Gadget Promotions

Friday, March 3, 2017

Review YotaPhone 2, Smartphone Dua Layar yang Sudah Turun Jauh Harganya

review yotaphone 2 indonesia banggood


review yotaphone 2 indonesia banggood

Ini adalah layar dari smartphone ini.

review yotaphone 2 indonesia banggood

Tapi ini juga adalah layar dari smartphone ini.

Jangan bingung, YotaPhone 2 memang hadir membawa perbedaan berupa dua layar sekaligus dalam sebuah ponsel. Dan dua-duanya tergolong keren sih menurut saya.

Kenapa keren? Karena layar utamanya yang berdimensi lima inci, menggunakan panel AMOLED dengan resolusi Full HD 1080p. Hal ini dapat terlihat saat keadaan layar mati, warnanya nampak sedikit kebiruan.

review yotaphone 2 indonesia banggood

review yotaphone 2 indonesia banggood

review yotaphone 2 indonesia banggood

review yotaphone 2 indonesia banggood

review yotaphone 2 indonesia banggood



Sementara di bagian punggungnya, YotaPhone 2 menggunakan layar e-ink berukuruan 4,7 inci dengan resolusi qHD 960 * 540 pixels. Layar yang hanya mampu menampilkan warna hitam dan putih ini seperti perasaan saya pada Gista lho, tak pernah padam. Haha!

Jadinya kita seakan memiliki banyak casing belakang dengan berbagai gambar, karena sisi belakang ponsel ini memang tak terlihat seperti sebuah layar pada umumnya. Termasuk saat menggunakan kamera, layar belakang ini dapat menampilkan animasi yang membuatnya terlihat seperti kamera retro. Keren deh pokoknya!

Ada beberapa aplikasi khusus yang dapat ditampilkan pada layar e-ink milik YotaPhone 2 ini. Dan sejak update ke OS Lollipop, saya perhatikan jumlah aplikasinya semakin banyak saja. Untuk aplikasi lain yang tidak khusus diperuntukkan bagi penggunaan layar ganda ini, kita dapat melakukan screen mirroring, sehingga tampil dengan mode grayscale pada layar belakang dari YotaPhone 2 ini. Harus saya garis bawahi bahwa layar belakang ini responsifitasnya tidak terlalu sensitif, mungkin agar tak mengganggu pemakaian ponsel ini saat kita sedang menggunakan layar utamanya.

Ponsel ini dikemas dengan kelengkapan yang istimewa, nampaknya dulu memang harga jualnya premium ya. Coba deh lihat apa saja yang didapat dalam kotak penjualannya pada video unboxing di bawah ini.



Jeroan dari smartphone ini terbilang gahar pada masanya. Processor Qualcomm Snapdragon 801, RAM 2 GB serta memori internal yang sudah 32 GB. Sayangnya memang smartphone ini tak dibekali slot ekspansi penyimpanan maupun slot ekstra untuk simcard kedua.

Performanya sih tak usah ditanyakan, untuk gaming casual maupun racing yang biasa saya mainkan, tidak ada kendala sama sekali. Namun, dalam pemakaian multitasking, apalagi yang melibatkan layar kedua, saya bisa notice kalau ada sedikit lag. Ini bisa saya maklumi karena ada proses ekstra yang harus di-handle oleh sang processor mengingat jumlah layarnya yang ganda.

Pun demikian soal baterai, rasa-rasanya daya tahan baterainya yang berkapasitas 2.500 mAh hanya cukup jika digunakan dari pagi hingga sore menjelang malam saja. Karena pada dasarnya, dua layar berarti ada dua buah juga komponen yang menyedot baterai. Namun, jika memang ingin benar-benar hemat baterai, silakan gunakan layar hitam putihnya saja, dijamin lebih panjang daya tahannya, hehehe.

YotaPhone 2 tidak memiliki LED notifikasi, mungkin karena kita bisa meletakkan ponsel ini di atas meja dengan layar electronic ink menghadap ke atas sehingga kita selalu ter-update apabila ada notifikasi. Kalo begini, Anda bisa sekalian menggantikan jam meja Anda dengan ponsel ini, hahaha.

review yotaphone 2 indonesia banggood


YotaPhone 2 memiliki kamera utama beresolusi 8 Megapixels dan kamera depan 2 Megapixels. Namun, kita bisa mengabaikan kamera depannya. Berkat layar gandanya, kita bisa selfie menggunakan kamera utama dan tetap melihat preview-nya di layar hitam putih YotaPhone 2.

Performa kamera utamanya cukup baik di kondisi cukup cahaya, namun biasa saja saat intensitas cahaya mulai menurun. Yang saya perhatikan adalah proses autofokus yang terhitung cepat, namun terkesan buru-buru. Kenapa buru-buru? Karena saking ingin cepat dapat fokus, kadang hasilnya meleset, hahaha.

Kamera depannya sama sekali tak istimewa, baik karena kecilnya resolusi yang dimiliki, maupun kualitas hasilnya yang standar banget. Tapi kan tadi sudah saya sebut, baiknya kita abaikan saja kehadiran kamera depan ini, he.. he..

Hasil fotonya dapat dilihat pada artikel review hasil kamera dari YotaPhone 2 berikut ini ya.


Plus dan Minus YotaPhone 2

review yotaphone 2 indonesia banggood

Kelebihan dari YotaPhone 2 menurut saya adalah:

  • Dua layar, selain unik, juga memiliki fungsionalitas yang berguna.
  • Kedua layarnya berkualitas. AMOLED, dan e-ink. Wow!
  • Spesifikasi flagship pada masanya, dan masih mampu berjalan baik pada masa kini.
  • Ukurannya sesuai selera saya, dan menggunakan on-screen button, cocok!
  • Tidak ditinggalkan oleh developer-nya, konon OS Marshmallow sedang dalam tahap beta testing.
  • Harganya sudah turun jauh, sudah di bawah dua juta Rupiah di Banggood.com!


Kekurangan dari YotaPhone 2 menurut saya adalah:

  • Kedua kameranya standar banget, usable, tapi ya tidak bisa dibanggakan hasilnya.
  • Terasa ada sedikit lag pada kondisi tertentu, akibat layar gandanya.
  • Daya tahan baterai kurang.
  • Tidak ada LED notifikasi.
  • Tidak dual-sim.
  • Tidak resmi dijual di Indonesia.
  • Terkena ROM abal-abal, syukurlah proses flashing-nya cukup mudah (tapi wajib pakai Windows 32-bit).


Apa Kata Aa tentang YotaPhone 2

review yotaphone 2 indonesia banggood

Sejatinya, dua layar pada YotaPhone 2 hadir bukan untuk gaya-gayaan, melainkan memang ada fungsinya tersendiri. Anda yang senang membaca e-book pasti akan bahagia dengan fakta bahwa smartphone ini mempunyai layar e-ink yang umum digunakan pada e-book reader

Layar kedua ini juga dapat digunakan membantu Anda menghemat penggunaan baterai, dengan syarat Anda mengurangi pemakaian layar utamanya. Ada beberapa aplikasi dan games yang dikhususkan untuk layar ini koq.

review yotaphone 2 indonesia banggood


Layar kedua ini juga bisa membantu saat selfie. Kameranya sih memang hanta sebatas usable saja kualitas hasil fotonya, tidak istimewa-stimewa amat.

Anda yang memang lebih senang menggunakan layar berwarna pada ponsel, tidak saya sarankan menggunakan ponsel ini, karena bisa jadi akan mubazir. Malah membebani kinerja processor serta konsumsi baterainya saja.

review yotaphone 2 indonesia banggood


Mengingat harga YotaPhone 2 di Banggood sekarang hanya sekitar 1,7 jutaan saja, saya rasa value-nya saat ini melebihi harga yang harus kita bayarkan. Toh, spesifikasinya juga masih cukup mumpuni kan? (Info yang saya dapat dari orang Banggood, stoknya hanya tinggal dua digit, dan ada kode coupon untuk diskon $10 yaitu "yotaphone11")

Demikian ulasan singkat dari saya, semoga memberi pencerahan. Hatur nuhun!

2 comments:

  1. bro, saya tertarik dengan hp ini, info2 saya yah kalo mau dilepas... thanks

    ReplyDelete
  2. om, ada tutor untuk flashing rubah rom ga?

    ReplyDelete