Gadget Promotions

Friday, July 7, 2017

Review FNF iFive Mini 4S, Tablet Layar 2K Termurah



Cerita ini dimulai dari rusaknya tablet Lenovo Tab 2 A7-10 milik saya yang pada kenyataan sehari-hari dikuasai anak saya dan sepupu-sepupunya. Setelah dua tahun mengabdi penuh dengan jatuh bangun, alias jatuh ke lantai dan dicari-cari saat anak saya bangun, akhirnya tablet tersebut tak mau lagi disuapi oleh charger.

Agar gadget saya aman dari penguasaan anak saya yang lagi mengalami kekosongan gadget, saya pun meminta kepada Banggood.com untuk mengulas sebuah tablet lagi. Dan kali ini disetujui untuk mengulas FNF iFive Mini 4S versi wi-fi only.



Tadinya saya meminta yang versi cellular dan sudah support 4G, tetapi memang harganya terpaut cukup jauh. Namun setelah dipikir-pikir untuk kebutuhan anak saya menonton YouTube, dan emaknya menonton drama korea, tablet ini sudah sangat cukup. Dengan tablet yang mengandalkan koneksi wi-fi, saya bisa lebih leluasa mengatur durasi anak menonton YouTube, tinggal matikan modem, selesai, anak saya pun berhenti menonton YouTube dan kembali ke dunia nyata.

Yang paling penting dari sebuah tablet menurut saya adalah layarnya. Dan untuk hal ini, saya tak salah pilih. Layar tablet ini selain sudah mengusung panel IPS, resolusinya sudah 2K lho. Pada dimensi layar 7,85 inci, resolusi seperti ini sudah menghasilkan ketajaman yang sangat baik.

Ditambah dengan speaker stereo yang kencang, semakin melengkapi fungsi multimedia dari tablet ini. Saya terkadang harus meminta anak saya menurunkan volume-nya.

Namun, tak hanya itu. Tablet ini tak melupakan sisi performa, berbekal processor Rockchip RK3288 yang sudah quad-core dengan clockspeed 1.8 GHz dan RAM sebesar 2 GB, sejauh ini tablet ini benar-benar merupakan upgrade dari tablet lama saya. Terasa smooth saat digunakan membuka aplikasi dan melakukan scrolling di dalamnya.

Saat saya melakukan proses benchmark dengan Antutu, skor hasilnya cukup membuat saya kaget. Biasanya skor Antutu tablet murah asal Tiongkok tak setinggi ini, terlebih patut diingat bahwa dapur pacu tablet ini harus menghidupi layar resolusi tinggi, 2K lho!

Jadinya, digunakan bermain game pun tablet ini hayu-hayu aja. Buat VR? Tenang juga, gyroscope-nya ada lho! Tapi emang ada headset VR yang cukup buat tablet 7,85 inci? Ahahaha...

Lanjut ke sisi baterai, kapasitasnya 4.800 mAh dan dengan kondisinya yang wi-fi only, tentunya sangat hemat. Dengan keadaan sering standby dan sesekali saja dinyalakan untuk menonton dan browsing, seingat saya rata-rata saya mengisi dayanya seminggu dua kali lah.

Kameranya sudah lengkap, depan dan belakang. Kamera depannya beresolusi 2 Megapixels, sementara kamera belakangnya 8 Megapixels, lumayan ya. Meskipun memang soal kualitasnya mah jangan banyak diharapkan, namanya juga tablet murah, ada kamera belakang saja sudah lumayan banget heuheu.

Pembahasan terakhir kali ini adalah soal desain. Pertama, saya menyukai rasio layarnya yang 4:3 karena ternyata lebih enak untuk sebuah tablet, terutama saat dipakai browsing dan menyimak foto-foto, walau memang saat dipakai menonton video layar lebar, jadinya banyak bagian layar yang hitam tak terpakai.

Kedua, dengan ukuran 7.85 inci yang berarti seukuran dengan iPad Mini, membuat saya tinggal mencari aksesoris iPad Mini untuk dipakaikan pada tablet ini, hehe.

Lalu soal material yang digunakan, pemilihan material logam untuk backcover tablet ini membuat bobotnya terasa mantap dan kokoh. Namun sejujurnya menurut saya untuk sebuah tablet masih lebih nyaman di jemari apabila bahannya plastik saja. Apalagi FNF iFive Mini 4S mengkombinasikan logam dengan kaca di bagian belakangnya, membuat saya sering merasa riskan saat tablet ini digunakan anak saya bermain.

Looks-nya sendiri jadi mirip iPad Mini campur iPhone 5. Mana namanya iFive Mini 4S pula, membuat jatidiri tablet ini menjadi patut dipertanyakan, haha.



Masuk ke kesimpulan, so far menurut saya tablet ini menawarkan value yang sangat baik. Sebanding dengan harganya yang saat ini dibandrol pada angka $139.99. Seingat saya dulu saat saya memilih produk ini, harganya sedang promo di angka $110 alias sekitar satu setengah jutaan Rupiah saja.

FNF iFive Mini 4S 32G Quad Core 7.9 Inch Tablet: (20% OFF Coupon: 46d9be)

Apa yang saya cari dari sebuah tablet, bisa saya dapatkan dari FNF  iFive Mini 4S ini. Dan dengan alasan ini, maka bisa dipastikan saya takkan menjualnya kembali. Karena kalo dijual kembali, anak saya bisa ngamuk, emaknya apalagi, hahaha.

Demikian review saya untuk tablet ini, link pembelian saya sertakan di deskripsi video ya. Hatur Nuhun!

1 comment: