Gadget Promotions

Tuesday, April 18, 2017

Review No.1 Smartband F1, Smartband dengan Baterai Terbesar Saat ini


Yang saya ketahui, DT No.1 memiliki banyak sekali varian smartwatch yang dapat ditemukan saat hunting produk di Banggood.com. Namun, belum lama ini saya menemukan smartphone dari merk yang sama, dan baru-baru ini saya pun menemukan sebuah varian smartband dari brand asal Tiongkok satu ini.

Namanya DT No.1 Smartband F1, dan kalau melihat penampakannya sebetulnya tidak terlalu istimewa. Hanya satu bagian pada spesifikasinya saja yang benar-benar membuat saya tertarik. Adalah besar baterainya yang mencapai 230 mAh yang sedikit memantik kepenasaran dalam diri ini. Sebagai perbandingan, baterai Xiaomi Mi Band 2 berkapasitas 70 mAh, dan Lenovo HW01 smartband memiliki baterai sedikit lebih besar di 90 mAh.

Ini artinya kapasitas baterai No.1 Smartband F1 ini lebih dari tiga kali lipat baterai Mi Band 2, dan lebih dari dua kali lipat Lenovo HW01. Nah, jika kedua smartband yang saya sebutkan tadi mampu bertahan 1-2 minggu dalam sekali pengisian daya, menurut perhitungan kasar berarti seharusnya No.1 Smartband F1 ini setidaknya mampu bertahan satu bulan penuh dong?

Sayangnya pada kenyataannya tidak begitu. Seminggu saya pakai, baterainya sudah berkurang 50%, jadi ya ujung-ujungnya mah sama saja dengan yang baterainya hanya setengah atau bahkan sepertiganya. Haha, lucu ya, padahal ini bisa dibilang daya tarik yang paling menjual dari smartband ini.

Karena sisanya mah secara fitur terbilang sama bahkan sebetulnya kurang jika dibandingkan smartband lainnya. No.1 Smartband F1 ini memiliki fitur yang sangat standar: penunjuk waktu dan tanggal, penghitung langkah, jarak, dan kalori terbakar, serta pengukur detak jantung.

Eh gak standar banget juga deh, pengukuran detak jantungnya bisa dilakukan secara dinamis, alias terus-terusan memonitor pergerakannya, tidak hanya sekali ukur. Dan pengukuran dapat dilakukan dengan cukup cepat. Mungkin ini bisa dianggap sebagai kelebihannya.

Kelebihan lainnya adalah pada aplikasi pendukungnya yang dipasang di ponsel, kita dapat bebas menambahkan aplikasi apa saja yang ingin dimunculkan notifikasinya pada smartband.

Desainnya sendiri kurang lebih mirip dengan Lenovo HW01 kemarin, hanya saja di dekat layar kali ini terdapat sebuah tombol fisik yang berfungsi untuk menyalakan layar. Ya, smartband ini nampaknya tak memiliki accelerometer, sehingga layar tak bisa otomatis menyala apabila ada gerakan memutar pergelangan tangan. Mungkin maksudnya biar lebih hemat lagi baterainya ya.

Layarnya sendiri berorientasi horizontal di mana sebelah kiri dan kanan layar merupakan bagian yang bisa disentuh untuk berpindah menu sesuai urutannya. Untuk UI tampilan di layarnya sendiri, saya masih lebih suka apa yang ada pada Lenovo HW01.

Strap dari No. 1 smartband F1 ini memiliki jenis pengait yang sama dengan Lenovo HW01, namun feels strap-nya terasa sedikit lebih kaku. Sama-sama memiliki strap yang tak dapat dilepas, smartband ini memiliki tiga pilihan warna, yaitu hitam, biru, dan merah.

Anda bisa memiliki No. 1 smartband F1 ini seharga $33 di Banggood. (saat ini sedang ada promosi 25% OFF dengan coupon: "25s8").

Kalau harus memilih, saya pastikan lebih memilih Lenovo HW01 saja dibanding No.1 Smartband F1 ini. Selain lebih murah, Lenovo HW01 juga memiliki fitur lebih lengkap dan strap yang lebih nyaman di kulit. Meskipun memang untuk urusan dynamic heartrate counter dan jumlah aplikasi yang dapat dimunculkan notifikasinya, No.1 Smartband F1 ini lebih unggul.

Yah, keputusan saya kembalikan pada yang punya duit dan mau beli aja deh. Tugas saya selesai di sini, hehehe... Wassalam.


No comments:

Post a Comment