Gadget Promotions

Monday, February 5, 2018

Preview OPPO A83, Smartphone Kekinian Yang Bakal Jadi Trendsetter Tahun 2018

Setelah sebelumnya sukses meluncurkan produk OPPO F5, kini kabar gembira kembali datang dari salah satu produsen smartphone yang dalam waktu dekat akan mulai meluncurkan produk terbarunya, yaitu OPPO A83 di pasar Indonesia. Menariknya, sejak Jumat tanggal 26 Januari yang lalu, OPPO telah memberikan kesempatan bagi konsumen Indonesia untuk dapat melakukan pembelian di OPPO official store di JD.id.

Walaupun gaung tentang dirilisnya smartphone ini sudah mulai terdengar sejak bulan Desember 2017 yang lalu, namun saya sendiri masih cukup kaget mendengar bahwa akhirnya smartphone yang sempat digadang-gadang ‘mampu’ menyaingi Samsung J Series ini, akhirnya hadir di Indonesia dengan harga yang jauh lebih terjangkau bagi kantong masyarakat Indonesia kelas middle-low.

Meskipun saya sempat ragu dengan kehadirannya di Indonesia yang seakan ‘mengancam’ pasar smartphone ‘middle-high’, namun pada kenyataannya, OPPO benar-benar mewujudkan smartphone dengan fitur canggih namun dengan harga yang terjangkau untuk kelas menengah ,sehingga ada kemungkinan besar bahwa OPPO A83 akan menjadi trendsetter di kalangan pecinta smartphone di Indonesia.



Satu hal yang membuat OPPO A83 bisa dikatakan sebagai trendsetter baru adalah fitur Face Unlock yang perlahan mulai menggantikan pemindai sidik jari atau fingerprint scanner untuk membuka smartphone. Sekilas, fitur ini tak jauh berbeda dengan fitur FaceID yang ada pada iPhone X besutan Apple. Namun sekali lagi, OPPO berhasil membawa fitur canggih ini kezona yang lebih terjangkau bagi pasar Indonesia.

Meskipun serupa, tapi belum tentu sama. Pasalnya, fitur Face Unlock milik OPPO A83 disebut-sebut mampu mengidentifikasi lebih dari 254 titik pengenalan wajah, dengan kecepatan hanya dalam 0,18 detik. Sangat cepat bukan? So Faster is better, right? Tidak ada orang yang suka menunggu lama, bahkan hanya untuk membuka smartphone mereka.

Dari segi penampilan, baik Saya ataupun Anda mungkin bisa langsung mengatakan bahwa layar dari OPPO A83 tidak terlalu jauh berbeda dari sang kakak, OPPO F5. Dengan desain yang tentunya ‘kekinian’ berkat layar bezel-less, 5,7” HD + Full Screen dengan resolusi layar sebesar 1440 x 720 piksel, yang  Saya rasa cukup menjadikan setiap detail huruf dan gambar menjadi lebih tajam, lebih cerah dan lebih hidup untuk kelas premium.



Mendengar ukuran layar sebesar 5,7inci tersebut, sudah dapat dipastikan bahwa OPPO A83 cukup pas pada genggaman dengan tidak mengurangi kenyamanan saat berinteraksi lewat layar. Khususnya bagi Saya sendiri, ukuran genggaman yang pas pada sebuah smartphone menjadi sangat penting untuk kenyamanan.

Bicara soal performa, OPPO A83 telah dibekali RAM 3GB dengan prosesor Mediatek 8 (octa) core 2,5 GHz Helio P23 dan Color OS 3.2 Android 7.1,  dimana dengan spesifikasi kekinian tersebut, sudah jelas bahwa OPPO A83 mampu menjadikan pengalaman multi-tasking dalam menjalankan aplikasi semakin mudah dan cepat.



OPPO A83 sangat sesuai untuk kalian yang doyan bermain game sambil chatting dan buka sosial media, ditambah aplikasi kerjaan lainnya. Bahkan OPPO A83 juga mengklaim memiliki Game Acceleration yang mampu memaksimalkan GPU pada saat bermain game, serta interface terbaru yang mampu membuat Game tidak akan terhenti walaupun ada panggilan masuk.  Hmm.. cukup bisa membuat saya tergoda untuk beralih mengganti smartphone lama saya he he he..

Fitur lain yang membuat saya memberikan dua jempol untuk OPPO adalah fitur Kids Space, yang memiliki kemampuan untuk mengendalikan waktu serta kegiatan si kecil saat bermain smartphone yang kita miliki, terutama dalam hal keamanan data yang tersimpan. Di lain sisi, juga ada teknologi O-Share yang mampu mengirim serta menerima foto, video, serta dokumen berat lainnya secara lebih cepat 100 kali lipat bila dibandingkan dengan bluetooth.

Jika tadi kita berbicara tentang isi perut OPPO A83 yang membuatnya ‘gendut’ dengan berbagai spek mumpuni dan kekinian, maka yang tak kalah menarik berikutnya adalah ciri khas OPPO dengan kamera ‘flawless’ miliknya. Yap! Sudah tidak diragukan lagi bahwa  OPPO A83 juga memiliki kamera utama 13 MP lengkap dengan unit LED flash yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi tinggi tanpa cacat. Sementara untuk kamera depannya 8MP yang mampu menghasilkan selfie terbaik dan kekinian.

Oh ya..  tak lupa juga, OPPO A83 juga telah ditanami baterai  kapasitas 3180 mAh, yang mampu bertahan hingga 13 jam untuk penggunaan aktif. Apalagi seperti Saya yang memang sering melakukan kegiatan di luar ruangan, baterai yang tahan lama emang paling oke, dan OPPO A83 juga sudah mampu menjawab masalah tersebut.



Kesimpulan menurut Saya, tak salah memang jika OPPO A83 disiapkan untuk menjadi trendsetter terbaru sebuah smartphone di pasar Indonesia. Dengan fitur serta teknologi yang mumpuni, maka OPPO A83 sangat mampu merajai pasar Indonesia untuk smartphone kelas menengah namun dengan pengalaman pengguna kelas premium.

OPPO A83 ini dapat langsung dipesan di OPPO Official Store di JD.id dan dibanderol dengan harga Rp.2.999.000. Jadi bagi kalian yang penasaran dan ingin membeli OPPO A83 tersebut silahkan langsung mengunjungi Official Store OPPO di JD.id, DI SINI.

2 comments: