Review Xiaomi Redmi 4 Prime Indonesia. Peningkatan, Bukan Pembaharuan!

review xiaomi redmi 4 prime Indonesia


Rasanya belum setahun sejak saya pertama kali mencoba varian paling awal dari Xiaomi Redmi 3. Varian terakhir, Redmi 3x dan Redmi 3s bahkan masih gencar dijual di sini. Kabarnya proses sertifikasi Redmi 3s pun masih berlangsung. Namun, bulan lalu Xiaomi sudah merilis Xiaomi Redmi 4 di China. Bahkan kali ini tak tanggung-tanggung, langsung tiga varian sekaligus: Redmi 4 standar, Redmi 4 Prime, dan Redmi 4A.

Bagi saya yang suka gonta ganti hape, ini mungkin jadi hal yang baik mengingat peningkatan cukup signifikan yang dibawa Xiaomi pada seri Redmi 4 kali ini, terutama yang varian Prime. Namun, bagi mereka yang baru saja memiliki salah satu dari varian Redmi 3, rasanya ini jadi cobaan berat yang harus diterima. Seberat saat Gista Putri ngajak jadian, satu hari setelah Anda menerima cintanya Nunung. Oke, kali ini saya lebay.



Untungnya lagi, saat ini saya sudah merasakan langsung Xiaomi Redmi 4 versi Prime. Awalnya saya sempat meminta GearBest.com untuk mengirimkan produk ini untuk saya uji. Namun, karena produk Xiaomi Redmi 4 Prime di GearBest masih dijual secara pre-order, saya memutuskan membelinya langsung di salah satu e-commerce lain asal Tiongkok. Sebagai ganti, GearBest akan mengirimkan sebuah smartphone lain yang tak kalah menawan dan patut Anda nantikan ulasannya.

Pada kesempatan ini, saya membeli Xiaomi Redmi 4 Prime menggunakan jasa pengiriman DHL. Ongkos kirimnya terhitung murah untuk jarak Tiongkok ke Indonesia, yaitu sebesar $8.65 saja. Dari mulai barang di-pick-up oleh DHL dari penjual, hanya butuh waktu dua hari saja hingga kiriman diterima oleh mertua saya di Cimahi. Urusan pajak yang ditalangi dulu adalah satu alasan yang membuat proses pengiriman dapat berlangsung dengan kilat.

Sayang, DHL banyak membebankan biaya lain-lain. Dengan pajak yang dikenakan sebesar Rp137.000,-, total yang harus saya keluarkan untuk pajak dan tambahan biaya yang dikenakan DHL berjumlah Rp314.000,-. That's the price that I have to pay to get my good delivered fast, I think...


Unboxing Xiaomi Redmi 4 Prime, (Mungkin) Pertama di Youtube Indonesia


Seperti biasa, ritual unboxing pada video di atas dilakukan pada waktu dini hari. Waktu paling produktif buat saya menjalankan hobi ini. Agar saya tak merasa bersalah pada keluarga tercinta, dan pada profesi yang juga saya cintai, karena mencuri waktu mereka. Jadi mohon maaf apabila pencahayaannya sangat tidak nyaman dipandang, properti pengambilan gambar yang saya miliki pun masih sangat sederhana, he.. he..

review xiaomi redmi 4 prime Indonesia
Xiaomi Redmi 4 Prime - Kotak kemasan penjualan

review xiaomi redmi 4 prime Indonesia
Xiaomi Redmi 4 Prime - Belakang kotak kemasan

review xiaomi redmi 4 prime Indonesia
Xiaomi Redmi 4 Prime - Kelengkapan dalam kotak


Saat pertama kali memegang Xiaomi Redmi 4 Prime, saya langsung bisa menyimpulkan bahwa material yang digunakan jelas lebih baik dari Redmi 3. Kokoh, solid, serta finishing yang lebih tidak licin disertai desain pinggiran yang dipangkas lurus, tak lagi membulat, menambah grip dari smartphone ini. Saya tak lagi khawatir akan mudah jatuh, and that's sure is a good thing!

review xiaomi redmi 4 prime Indonesia
Xiaomi Redmi 4 Prime - sang pembeda


Garis desainnya sudah makin mengerucut. Maksud saya, desain smartphone Xiaomi pada akhir tahun 2016 ini sudah memiliki garis besar pola yang sama. Dimulai dari Redmi 3x, berlanjut ke Redmi Note 4, Mi 5s, dan akhirnya Redmi 4 ini.

