Gadget Promotions

Wednesday, November 18, 2015

Review Xiaomi Mi 4c, Bulan Madu yang Keterusan



Sore itu, tiba-tiba saya dapat e-mail promosi dari MatahariMall.com, isinya lumayan menarik hati buat para pemburu diskon seperti saya ini. Dengan minimum pembelian sebesar Rp 3.000.000,- saja, maka kita sudah dapat menggunakan kode diskon untuk mendapatkan potongan sebesar Rp 500.000,- wow ini tidak bisa dilewatkan begitu saja lah!

Sayapun langsung membuka browser, mengarahkan ke situs MatahariMall.com, lalu mencari-cari hape apa yang di atas tiga juta dan pantas untuk dibeli. Dari hasil pencarian, saya temukan kebanyakan hape di MatahariMall.com harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan marketplace lain, bisa jadi diskon Rp 500.000 akan terasa kurang nampol karena harganya saja sudah lebih mahal seratus hingga dua ratus ribu rupiah, misal sebut saja dari harga termurah untuk produk yang sama di Tokopedia.

Sudah nyaris putus asa untuk mencari hape apa yang worth it untuk dibeli dengan diskon itu, hingga tiba-tiba mata ini terkunci pada sebuah produk yang dijual oleh Indocom, Xiaomi Mi 4c. Sebagai informasi, Xiaomi Mi 4c ini tidak resmi masuk ke Indonesia, jadi dapat dipastikan dijual dengan garansi distributor saja, namun key selling point-nya adalah spesifikasinya yang gahar dan up-to-date, sehingga beberapa penjual berlomba memasukkan produk ini ke pasar lokal.

Xiaomi Mi 4c dengan RAM 2GB dan ROM 16GB seharga Rp 3.549.000,- itupun saya masukkan keranjang tanpa pikir panjang, mau langsung saya bayar sebelum impian buyar, mau cepat saya unbox biar racun ini segera terdetox, jadi bermain rima nih he.. he..

Pilihan pembayaran di MatahariMall.com yang hanya menyediakan metode kartu kredit dan transfer bank, membuat saya berpikir ini saatnya mencoba kembali kartu debit Mandiri saya. Siapa tahu payment gateway-nya MatahariMall.com pakai Veritrans, karena kalau pakai Veritrans maka bisa dipastikan kartu debit Mandiri saya dapat digunakan layaknya kartu kredit berkat layanan Mandiri Debit Online.

Sebuah kejutan saya dapatkan. Dengan diskon Rp 500.000,- maka normalnya total yang harus saya bayar adalah Rp 3.049.000,- karena MatahariMall.com masih menggratiskan ongkos kirim untuk setiap transaksi. Anehnya, pada flash message untuk OTP yang saya terima di hape saya, hanya tertera jumlah Rp 2.999.000,-. Karena ragu, saya coba membuat pesanan baru untuk Xiaomi Mi 4c ini dengan memilih pembayaran transfer bank, dan jumlah yang harus saya bayar kali ini benar Rp 3.049.000,-. Tapi karena malas ke ATM (dan karena lebih mahal, he.. he..), saya lanjutkan lagi proses pembayaran dengan kartu kredit tadi, dan saya bayarkan juga sejumlah Rp 2.999.000,- meskipun dalam hati agak cemas, takutnya pesanan dibatalkan karena jumlah pembayaran tidak sesuai.

Setelah membayar, saya lihat detail pesanan saya. Barulah saya paham! Rupanya, ada promo potongan ekstra sebesar Rp 50.000,- dalam rangka Hari Ulang Tahun Mandiri yang ke-17. Ada-ada saja kamu MatahariMall.com, promo Mandiri-nya koq ga dibilang-bilang, tau-tau sudah terpotong saja. Senang sih, tapi jadinya sempat bertanya-tanya ada apa dan cemas juga karena jumlah tagihan berbeda.

