normalnya yang sebesar $9,99 menggunakan kode diskon ini: "q260" (berlaku hingga 30 November 2016).


Unboxing QCY Q-26 wireless earphone


Kelengkapan dalam paket penjualan QCY Q-26 wireless earphone ini tergolong standar. Terdapat buku manual, kabel pengisi daya, dan dua buah eartips tambahan melengkapi pilihan ukurannya menjadi S, M, dan L. Kotak kemasan QCY Q-26 wireless earphone terasa cukup elegan meskipun hanya mengandalkan kardus coklat polos yang serba minimalis. Dipilihnya desain polos inilah yang menurut saya membuatnya terasa elegan, daripada kemasan penuh gambar produk yang seringkali digunakan produk sejenis pada level harga yang sama.

review qcy q-26 wireless bluetooth earphone headset indonesia

review qcy q-26 wireless bluetooth earphone headset indonesia

review qcy q-26 wireless bluetooth earphone headset indonesia

review qcy q-26 wireless bluetooth earphone headset indonesia


Cara Pengoperasian QCY Q-26 wireless earphone

review qcy q-26 wireless bluetooth earphone headset indonesia

Untuk mengoperasikan QCY Q-26 wireless earphone terbilang cukup sederhana dan mudah. Semua dapat dilakukan melalui satu-satunya tombol MFB (Multi Function Button) yang terdapat pada bagian atas earphone ini. Maksud saya bagian atas adalah bagian yang menghadap ke atas saat earphone ini dipasangkan pada telinga kanan. Pada buku manual terdapat tulisan bahwa earphone ini memang disarankan untuk digunakan pada telinga kanan.

review qcy q-26 wireless bluetooth earphone headset indonesia


Dalam pengoperasianya, QCY Q-26 ini memberikan feedback melalui dua buah indikator. Indikator pertama adalah cahaya dari LED yang bersebelahan dengan tombol MFB, sementara indikator kedua melalui suara yang keluar dari earpiece.

  1. Power-on / Menyalakan, tekan dan tahan tombol MFB selama 3 detik hingga terdengar bunyi "powered-on".
  2. Pairing / Menghubungkan dengan Perangkat Lain, dalam keadaan mati, tekan dan tahan tombol MFB selama 5 detik hingga lampu indikator menyala bergantian biru dan merah, lalu lakukan proses pairing dari smartphone atau perangkat lainnya hingga terdengar bunyi "pairing successful".
  3. Power-off / Mematikan, tekan dan tahan tombol MFB selama 3 detik hingga terdengar bunyi "powered-off".
  4. Answer Call / Terima Panggilan, tekan tombol MFB satu kali saat ada panggilan masuk.
  5. Reject Call / Tolak Panggilan, tekan dan tahan tombol MFB selama 1 detik saat ada panggilan masuk.
  6. End Call / Mengakhiri Panggilan, tekan tombol MFB satu kali saat dalam panggilan.
  7. Redial Last Number / Memanggil Nomor Terakhir, tekan tombol MFB dua kali saat dalam mode standby.
  8. Play and Pause Music / Memainkan dan Menghentikan Musik, tekan tombol MFB satu kali saat memainkan musik.
  9. In-call Mute / Membisukan Panggilan, tekan tombol MFB dua kali saat dalam panggilan.
  10. Voice Switching / Menukar Keluaran Suara, tekan dan tahan tombol MFB selama 1 detik saat dalam panggilan untuk menukar keluaran suara agar terdengar dari earphone atau dari ponsel.


QCY Q-26 wireless earphone dalam Penggunaan Sehari-hari


Dalam keseharian saya, kehadiran QCY Q-26 wireless earphone ini seperti menjadi pelipur lara. Saya tetap bisa menikmati musik walaupun sedang berada di angkot yang penuh dengan anak perempuan berseragam sekolah yang percakapannya tak pernah jauh dari laki-laki gebetan-nya direbut anak perempuan lain.

review qcy q-26 wireless bluetooth earphone headset indonesia

review qcy q-26 wireless bluetooth earphone headset indonesia

review qcy q-26 wireless bluetooth earphone headset indonesia


Saya tak merasa aneh walaupun hanya mendengarkan musik dari telinga kanan saja, karena seringnya saat menggunakan earphone berkabel pun saya hanya memasangkan pada sebelah telinga saja. Tujuannya tak lain agar masih bisa mendengar keadaan sekitar, sehingga terhindar dari bahaya yang mungkin terjadi di luar sana.

Kualitas suaranya tak mengecewakan, masih sebanding lah dengan Xiaomi Mi Piston 2 yang sudah saya gunakan bertahun-tahun. Power-nya terhitung baik, bahkan jika kita atur pada volume maksimal dan tak kita pasangkan ke telinga, kita bisa mendengarkan ada suara keluar.

Saya bukan audiophile, jadi saya hanya bisa mengatakan bahwa keluaran suara dari QCY Q-26 wireless earphone ini tergolong bagus. Bunyi yang terdengar terasa memiliki detail yang cukup baik, sama sekali tidak cempreng, dengan bass yang terasa cukup, bahkan di beberapa kesempatan terdengar boomy.

review qcy q-26 wireless bluetooth earphone headset indonesia

review qcy q-26 wireless bluetooth earphone headset indonesia


Dari keadaan baterai penuh, hingga terdengar rengekannya meminta diisi ulang, QCY Q-26 wireless earphone dapat bertahan selama tiga jam. Sebetulnya ketika tedengar suara yang mengindikasikan baterainya sudah harus diisi ulang, earphone ini masih bisa digunakan mendengarkan beberapa lagu lagi. Namun saya tak mau memaksakannya hingga mati kehabisan baterai, daripada kenapa-kenapa nantinya. Dari keadaan ini hingga baterai kembali penuh, diperlukan waktu pengisian daya selama sekitar dua puluh menit saat saya menggunakan kepala charger berkuat arus 1A.

QCY Q-26 wireless earphone ini memiliki baterai tanam yang bahkan di buku manualnya disebutkan wajar apabila suatu saat mengalami penurunan performa. Jadi saya pikir penggunaan secara baik diperlukan agar umurnya panjang. Karena entah bagaimana, rasanya saya menyukai earphone ini, selain karen bentuk dan warna lime green-nya yang aduhai, sifatnya yang nirkabel membuatnya terasa sangat ringkas saat digunakan.

Jangkauan sinyal bluetooth dari QCY Q-26 wireless earphone ini disebutkan sejauh maksimal sepuluh meter. Namun jika Anda terhalang tembok, earphone ini akan sangat mudah merengek "Disconnected!" hehe. Pun demikian saat ponsel saya dimasukkan ke dalam saku jaket, terkadang sinyal suaranya terputus-putus.

Entah apakah ini masalah kekuatan penerimaan gelombang bluetooth-nya atau yang lain, karena saat saya gunakan mendengarkan lagu dari laptop pun terkadang kejadian suara putus-putus ini beberapa kali terjadi. Persentase kejadian putus-putus ini saya perkirakan sebesar 5-7 % lah. Semoga bukan akibat dari terjatuh ke jalanan yang saya tulis di awal ya.


Plus dan Minus QCY Q-26 wireless earphone

Kelebihan QCY Q-26 wireless earphone

  • Ringkas, mungil, dan memiliki bentuk serta warna yang menarik.
  • Kualitas suara tidak mengecewakan, cukup baik untuk kisaran harga jualnya.
  • Mampu bertahan selama 3 jam dalam satu kali pengisian daya selama 20 menit.

Kekurangan QCY Q-26 wireless earphone

  • Terkadang mengalami suara putus-putus.
  • Seperti kebanyakan bluetooth headset, hanya sebelah saja.
  • Hanya mengandalkan eartips untuk dapat menempel di telinga, riskan jatuh.

Apa Kata Aa tentang QCY Q-26 wireless earphone

Buat para commuter, pengguna transportasi umum, saya pikir QCY Q-26 wireless earphone ini akan cocok digunakan. Kita bisa mendengarkan lagu atau notifikasi dari smartphone kita, hingga melakukan panggilan telepon selagi dalam perjalanan tanpa membuat kita mengabaikan kondisi sekitar karena hanya sebelah saja telinga kita yang tertutupi. Terlebih kita dapat mengontrol panggilan masuk dan musik melalui sebuah tombol fisik multiguna, tak perlu mengeluarkan smartphone kita.

Kualitas suaranya yang cukup baik, serta mampu bertahan selama tiga jam dalam sekali pengisian daya yang cukup singkat membuat kebutuhan saya terpenuhi. Mungkin buat sebagian orang tiga jam terasa terlalu singkat, tapi kan ukurannya yang mungil hanya mampu mengakomodasi baterai sebesar 70 mAh saja.

Jika deskripsi yang sudah saya tuliskan ternyata sesuai dengan apa yang Anda butuhkan, dan Anda ingin juga memilikinya, Anda dapat membeli QCY Q-26 wireless earphone di Banggood dengan diskon 10% dari harga normalnya yang sebesar $9,99 menggunakan kode diskon ini: "q260" (berlaku hingga 30 November 2016).

Demikian ulasan singkat saya kali ini, semoga bermanfaat ya!

No comments:

Post a Comment