Namun, jika dibandingkan dengan seri Redmi sebelumnya, bahkan Redmi 3x, desain Xiaomi Redmi 4 Prime ini sangat superior. Tidak ada kesan bahwa ini adalah smartphone seri paling terjangkau dari Xiaomi. Chamfered metal ganda yang menjadi batas antara setiap sisi pada smartphone ini menjadi faktor yang banyak menyumbang kesan premium pada desain Xiaomi Redmi 4 Prime. Sementara sisi depan yang hitam pekat pun semakin menambah citarasa elegan pada smartphone ini.

review xiaomi redmi 4 prime Indonesia
Xiaomi Redmi 4 Prime - sisi depan

review xiaomi redmi 4 prime Indonesia
Xiaomi Redmi 4 Prime - sisi belakang

review xiaomi redmi 4 prime Indonesia
Xiaomi Redmi 4 Prime - sisi kanan

review xiaomi redmi 4 prime Indonesia
Xiaomi Redmi 4 Prime - sisi kiri

review xiaomi redmi 4 prime Indonesia
Xiaomi Redmi 4 Prime - sisi bawah

review xiaomi redmi 4 prime Indonesia
Xiaomi Redmi 4 Prime - sisi atas


Oh ya, sebagai catatan, saya mencoba Xiaomi Redmi 4 Prime versi warna Grey atau Black ya. Konon dua varian warna lain memiliki bezel tipuan juga pada pinggiran layar, inilah alasan utama saya menghindari warna selain hitam.

Dua buah perbaikan yang terlihat jelas hanya dengan melihat penampakan luar Xiaomi Redmi 4 Prime ini adalah posisi lubang speaker yang dipindah dari sisi belakang ke bawah, serta LED Flash yang sudah ganda dan mempunyai dua buah nada warna yang berbeda alias dual-tone.

review xiaomi redmi 4 prime Indonesia
Xiaomi Redmi 4 Prime - lubang speaker

review xiaomi redmi 4 prime Indonesia
Xiaomi Redmi 4 Prime - posisi kamera dan LED Flash, serta fingerprint scanner

Posisi kamera utama Xiaomi Redmi 4 Prime sudah tak lagi berada di pojok kiri atas, melainkan turun dan bergeser ke tengah pungung ponsel ini, menemani fingerprint scanner yang setia pada lokasi di mana posisi alamiah telunjuk kita saat memegang smartphone berada. Garis antena masih hadir melintasi sisi belakang dari smartphone ini. Perubahan pada sisi depan ada pada perpindahan letak LED notification yang biasanya berada di bawah tombol home, kini berpindah ke posisi normal layaknya smartphone Android pada umumnya, di atas layar.

review xiaomi redmi 4 prime Indonesia
Xiaomi Redmi 4 Prime - garis antena

review xiaomi redmi 4 prime Indonesia
Xiaomi Redmi 4 Prime - LED Notifications

review xiaomi redmi 4 prime Indonesia
Xiaomi Redmi 4 Prime - tombol kapasitif tanpa backlight

Sayangnya, seperti seri Redmi sebelumnya, smartphone ini pun tak menghadirkan lampu latar pada tombol kapasitif yang digunakannya.

Setelah melihat dan merasakan langsung Xiaomi Redmi 4 Prime dalam genggaman, saya jadi ingin mencoba ASUS Zenfone 3 dan membandingkannya langsung. Kedua smartphone ini sama-sama mengusung processor kelas menengah terbaru dari Qualcomm, Snapdragon 625. Dan ada beberapa spesifikasi hardware lainnya yang juga identik, antara lain: RAM, resolusi layar, serta ya itu, tombol kapasitifnya sama-sama tanpa lampu latar, he.. he..


Xiaomi Redmi 4 Prime versus Xiaomi Redmi 3

Saat mudik ke Garut adalah saat saya bertemu keluarga dan rumah tempat saya menghabiskan masa muda. Namun, ada satu hal lain yang juga dapat saya temukan di sana. Kakak saya adalah pengguna smartphone Xiaomi Redmi 3. Jadi, saya bisa meminjamnya sebentar untuk sekedar melakukan perbandingan.

