Gadget Promotions

Wednesday, September 2, 2015

Pengalaman Beta Berbelanja di MatahariMall.com yang Masih Tahap Beta


Maksud hati mau ngirit, hasilnya malah nyelekit. Mungkin kalimat ini pantas mengawali tulisan saya kali ini. Apanya yang diirit? Dan bagaimana bisa jadi nyelekit? Kita bahas sesuai kronologis kejadiannya saja yuk.

Awal mulanya sih gara-gara baca tweetnya Sepulsa.com bahwa sekarang voucher diskon MatahariMall.com sudah tersedia jika kita mengisi pulsa di sana. Hmm, saya pikir boleh juga nih cari diskonan buat beli gadget yang mau saya coba selanjutnya. Asiknya lagi, walau cuma isi pulsa Rp 25.000, tapi dapat voucher diskon MatahariMall.com-nya senilai Rp 100.000 lho, dengan minimum pembelanjaan sebesar Rp 300.000.

Saat pertama membaca profil e-Commerce ini, saya senang sekali. Wah ada tempat belanja online baru yang lagi bakar duit dengan sering-sering memberi voucher diskon kepada pelanggannya. Belum lagi nama-nama beken di belakang layar MatahariMall.com. Mulai dari bergabungnya pendiri Zalora Indonesia, Hadi Wenas, ex-Country Manager Google Indonesia, Rudy Ramawy hingga ex-CEO Garuda Indonesia, Emirsyah Satar menjadi sosok di belakang nama MatahariMall.com. Selengkapnya dapat dibaca di artikel DailySocial yang ini.

Nah, kebetulan saya pengen membuktikan bahwa kartu Smartfren 4G dapat digunakan di Meizu M2 Note, jadilah saya memutuskan untuk membeli sebuah Modem Smartfren Andromax 4G M2P yang aslinya diproduksi oleh Huawei. Dapat satu-satunya modem tersebut yang dijual di MatahariMall.com oleh KZShop seharga Rp 449.000. Lebih mahal Rp 50.000 memang dari harga resminya, namun toh saya punya voucher diskon Rp 100.000 plus MatahariMall.com masih memberlakukan promo bebas biaya kirim ke seluruh Indonesia, jadinya cincai deh pikir saya kala itu.

Pesanan saya selesaikan dan langsung saya bayar melalui transfer ke salah satu rekening yang disediakan oleh MatahariMall.com. Proses konfirmasi pembayaran masih manual melalui sebuah form yang disediakan di webnya MatahariMall.com, namun dari mulai melakukan konfirmasi hingga pembayaran sukses terverifikasi tidak membutuhkan waktu lama koq, wah sip deh tinggal tunggu pesanan datang kalau begitu.

Metode pembayaran yang saat itu tersedia baru pembayaran melalui kartu kredit dan bank transfer saja. Maklum, e-Commerce yang satu ini masih dalam tahap Beta, dapat dilihat pada logo di websitenya yang masih berlabel beta. Konon nantinya beberapa metode pembayaran akan ditambahkan, termasuk pembayaran dan pengambilan secara offline di outlet-outlet Matahari. Cukup menarik! Saya berharap pembayaran instan semacam Mandiri ClickPay, CIMBClicks, atau BCA KlikPay dapat segera didukung oleh mereka.

Oh ya, nomor pesanan saya waktu itu adalah C3078798 pada tanggal 26 Agustus 2015. Pada tanggal yang sama, saya melakukan beberapa transaksi di e-Commerce lain juga. Bahkan sebetulnya modem yang saya butuhkan sebetulnya dijual di e-Commerce lain tersebut dengan harga jual yang lebih murah dari harga normal, hanya saja masih lebih murah di MatahariMall.com dikarenakan faktor voucher diskon dan bebas ongkos kirim.

Ketika tanggal 27 Agustus 2015 pesanan-pesanan saya mulai berdatangan, saya cek pesanan saya di MatahariMall.com belum berubah statusnya, masih pending shipment alias menunggu pengiriman.