Berbekal pengalaman sebelumnya, saya lalu mencari cara mengontak langsung seller. Yang saya tahu Indocom ini berjualan juga di banyak marketplace lain, salah satunya dengan nama Indocom Kuningan. Seperti biasa, langsung saya kirimi pesan cinta begitu saya temukan seller ini membuka lapak di Tokopedia. (Lho, koq BukaLapak di Tokopedia sih? Nanti pusing dong kalo orang mau Blanja dan Blibli harus kemana? Ha.. ha.. Maaf ya Elevenia dan Lazada, kalian ga bisa diikutkan main kata-kata kaya gini)

Pihak Indocom merespon cepat, berdasarkan informasi nomor pesanan di MatahariMall yang saya berikan, mereka menyatakan malam itu juga pesanan akan dikirim. Wah, beruntung sekali saya hari itu, sudah dapat diskon ganda, kirimnya pun segera, sangat bertolak belakang dengan pengalaman pertama saya berbelanja di MatahariMall.

Unboxing Xiaomi Mi 4c

Esok harinya saat pulang dari pekerjaan, pesanan saya temukan sudah ada di rumah. Keren deh Indocom! Unboxing segera saya lakukan malam itu juga.

Xiaomi Mi 4c - unboxed

Xiaomi Mi 4c - penuh temporary tattoo, he.. he..

Xiaomi Mi 4c - sisi kanan

Xiaomi Mi 4c - sisi atas

Xiaomi Mi 4c - sisi kiri

Xiaomi Mi 4c - sisi bawah, sudah menggunakan port USB type-C

Xiaomi Mi 4c - sisi depan, sudah saya pasangi tempered glass

Meskipun bukan kelas entry-level namun rupanya Xiaomi tak juga menyisipkan headset dalam kelengkapan penjualan dari Xiaomi Mi 4c ini. Satu hal yang segera menyita perhatian saya adalah kabel USB yang satu ujungnya menggunakan USB type-C. Ini adalah salah satu daya tarik tersendiri, mengingat nampaknya USB type-C akan menjadi standar baru ke depannya. USB type-C ini menawarkan kelebihan pada data transfer rate yang jauh lebih tinggi dan juga kita bisa mencolokkan kabel USB type-C tanpa perlu khawatir terbalik. Ya memang kepala dari USB type-C ini mau dibolak-balik tetap sama koq, simetris, he.. he..

Bentuk dan dimensi dari Xiaomi Mi 4c sama persis dengan Xiaomi Mi 4i, hanya saja Mi 4c mempunyai bobot yang lebih berat sebanyak 3 gram saja. Kebetulan hari itu saya baru bertemu teman lama yang smartphone pegangannya adalah Xiaomi Mi 4i warna putih, jadi saat melakukan unboxing Xiaomi Mi 4c ini sudah tidak terlalu surprised lagi dengan bentuknya. Satu yang saya rasakan, warna dark grey dari Xiaomi Mi 4c yang saya miliki lebih keren dari warna putihnya Xiaomi Mi 4i. Ini menurut saya lho, ini seleraku, saya ga mengurusi perang selera ya, he.. he..

Tapi urusan jeroan, sama sekali tidak bisa disamakan antara Mi 4i dan Mi 4c. Xiaomi Mi 4c membawa jeroan ala flagship dari vendor lain. Processor Snapdragon 808 yang dimiliki Mi 4c juga digunakan untuk mempersenjatai LG G4, smartphone yang saat ini harga jualnya di Indonesia mencapai dua kali lipat dari Xiaomi Mi 4c, bahkan lebih.

Keanehan terjadi saat saya mencoba melakukan pengujian dengan Antutu Benchmark. Skor yang didapat hanya berkisar pada angka 35.000-an saja. Selain itu dalam pemakaian saya, baterainya hanya sanggup bertahan paling lama empat belas jam saja. Dan lagi, hape ini rasanya koq demam melulu ya, seperti demamnya anak muda dengan lagu Tetap dalam Jiwa-nya Isyana Sarasvati. Ah, lagi-lagi bikin review hape malah jadi baper nih, he.. he.. Tapi serius, Xiaomi Mi 4c ini selalu memberikan kehangatan kepada saya, bahkan di saat saya tidak membutuhkannya. Saat saya mendiskusikan hal ini kepada Kang Nico, sang admin dari @ObatGaptek, beliau menyarankan ganti ROM saja. Konon hal serupa juga terjadi pada Xiaomi Redmi Note 2 garansi distributor, katanya ini disebabkan ROM abal-abal tersebut banyak mengandung malware di dalamnya.

Akhirnya saya flash Developer ROM ke Xiaomi Mi 4c ini, dan hilanglah semua gejala meriang yang hape ini rasakan. Ajaib! He.. he..

Jadinya, proses review harus saya ulangi lagi dari sejak itu. Tapi yang pasti, sejak menggunakan Developer ROM resmi dari Xiaomi, saya jadi harus mencari lagi kehangatan yang hilang dari hidup saya, he.. he.. Baterai pun akhirnya sukses bertahan selama 24 jam penuh, yeay!

Kesan dari Penggunaan Xiaomi Mi 4c

Sudah seminggu Xiaomi Mi 4c ini saya gunakan. Rasanya seperti bulan madu terus deh, he.. he.. Saya yang memang lebih nyaman menggunakan hape berukuran kecil atau compact, benar-benar merasa ukuran Xiaomi Mi 4c ini pas dalam genggaman. Meskipun layarnya mempunyai bentang diagonal sebesar lima inch, ukuran keseluruhannya nyaris sama dengan Xiaomi Redmi 2 Prime yang layarnya berukuran 4.7 inch, bahkan Xiaomi Mi 4c punya kelebihan karena lebih tipis meskipun membawa kapasitas baterai yang lebih besar.

Layar Xiaomi Mi4c sangat vivid. Anda tahu warna merah pada aplikasi Path? Saya jamin jika Anda menggunakan Xiaomi Mi 4c untuk membuka aplikasi Path, maka Anda akan mengerti apa yang saya maksud. Ketajaman layarnya sudah sangat cukup, resolusi Full HD 1080p pada ukuran layar 5 inch menghasilkan kerapatan sebesar 441 PPI, jauh di atas klaim retina display yang diberikan Apple pada iPhone 4 dengan kerapatan 326 PPI.

Performa Xiaomi Mi 4c dalam penggunaan saya sangatlah memuaskan. Bagi saya yang jarang bermain game, perpindahan aplikasi yang tanpa lag sudah membuat saya puas terhadap suatu smartphone Android, dan Xiaomi Mi 4c mampu memenuhi tuntutan saya yang satu ini.

Dari sisi hardware, adanya USB type-C bisa dihitung sebagai kelebihan maupun kekurangan lho. Kelebihannya sudah saya sebutkan di atas ya, sementara kekurangannya adalah dengan port baru, maka kita tidak dapat menggunakan aksesori lama kita yang masih menggunakan ujung kepala micro-USB. Mau ngecharge, harus bawa kabel sendiri, ga bisa pinjem punya teman yang masih micro-USB. Mau colok OTG? Antara harus beli OTG Card Reader untuk type-C baru yang masih mahal, atau solusi lebih murahnya beli adapter micro-USB to USB type-C. That's the price you have to pay for being anti-mainstream, ha.. ha..

Oya, Xiaomi Mi 4c ini juga mempunyai port infra merah lho, jadi bisa digunakan sebagai remote control. Untuk padanan aplikasinya, silakan gunakan Mi Remote atau ZazaRemote ya.

Informasi Hardware Xiaomi Mi 4c

Berikut adalah informasi hardware yang ada pada Xiaomi Mi 4c, dilihat menggunakan bantuan aplikasi CPU-Z.




Hasil Benchmark Xiaomi Mi 4c

Dan ini adalah skor hasil pengujian menggunakan aplikasi Antutu Benchmark.

Xiaomi Mi 4c - Skor Antutu Benchmark

Xiaomi Mi 4c - Skor Antutu Benchmark


Hasil Kamera Xiaomi Mi 4c

Hasil kamera Xiaomi Mi 4c, sebagaimana juga yang saya alami pada Xiaomi Redmi 2 Prime, membuat warna terasa hidup dan sangat keluar. Untungnya, masalah ketajaman yang kurang pada Xiaomi Redmi 2 Prime tidak saya temui pada Xiaomi Mi 4c. Satu kali, saya mengambil gambar pada keadaan cahaya redup, memang warna nampak kurang keluar dan agak pucat, tidak seperti saat cahaya cukup. Namun kemudian saya sadari, meskipun warnanya memucat, dalam keadaan cahaya redup pun hasil kamera Xiaomi Mi 4c sangat minim akan noise, wah superb!

