Review Nexbox A95X, Sekarang Zamannya Android TV Box

review nexbox a95x indonesia

Beberapa waktu belakangan ini, saya terbiasa alias terpaksa membiasakan diri menonton TV series kesayangan saya, seperti: Gotham, Arrow, The Flash, Marvel's Agents of S.H.I.E.L.D., hingga Kamen Rider, di laptop atau smartphone saya. Itulah alasannya mengapa beberapa smartphone saya yang terakhir memiliki layar berukuran setidaknya 5,5 inci.

Tak bisa dipungkiri, sebetulnya ukuran layar smartphone yang ideal bagi saya masih berkisar anatara 4,7 - 5,2 inci saja. Dan idealnya menonton itu masih menggunakan televisi pada jarak yang nyaman, tanpa harus memangku laptop atau memegangi smartphone. Namun, karena dongle EZCast milik saya patah akibat tergencet di antara televisi milik mertua dan tembok, jadilah saya mencoba menerima keadaan dan menonton series di hape saja.

Hingga akhirnya saat memilih gadget untuk di-review tiba. Kali ini counterpart dari GearBest memberi kesempatan kedua kepada saya untuk memilih sebuah gadget dengan harga di bawah $50 untuk dikirimkan.

Saya sempat membuat semacam kontes giveaway, di mana teman-teman subscribers dari channel Youtube GontaGantiHape HD dimintai pendapatnya mengenai gadget apa yang ingin saya ulas selanjutnya. Satu pemenang yang saya pilih adalah teman yang menyarankan untuk mengulas Android TV Box dengan merk Beelink.

Saya pun meneruskan usulan tersebut dan memilih produk Android TV Box Beelink untuk saya ulas selanjutnya. Namun, akibat stok yang kosong, saya pun kemudian mengalihkan pilihan pada Nexbox A95X yang dijual di GearBest. Ada beberapa spesifikasi kunci yang membuat saya memilihnya kala itu:

  • Processor Quad-core 2.0 GHz, 
  • RAM 2 GB,
  • Memori internal 16 GB, 
  • Android 6.0 Marhsmallow, 
  • serta mendukung layar hingga 4K. 


Selain itu, TV Box ini juga menyediakan slot micro-SD serta dua buah port USB yang membuat pilihan konektifitas serta media penyimpanannya semakin luas. Dengan harga $48.99 rasa-rasanya ini adalah pilihan yang baik, lebih baik daripada membeli Google Chromecast dongle yang harganya kurang lebih sama.


Unboxing Nexbox A95X


Pada kotak penjualannya, Nexbox A95X sudah menyertakan sebuah kabel HDMI yang panjangnya sekitar satu meter. Padahal saya sudah menyengajakan membeli sebuah kabel HDMI guna menyambut kedatangan Android TV Box ini, he.. he..

Kelengkapan lainnya adalah power adapter dan sebuah remote control. Pada penggunaannya, remote control ini sangat ringkas jika Anda menyalakan TV Box ini hanya sekedar menonton video yang sudah dimasukkan pada memori. Untuk keperluan browsing, gaming, atau Youtube-ing, saya lebih menyarankan Anda memasangkan mouse dan keyboard. Tak usah khawatir, ada dua buah port USB yang tersedia sehingga cukup untuk kebutuhan ini. Bahkan jika Anda membeli satu set keyboard dan mouse wireless, biasanya dongle-nya hanya satu untuk keduanya, sehingga satu port USB tersisa dapat Anda manfaatkan untuk mencolokkan kebutuhan lain, flash disk misalnya.


Nexbox A95X dalam Penggunaan Sehari-hari


review nexbox a95x indonesia


Saya sendiri malah menemukan bahwa gamepad controller yang pernah saya beli sebelumnya, jadi tidak menganggur lagi di dalam lemari. Gamepad milik saya ini cukup unik karena sudah menyatu dengan keyboard, sehingga cocok deh buat saya menikmati hiburan melalui Android TV Box ini. Tinggal hubungkan melalui koneksi bluetooth, beres deh!