Selain dari segi desain dan hardware luar, saya juga sempat mencoba melakukan adu cepat membuka beberapa aplikasi. Perbedaan besaran RAM antara kedua smartphone ini membuat saya mau tak mau selalu melakukan clear recent apps setiap hendak membuka aplikasi baru, agar sedikit lebih berimbang.

Anda jangan protes ya dengan spesifikasi yang tak seimbang ini. Saat ini saya sudah banyak mendapat protes di kolom komentar video di bawah ini di Youtube. Haha, saya tak mau ambil pusing, kenyataannya memang cuma ada Redmi 3 varian terendah saja yang bisa saya coba, itupun hasil meminjam gitu lho!



Spesifikasi Xiaomi Redmi 4 Prime

Jarang-jarang saya menulis spesifikasi lengkap dari smartphone yang saya uji. Kali ini saya sertakan supaya tidak tertukar dengan Xiaomi Redmi 4 versi standar saja sih.

Jadi, beginilah spesifikasi dari Xiaomi Redmi 4 Prime:
  • Layar IPS 5 inci beresolusi Full HD (1.920 x 1.080 pixels)
  • Processor Qualcomm Snapdragon 625 (Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53, GPU Adreno 506)
  • RAM 3 GB
  • Memori internal 32 GB
  • Dual-sim dengan slot hybrid untuk micro-SD
  • 4G LTE
  • Baterai 4.100 mAh
  • Kamera utama 13 Megapixels
  • Kamera depan 5 Megapixels
Bagian yang saya cetak tebal merupakan bagian di mana terdapat perbedaan besar dengan Xiaomi Redmi 4 versi standar (resolusi HD 720p, processor Snapdragon 430, RAM 2 GB, dan memori internal 16 GB).


Xiaomi Redmi 4 Prime dalam Penggunaan Sehari-hari

Saya tak tahu harus memulai menceritakan pengalaman menggunakan smartphone ini. Saya sudah agak jemu mencoba smartphone yang memakai MIUI. Tahun ini, tercatat setidaknya ada tiga smartphone yang saya coba dengan menggunakan MIUI 8, dimulai dari Redmi 3x, lanjut ke Redmi Note 4 dan Mi 5s.

Dari sisi UI rasanya memang tak ada yang baru yang ditawarkan Xiaomi untuk Redmi 4 Prime ini. Jadi bagi Anda yang ingin tahu fitur apa saja yang ada di MIUI 8, saya sarankan Anda membaca artikel review Xiaomi Redmi Note 4 ini ya.

Oh ya, saya harus memuji kegigihan para pengusaha ROM abal-abal. Perangkat terbaru keluaran Xiaomi seperti ini pun sudah terpasang ROM abal-abal milik mereka. Pada saat tulisan ini dibuat, Xiaomi Redmi 4 Prime baru tersedia dalam MIUI ROM China Stable. Namun, unit yang saya terima sudah sok-sokan pakai MIUI ROM Global Stable, hahaha... Flashing lagi deh... hahaha... Main jauh lagi deh... Pulang malem lagi deh, hahaha...

review xiaomi redmi 4 prime Indonesia
Xiaomi Redmi 4 Prime - MIUI 8


Selama beberpa hari saya gunakan sebagai ponsel utama, Xiaomi Redmi 4 Prime nyaris tak memiliki masalah berarti. Satu-satunya yang masih mengganjal mungkin hanya kurang nyamannya ponsel ini digunakan di tempat gelap akibat tak hadirnya backlight pada tombol kapasitif. Namun, pada dasarnya kita memang tak disarankan menggunakan ponsel pada ruangan gelap karena mata akan lebih terpapar cahaya dari layar ponsel yang terlalu kontras dengan kondisi sekitarnya yang gelap. Dan ini tidak baik bagi kesehatan mata kita tentunya.

Oh ya, saya menggunakan Xiaomi Redmi 4 Prime ini berdampingan dengan ZUK Z2. Rasa-rasanya Xiaomi Redmi 4 Prime saya tak pernah kesulitan mengejar gegasnya performa ZUK Z2 yang mempunyai dapur pacu lebih bertenaga. Bahkan, layar IPS milik Xiaomi Redmi 4 Prime mampu menghasilkan warna hitam yang lebih pekat dari layar LTPS IPS milik ZUK Z2.