Hasil Kamera Xiaomi Mi 4c - Kondisi malam dengan cahaya sangat redup

Hasil Kamera Xiaomi Mi 4c - Outdoor, siang hari, cahaya sangat cukup

Lebih banyak menulis kata nampaknya tidak akan banyak membantu ya, marilah sebaiknya kita lihat hasil nyatanya saja. Hasil lengkap gambar yang diambil menggunakan kamera tiga belas Megapixels milik Xiaomi Mi 4c saya post di artikel yang ini ya.

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi 4c

Tiba pada saatnya memilah antara kelebihan dan kekurangan dari Xiaomi Mi 4c ini. Berikut daftar kelebihan dan kekurangan Xiaomi Mi 4c ala saya:

Kelebihan Xiaomi Mi 4c


  • Jeroan yang powerful dan terkini, di harga yang jauh dari level premium.
  • Ukuran compact, sangat pas dalam genggaman. (Tidak berlaku bagi yang menganut prinsip big is beautiful ya, he.. he..)
  • Layar vivid, jernih, dan tajam.
  • Kamera superb!
  • Baterai berkapasitas cukup besar, dapat mengakomodasi kegiatan sehari penuh.
  • Sudah terdapat port infra merah, dapat dijadikan remote control.
  • Dual-sim dengan kedua sim dapat bergantian mengakses jaringan 4G.
  • Mendukung Quickcharge (atau Fast Charging ya? he.. he..) silakan baca selengkapnya di artikel ini.
  • Sudah menggunakan USB type-C, data transfer lebih cepat, tidak salah colok walau dalam kegelapan. (Mohon gunakan pikiran bersih dalam menafsirkan anak kalimat yang terakhir ya, ha.. ha..)


Kekurangan Xiaomi Mi 4c


  • Tidak dijual resmi di Indonesia, garansi distributor tidak menjanjikan ketenangan hati.
  • ROM yang digunakan out of the box mengandung banyak malware, perlu diflash ulang.
  • Tidak adanya slot memori eksternal.
  • Desain yang sama persis dengan Mi 4i. Boring.
  • USB type-C, port baru artinya aksesoris baru (minimal adapter baru, untuk OTG pun harus beli adapter tambahan jadinya)


Kesimpulan

Di harga yang saat ini banyak ditawarkan oleh penjual, yaitu paling murah Rp 3.250.000,- untuk kombinasi RAM 2GB dan ROM 16GB, atau Rp 3.750.000,- untuk kombinasi RAM 3GB dan ROM 32 GB, rasa-rasanya inilah smartphone paling juara untuk urusan spesifikasi di atas kertas, maupun performa real-nya. Bagi Anda yang paham akan proses flash (yang sebetulnya sangat mudah, cukup download file ROM, tempatkan di memori hape, dan jalankan dari aplikasi Updater), dan tidak rewel soal garansi (dalam beberapa kasus, garansi distributor lebih baik dianggap BM saja), maka saya mempersilakan Anda untuk memiliki smartphone ini. Jika tidak, saran saya Anda dapat mencoba kembaran dari Xiaomi Mi 4c, yaitu Xiaomi Mi 4i yang dijual secara resmi di Indonesia. Bentuk sama, bahkan dalam beberapa hal seperti layar dan kamera juga identik, meskipun pasti performanya berbeda.

Tapi ya Anda dapat dengan mudah mengabaikan saran saya di atas jika Anda masih gengsi pakai hape Cina. He.. he.. The choice is yours! :)


Update:

Saya membeli lagi sebuah Xiaomi Mi 4c baru-baru ini dan melakukan flashing ROM ke CyanogenMod 13.1. Mau lihat tutorialnya, saksikan video berikut:


97 comments:

  1. Rom bawaan ato rom developer nya pasti masih pake yang versi Tiongkok ya om. Google Apps nya nyari dimana?

    ReplyDelete
  2. iya, cuma ada 3 bahasa di ROMnya, bersih tanpa Google Apps. Saya install pake apk google installer :)

    ReplyDelete
  3. saya bahkan udah ganti recovery dan pake rom sMIUI dari smiui.net.
    maklum, jiwa oprek :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari semua rom yg di gunakan enakan mana bos buat mi4c?

      Delete
    2. Dari semua rom yg di gunakan enakan mana bos buat mi4c?

      Delete
  4. Bang fitur one handed mode bisa berfungsi normal?
    Mi 4c 32GB ram 3GB saya kok lambat respon nya klo mau masuk one handed mode,harus berkali2 & kadang banyak kali ditab baru bisa masuk mode one handed mode,kira2 knp ya? Punya solusi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sejak pake developer ROM iya sama agak susah masuk, coba slidenya agak ke bawah, jangan terlalu dekat layar :)

      Delete
  5. beneran langsung adem sesudah diflash ulang pakai rom official gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya di flash ulang itu gimana yavim , saya lahi oengen beli hp ini tapi denger malware jadi takut

      Delete
  6. sm operator Indonesia ini bisa kan? maksudnya buat internetan 4G telkom, xl dll gitu bisa kan gan?

    ReplyDelete
  7. ROM yang digunakan out of the box mengandung banyak malware, perlu diflash ulang.

    Ralat gan, bukan malware, tetapi bloatware. Btw keren nih review nya, jadi pengen bungkus satu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malware koq gan. Kalo bloatware mah aplikasinya terlihat :)

      Delete
  8. Bagi link buat download rom nya dong bang.
    Sekalian tutorialnya juga ...
    Asli terasa kebakar mi 4c ku bang ...
    Tolong yaa bang ...

    ReplyDelete
  9. Bagi link buat download rom nya dong bang.
    Sekalian tutorialnya juga ...
    Asli terasa kebakar mi 4c ku bang ...
    Tolong yaa bang ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua ada di http://en.miui.com/download-293.html :)

      Delete
    2. Om, pilih yang stable atau developer rom? Bisa tolong kasih tahu cara instalnya? Terima kasih

      Delete
  10. Mas irfan, saya ada bbrp prtanyaan :
    1. Saya liat disitus miui ada 2 versi, stable & developer, itu bedanya ap? Mana yg suhunya paling adem?
    2. MI4C mas irfan bisa install play store & aplikasi2nya?
    3. Selama dipakai mas irfan, sekali charge kuat dipakai brp jam?
    Makasi atas pencerahannya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Bedanya stable itu versi yg sudah lebih teruji (less bug), developer masih banyak fitur/modul yang masih diuji, jadi tiap Jumat ada update. Saya belum coba yg stable sih :D

      2. Bisa install, cari saja Google Installer apk buat Mi 4c ini, ada koq.

      3. Sekali charge sekitar 20-24 jam lah :)

      Terima kasih kembali, Mas Unknown :D

      Delete
    2. Makasi byak mas atas penjelasannya, jadi semakin yakinn nihh.
      Insya Allah kl jadi hari ini mo COD yg ram 3gb.
      Mas irfan maaf ya kl kpan2 tanya2 lgi, mklum kudet, hhehe..

      Delete
  11. Mau beli mi 4c...tp g bisa oprek dlu mas...gmn ya..beli apa g ya..??hehe

    ReplyDelete
  12. Mau beli mi 4c...tp g bisa oprek dlu mas...gmn ya..beli apa g ya..??hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. gampang koq kalo cuma ganti ROM mah... beli atau ngga ya gimana kebutuhan aja hehehe

      Delete
  13. Om, pake developer ROM, screen on nya bs brp jam? di banding redmi note 2, awetan mana batt nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Screen on Time itu ada koq, hampir 3 jam.

      nah, saya belum pernah coba Redmi Note 2 hehe

      Delete
  14. Mas Irfan, saya bisa minta dibantu untuk langkah2 ganti ROM mi4c (tutorialnya) kah?? Soalnya saya baru pertama kali ini memakai xiaomi, ga berani ngoprek klo belum ada petunjuk yang jelas. Dan untuk proses ganti ROM ini butuh waktu berapa lama ya? Mohon dibantu penjelasannya, thx before..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg lama cuma downloadnya, kalo udah download mah gampang koq.

      Link download dan cara flashingnya ada di: en.miui.com/download-293.html :)

      Delete
  15. Kang, saya baru beli xiai 4c. Tapi kenapa ya saya ga bisa log in mi id buat donlot themes? Terus bagaimana cara bedain barang asli dan imitasi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga bisa loginnya kenapa? salah password kah?

      kayanya sih Mi 4c belum ada imitasinya, yg banyak itu yg Mi 4.

      bedain bisa install aplikasi buat cek info hardware, harus install baru, jangan pake yg bawaan :)

      Delete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. Mau nanya gan itu ujung chargernya pipih atau bulet? Terus kalau charge dari 0% - 100% berapa lama ya? Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. pipih, charging cukup cepat, masalahnya saya ngcharge selalu ditinggal tidur biasanya... :D

      Delete
    2. Harus beli adapter biar bisa ngecharge ya berarti?

      Delete
    3. Mau nanya mas irfan..saya baru beli xiaomi 4c ..itu ujung chargenya bisa bolak balik..

      Delete
  18. Ada yang udah coba pakai telkomsel dan indosat belum? Pengwn tau 4gnya jalan ngga

    ReplyDelete
  19. Om Irvan, kalo misalkan ganti batre mi4c ke mana ya? Ini gak resmi ke Indonesia. Trus kira-kira lama gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya akan sulit om Rahman. Saya sih menganggap garansi distributor = BM :)

      Delete
  20. Bro irfan, mi4c gua update yg developer rom sesuai link yg lu kasih, malah google play dan yg relate dgn google gak bisa dibuka alias error,
    Mohon pencerahan!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap Bro Angga.
      Saya juga ngalamin itu, biasanya sih karena gak diwipe dulu, atau diwipe tapi aplikasi2 Google direstore.

      Nah, sekarang yg bisa dilakukan adalah:
      1. Backup aplikasi dan data (kecuali app Google)
      2. Buka updater, pilih reboot to recovery
      3. Wipe all data
      4. download google installer dari en.miui.com/thread-3998-1-1.html, install dan jalankan
      5. dari Google Installer cukup install PlayStore dan Play Service. Sisanya install dari PlayStore :)

      semoga berhasil :)

      Delete
  21. Bro irfan, mi4c gua update yg developer rom sesuai link yg lu kasih, malah google play dan yg relate dgn google gak bisa dibuka alias error,
    Mohon pencerahan!

    ReplyDelete
  22. Cara bedain rom distributor sama rom official gmn kang? Apakah ad rom distributor yg serinya mirip sama rom official

    ReplyDelete
    Replies
    1. ROM distributor biasanya hape demam mulu, batre boros. banyak bloatware. kalau ragu mah flash saja, tapi ikuti langkah2 di atas ya biar ga error google play store-nya :)

      Delete
  23. Bro bantu ane dong, ane uda ikutin semua petunjuk diatas tp google installernya tetep gk bisa terus saya coba ulangi untuk reboot and recovery ulang dan wipe all data tapi waktu saya pilih install update.zip to system kok gak bisa ya tulisannya istall update.zip failed (update.zip is corrupted). itu bagaimana ya jadinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. update.zip buat apa Mbaknya? install google installer pakai apk koq, bukan flash zip :)

      Delete
    2. ia jadi ceritanya saya uda flash terus saya download google installer terus saya istall tapi google installernya gak bisa kebuka alias error, habis itu saya coba ulangi flash lg tp waktu ngejalaninnya muncul istall update.zip failed (update.zip is corrupted). tolong dong bang. hehe

      Delete
  24. Kak mau nanya...kalau sdh flash developer rom pilihan bahasanya bakal tetep 3 aja ya? Soalnya bahasa china nya agak mengganggu...meski uda milih english beberapa app tetep pakai bahasa China...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, cuma 3. Karena mi 4c ini sebetulnya cuma dirilis di China aja

      Delete
  25. Om irvan, minta saran dong
    1. redmi note 2 prime vs redmi 4i, bagusan mana, soalnya saya googling masalah compare keduanya, kok scorenya bagusan yang redmi note 2 prime? padahalkan jeroannya lebih berisi punya redmi 4i
    2. masalah batrai removable dengan non-removable, redmi 4i batrainya non removable, jadi was2 yang mau beli, taku kedepannya batrainya bermasalah, malah repot ntar perbaikinnya, ada saran?
    ato ntar bikin postingan masalah batrai removable dengan non-removable, soalnya ahir2 ini banyak smartphone yang batrainya non removable
    sorry OOT,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Irfan Om, bukan Irvan :P

      1. spek kayanya menang Redmi Note 2 prime deh di atas kertas, mohon maaf sekali Om saya belom pernah coba keduanya.

