Gadget Promotions

Monday, March 13, 2017

Review ZUK Z2 Pasca Update ke Nougat


Ini adalah kedua kalinya saya membeli ZUK Z2. Gara-garanya sih dulu kita putus pas masih sayang-sayangnya, haha. Ya, dulu saya jual karena keburu dapet ZTE Axon Mini.

Ada beberapa faktor yang membuat saya meminang kembali ZUK Z2 ini:
  1. Konsumsi baterainya yang awet,
  2. RAM dan memori internal yang lega,
  3. Sudah mulai tersedia kembali di Indonesia, pas dapat harga promo lagi di Blibli
  4. Dapat info kalau sudah update ke Nougat, WAH!
Untungnya, ZUK Z2 yang saya beli kali ini sudah bukan ROM abal-abal. Sehingga menu system update sudah tersedia, dan tanpa VPN saya bisa dengan sukses melakukan update OTA ke Nougat.

Oh ya, sebelum masuk ke bahasan tentang apa saja yang berubah setelah update ke Nougat, saya ingin bercerita sedikit soal video iklan Paybill. Ada beberapa video yang dibuat content creator di kantor yang saya minta untuk saya sisipkan, bantu-bantu promosi produk kantor lah dikit-dikit hehe. Nah, masalahnya saat lagi ngedit video, saya sering lupa file video kantor yang sudah saya salin itu disimpan di mana, jadi ujung-ujungnya saya ambil dari channel YouTube kantor.

Dulu biasanya saya pakai website yang bisa mengunduh video YouTube. Namun, belakangan ini saya diberi tahu ada sebuah aplikasi bernama VidMate yang dapat melakukan hal yang sama, dengan beberapa keunggulan lainnya.

Sebelumnya harus diketahui bahwa aplikasi ini tak bisa ditemukan di Play Store, kamu dapat mengunduhnya di http://id.vidmate.mobi ya. Setelah masuk ke aplikasi ini, kita tinggal search atau browse video yang ingin kita unduh. Bahkan videonya bisa kita tonton seperti kalau sedang membuka YouTube. Kita juga dapat memilih kualitas video yang akan diunduh nih!

Proses download akan berjalan setelah kita menekan tombol, dan kita bisa melihat progress-nya di notification drawer maupun layar khusus download aplikasi ini. Setelah selesai, video masuk ke daftar video yang berhasil diunduh, dan kita bisa langsung play dari aplikasi ini.

Di aplikasi ini, kita bisa search video di berbagai platform, tak cuma di YouTube. Bahkan kalau saya perhatikan, ada juga judul-judul film, hinggga seri drama Korea di sana, sebaiknya istri saya jangan sampai tahu nih, daripada kuota modem saya habis, hahaha.

Pesan saya, jangan lupa gunakan dengan bertanggung jawab ya. Karena ada kemungkinan video yang hendak kamu unduh memiliki hak cipta.

Oke, kembali ke ZUK Z2, berikut ini adalah perubahan yang terjadi setelah update ke Nougat berhasil dilakukan:

Hadirnya advanced screenshot yang sangat membantu karena membuat proses pengambilan screenshot dapat lebih sesuai dengan kebutuhan kita. Screenshot secara cepat dapat dilakukan seperti biasa, yaitu dengan menekan tombol power dan volume down sebentar saja. Namun, jika hanya ingin mengambil sebagian tampilan layar, kita dapat menekan dan menahan tombol power dan volume down lebih lama, kemudian melakukan cropping pada gambar yang dihasilkan sebelum menekan tombol simpan. Untuk layar aplikasi yang memiliki scroll, secara otomatis terdapat tambahan menu untuk melakukan long screenshot.

Satu lagi yang kini hadir adalah kemampuannya untuk melakukan screen recording. Buat yang suka membuat demo atau testing aplikasi, fitur ini akan sangat berguna.

Dari sisi performa, saya merasa ada peningkatan dalam kecepatan respon yang saya rasakan. Begitu saya lakukan benchmark dengan Antutu, rupanya memang skornya pun sudah meningkat cukup signifikan dari yang dulu berkisar pada angka 125-ribuan, sekarang sudah di atas 135 ribu.

Terakhir, dan ini adalah yang paling menggembirakan, kualitas hasil foto kameranya semakin baik, serta proses pengambilan gambar yang semakin cepat. Selain itu, kini juga telah hadir fitur manual yang sangat lengkap pada kamera ZUK Z2 ini. Seberapa jauh peningkatan kualitasnya? Langsung saja yuk disimak pada gambar-gambar di video yang sudah saya unggah di Youtube (cek bagian paling atas tulisan ini).

Nah, dengan semua perbaikan yang didapat setelah update ke Android 7.0 Nougat ini, serta tersedianya kembali ZUK Z2 di penjual-penjual tanah air, saya menyatakan selamat bertambah pusing buat Anda yang berencana untuk membeli smartphone baru dengan budget tiga jutaan.

Pasti akan banyak yang bertanya mending mana ZUK Z2 atau Xiaomi Mi 5? Jawabannya ada pada fokus kebutuhan Anda ada di mana. Jika kamera dan layar yang menjadi prioritas, bisa jadi Mi 5 masih sedikit lebih baik. Namun, untuk urusan software dan performa, leganya RAM dari ZUK Z2 jelas unggul. Ditambah lagi, baterai ZUK Z2 yang saya rasakan jauh lebih awet.

Saya jabarkan, Anda yang tentukan! Selamat pusing. Hehe :P

7 comments:

  1. Review meizu m3x a.k.a meilan x donk

    ReplyDelete
  2. Tuk kamera di banding dgn mi4c kumaha? Ada rencana buat ganti mi4c soalnya

    ReplyDelete
  3. Nice video.. ada rencana d jual ngak zuk nya gan... ada rencana beli drp flashing sendiri susah hehe

    ReplyDelete
  4. Vidmate bisa download semua video apa video tertentu
    Kan di utube juga ada video yg ditonton offline jga gak bisa

    ReplyDelete
  5. Om Hilmy...ciri2 rom nougat yg bukan abal2 gmn?

    ReplyDelete
  6. Om saya udah update ke nougat tapi kenapa jadi lebih boros ya baterai saya :(

    ReplyDelete
  7. Bolak balik liat Aa ngereview ini saya jd beli zuk z2,, mo nanya cara biar notif WA ontime gmna ya A'? Ni hp sepi notif nya,, pas dibuka WA baru dah masuk semua,,, help, help, help

    ReplyDelete