Digunakan memutar video dengan kualitas gambar HD, Nexbox A95X tidak memiliki masalah sama sekali. Pun demikian saat saya gunakan untuk bermain game platformer Rayman Adventures. Rasa-rasanya seperti memiliki DVD Player dan Game Console sekaligus. Bahkan tak hanya itu, bisa jadi ini dapat menggantikan fungsi PC di rumah apabila digunakan untuk keperluan ringan seperti menulis notes atau dokumen, karena dukungan aplikasi Android yang begitu banyak.

Saat digunakan berlama-lama, memang terasa Android TV Box ini menghangat. Wajar saya rasa, mengingat processor Amlogic yang disematkan padanya, memiliki clockspeed sebesar 2.0 GHz. Saya pun sempat melakukan pengujian dengan Antutu Benchmark, dan hasilnya adalah skor sebesar 34 ribuan. Lumayan bukan?

review nexbox a95x indonesia


Sekarang saya tinggal mencari waktunya untuk dapat berleha-leha menikmati series ataupun video-video Youtube di layar televisi saya. Atau jika sedang sangat luang, saya bisa bermain game deh. Bermain game dengan genre platformer adventure rasanya jadi nikmat kembali apabila menggunakan gamepad dan televisi. Saya seringkali kurang menikmati tombol virtual di layar smartphone, sehingga belakangan ini hampir tak pernah mengunduh game dengan genre ini.


Apa Kata Aa tentang Nexbox A95X

review nexbox a95x indonesia

Melihat beberapa channel tech reviewer Indonesia yang sudah banyak mengulas gadget sejenis, saya rasa tinggal masalah waktu dan ketersediaan barang saja, hingga Android TV Box akan menjadi perangkat elektronik rumah tangga yang dimiliki oleh setiap keluarga. Banyak dari kita yang sudah memiliki televisi di rumah, dan belum terpikir untuk menggantinya hanya belum kuatnya alasan untuk beralih pada sebuah smart TV.

Alasan budget bisa jadi salah satunya. Harga jual kembali sebuah TV bekas dan harga sebuah smart TV rasa-rasanya masih besar selisihnya. Android TV Box dengan harga yang cukup terjangkau seperti Nexbox A95X ini bisa jadi solusinya dan bukan tak mungkin akan menjadi primadona di tahun depan. Kalau sudah banyak yang membutuhkan, akan sangat mungkin para penjual gadget akan banyak menyediakan stoknya bukan?

Daripada membeli DVD Player, bukankah lebih baik Anda memiliki sebuah Android TV Box? Fiturnya lebih lengkap, bahkan bisa untuk gaming maupun keperluan kerja. Pastikan saja Android TV Box yang Anda akan miliki memiliki spesifikasi yang cukup kuat untuk setidaknya bertahan satu hingga dua tahun ke depan. 

review nexbox a95x indonesia


Bagi saya RAM 1 GB dan memori internal 8 GB itu tidak cukup. Untunglah Nexbox A95X ini hadir pada harga yang terjangkau namun sudah memiliki spek yang sangat cukup buat saya. Anda yang tertarik memilikinya, dapat memesan sebuah Android TV Box Nexbox A95X di GearBest ya.

Updated! Review melalui video di bawah ini:

Comments

  1. Apakah alat ini sudah support memutar video hevc?

    ReplyDelete
  2. Bagus reviewnya, Pak. Dkasi link sgala. Bagus lagi klo nrima jasa titip beli d geatbest nya!

    ReplyDelete
  3. Kalau beli kira2 sampai rumah bisa 2-3 hari gk ya? 2 minggu kelamaan om.

    ReplyDelete
  4. cari di www.lazada.co.id sudah ada...harganya kisaran 500an ribu tanpa ongkir kira2 4-5 hari

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts