Gadget Promotions

Thursday, September 17, 2015

Review Logitech X50, Speaker Bluetooth Hasil Menjajal Kembali MatahariMall.com



Sebetulnya banyak sekali e-commerce Indonesia yang masih jadi PR buat saya coba dan tuliskan pengalamannya. Tapi promosi gencar di televisi yang mulai digalakan, pun billboard di jalanan pulang dekat kantor saya di Bandung yang terlalu eye-catching membuat saya yang masih penasaran dengan transaksi terakhir saya di MatahariMall.com memutuskan mencoba peruntungan berbelanja di sana lagi. Lagi-lagi bermodal voucher diskon seratus ribu rupiah, saya berkelana mencari produk seharga tiga ratus ribu rupiah. Ya, memang minimum transaksi supaya vouchernya dapat digunakan memang tiga ratus ribu rupiah saja. Dan ya, memang masalah modal belakangan ini menjadi hal yang cukup krusial bagi saya dalam menentukan gadget apa yang harus dicoba selanjutnya, he.. he..

Hihaa, ada juga gadget yang harganya pas tiga ratus ribu rupiah. Bahkan di sana tertulis harga aslinya sebelum promo diskon adalah Rp 492.000,- (semoga bukan harga mark-up ya). Kali ini saya benar-benar perhatikan nama seller atau merchant yang menjual produk ini, CXShop namanya. Ingatan saya terasa klik dengan nama ini, rasanya sering melihat nama seller ini di marketplace lain yang sudah beroperasi lebih dulu. Begitu saya tuliskan nama Gista Putri di surat numpang nikah seller di laman pencarian Google, sederet marketplace ternama Indonesia muncul di halaman pertama. Nampaknya CXShop memang sudah malang melintang di ranah bisnis online tanah air.

Harga cocok, seller pun punya nama, artinya transaksi wajib dilanjutkan ke pelaminan kali ini. Gadgetnya merupakan salah satu jajaran produk Logitech, sebuah merk yang tak asing bukan? Tapi Anda salah besar jika mengira gadget yang saya beli adalah tetikus alias mouse. Meskipun nama ini besar karena lini produk mouse dan keyboardnya, namun gadget yang saya masukkan ke dalam keranjang belanja kali ini adalah sebuah speaker bluetooth.

Logitech X50 Wireless Mobile Speaker nama lengkap sesuai akte kelahiran dari produk ini. Didesain untuk mereka yang aktif mendengarkan audio di berbagai keadaan, nampaknya segmen pasar yang disasar adalah konsumen berusia muda. Terlihat dari banyaknya pilihan warna yang disediakan, antara lain: Hitam, Kuning kombinasi Abu, Biru Muda kombinasi Biru Tua, Jingga kombinasi Ungu, dan yang terakhir adalah warna yang saya pilih nih, Hijau kombinasi Biru. Sejujurnya jika masih bisa memilih antara Gista Putri atau Chelsea Islan warna lagi, saya nampaknya akan memilih Biru Muda kombinasi Biru Tua saja. Begitu datang di tangan, warna Hijau kombinasi Biru yang saya beli agak berbeda dengan foto promosi produk. Pun umur tak dapat berbohong, sudah bukan masanya saya membawa-bawa gadget berwarna hore dalam slingbag saya yang memang dikhususkan sebagai gadget carrier.

Haha ya sudah, lanjut ke cerita di balik transaksi pembelian speaker Logitech X50 ini dulu saja ya.

Bayar Pakai Form untuk Kartu Kredit

Setelah grand launching dilakukan, nampaknya MatahariMall.com belum juga menambah metode pembayaran yang disediakan. Besar kemungkinan marketplace yang satu ini akan memfokuskan pada pembayaran di tempat atau ambil di outlet Matahari store. Ini artinya MatahariMall.com berusaha mengakuisisi pelanggan yang masih menggunakan cash dalam berbelanja. Beberapa bulan lalu di kantor saya kedatangan orang Inggris, dari PayPoint, yang berencana melakukan ekspansi bisnis ke Indonesia setelah sebelumnya sukses berekspansi di Romania. Rupa-rupanya sistem pembayaran cash masih menjadi pilihan kebanyakan orang, PayPoint menjalankan bisnisnya dengan membuka banyak titik pembayaran cash untuk para pelanggan dapat membayar tagihan-tagihannya, semacam PPOB kalau di Indonesia tapi punya mesin dan jaringan sendiri. Nah, apakah memang MatahariMall.com mau fokus menggarap para pembayar tunai ini? Tapi kalau melihat sudah banyak logo metode pembayaran terpampang di website mereka sih nampaknya tinggal tunggu waktu saja sampai cara membayar secara online di marketplace ini menjadi lengkap.

Saya sendiri sebetulnya tidak punya yang namanya kartu kredit, sorry ini masalah prinsip. Prinsip apa? Prinsip ga mau dikejar-kejar debt collector sih yang pasti, haha. Nah, meskipun saya tidak memiliki kartu kredit, saya coba bayar pakai form pembayaran kartu kredit, soalnya kartu debit Mandiri saya bisa digunakan di Sepulsa.com untuk beli pulsa dengn cara mengisi form kartu kredit, jadi siapa tahu di MatahariMall.com juga berlaku sama. Dan... Bisa! Rezeki anak soleh apa rezekinya si MatahariMall.com ya, soalnya transaksi sukses dan dana pun mengalir ke rekening MatahariMall.com pastinya. Saat sudah terbayar, tertulis bahwa pesanan saya dibayar menggunakan kartu kredit Veritrans. Bagi yang tidak tahu Veritrans, mereka itu adalah payment gateway mitra resmi Bank Mandiri, selain Doku dan Infinitium. Apakah itu payment gateway? Bagi yang mau tahu seputar dunia bayar membayar secara online, dapat mengunjungi blog keren yang satu ini nih: ketagihanbayar.wordpress.com yang merupakan teaser blog dari salah satu startup e-commerce yang akan segera merilis layanan mereka di sini: PayBill Indonesia.

Pesanan Tak Kunjung Berubah Status dalam 2 Hari

Saya memang tak pernah bisa sabar lama-lama menunggu pesanan saya dari hasil berbelanja online. Hari kedua setelah pemesanan, status pesanan saya masih saja pending shipment. Saya kurang tahu sih maksudnya pending shipment itu apakah tinggal menunggu seller kirim barang, atau seller sebetulnya belum memproses pesanan saya sama sekali. Hmm, penyakit lama MatahariMall.com masih saja nih, pesanan pertama saya dulu yang berhasil pun demikian adanya, lama sekali statusnya berubah. Nampaknya trik saya harus kembali dijalankan nih.

Menghubungi Seller via Tokopedia

Ya, trik saya adalah menghubungi seller-nya langsung. Belum lama ini Tokopedia mulai menyediakan fitur inbox untuk berkirim pesan antar penjual dan pembeli. Klop deh, CXShop sebagai seller dari pesanan saya nampaknya cukup aktif di Tokopedia, terlihat datanya yang terakhir login pada hari yang sama. Saya kirim saja deh pesan seperti ini:



Kurang dari sejam, CXShop sudah merespon pesan saya. Terbukti kan analisa saya? Seller-seller masih jarang megecek pesanan terhadap lapak mereka di MatahariMall.com, buktinya di Tokopedia seller yang sama merespon dengan cepat. Ataukah MatahariMall.com tidak mem-push kepada seller berupa notifikasi ketika ada pesanan? Hmmm, masa saya harus daftar jadi seller sih? Rasanya sudah cukup pengalaman saya jadi seller di Elevenia. Nah khusus pengalaman saya jadi seller di Elevenia ini, nanti akan saya bahas pada tulisan lain ya.

Barang Dikirim Sabtu oleh JNE ke Kantor

Jumat siang pesan saya direspon oleh seller, Sabtu siang saya dapat telepon dari nomor yang disembunyikan alias unknown number. Rupanya kurir JNE yang menelepon mengatakan dia sudah berada di kantor untuk mengantarkan paket sepatu (ya, dia bilang sepatu, haha!). Karena kantor tutup, saya pun meminta kurir tersebut mengantarkan kembali di hari Senin saja. Aneh juga ya, kurir JNE pakai unknown number, apa dia takut saya hubungi terus jika suatu saat paket saya tak kunjung datang? Ha.. ha.. ha..

Unboxing

Akhirnya pesanan tiba juga di tangan, pantas saja kurir JNE mengira ini berisi sepatu, lha dusnya gede banget. Saya baru ingat, pembelian Logitech X50 itu berhadiah tumbler alias botol minum. Lumayan juga dari harga yang konon katanya Rp 492.000, diskon jadi Rp 300.000, dipotong lagi voucher diskon jadi Rp 200.000 saja, masih ditambah hadiah tumbler dan tidak dikenakan ongkos kirim.


Speaker Logitech X50 - Kemasan dan Bonus


Langsung saja saya buka paketnya, di dalam kemasan hanya terdapat unit speaker, kabel charging pendek, dan buku manual. Sayang sekali tidak disertakan kabel AUX male-to-male, sehingga jika ingin menyambungkan peranti Anda ke speaker ini tanpa koneksi bluetooth, Anda akan perlu membeli kabel audio tambahan.

Desain

Desainnya sangat catchy, terutama karena warna yang saya pilih cukup mencolok. Jika diperhatikan pada penampang depan speaker, sebetulnya ukuran driver-nya tidak sebesar body speaker keseluruhan. Pada bagian belakang speaker tidak terdapat apa-apa selain tulisan merk Logitech. Oya, saya baru tau lho kalo Logitech itu merk dari negara Swiss, meskipun hampir pasti sih produk elektronik seperti ini dibuat di Tiongkok.

Speaker Logitech X50 - Tampak Depan

Speaker Logitech X50 - Tampak Belakang

Speaker Logitech X50 - Tampak Samping, Tiga Buah Tombol

Speaker Logitech X50 - Tampak Samping, Dua Buah Port

Pada bagian samping speaker Logitech X50, yaitu di sekeliling body-nya, terdapat tiga buah tombol: volume down, power, dan volume down. Kemudian kita bisa menemukan dua buah port, yang pertama port audio jack 3.5 mm, dan yang kedua port micro USB yang dapat kita gunakan untuk melakukan pengisian daya. Pada buku manual, diklaim bahwa sekali pengisian daya penuh maka speaker dapat digunakan selama 5 jam. Sampai saat tulisan ini dibuat, saya belum sempat mengujinya selama itu sih, he.. he..

Secara keseluruhan, desainnya cantik dan handy, di mana ada bagian yang dapat digunakan untuk menggantung speaker Logitech X50 ini apabila diperlukan.

Pairing

Speaker Logitech X50 - Posisi Lampu Notifikasi

Proses pairing cukup mudah. Tekan tombol power sekali untuk menyalakan speaker, akan terdengar nada penanda speaker telah dapat dioperasikan, dan sebuah lampu notifikasi pun menyala pada bagian depan penampang speaker. Untuk masuk ke mode pairing, tekan dan tahan tombol power hingga terdengar nada lain yang berbeda dari nada saat speaker dinyalakan. Lampu notifikasi akan berkedip-kedip selama mode pairing berlangsung. Dari perangkat smartphone atau PC Anda, tinggal nyalakan koneksi bluetooth, pindai, dan tambahkan perangkat Logitech X50 ini. Setelah proses pairing berhasil, suara akan otomatis disambungkan menuju speaker Logitech X50 ini. Saat ini saya sudah mencoba melakukan pairing dengan smartphone Meizu M2 Note saya, dan sukses!



Kualitas suara

Kualitas suara menurut saya lumayan baik, masih di atas kualitas speaker Divoom yang dulu saya miliki. Ada baiknya dicek sendiri pada video berikut ini deh.



Overall, kali ini saya puas dengan pembelanjaan yang saya lakukan MatahariMall.com. Dapat barang bagus dengan diskon, meskipun harus kontak sellernya di tempat lain (Tokopedia). Nah, jadi triknya kalau Anda mau berbelanja di MatahariMall.com, pastikan seller-nya bisa Anda kontak langsung untuk mempercepat proses pesanan Anda, karena sampai saat ini saya belum menemukan fitur untuk bertanya atau mengontak seller di MatahariMall.com. Dan selalu, belanjalah secara bijak, perhatikan faktor keamanan dan kepercayaan, jangan selalu tergiur oleh diskon yang belum tentu benar adanya yah. Ciao (gaya euy udah pake ciao sekarang mah, he.. he..)

3 comments:

  1. Gan, voucher agan 100ribu langsung apa 50ribu+50ribu?Ane soalny dapet 50ribu+50ribu tapi yg bisa dipake 1 doang

    ReplyDelete
    Replies
    1. 100ribu langsung, voucher saya dari Sepulsa.com :)

      Delete
  2. Bro.. mau tanya, saya baru beli logitech x50.
    Pertanyaannya kalau warna lampu yg awalnya biru, tiba2 sekarang berubah warna artinya apa ya?
    Apakah batrai lemah? Karena sejak logitech x50 nyala lampunya merah, setiap dipakai ga lama langsung mati. Jadi saya pikir merah = batrai lemah.

    Masalahnya saya sudah coba charge semalaman pakai charger hp asus saya, dengan kabel pendek yg bawaan dari logitech x50. Tapi kondisinya sama aja, lampu tetap merah dan ketika nyala dipakai ga lama tetap mati seperti sebelumnya.

    ReplyDelete