Sementara performa kamera keduanya sebetulnya cukup seimbang, hanya saja saya melihat gambar yang dihasilkan oleh kamera milik ZUK Z2 mempunyai saturasi yang cukup dengan nada warna yang natural. Di lain sisi, gambar yang dihasilkan oleh Xiaomi Redmi 4 Prime kentara sangat berlebihan saturasinya, alias lebay. Di kondisi lowlights, harus saya akui Redmi 4 Prime mampu memproduksi gambar yang lebih baik dengan jauh lebih sedikit noise yang muncul jika dibandingkan hasil kamera ZUK Z2.

Jika ingin melihat perbandingan hasil kamera kedua smartphone ini, silakan ikuti akun Instagram @gontagantihape ya, di sana saya sudah unggah beberapa gambar. Saya prefer Anda menilai sendiri mana yang lebih Anda suka dari keduanya.

review xiaomi redmi 4 prime Indonesia
Xiaomi Redmi 4 Prime - UI kamera


Saat digunakan bermain game dengan grafik 3D menengah hingga berat, suhu smartphone ini terasa sedikit menghangat. Sisanya, saat hanya digunakan membuka internet untuk browsing, media sosial, hingga mengunduh file-file besar, bisa dikatakan Xiaomi Redmi 4 Prime mampu menjaga suhunya tetap dingin.

Pengelolaan suhu yang baik juga diikuti oleh pengelolaan konsumsi daya baterai yang hemat. Pada hari kerja di mana saya jarang membuka smartphone seharian, namun membuka Whatsapp for Web yang membutuhkan smartphone terus-terusan terkoneksi ke internet, Xiaomi Redmi 4 Prime mampu mempertahankan daya baterai 4.100 mAh miliknya untuk menembus waktu 48 jam alias dua hari dua malam. Total empat jam layar menyala selama penggunaan yang panjang tersebut.

review xiaomi redmi 4 prime Indonesia
Xiaomi Redmi 4 Prime - daya tahan baterai

review xiaomi redmi 4 prime Indonesia
Xiaomi Redmi 4 Prime - Screen-on Time

review xiaomi redmi 4 prime Indonesia


Saat akhir pekan tiba dan Xiaomi Redmi 4 Prime banyak saya gunakan bermain game Micro Machines serta berfoto bersama keluarga, baterainya mampu bertahan dari sejak pagi saya melepas charger hingga tersisa belasan persen pada malam hari menjelang saya beristirahat. Mengingat banyaknya jumlah core dan tingginya clockspeed maksimal masing-masing core processor-nya, serta performanya yang lancar, saya dapat mengatakan bahwa smartphone ini memiliki daya tahan baterai yang awet.

Selama menggunakan smartphone ini, saya tak henti-hentinya mengagumi betapa smartphone ini terasa premium. Sebetulnya banyak sih kalau smartphone yang terasa premium di genggaman mah, tapi ini kan harusnya jadi smartphone level menengah ke bawah. Ya, Redmi 4 dan Redmi 4 Prime sudah bukan jadi smartphone level paling pemula yang dibesut Xiaomi sejak mereka mengumumkan ketersediaan Redmi 4A yang konon akan dibandrol dengan harga kurang dari satu juta Rupiah. 

Jika harus menunjuk satu smartphone yang pernah saya coba sebagai satu yang memiliki build quality setara dengan Xiaomi Redmi 4 Prime, maka saya akan menunjuk Vivo V3. Dengan bobot 156 gram, Xiaomi Redmi 4 Prime terasa mantap dalam genggaman, tidak terlalu berat, namun juga tidak terlalu ringan sehingga tidak ada kesan ringkih sama sekali.

Layar adalah salah satu keunggulan utama dari Xiaomi Redmi 4 Prime. Dulu, saya sama sekali tak terkesan dengan layar pucat yang dimiliki oleh Redmi 3. Namun Redmi 4 Prime menjawab semua kekurangan yang ada pada Redmi 3, mulai dari resolusi yang ditingkatkan menjadi Full HD, hingga reproduksi warna yang tergolong vibrant dapat kita temukan pada smartphone ini.