Saya kemudian ingat, dulu pernah membeli smartwatch di MatahariMall.com dan statusnya pun lama tidak berubah sampai akhirnya saya cari info kontak penjualnya langsung di Google, dan kirim e-mail kepada penjual untuk segera memproses orderan saya di MatahariMall.com. Barulah orderan saya diproses dan sampai di tangan saya beberapa hari kemudian. Perkiraan saya sih, sepertinya para seller di MatahariMall.com belum rajin login untuk mengecek pesanan, mungkin karena e-Commerce ini masih baru, belum rilis resmi secara besar-besaran, sehingga jumlah transaksinya pun masih sedikit.

Masalahnya, KZShop tidak bisa saya temukan kontaknya di manapun haha. Bahkan setelah saya cek lagi di MatahariMall.com, barang yang dijualnya pun hanya satu buah, modem yang saya pesan itu. Gawat saya pikir, bisa ngendon lama ini mah pesanan saya. Akhirnya iseng saya mention ke twitter handle @MatahariMallCom yang kemudian diminta menginfokan nomor pesanan melalui Direct Message.

Pada tanggal 28 Agustus 2015, Direct Message saya dibalas dengan jawaban template, untuk pesanan luar Jabodetabek diharap menunggu selama 7-14 hari sesuai prosedur. Wow, lama sekali!



Hari Minggu tanggal 30 Agustus 2015, saya cek kembali dan statusnya masih sama. Sepertinya seller memang tidak memproses pesanan saya atau malah tidak pernah login lagi ke MatahariMall.com nampaknya. Kalau sudah begini, fitur yang menginformasikan kapan seller terakhir login seperti yang ada di Tokopedia dan Bukalapak terasa sekali manfaatnya ya.

Akhirnya saya utarakan keinginan saya untuk membatalkan pesanan melalui Twitter lagi. Customer Service-nya MatahariMall.com sebetulnya cukup responsif, namun jawabannya terasa janggal. Mereka menginfokan bahwa seller mereka hanya beroperasi pada hari Senin hingga Jumat? Koq jualan online cuma hari kerja sih? Saya ga yakin ah. Namun tetap saya lanjutkan bahwa saya ingin membatalkan saja pesanan saya. Customer Service MatahariMall.com berjanji meneruskan masalah ini ke tim terkait yang baru beroperasi juga mulai hari Senin. Mencoba berbaik sangka, saya kira mungkin memang sebelum launching resmi, e-Commerce ini memang berjalan di working hours saja sepertinya, he.. he..



Hari Senin tanggal 31 Agustus 2015 pukul 10:15 WIB, saya ditelpon langsung oleh seorang wanita yang mengaku dari MatahariMall.com menginformasikan bahwa barang yang saya pesan habis stoknya, dan meminta saya menginformasikan nomor rekening untuk proses refund. Entah ini alasan semata atau bagaimana, cuma saya ok saja lah toh memang saya juga tidak ingin melanjutkan transaksi. Wanita tersebut pun menginformasikan bahwa saya mendapat kompensasi berupa voucher MatahariMall.com sebesar Rp 50.000 tanpa minimum pembelian yang akan dikirimkan ke e-mail saya, wah ok juga nih ada kompensasinya segala. Namun kompensasi tersebut langsung terasa hambar karena rupanya voucher diskon Rp 100.000 yang saya gunakan tidak dapat dikembalikan. Haha, ya sudahlah yang penting uang saya cepat kembali, buat beli modem di e-Commerce lain sajalah. Kali ini wanita tersebut meminta saya menunggu prosesnya selama 1x24 jam.

Hari Selasa tanggal 1 September 2015 pukul 9:30 WIB, saya cek rekening belum ada juga refund yang dijanjikan. Namun pada pukul 10:15 WIB dana tersebut sudah masuk, hebat deh bener-bener on-time, persis sesuai janji 1x24 jam hahaha. Beranjak ke e-mail, saya cek kotak masuk saya untuk mencari voucher yang dijanjikan, namun rupanya tidak ada. Kontak lagi via twitter saya protes koq voucher Rp 50.000-nya tidak ada, padahal voucher Rp 100.000 saya sudah hangus. Customer Service MatahariMall.com menyatakan voucher Rp 100.000 saya hangus karena saya meminta cancel. Hmmm, koq berbeda dengan keterangan si wanita di telepon yang menyebutkan stok habis ya, sampai menjanjikan kompensasi segala? Sayang saya tidak ingat untuk meminta nama si wanita tersebut.



Saat ini sudah tidak ada lagi respon yang diberikan melalui Twitter. Saya mah sebetulnya tidak masalah voucher hangus, toh dapetnya juga gampang heuheu. Cuma kalo sudah dijanjikan kompensasi, dan keterangan di telepon dan di Twitter berbeda koq ya jadi malas juga. Akhirnya saya sampaikan bahwa saya tidak membutuhkan vouchernya, karena terlalu riskan bagi saya bertransaksi lagi di MatahariMall.com selama statusnya masih beta seperti sekarang.

Bisa dikatakan dari dua kali pengalaman saya bertransaksi di MatahariMall.com, masih jauh dari rasa puas akan fitur serta kecepatan layanan yang diberikan. Daya tarik utamanya saat ini masih di banyaknya voucher diskon yang diberikan. Saya biasanya beli online karena kesibukan, dan kebanyakan penjual online sanggup koq mengirim barang pada hari yang sama sehingga keesokan hari barang tersebut sudah saya terima. Soalnya, kalau saya tidak butuh cepat sih bisa menunggu datangnya akhir pekan untuk berbelanja ke toko offline.

Saya pun mengerti, kecepatan respon dan pelayanan sangat tergantung masing-masing seller. Namun saat terjadi masalah pada transaksi, pintu pengaduan ada di pihak penyelenggara e-Commerce yang seharusnya satu suara dan dapat memberikan solusi selain jawaban template semata. Saya hanya butuh informasi bahwa pihak MatahariMall.com sudah mencoba mengontak seller dan mem-push untuk segera memproses pesanan, tidak lebih koq.

So, selamat tinggal MatahariMall.com untuk saat ini, semoga nanti ketika sudah resmi dirilis, layananmu jauh lebih baik dari sekarang, dan tidak menyertakan PHP dalam komunikasi ke pelanggannya ya. Cukup istri saya jaman pacaran dulu saja yang suka PHP-in saya, layanan e-Commerce mah jangan! Ha.. ha.. ha..

5 comments:

  1. Dia ga tau yang 'dijailin' ternyata blogger terkenal haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia jailin siapa Mas? Raditya Dika? apa Bena Kribo? huehehehe

      Delete
  2. Saya mau share pengalaman buruk belanja dimataharimall
    PROMOSI DISKON MATAHARIMALL.COM PALSU KALI YA!!


    Bermula dari jumat tgl 15 april 2016 saya beli mesin pengering denpoo dengan id pesanan C1460705858126. Dengan harga 3,5jtan promo diskon. Memang untuk produk mesin pengering ini web mataharimall.com yg termurah yg lain di posisi 3,8jtan

    Karena murah saya lakukan pembelian atas nama istri saya Selvia S Putri dengan mengunakan kartu kredit niaga master.

    Transaksi tersebut sukses dan setelah 5 hari kerja hari jumat 22 april 16. Istri saya telp ke call center mataharimall.com menayakan status barang kami pihak mataharimall bilang tunggu saja sampai 7 hari kerja yakni selasa 26 april 16.

    Tgl 26 april 16 pun barang tidak datang. Tapi status pesanan terkirim. Kamipun telp kembali ke mataharimall.com katanya tunggu yah kita akan tindaklanjuti sekitar 2 hari kerja. Kami tunggu lagi.

    Tgl 28 pun tidak ada konfirmasi maka kami hubungi kembali pihak mataharimall.com dengan hati jengkel kesal kami tanyakan dan disuruh tunggu lagi nanti akan di konfirmasi. Dan hasil akhirnya transaksi ini batal dengan alasan barang cacat dan tidak bisa dikirim oleh seller yakni mega solution.

    Ok saya ga masalah tapi barang tersebut diweb mataharimall.com masih muncul dengan seller yg sama saya aneh saya telp kembali pihak mataharimall.com kenapa ko barang masih dijual? Berarti barang masih ADA tapi kenapa PESANAN SAYA DIBATALKAN ATAU DIREFUND DANANYA.
    JANGAN2 INI PERMAINAN DENGAN PROMOSI PALSU...

    Dan saya minta tidak apa2 barangnya telat datang seminggu atau sebulan jangan sampai transaksi batal karena saya sudah proses cicilan manual ke bank niaga 12 bulan dengan bunga 1%.

    Ternyata tetap tidak bisa jawaban dari mataharimall.com tetap di refund 7 sampai 14 hari kerja.. katanya SEMUA STOK ITU CACAT...

    SEMUA CACAT TAPI MASIH DIJUAL DAN NANTI DIBATALKAN.

    akibat transaksi ini kami menderita kerugian sbb:
    1. BIAYA BUNGA 35rb X 12 bln sebesar 400rban.
    2. PULSA 100rb
    3. WAKTU DAN PENANTIAN YG PERCUMA.

    Buat teman2 hati2 dengan pronosi mataharimall.com

    Nb : jika yg ingin info lengkap saya punya semua arsip email dan rekaman telp pihak mataharimall.com


    Thanks

    ReplyDelete
  3. Saya mau share pengalaman buruk belanja dimataharimall
    PROMOSI DISKON MATAHARIMALL.COM PALSU KALI YA!!


    Bermula dari jumat tgl 15 april 2016 saya beli mesin pengering denpoo dengan id pesanan C1460705858126. Dengan harga 3,5jtan promo diskon. Memang untuk produk mesin pengering ini web mataharimall.com yg termurah yg lain di posisi 3,8jtan

    Karena murah saya lakukan pembelian atas nama istri saya Selvia S Putri dengan mengunakan kartu kredit niaga master.

    Transaksi tersebut sukses dan setelah 5 hari kerja hari jumat 22 april 16. Istri saya telp ke call center mataharimall.com menayakan status barang kami pihak mataharimall bilang tunggu saja sampai 7 hari kerja yakni selasa 26 april 16.

    Tgl 26 april 16 pun barang tidak datang. Tapi status pesanan terkirim. Kamipun telp kembali ke mataharimall.com katanya tunggu yah kita akan tindaklanjuti sekitar 2 hari kerja. Kami tunggu lagi.

    Tgl 28 pun tidak ada konfirmasi maka kami hubungi kembali pihak mataharimall.com dengan hati jengkel kesal kami tanyakan dan disuruh tunggu lagi nanti akan di konfirmasi. Dan hasil akhirnya transaksi ini batal dengan alasan barang cacat dan tidak bisa dikirim oleh seller yakni mega solution.

    Ok saya ga masalah tapi barang tersebut diweb mataharimall.com masih muncul dengan seller yg sama saya aneh saya telp kembali pihak mataharimall.com kenapa ko barang masih dijual? Berarti barang masih ADA tapi kenapa PESANAN SAYA DIBATALKAN ATAU DIREFUND DANANYA.
    JANGAN2 INI PERMAINAN DENGAN PROMOSI PALSU...

    Dan saya minta tidak apa2 barangnya telat datang seminggu atau sebulan jangan sampai transaksi batal karena saya sudah proses cicilan manual ke bank niaga 12 bulan dengan bunga 1%.

    Ternyata tetap tidak bisa jawaban dari mataharimall.com tetap di refund 7 sampai 14 hari kerja.. katanya SEMUA STOK ITU CACAT...

    SEMUA CACAT TAPI MASIH DIJUAL DAN NANTI DIBATALKAN.

    akibat transaksi ini kami menderita kerugian sbb:
    1. BIAYA BUNGA 35rb X 12 bln sebesar 400rban.
    2. PULSA 100rb
    3. WAKTU DAN PENANTIAN YG PERCUMA.

    Buat teman2 hati2 dengan pronosi mataharimall.com

    Nb : jika yg ingin info lengkap saya punya semua arsip email dan rekaman telp pihak mataharimall.com


    Thanks

    ReplyDelete
  4. kecewa sekali berjualan di MM, karena kesalahan customer akan tetapi kerugian ditanggung supplier. MM tdk netral dalam menanggapi keluhan customer. barang boleh dikembalikan dengan alasan customer tdk membaca deskripsi produk/change of heart (kesalahan customer). kalau begitu bgmn jika customer hanya ingin mencoba2 produk saja lalu diretur?

    ReplyDelete