Gadget Promotions

Tuesday, January 24, 2017

Mini Review Pipo W2s, Gak Mau Kalah Ikutan Trend Tablet Dual-OS



Pada awalnya, saya ingin sekali mengulas tablet dual-OS yang sepertinya mulai menjamur di beberapa e-commerce Tiongkok maupun Indonesia. Yang sudah saya pernah lihat ulasannya adalah Teclast X80HD Pro dan Chuwi Hi8 Pro, keduanya menggunakan processor yang sama yaitu Intel Cherry Trail Z8300 yang sudah memiliki empat inti alias quad-core. Selain itu, kedua tablet tersebut juga sama-sama memiliki resolusi layar Full HD 1920 x 1200 pixels.

Saat saya mengajukan untuk mengulas salah satu dari kedua tablet tersebut, pihak Banggood.com malah memberikan sebuah tablet alternatif dari merk lain yang terlihat lucu, Pipo. Buat orang Sunda seperti saya, merk ini rentan sekali tertukar dengan Vivo. Pelafalan keduanya bisa jadi sama-sama "PIPO" kalau orang Sunda yang ngomong. Hahaha!



Adalah Pipo W2s yang kurang lebih memiliki spesifikasi yang identik dengan dua tablet lain yang saya sebutkan terlebih dahulu. Kira-kira beginilah spesifikasinya:

  • Layar IPS 8 inci, resolusi Full HD (1920x1080 pixels) dengan sudut pandang hingga 178 derajat.
  • Processor quad-core Intel Cherry Trail Z8300 1,84 GHz.
  • RAM 2 GB DDR3.
  • Memori Internal 32 GB.
  • Slot/port: micro-SD, micro-HDMI
  • Kamera depan 2 MP, kamera belakang 2 MP
  • Baterai 3.800 mAh.
  • Dual-OS: Windows 10 dan Android 5.1 Lollipop.

Pipo W2s dalam Penggunaan Saya



Sejauh yang saya gunakan, tablet ini sangat cocok digunakan untuk kebutuhan multimedia. Layarnya yang cukup besar dengan rasio 16:9 dan resolusi Full HD tentunya akan memanjakan mata saat digunakan menonton berbagai film. Buat ibu-ibu yang sering nonton drama Korea mah cocok pisan lah! Buktinya ini ibu negara Gogonwati sudah ancang-ancang untuk 'menyita' tablet ini selepas review, buat nonton Goblin katanya, hehehe.

Panel IPS yang digunakan pada tablet ini pun membuat layarnya mempunyai reproduksi warna yang baik dan cerah, serta sudut pandang yang luas.

Anda mungkin tidak akan menyangka tablet dengan harga kurang dari $100 seperti ini mempunyai skor benchmark yang cukup tinggi. Mau tahu? Langsung saja lihat beberapa screenshot dari aplikasi yang saya gunakan untuk mengambil informasi hardware-nya ini ya.






Skor Antutu Benchmark Pipo W2s

Kelengkapan sensor Pipo W2s

Sayangnya memang tablet ini banyak mengalami penyunatan pada sensor, sehingga tidak terlalu cocok untuk digunakan untuk gaming. Selain itu, pembagian jatah storage-nya terasa tak adil, Untuk partisi yang digunakan oleh Android, hanya ada 4 GB dari memori internal yang disediakan. Dipotong yang terpakai oleh sistem, jadilah tersisa sedikit saja untuk meng-install beberapa aplikasi tambahan. Kalau untuk penyimpanan media sih sudah pasti harus memanfaatkan slot micro-SD-nya. Beruntung kapasitas micro-SD yang didukung hingga 64 GB.


Processor quad-core Intel Z8300 cukup gegas untuk menghidupi sebuah tablet dengan layar beresolusi tinggi seperti ini. Namun jika harus dibandingkan, menurut saya performanya tetap lebih gegas saat dinyalakan menggunakan OS Android dibanding Windows. Oh ya, setiap booting kita dapat memilih mau masuk ke OS yang mana.

Sayangnya baterai berkapasitas cukup besar yang dimiliki tablet ini tidak cukup kuat meladeni processor dengan performa kuat sekaligus layar beresolusi tinggi sekaligus. Digunakan menonton, bermain game, bahkan banyak dibiarkan idle pun, baterainya akan cepat turun hingga masuk kategori lowbat dalam hitungan jam saja.

Kameranya sendiri hanya hadir untuk kebutuhan video call. Untuk foto-foto mah nggak usah diharepin. Selain resolusi kedua kamera yang hanya 2 Megapixels, keduanya pun tak dilengkapi dengan autofokus, jadi yaaa gitu deh.


Hasil Kamera Pipo W2s








Plus Minus Pipo W2s

Kelebihan Pipo W2s menurut saya:

  • Layar yang baik, resolusi tinggi, panel IPS dengan sudut pandang yang luas.
  • Dual-OS, dapat Windows 10 asli!
  • Harga terjangkau, dapat RAM 2 GB dan memori internal 32 GB, masih ada slot micro-SD.
  • Sangat baik digunakan untuk kebutuhan multimedia.

Kekurangan Pipo W2s menurut saya:

  • Partisi storage untuk Android terlalu kecil.
  • Daya tahan baterai kurang lama.
  • Performa di OS Windows terasa cukup lambat.
  • Kelengkapan pada paket penjualan tidak menyertakan kepala charger.
  • Kamera yang sebatas asal hadir saja.


Apa Kata Aa tentang Pipo W2s

Dengan semua hasil pengujian seperti ini, rasanya tablet ini memang lebih baik difungsikan sebagai media player saja. Bahkan bisa untuk menggantikan Android TV Box, karena sudah tersedia port micro-HDMI untuk ekspansi display ke televisi.

Kelebihan dari tablet ini yang utama memang ada pada sisi display. Tablet dengan merk global, atau tablet lokal tanah air dengan harga terjangkau, seringkai mengorbankan display demi mencapai harga yang murah. Padahal, bagi saya faktor layar justru menjadi salah satu yang terpenting untuk tablet.

Selain itu, tersedianya pilihan OS Windows bisa jadi nilai tambah yang sangat baik. Tablet sejutaan, sudah pakai OS Windows asli? Ini adalah nilai yang sangat berharga. Mungkin Anda tinggal menambahkan aksesoris keyboard case, dan Anda bisa menggantikan laptop atau netbook Anda untuk sekedar bekerja ringan seperti mengetik dan browsing saat Anda bergaul atau meeting dengan relasi di kedai kopi.

Anda yang tertarik dengan tablet murah berspesifikasi lumayan, dual-OS, dan layar kinclong ini, bisa menuju link Pipo W2s ini di Banggood.com, harganya hanya sekitar $94.99 saja lho.

1 comment:

  1. maaf gaptek ..sdh support sim card blm om ??
    klo blm support bisakah menggunakan modem utk koneksi data?

    thanks pencerahannya...

    ReplyDelete