Gadget Promotions

Monday, April 10, 2017

Review Lenovo HW01, Smartband Pertama Besutan Lenovo yang Kece Juga!

review smartband lenovo hw01 indonesia


Saya tergelitik untuk mencoba salah satu smartband yang dijual di Banggood.com. Namun kali ini bukan karena fitur atau spesifikasinya yang lain daripada yang lain, melainkan hanya karena merknya saja.

review smartband lenovo hw01 indonesia

review smartband lenovo hw01 indonesia


Ya, smartband tersebut memiliki merk Lenovo, pemain global di dunia per-gadget-an yang sudah besar dari lini produk komputer dan smartphone-nya, serta dikenal senang mengakuisisi brand lain yang tak kalah besarnya.

Sengaja saya memilih smartband berwarna merah. Selain biar tak bosan, umumnya smartband dengan strap karet berwarna hitam tak terlihat terlalu bagus saat divideokan, he.. he..



Dengan harga yang saat ini setara dengan Xiaomi Mi Band 2, sebetulnya tak banyak perbedaan yang disuguhkan Lenovo pada smartband-nya ini. Saya mencatat hanya dua hal saja yang bisa dilakukan oleh Lenovo HW01 dan tidak bisa dilakukan oleh Mi Band 2 secara default: menjadi remote untuk media player di smartphone dan menjadi stopwatch di saat hendak berolahraga.

review smartband lenovo hw01 indonesia

review smartband lenovo hw01 indonesia


Namun, fitur ini sudah terbukti bermanfaat sih. Saat terakhir saya naik angkot sepulang kerja, penumpangnya hanya saya saja seorang diri. Lalu kemudian naik dua orang lelaki, yang maaf saja, penampilannya cukup membuat saya jiper dan tak berani mengeluarkan ponsel dari saku jaket. Jadilah saya menggunakan smartband ini untuk memilih lagu yang sedang diputar di smartphone saya dan saya dengarkan melalui bluetooth earphone kesayangan saya, QCY Q26.

Sisanya mah sama saja, ada layar untuk penunjuk waktu dan tanggal serta indikator baterai, penghitung jumlah langkah, jarak, dan kalori terbakar, serta penghitung detak jantung. Overall saya menyukai tampilan UI pada layar monokromnya yang terlihat neat.

Selain itu, aplikasi yang digunakan untuk terkoneksi dengan smartphone juga saya nilai bagus. Sudah hampir sebagus Mi Fit lah. Dibanding smartband asal Tiongkok lainnya yang seringkali menggunakan aplikasi yang sifatnya generik, Lenovo nampak lebih niat untuk urusan yang satu ini. Pada aplikasi ini pula kita bisa melihat histori detak jantung kita yang secara otomatis diukur tiap 15 menit sekali. Proses pengukuran terjadi dengan cukup cepat, sekitar 5-10 detik saja.

Eh, saya lupa. Kita belum bahas smartband ini secara fisiknya ya. Modul utama dari smartband ini berwarna hitam, dengan layar yang berorientasi horizontal. Namun ada satu tampilan yang disajikan secara vertikal, yaitu tampilan jam saat layar menyala akibat gerakan tangan kita terdeteksi oleh accelerometer yang ada pada smartband ini. Pada sisi bawah layar terdapat sebuah tombol kapasitif untuk melakukan perpindahan menu atau layar.

review smartband lenovo hw01 indonesia

review smartband lenovo hw01 indonesia

review smartband lenovo hw01 indonesia




Saya tak seharusnya menggunakan istilah modul sih, karena smartband ini sejatinya tak modular. Ya, strap-nya tak bisa dilepas, apalagi diganti. Untuk urusan ini, Mi Band 2 lebih unggul dengan banyaknya jenis strap yang bisa dipakai menggantikan strap aslinya.

Bahan strap dari Lenovo HW01 ini lembut dan sangat bersahabat dengan kulit. Satu yang kurang saya sukai adalah jenis pengaitnya yang sama dengan apa yang biasa ditemukan pada tali jam. Menurut saya sih kurang praktis, saya lebih suka tipe pengait yang umum digunakan pada smartband lain, termasuk pengait yang ada pada Mi Band 2.

review smartband lenovo hw01 indonesia

review smartband lenovo hw01 indonesia


Dengan baterai berkapasitas 60 mAh, sejauh ini konsumsi dayanya tergolong irit. Sudah seminggu saya gunakan dan masih tersisa lebih dari 50% kapasitas baterainya. Untuk mengisi dayanya, Lenovo HW01 memiliki sebuah port micro-USB di sisi bawahnya, sehingga kita tak perlu docking atau kabel khusus untuk men-charge smartband ini. Port ini sendiri ditutupi menggunakan karet sehingga tidak menganggu kekedapan air dari smartband ini. Ya, smartband ini sudah memiliki sertifikasi IP65 untuk masalah waterproof ini. Sayangnya saya belum sempat menguji apakah activity tracker-nya tetap berfungsi saat diajak berenang.

review smartband lenovo hw01 indonesia

Overall, smartband Lenovo HW01 ini tergolong baik dan masih dalam kategori sesuai dengan harganya. Kekurangan utamanya jelas ada pada strap-nya yang tak dapat diganti. Secara looks dan bahan yang digunakan sih menurut saya sudah OK. Sebuah alternatif jika Anda ingin smartband dengan harga terjangkau dari brand yang sudah memiliki reputasi.

Dengan harga $24.99, Lenovo HW01 smartband di Banggood.com ini bisa Anda miliki segera.

4 comments:

  1. kang kalo sama Mi Band 2, bagusan mana ya? jadi bingung mau beli yang mana :v

    ReplyDelete
  2. mana yang bener nih 60mAh ato 85mAh(lazada) ato 90mAh(lainnya), bagaiman didalam box tertulis berapa?

    ReplyDelete