Gadget Promotions

Tuesday, February 14, 2017

Adu Ulasan Smartwatch Tiongkok Terjangkau, No.1 G6 dan SMA-09


Saya masih penasaran untuk mencoba lagi smartwatch asal Tiongkok. Walaupun merk yang pernah saya coba berbeda, tetapi fitur dan tampilannya mirip-mirip, kalau tak bisa disebut sama. Karena itu saya meminta GearBest untuk mengirimkan langsung dua buah smartwatch untuk saya uji berdampingan, atau kalo istilah kerennya mah dibikin versus. Hehe.

Adalah smartwatch No.1 G6 dan SMA-09 yang kemudian saya dapatkan untuk saya ulas. Anda dapat melihat langsung video unboxing keduanya di bawah ini.




Hasilnya sebetulnya sudah dapat ditebak dari awal sih, namun biarkan saya menuliskan beberapa poin yang saya temukan dari hasil mencoba kedua smartwatch ini.

Kesamaan Antara smartwatch No.1 G6 dengan SMA-09

  1. Kedua smartwatch ini sama-sama menggunakan Nucleus OS yang memang nampaknya umum sekali digunakan oleh produk sejenis yang diproduksi di negara Tiongkok.
  2. Fitur dan menu yang ada pada smartwatch ini pun identik, antara lain: Heartrate sensor, Sedentary reminder, Remote Camera Shutter, Notification, Handsfree untuk bertelepon, Activity Tracker, serta Media Player.
  3. Sama-sama menggunakan processor Mediatek, serta memiliki memori internal yang dapat digunakan untuk menyimpan hasil perekaman suara.

Perbedaan Dasar smartwatch No.1 G6 dan SMA-09

  1. Perbedaan paling kentara tentunya adalah masalah strap, No.1 G6 yang saya terima menggunakan strap berbahan karet yang terlihat sporty (meskipun ada opsi strap metal juga di GearBest), sementara SMA-09 bahan strap-nya metal yang nampak mewah.
  2. No.1 G6 menggunakan port micro-USB untuk charging, sementara SMA-09 menggunakan pin magnetic.
  3. SMA-09 merupakan smartwatch yang waterproof, sementara No.1 G6 saya ragukan karena adanya port micro-USB meskipun memiliki karet penutup yang rapat.
  4. Layar No.1 G6 full bulat, sementara layar SMA-09 seperti lingkaran yang terpotong pada bagian bawahnya karena hadirnya tombol kapasitif bulat yang berfungsi sebagai back.
  5. No.1 G6 menempatkan kedua tombol fisik pada bagian sisi kanan smartwatch, sementara SMA-09 menempatkan satu tombol kapasitif di bawah layar, dan satu tombol yang terlihat seperti dial di sisi kanan.

Keunggulan No.1 G6 dari SMA-09

  1. Harganya lebih murah ($30 vs $42) dengan fitur yang kurang lebih sama.
  2. Strap karet lebih mudah dilepas pasang.
  3. Tombol lebih enak digunakan, tidak menonjol sehingga tak khawatir tertekan saat kita menekuk pergelangan tangan seperti apa yang terjadi pada SMA-09.
  4. Port micro-USB sebetulnya merupakan kelebihan, karena kita bisa menggunakan kabel charger smartphone kita, sehingga tak perlu membawa kabel tambahan.

Keunggulan SMA-09 dari No.1 G6

  1. Baterainya lebih tahan lama, bisa dua kali lipat dari masa hidup No.1 G6.
  2. Remote Camera Shutter juga menampilkan viewfinder, tidak seperti pada No. 1 G6 yang hanya sebagai tombol narsis saja.
  3. Waterproof.

Apa Kata Aa tentang smartwatch No.1 G6 versus SMA-09


Pada akhirnya, saya yakin selera lah yang akan menentukan pilihan Anda, selain budget tentunya. Karena dengan perbedaan harga sekitar $10, fitur kedua smartwatch ini nyaris sama. Seakan harga SMA-09 yang lebih mahal dikarenakan bahan strap-nya yang metal saja.

Namun, kalau ditilik dari kelebihan masing-masing, saya berani menyebutkan bahwa SMA-09 sedikit lebih baik karena faktor ketahanan baterainya serta tahan air. Selain itu, fungsi viewfinder pada saat smartwatch ini difungsikan sebagai remote camera shutter juga membuat smartwatch ini akan lebih berguna dalam keseharian saya.

Pilihan akhir tentunya ada pada Anda (dan saldo rekening Anda, hehe). Semoga cukup tercerahkan ya dengan tulisan, gambar, serta video yang ada pada artikel ini.

Seperti biasa, saya akan memberikan link pembelian kedua smartwatch ini untuk membantu Anda jika ingin melakukan pembelian di GearBest.com. Hatur nuhun.

Link pembelian No.1 G6 smartwatch

Link pembelian SMA-09 smartwatch

1 comment:

  1. A', bisa baca wa sms gak dua jam itu? Atau kalo nggak, ada rekomendasi smartwatch murah yg punya fitur itu gak?. Thanks in advance.

    ReplyDelete