Gadget Promotions

Wednesday, March 28, 2018

TIBA-TIBA PINTAR BAHASA INGGRIS? BISA! Review u-Dictionary Kamus Pintar Berbahasa Inggris!



Bosankah kalo saya review gadget terus?

Tenang, kali ini beda, yang saya review adalah sebuah aplikasi. Dan pastinya sangat bermanfaat.

Saat ini, saya sedang menguji pakai Samsung Galaxy S9, yang mana ada fitur Bixby Camera di dalamnya. Tahukah kalau salah satu kegunaan Bixby Camera adalah untuk menterjemahkan tulisan secara visual. Contohnya kita bisa menterjemahkan tulisan yang ada di sampul buku dengan cara memfotonya.

Berguna kan aplikasi seperti ini? Tapi, Bixby hanya ada di smartphone keluaran Samsung. Terus yang ngga punya Samsung bagaimana?

Nah, itu dia yang mau saya review dan infokan ke temen-temen semua, biar lebih semangat belajar bahasa asing, terutama bahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional.

Aplikasinya adalah u-Dictionary. Aplikasi ini selain berfungsi sebagai kamus biasa, juga bisa menterjemahkan gambar di jendela bidik kamera, atau foto di galeri kita. Semisal ada teman mengirimkan meme di whatsapp, dan kita tak tahu apa artinya. Tenang, tinggal buka aplikasi u-Dictionary, lalu buka deh foto tadi, select di bagian teks yang ingin diterjemahkan. Voila, hasil terjemahannya muncul, bahkan hingga ke alternatif arti yang mungkin lebih cocok. Dan ini bisa diatur mau diterjemahkan ke bahasa apa.



Tapi tak hanya itu, u-Dictionary juga bisa dengan cepat menterjemahkan teks yang kamu salin entah itu dari browser atau dari pesan apapun. Begitu kita memilih untuk menyalin suatu teks, maka akan muncul lingkaran kecil yang jika kita tap maka akan langsung menerjemahkan kalimat yang kita salin tadi. Catat ya, kalimat lho, ngga hanya kata per kata saja.

Dan semua itu bisa dilakukan dengan cepat karena aplikasi kamus u-Dictionary ini juga bisa berjalan offline. Sebagai contoh, saat saya memilih Bahasa Indonesia sebagai bahasa primer saya, maka kita tinggal download data sebesar 3MB saja. Ga makan kuota banyak kan?

Satu lagi fitur unik dari aplikasi ini adalah Word Lock Screen. Jika kita mengaktifkan fitur ini, maka lockscreen kita akan berubah menjadi kata-kata baru dalam bahasa asing, beserta artinya. Sehingga setiap kali kita menyalakan layar ponsel kita, kita menambah kosakata asing baru ke dalam pengetahuan kita. Ini keren, berguna banget menurut saya.

Dan aplikasi u-Dictionary ini bisa didapatkan secara resmi di Google Play Store tanpa biaya lho. Aplikasi ini mendapat keuntungan dari iklan yang sesekali muncul berbarengan dengan hasil terjemahan yang dilakukan. Dan saya rasa ini fair lah.

Kamu sering ditanya arti suatu kata dalam bahasa asing oleh teman, saudara, atau bahkan orang tua kamu? Yuk kita tolong mereka lebih mandiri dengan memberitahukan aplikasi yang keren dan useful ini.

Saya pun senang sekali bisa memberitahukan tentang keberadaan aplikasi ini kepada teman-teman semua, semoga bermanfaat yaaa.

Dari Kota Cimahi Aa Gogon pamit undur diri, wassalam!

No comments:

Post a Comment