Sementara jika membahas soal audio, Xiaomi Redmi 4 Prime mulai menunjukkan jati dirinya sebagai ponsel kelas menengah, Kualitas output suara yang dihasilkan loudspeaker-nya terasa biasa saja, usable namun tidak membuat saya dapat menikmatinya untuk mendengarkan musik. Dari dua set lubang speaker yang ada pada sisi bawah smartphone ini, hanya yang sebelah kanan saja yang mengeluarkan suara. Sementara yang sebelah kiri nampaknya lagi-lagi berfungsi sebagai mikrofon saja.

Lain halnya saat saya gunakan mendengarkan musik menggunakan earphone, baik yang berkabel maupun tidak. Suara yang dihasilkan terasa bertenaga dan presisi. Mungkin karena saya menggunakan Xiaomi Mi Piston 2, di mana MIUI memiliki pengaturan khusus untuk banyak earphone dan headphone keluaran Xiaomi.


Hasil Foto dari Kamera Xiaomi Redmi 4 Prime

Seperti yang sudah saya sebutkan, gambar yang dihasilkan oleh kamera milik Xiaomi Redmi 4 Prime memiliki saturasi yang berlebihan. Namun, saat digunakan dalam kondisi kurang cahaya, kameranya mampu diandalkan dan tak menunjukkan noise yang berarti. Hal ini berlaku untuk kedua kameranya ya.

Lengkapnya dapat Anda nikmati hasil gambarnya pada artikel review kamera Xiaomi Redmi 4 Prime berikut ini.


Informasi Hardware pada Xiaomi Redmi 4 Prime

Berikut adalah informasi hardware Xiaomi Redmi 4 Prime, termasuk kelengkapan sensor dan skor benchmark-nya yang saya dapatkan menggunakan aplikasi pihak ketiga.

CPU-Z:

review xiaomi redmi 4 prime Indonesiareview xiaomi redmi 4 prime Indonesia

review xiaomi redmi 4 prime Indonesia

AIDA64:

review xiaomi redmi 4 prime Indonesia

review xiaomi redmi 4 prime Indonesia

review xiaomi redmi 4 prime Indonesia

review xiaomi redmi 4 prime Indonesia

review xiaomi redmi 4 prime Indonesiareview xiaomi redmi 4 prime Indonesia


Sensor Box for Android:

review xiaomi redmi 4 prime Indonesia
Xiaomi Redmi 4 Prime - kelengkapan sensor

Antutu Benchmark:

review xiaomi redmi 4 prime Indonesia
Xiaomi Redmi 4 Prime - skor Antutu Benchmark

review xiaomi redmi 4 prime Indonesia
Xiaomi Redmi 4 Prime - detail skor Antutu Benchmark

Plus dan Minus Xiaomi Redmi 4 Prime

Kelebihan Xiaomi Redmi 4 Prime menurut saya:

  • Spesifikasi setara flagship dari merk lain.
  • Build quality prima.
  • Layar kinclong, tajam menawan. Hitam pekat.
  • Kamera di atas rata-rata, walau terkadang lebay.
  • Desain premium sangat.
  • Baterai awet walau performa kencang.
  • Apa lagi? Yang di atas ga cukup buat ponsel dua jutaan?

Kekurangan Xiaomi Redmi 4 Prime menurut saya:

  • Tidak ada backlight pada tombol kapasitif.
  • Lagi-lagi hybrid slot, memori internal maksimal 32 GB (tersisa 25 GB saja) mungkin bagi sebagian orang, terutama wanita, takkan bertahan lama hingga penuh.
  • Output loudspeaker yang biasa banget.
  • Saat tulisan ini dibuat, masih sulit ditemui stoknya di Indonesia. Kalau menunggu resmi dijual, saya tak yakin awal tahun depan pun sudah akan tersedia.
  • ROM abal-abal menghinggapi.


Apa Kata Aa tentang Xiaomi Redmi 4 Prime

review xiaomi redmi 4 prime Indonesia
Xiaomi Redmi 4 Prime - kesimpulan

Foto di atas terlihat seperti memberikan jempol ngga? Ya, saya harus memberikan jempol pada Xiaomi Redmi 4 Prime. Dengan harga beli setara Lenovo VIBE K5 Plus, ponsel ini memberikan keunggulan lebih dalam segala sisi kecuali ketersediaan barang dan jaminan purna jual di Indonesia.

Dengar-dengar Xiaomi sudah bekerja sama dengan Erajaya untuk masalah TKDN ini. Sehingga mungkin nanti akan ada proses produksi yang sebagian dikerjakan di Indonesia agar semua ponsel keluaran Xiaomi dapat dijual resmi di tanah air dengan status sebagai perangkat 4G.

Nah, jika hanya menilai produknya saja, terlepas dari masalah peraturan dan kebijakan, saya bingung ketika mencari kelemahan dari Xiaomi Redmi 4 Prime. Daftar kekurangan yang saya buat pun rasanya tidak akan mampu menyurutkan keinginan khalayak ramai untuk memiliki smartphone ini. Karena memang, kekurangannya bagai setitik noda kopi di gigi Olla Ramlan, alias orang mungkin tak mempedulikannya sama sekali karena kecantikan dan kelebihan lainnya menutupi semua itu.

Kali ini mau tak mau saya mempersilakan Anda yang mau komentar #MendingXiaomi di sini. Walaupun pada kenyataannya, saya lebih memilih mempertahankan ZUK Z2 saya daripada terus menggunakan Xiaomi Redmi 4 Prime. Adalah faktor RAM dan memori internal yang lebih lega, serta UX yang unik berkat tombol home multiguna milik ZUK Z2 yang membuat saya bertahan. Tentunya selain karena harga ZUK Z2 sudah turun jauh dan saya akan rugi banyak saat menjualnya kembali, hahaha.

Ayo Xiaomi, ponsel yang ini diresmikan segera ya. Jangan sampai seperti pemuda jomblo yang tiap acara keluarga besar selalu berkelit menghindari pertanyaan "Jadi kapan?" Karena semua tentu sudah bosan mendengar jawaban #PantenginTerus dan "Doain aja ya!".

Saya tunggu!

(DISCOUNT at $145.99 with coupon "REMI") Xiaomi Redmi 4 on GearBest: http://www.gearbest.com/cell-phones/pp_563920.html?lkid=10240370

Comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Gan harganya berape tuh total2 sampe ke cimahi ?
    Ane di dago kayanya bisa minta tolong nih ma agan , ngebet banget kepengen .

    ReplyDelete
  3. Gan harganya berape tuh total2 sampe ke cimahi ?
    Ane di dago kayanya bisa minta tolong nih ma agan , ngebet banget kepengen .

    ReplyDelete
  4. Hahahahah keren euy kang, tp eta tagline #pantengin terus na bikin ngakak...

    ReplyDelete
  5. Min, tolong cek frequency band lte nya juga gan

    ReplyDelete
  6. Kalo redmi 4 nya mo dilepas kabar2 ya om....

    ReplyDelete
  7. Out of the topic mas hilmy,sekedar saran gmn kalo background web nya jangan gelap, agak sakit mata saya yg berkaca mata ini membaca blog nya. Btw ok banget review nya mas

    ReplyDelete
  8. Bang...
    Saya liat kok warna grey ini bezel hitamnya gak ketara, kalo yg gold kok tebel banget yak?
    Apa emang gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. redmi 3X kali tuh gan, setahu ane redmi 3X model nya sama kaya redmi 4, cuma redmu 3X lebib tebal

      Delete
  9. redmi note 3 pro (snapdragon 650 3/32) vs redmi 4 prime vs redmi note 4 (3/64) bagus mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. liat di youtube aja gan riview redmi note 3 pro vs redmi 4 vs redmi note 4

      Delete
  10. Gan, untuk test game di xiaomi redmi 4 prime selain Asphalt Xtreme, satu lagi nama game nya apa ya ?? Tolong info nya dong, thanks

    ReplyDelete
  11. Di setelan tambahan ada lokasi fungsi.a buat apa yya

    ReplyDelete
  12. Misi om , di Redmi 4 prime ini apa masih suka delay notifnya?
    Pengalaman pake xiaomi soalnya delay mulu padahal udah di autostart.
    ini jadi balik pake samsung.
    Sejauh mana perkembangan miui di redmi 4 prime ini ???

    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk sementara ente flashing aja gan pakai rom cina stable ukurannya sekitar kurang dari 2 Gb, Karena nungguin ROM global bahasa inggris belom keluar

      kalau ane flashing pakai windows 10 64 bit

      cara flashing liat internet sama di youtube aja gan

      Delete
  13. mantab ulasannya om, ane baru beli hape ini tapi pas buka video digallery ga bs ada notifikasi: "Unfortunatelly gallery has stopped"..knp ya om? searching digoogle tp beda versi kayaknya dgn xiaomi lain, please help om wa sy di 08129890627..thank

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setting permission apps galerinya bro. Mungkin masih dikunci/belum dibuka.

