Gadget Promotions

Monday, April 30, 2018

Mini Review Samsung Galaxy S9 Plus, Kenapa Cowok Harus Pakai?



Akhirnya saya mencoba juga sepasang smartphone flagshipnya Samsung nih. Setelah kemarin dipuaskan sepuas-puasnya oleh Galaxy S9, kini giliran Galaxy S9 Plus yang saya ulas.

Saya rasa secara prinsip akan banyak hal yang kurang lebih sama antara S9 Plus dengan S9 yang sebelumnya saya ulas. Anda yang belum menyimak video review Galaxy S9 yang saya buat, saya sarankan untuk menontonnya terlebih dulu. Sekalian refresh karena pada video tersebut cukup banyak footage di pemandangan alam terbuka yang indah.



Nah, ada baiknya kita mulai bahasan kali ini dari apa saja sih perbedaan S9 Plus dari S9 versi biasa?

Pertama tentunya harga, selisihnya 1,5 juta Rupiah untuk varian storage yang sama, di mana harga resmi S9 Plus ini ada pada angka Rp12.999.000.

Lalu tentu saja dimensi fisiknya, di mana S9 memiliki bentang layar 5,8 inch, dan S9 Plus sebesar 6,2 inch. Saya tadinya menyangka S9 Plus ini akan bongsor banget, namun di luar perkiraan ternyata masih enak-enak saja tuh digenggam dengan satu tangan. Faktor screen-to-body ratio yang tinggi, serta infinity display yang melengkung di kedua pinggirannya jadi faktor penentu di sini.



Perbedaan komponen selanjutnya ada pada kamera belakang S9 Plus yang ada sepasang. Jadi lensa dual-aperture-nya ditemani satu buah lensa lagi dengan bukaan f/2.4 untuk menghasilkan bokeh yang super kece. Jangan lupakan fakta bahwa kedua lensa ini sudah memiliki OIS, jadi gak akan gampang blur saat dipakai mangambil gambar ya.

Sekarang kita beralih ke jeroannya, S9 Plus memiliki RAM yang lebih besar di 6GB, dan tentu saja berkat body yang lebih besar, Samsung bisa membenamkan baterai yang lebih besar juga kapasitasnya di 3.500 mAh. Buat yang belum tahu, Galaxy S9 memiliki RAM sebesar 4 GB, dan baterai 3.00 mAh ya.

Ternyata varian warna Lilac Purple pada Galaxy S9 Plus ini sangat digemari. Buktinya di toko tempat saya membeli Galaxy S9 kemarin, warna ini sudah tak tersisa. Saya pun harus sedikit berjuang untuk mendapatkannya di toko online yang masih menjualnya. Salah satunya adalah Bhinneka yang linknya saya sertakan pada deskripsi video ini ya.

Sejauh ini pengalaman saya berbelanja di Bhinneka selalu memuaskan. Patut dicatat bahwa Bhinneka adalah pelopor toko online di Indonesia, dulu tiap cari barang elektronik, mesti buka web yang satu ini heuheu. Satu yang unik dari Bhinneka, setiap kita berbelanja di sana, meskipun belanjanya online, tapi seperti dilayani langsung karena adanya personal assistant yang bernama Sarah. Mau beli ini itu jadi mudah, dan asli bikin tenang pokoknya.

Nah, Galaxy S9 Plus warna ungu yang cenderung menuju pink ini, mungkin terkesan lebih cocok buat wanita ya. Namun, pada kesempatan kali ini justru saya ingin membahas kenapa Galaxy S9 Plus juga akan sangat layak dipertimbangkan oleh kaum pria untuk menemani kesehariannya.

Kita mulai dari aspek pertama, yang tak lain dan tak bukan adalah kamera pastinya. Buat yang senang berkiblat pada penilaian yang dikeluarkan oleh DxoMark, Galaxy S9 Plus termasuk ke dalam top-3 smartphone berkamera terbaik dengan skor total sebesar 99.

Dan ini adalah salah satu faktor yang jadi pembeda, di mana ketika Anda sudah merasakan hasil kameranya yang indah, faktor harganya yang tergolong tinggi, menjadi nilai tebus yang pantas.

Buat cowo-cowo yang suka fotografi, atau merekam aktifitasnya di luar ruangan, bisa jadi ini adalah smartphone terbaik yang bisa Anda dapatkan saat ini. Merekam video dalam keadaan bergerak tetap stabil dengan tone warna yang memukau.

Hasil foto dan video berikut ini akan menyimpulkan kualitas dari kamera Galaxy S9 Plus ini deh.



Aspek kedua adalah looks dan handling. Galaxy S9 Plus tak hanya memiliki penampilan yang memukau, namun juga enak digenggam, dengan atau tanpa case. Sisi depan yang didominasi oleh Infinity Display ini tampak sangat elegan saat layar mati dengan Always on Display yang tetap menunjukkan informasi penting. Nampak hitam mengkilap, nampak misterius sekaligus macho jadinya.

Aspek ketiga adalah ketahanan smartphone ini terhadap debu maupun air. Buat cowok yang bekerja di outdoor, hal ini bisa jadi faktor penyelamat saat misalnya terkena hujan dan percikan air di luar sana. Malah sekalian kalau smartphone-nya kotor, siram saja dengan air untuk membersihkannya. Haha.

Aspek keempat adalah performa. Saya akan tunjukkan skor benchmark-nya sebagai pembuka saja ya. Betul, real experience lebih saya senangi daripada angka benchmark, dan dengan processor yang sama dan RAM yang lebih besar dari S9, Galaxy S9 Plus ini benar-benar terasa smooth dalam menemani kegiatan saya di atasnya. Cowo pasti suka gaming, dan dengan skor Antutu setinggi ini, saya yakin semua game berat bisa dilahap dengan baik oleh Galaxy S9 Plus.

Satu yang tak bisa saya lupakan adalah bagaimana setiap notifikasi selalu lancar masuk, dan ini sangat saya sukai.

Review ini nampak tanpa kekurangan ya. Faktanya adalah, saya yang kesulitan menemukan kekurangan itu, selain dari harganya yang premium sekali. Jelas memang segmen pasar yang masih price-sensitive bukanlah target dari produk ini.

Satu hal yang harus diingat, saya belum menggunakan S9 Plus ini seintens S9 kemarin. Jadi demikian saja yang bisa saya ulas dari ponsel ini. Namun kesimpulan saya, kalau memang budgetnya masuk, jangan ragu meminang Galaxy S9 Plus, terlebih jika mengejar kualitas fotografi-nya ya.

Jika Anda kesulitan mendapatkan varian storage dan atau warna yang diinginkan, boleh koq cek link di deskripsi video ini, terakhir saya cek di sana masih lengkap ada semua.

Sip, demikian review berbalut sedikit cerita mengapa Galaxy S9 Plus ini akan cocok untuk kaum pria, dari Kota Cimahi, Aa Gogon pamit undur diri. Wassalam!

No comments:

Post a Comment