      2. kalo takut bermasalah, ambil yg garansi resmi berarti: Mi 4i :)

      Delete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. mas bro irfan, saya mau tanya tentang charger nya xiaomi mi 4c.
    charger nya xiaomi 4c ini kan versi nya mdy-03-eb.
    saya blm nemu yang jual charger seperti ini, kalau diganti mdy-03-ec yang dipake untuk xiaomi note kira2 ada masalah ga ya?
    atau ada link untuk beli charger untuk xiaomi 4c ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. terus terang saya kurang tahu chargernya. jika ga masalah, beli saja charger yg support quickcharge qualcomm, dan kabel USB Type-C yg versi 3.0

      Delete
  28. halo om irfan,
    saya telah flashing ROM sesuai dari web dan berhasil.
    tp kok setelah itu saya gak bisa masuk ke recovery ya?
    hanya ada gambar device dan charger dalam bentuk hitam putih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ROM terbaru buat Mi 4c membuat bootloadernya jadi locked Om. Itu penyebabnya :)

      Delete
    2. iya bru tau klo ternyata lock bootloader. saya flash yg stable ROM. klo flashing yang dev ROM gak bakal locked bootloader ya om?

      Delete
    3. ngatasinta gimana om biar bisa intal room miuinya ??

      Delete
  29. Om Irfan, stlh instal Stable ROM yg official, itu Google play apa langsung sdh ada di ROM tersebut? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mi 4c itu ROM-nya baik yg stable maupun dev, semua versi China, artinya tidak ada PlayStore secara default :)

      install pake Google Installer apk :)

      Delete
  30. Om irfan, mi4c ada b.Indonesia nya nggak?

    ReplyDelete
  31. Om..npa di mi4c sya klo sdah ad bhsa arabnya gg ke baca..keluarnya xxxxxxxxx gni..apa d mi4c Om Irfan bsa bhsa arabnya ??

    ReplyDelete
  32. Gan mao Tanya nih knapa YouTube ane ga bisa di update yak ? Padahal version nya version lama

    ReplyDelete
  33. bang saya mau nanya mi4c saya hanya bahasa cina dan inggris, mau tambah bahsa indonesia bgmn caranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. beli baru lagi yg ROM abal-abal, suka ada Bahasa Indo-nya :D

      Mi 4c karena cuma dirilis resmi di Cina, hanya ada ROM Chinese, yang cuma Bahasa China n Inggris :)

      Delete
  34. Bang, untuk dapetin rom stable china itu dari en.miui itu ya ? Terus nanti setelah download dari situ, nama file nya di ganti jadi update.zip ya ?

    ReplyDelete
  35. Mi4c saya saya flash ke ROM stable 7.3 terbaru.
    Tp touch sound nya kok gak ada suaranya ya. Meskipun uda tk aktifkan

    ReplyDelete
  36. Om Irfan.. Mending beli mi4c atau HTC one e8 garansi distributor ya?

    ReplyDelete
  37. Om Irfan.. Mending beli mi4c atau HTC one e8 garansi distributor ya?

    ReplyDelete
  38. Om, udah berapa lama pake mi4c?? Saya kurang dari 7hari hp udah parah nih, setelah reboot ga bisa nyala lagi.. Solusinya gimana om?? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu saya pakai sebulanan. Apakah ROM-nya sudah pakai yg asli?

      Delete
  39. Om irvan.. Itu kekurangan rom developer apa aja ya ? Terus kok di kamera mi4c saya pas di seret ke kiri kan muncul filter tuh, itu kok skin nya kaya berat gitu ya jadi nge lag lag gitu.. Pas pergeseran nya Itu kenapa ya? Saya pake miui 7.3.1.0. Thx

    ReplyDelete
  40. Gan mau tanya, antara garansi distributor dan resmi itu mesinnya/kualitas hpnya beda apa sama aja? Apa cuma beda di garansinya aja? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama saja, beda di ROM/software kadang.
      Mi4c tidak ada yg garansi resmi sini yaa :)

      Delete
  41. Mas irfan masuk awal ke xiaomi ini dimana ya..biasa kalo di samsung lsg diarahin step by step..tapi di xiaomi saya bingung..mhn dibantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. factory reset dulu aja, nanti akan diarahkan step by step juga :)

      Delete
  42. numpang tanya gan, mi4c ane abis flash ke rom cina stable pake miflash tool, setelah flash selesai kok jadi susah hidup seperti bootloop tapi bukan bootloop. soalnya sebelumnya perna flash juga gejala sama,akhirnya karna udah pusing hh ane taro aja dan besok nya ane niat mo utakatik lg, begitu ane pijit tombol pwr eh ternyata bs idup tapi terkadang mati sendiri pas lg di pake.
    Nah ini yg ke dua kalinya ngeflash udah finis tapi pas sampe tampilan awal miui7 dia modar. mohon petunjuk pencerahannya gan,, mana hape baru 3hari ngutang pula... ane merana bgt T_T

    ReplyDelete
  43. Kang, sudah pernah coba pake yang ROM stable kah?
    Melihat dari yang kang irfan bilang kalo itu less bug, tapi masih ada yang ngeluh karena beberapa masalah.

    ReplyDelete
  44. Saya mau tanya ni kang kalau dwonload game yang 1 gb di play store pasti berhenti laporan bug gimana atasan nya
    Terimakasih

    ReplyDelete
  45. Om, rom dev nya yang versi berapa? Sot berapa lama? Terus make ram dev 24 jam nyala standby apa dipake?.

    ReplyDelete
  46. Hargax 1,5 sekarang... agak ragu si tiba2 murah gitu 😧 pgen up reno 2 ke mi4c

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending ambil Redmi 3s/3x bang, takut refurbished.
      batre jauh lebih awet dan sudah ada fingerprint scanner lho

      Delete
    2. Yah padahal pengen mi4c, baca komentar bro irfan jadi ragu

      Delete
    3. Yahhh samaaa :(
      Pdhl rencana tar sore mau cod ambil mi4c

      Delete
  47. mo tanya bang,,mi4c rom cina awal versi brapa? bila di flash rom global versi brapa yg minim bug??apa dpt update miui 8 global mi4c? apa kalau kita update ke versi global stable kita gk perlu instal GAPP.?? mkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mi 4c ga ada ROM Global bang.
      Kan untuk pasar China doang sebetulnya :)

      Delete
  48. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  49. Masih pake mi4c nya gan? Ane pake mi4c jg blm ad sebulan, cuma ada problem..
    Klo ngecas batre lama bgt, dari 5% ke 100% bisa 5jam lbih.

    Pengaruh dari rom juga gk ya?
    Atau karena hal lain gan?

    Tlg pencerahannya.. Tks gan

    ReplyDelete
  50. Gan kalo di update ke miui8, ada bugnya ga di mi4c? 4gnya eror ga? Terimakasih..

    ReplyDelete
  51. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  52. sekarang mi4c di outlet" hape harganya murah banget sekitar 1,5juta, apa masih worthed to buy ya mas ?
    sebenernya mau beliin bini gantiin samsul primenya, pengennya dia yg 5inchi tp compact.. dan desain mi4c emang keren.
    atau mungkin mas ada rekomendasi hp lain yg cocok buat cewek?

    ReplyDelete
  53. kira kira di daerah bandung dapat beli dimana ya mas ?

    ReplyDelete
  54. Gan ane baru beli mi4c. Dapet versi miui 8.0.16.0 stabel.. Menurut agan, rom ini rom distri yg abal2 bukan yaa?? Free ram tinggal 8 gb saja gan..padahal masih poisisi bru..kalau c.mode sama ga si sama rom asli china..? Maaf nubiee

    ReplyDelete
  55. Hallo mas irfan, aku terjebak di rom dev nih pingin ganti ke rom stable china lagi, tapi takut hardbrick lagi, kemaren udh nyoba buat unlock bootloader di miui8 pake manual tapi malah hardbrick pas mau di flash pake miflash tool,

    Gimana ya cara aman unlock bootloader, trauma aku trauma hardbrick bikin kejang2 ayan mimpi buruk 😂😂😂😂😂

    ReplyDelete