      Delete
    2. Saya juga baru pake redmi 4 prime ini dan punya masalah yg sama dgn mas ahmad, sudah coba clear data galeri tapi masih tetap tdk mau play video dari galeri. Tolong bantuannya

      Delete
    3. mungkin itu bug/error dari rom distributornya.

      kalau mau di flashing pakai ROM china stable, Karena ROM global nya belum keluar, sebelum flash backup dulu data hpnya biar ngga hilang

      kalau ngga ngerti untuk sementara download aja galerry di playstore

      kalau belum pernah flashing, silahkan minta bantuan orang yg ngerti flashing

      Delete
    4. Misi gan, numpang nanya nih. Kalo beli redmi prime 4 yang bagus itu di distributor apa ya? Trus service di distributor itu bagus apa ga ya?

      Delete
  14. bang mnurut ente bagusan mana, mi4c atau redmi 4 prime? lagi bingung soalnya mau beli hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ane udah liat mi4c teman, ngga enak gan ngga ada memory exsternalnya, ngeri kalau hp lagi kena bootlop, emang sih kualitas michrophone sama speaker standar kalah sama mi4c, btw ane pakai buat gaming oke, jarang pakai speaker karena biasanya pakai headset atau music box hehehe....

      Ram lumayan lega cuma 2 jeti udah dapet spek 3 jeti wkwkw

      Delete
  15. Gan klo import hpnya dari luar apa ga kena aturan TKDN yaaa? Gimana caranya ngakalin biar bsa maauk smartphonenya ke indo? Thx infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. liat aja di situs xiaomi cina mas, kalaudi tukar ke rupiah harganya sekitar 1.799.000 rupiah.

      kalau di import itu dia kena aturan TKDN kalau masih dibungkus rapih alias belom sama sekali dipakai

      Delete
  16. Wah ternyata asli garut oge kang.. Punten mau nanya, saya baru beli redmi 4 prime ada masalah di hasil rekaman suara, termasuk suara darj rekaman video. Suaranya kaya yg terkompres sehingga terdengar tidak stabil. Kenapa ya kang? Nuhun sateuacanna

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya memang kaya gitu, kualitas michrophonenya yg kurang bagus. atau bener kata mas dikompress

      Delete
    2. Saya baru pake redmi 4 prime, keluhannya sama di microphone. Bahkan hasil videodan rekaman, suaranya tidak ada sama sekali, dipake nelpon suara saya gakk kedengaran oleh si penerima panggilan. Apa yg bermasalah? Bagaimana solusinya?

      Delete
    3. Saya baru pake redmi 4 prime, keluhannya sama di microphone. Bahkan hasil videodan rekaman, suaranya tidak ada sama sekali, dipake nelpon suara saya gakk kedengaran oleh si penerima panggilan. Apa yg bermasalah? Bagaimana solusinya?

      Delete
  17. Judul blognya ganti aja jadi gontagantixiaomi.com :D

    ReplyDelete
  18. kalo sama xiaomi redmi note 4 mendinig mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ane ngga tau gan belom pernah pakai redmi note 4

      liat aja sendiri di youtube gan review redmi note 4 vs redmi 4 prime

      Delete
  19. Baru beli HP ini setelah baca blog ini cuma 1 yg blm dibahas, kenapa gak bisa screenshoot dengan 3 jari ya padahal di settingan semua Xiaomi yg mendukung pasti ada tp di settingan 4 prime ini gak ada, agak repot klo mau screenshoot..mohon pencerahannya juga ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. screen shot nya ada di panel notifikasi kk, itu lo yg gambar gunting

      kalau ane screenshoot pakai fitur quick ball. caranya masuk ke setting, buka additional setting, pilih quick ball, turn on quick ball, select shorcut dan ganti aja sendiri mau pakai shorcut apa aja

      ane lebih suka shorcut pakai quick ball gampang tinggal tap screenshot muncul

      Delete
  20. Redmi 4 prime saya kok gak bisa tethring jadi hotspot ya,, apa memang begitu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya memang ga bisa hotspot om...salah satu titik lemahnya yg ga diulas disini.

      Delete
    2. mungkin karena agan masih pakai rom abal_abal gan

      redmi 4 ane bisa gan, ane flash pakai rom cina stable, download sekitar 1 Gb lebih.

      lancar jaya gan.
      nungguin versi global bagi ane kelamaan gan

      Delete
    3. Ya mungkin gan romnya ,punya sya mah alhamdulillah lancr smua pakai rom muiu 8.1stabil 8.1.2.0(MBEMIDI)

      Delete
  21. Lobang speakers Xiaomi redmi 4 prime kan ada 2 tu, nah yg saya cuman sebelah kanan yg aktif, apa memang gitu gan ?
    Sebelah kirinya gak fungsi tu?
    Tolong penjelasannya ya :)

    ReplyDelete
  22. gan kok g ada yg menuliskan redmi 4 tentang D2W ya.double tap to wake.alias nyalain layar dengan 2 ketukan di touch.mirip redmi note 4.
    apa memang gak ada feature double tap to wake nya redmi 4 ini gan?

    ReplyDelete
  23. Ternyata tipe lcd redmi4prime beda2...ada yg tianma,boe,ebbg..bgusan mana gan?

    ReplyDelete
  24. Udah support fast charging belum gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah gan ngecas dr 20% cman butuh waktu 3jam kurang sampai 100% mantap...

      Delete
  25. beli redmi 4 prime ini di gearbest (atau situs lain) gmn caranya? dh cari2 di toped bl shopee dll pada kehabisan warna grey.

    ReplyDelete
  26. Om mau tanya. Kenapa ya pas lagi di charger xiaomi redmi 4 prime ini jadi anget anget gitu? Jadi masalah atau tidak?

    ReplyDelete
  27. ask gan, baru minang 2 hari, bisa bisik link download buat flash ROM china yg agan pake ga?

    ReplyDelete
  28. Xiaomi redmi 4 prime ini sudah 4g belom ya? Soalnya saya punya hp xiaomi redmi note 3 pro, di spesifikasinya sih sudah support 4g tp nyatanya malah gaada settingan 4g di pengaturann..

    ReplyDelete
  29. Gan numpang nanya, saya baru beli hp xiaomi 4 prime. Gimana Cara nya mengetahui rom abal2 atau tidak dengan mudah?

    ReplyDelete
  30. Gan mau tanya ane dpt rom globa buat redmi 4 prime udh d instal romnya 8.1 STABLE 8.1.2.0(MBEMIDI) ini rom resminya bukan c gan? Internetna krasa aga lemot c g sesuai spek hpnya

    ReplyDelete
  31. Gan mau tanya ane dpt rom globa buat redmi 4 prime udh d instal romnya 8.1 STABLE 8.1.2.0(MBEMIDI) ini rom resminya bukan c gan? Internetna krasa aga lemot c g sesuai spek hpnya

    ReplyDelete
  32. Gan, redmi 4 prime yg kyak gitu (blakang gold depan black) dapet dari mana?

    ReplyDelete
  33. Gan setelah di flashing 4gnya ilang atau tidak?

    ReplyDelete
  34. Terimakasih gan..
    Info ny sangat membantu..����

    ReplyDelete
  35. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  36. gan mau tanya, redmi 4 prime apa masih dijual secara online di indo?

    ReplyDelete
  37. Misi gan mau tanya.
    Gw baru beli Xiaomi resmi 4 prime nih, tapi speaker outputnya cuma hidup satu.
    Apakah rusak atau memang begitu.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan rusak gan..
      Emang cuman mainan itu
      Biar makin kren

      Delete
  38. Makasih MAs ulasannya. Aku kebetulan mau beli Redmi 4. Jadi makin mantap

    ReplyDelete
  39. ciri cirim rom global stable yang asli seperti apa ya?. ini saya baru saja membeli redmi 4 prime

    ReplyDelete
  40. Nambah plusnya gan, GPS nya gan mantep lock cepet akurasi nya mantep. Cocok buat traveler and backpaker. Biar di dalam ruangan lock ama akurasi nya dapet.

    ReplyDelete
  41. Bukanya pake snapdragon 625 gan..
    Saya juga pake soalnya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts