Gadget Promotions

Monday, September 7, 2015

Kogan, Action Cam Murah yang Tak Kenal Patah-patah



Beberapa waktu lalu mungkin anak-anak baru gede akan merasa sudah gaul jika telah melingkarkan neckstrap bermerk Canon atau Nikon di leher dengan sebuah kamera DSLR terpampang di depan dada. Padahal bobot kamera jenis ini tidak bisa dibilang ringan lho. Pun cara pengoperasiannya tidak semudah kamera handphone. Namun latah akan trend yang sedang ramai terkadang membuat kita sebagai bangsa yang konsumtif ini rela merogoh kocek dalam-dalam agar dapat dibilang keren.

Sekarang nampaknya trendnya sedikit bergeser. Para ABG dapat menghela nafas lega karena untuk dibilang gaul kali ini tentengannya sudah tidak seberat SLR, meskipun secara jumlah rupiah yang dikeluarkan sih masih cukup untuk membuat para orang tua sesak nafas, he.. he.. Action Cam, demikian istilahnya untuk gadget yang akan kita bahas kali ini. Dipelopori oleh merk GoPro, bentuknya yang kecil namun hasil gambarnya yang cukup baik ditambah banyaknya aksesoris untuk membuat kamera mungil ini dapat digunakan di berbagai kondisi ekstrem, membuatnya menjadi incaran banyak anak muda saat ini. Walaupun bentuknya mungil, harganya setara dengan kamera DSLR entry level lho! Anda bisa menebusnya pada kisaran lima sampai tujuh juta rupiah.

Untunglah sekarang ini mulai bermunculan merk-merk lain dengan fungsi yang kurang lebih mirip, namun dengan harga yang jauh lebih hemat. Beberapa yang cukup banyak mencuri perhatian adalah SJCam, Xiaomi Yi Camera, dan Brica SJCam yang rata-rata memasang bandrol pada rentang antara satu sampai dua juta rupiah. Lumayan hemat kan?

Sehabis gajian kemarin, saya pun tidak mau ketinggalan hype dong, saya singsingkan lengan baju dan langsung terjun ke sumur menuju beberapa online marketplace lokal untuk mencari Action Cam murah demi menuntaskan kepenasaran saya akan gadget satu ini. Mata saya terkunci pada sebuah merk Action Cam yang sebetulnya cukup lucu bila diucapkan, Kogan. Terdengar seperti panggilan populer di satu forum online Indonesia, agan! Ha.. ha.. ha.. Pada saat itu harga kamera ini disebutkan dipotong dari Rp 999.000 menjadi hanya Rp 429.000 saja. Paket penjualannya sudah termasuk waterproof case dan tiga belas macam dudukan kamera yang umumnya harus dibeli terpisah sehingga menjadi pengeluaran ekstra setiap pemilik Action Cam.



Dikarenakan saya kere banget masih dalam taraf iseng mencoba, dan juga jarang berkegiatan yang cocok menggunakan Action Cam, saya pikir bolehlah beli Action Cam murah ini, lengkap pula aksesorisnya. Nanti bisa saya pakai berendam bersama cucian di ember untuk melihat hasil foto bawah air. Oke lah, klik checkout dan bayar pesanan ini langsung. Eits, tak lupa saya pakai voucher diskon Rp 50.000 dong, membuat total belanja saya hanya Rp 387.000 saja sudah termasuk ongkos kirim. Hemat kan? Hehe...

Sebetulnya proses di Lazada cukup cepat waktu itu, dua hari kemudian yaitu pada hari Jumat barang sudah dikirim. Sabtu pagi saya cek posisi kiriman JNE sudah sampai di Bandung, namun rupanya tidak segera dikirim, bahkan baru sampai ke rumah pada hari Selasa. Entahlah selama Sabtu, Minggu, dan Senin ada apa gerangan hingga kiriman buat saya didiamkan saja oleh JNE.

Paket Kogan Action Cam dari Lazada dataaaang
Begitu Action Cam ini datang, tidak menunggu lama segera saya lakukan proses unboxing. Tahu nggak, ini proses unboxing paling capek yang pernah saya lakukan. Bagaimana tidak, aksesoris yang disertakan banyak sekali. Saya harus mengambil gambarnya satu persatu sembari menerka apa kira-kira benda yang saya pegang kala itu, ha.. ha..


Dalam kemasannya, kamera Kogan Action Cam ini langsung berada di dalam waterproof case-nya. Lebih hemat tempat dan juga lebih aman jadinya. Sempat kesulitan membuka waterproof case-nya, akhirnya Action Cam satu ini bisa saya rasakan dalam genggaman juga. Bentuknya mungil dan desainnya minimalis, mengingatkan saya pada SJCam 4000 Wifi milik seorang teman. Ketika saya membuka buku manual, pada narasi cara penggunaannya malah berkali-kali disebutkan SJ4000 lho, bukan Kogan ha.. ha.. ha.. Entah ini memang menjiplak desain dan buku manualnya, atau sebetulnya barang sepabrikan OEM, tapi satu yang pasti Kogan Action Cam ini tidak support koneksi wi-fi seperti kebanyakan Action Cam populer lain.
Kemasan Kogan Action Cam, full aksesoris

Kogan Action Cam, di dalam waterproof case

Kogan Action Cam, di dalam waterproof case

Kogan Action Cam, di dalam waterproof case

Kogan Action Cam, di dalam waterproof case

Kogan Action Cam, di dalam waterproof case
Keterangan pada belakang kemasan Kogan Action Cam

Buku manual Kogan Action Cam

Penjelasan bagian Kogan Action Cam

Petunjuk aksesoris Kogan Action Cam
Penampakan ke-13 dudukan Kogan Action Cam

Daftar aksesoris pada kemasan Kogan Action Cam

Baterai yang digunakan ternyata removeable lho, dengan kapasitas sebesar 900 mAh. Dengan harga yang murah tapi dapat baterai yang bisa diganti-ganti menurut saya itu suatu kelebihan tersendiri. Selain dapat diganti apabila suatu saat kinerja baterainya sudah tidak mumpuni, ini berarti kita dapat membeli baterai cadangan sehingga dapat memperpanjang lama penggunaan kameranya saat dibutuhkan nanti. Dilihat dari bentuk dan cara menarik baterainya pun, sangat mirip dengan SJCam 4000, hmmmm...



Tombol power terletak pada bagian depan di samping lensa utama. Tekan dan tahan hingga terdengar bunyi, tak perlu waktu lama hingga kamera ini dapat dioperasikan. Bahkan begitu menyala, dalam hitungan detik kamera ini akan otomatis mengambil rekaman video, asalkan Anda sudah menyematkan microSD ke dalam slotnya yang berada di samping kiri kamera. Ya, kamera ini tidak mempunyai memori internal, sehingga tidak akan bisa digunakan apabila Anda tidak memasukkan microSD ke dalamnya. Saya tes menggunakan microSD Samsung 32GB dapat berjalan baik.



Selain slot microSD, pada sisi kiri kamera ini juga terdapat port micro USB dan micro HDMI, serba micro karena memang ukuran kamera ini yang mungil, he.. he..


Sementara pada sisi kanan kamera terdapat dua buah tombol volume yang juga berfungsi sebagai tombol navigasi pada mode gallery. Pada sisi ini juga terdapat speaker mungil yang ditampilkan melalui lubang-lubang kecil berbentuk melingkar. Jangan berharap terlalu banyak pada kualitas output suaranya ya.



Sementara pada bagian belakang, ruang yang ada tersita sepenuhnya oleh sebuah layar LCD berukuran 1,5 inch yang cukup terang meskipun resolusinya rendah. Dua buah lampu indikator pengoperasian dan proses pengisian daya terletak di sebelah kiri layar.



Di bagian atas kamera hanya terdapat tombol shutter, sementara di bagian bawah terdapat pengungkit untuk membuka pintu baterai. Pada bagian bawah ini juga tampak lubang-lubang kecil yang belum diketahui fungsinya, perkiraan saya sih buat exhaust, ha.. ha.. ha..




Finishing dari body kamera ini cukup baik, tidak mewah namun juga tidak ada kesan ringkih yang terasa saat memegangnya. Di sekeliling body kamera teksturnya bergerigi, lumayan untuk menambah grip sehingga tidak licin di tangan saat digunakan.

Pengoperasiannya secara keseluruhan cukup mudah. Selain sebagai tombol power, ternyata tombol yang berada di samping lensa utama juga berfungsi sebagai tombol pemindah mode. Secara default begitu dinyalakan, mode kamera berada pada mode rekam video. Tekan tombol mode satu kali, maka kamera akan berpindah ke mode pengambilan gambar. Mode selanjutnya adalah mode gallery untuk melihat hasil foto dan video. Mode terakhir adalah mode pengaturan di mana kita bisa mengubah besaran hasil rekaman dan gambar, juga mengaktifkan mode deteksi getaran agar hasil rekaman lebih lembut meskipun ada getaran pada saat merekam.

Hasil rekaman dapat dibilang biasa-biasa saja, pada kondisi pencahayaan cukup pun ketajaman dan reproduksi warnanya tidak istimewa. Hanya saja kamera ini mampu menghasilkan video beresolusi Full HD 1080p dengan framerate yang cukup tinggi, sehingga Anda akan lihat hasilnya cukup smooth, tidak ada patah-patah sama sekali. Lumayanlah untuk level harga semurah ini.

Berikut hasil rekaman saat Kogan Action Cam ini saya pasang di kaca mobil, menemani perjalanan.



Untuk hasil foto, setali tiga uang dengan hasil rekaman, meskipun resolusi maksimalnya cukup besar yaitu 12 Megapixels, namun tetap tidak dapat diandalkan karena memang ketajaman dan reproduksi warnanya masih kurang baik. Mengingat faktor harga yang murah namun sudah mendapatkan banyak aksesoris, sepertinya mau tidak mau Anda harus menerima kenyataan ini he.. he.. he.. Tapi, sesuai namanya Action Cam, memang seharusnya kegunaan utama kamera ini adalah supaya dapat digunakan berkegiatan termasuk yang cukup ekstrem, seperti berenang hingga menyelam, bersepeda, atau bahkan melakukan perekaman saat berolahraga ekstrem.

Kondisi indoor, cahaya cukup

Kondisi outdoor, cahaya sangat cukup

Kondisi indoor, cahaya kurang

Kondisi indoor, cahaya kurang


Saya rasa kamera ini cukup dapat diandalkan untuk mengabadikan momen-momen penuh aksi Anda, tapi jelas bukan pilihan utama untuk mengabadikan detail seperti keindahan alam, foto selfie, atau kegiatan perekaman indoor. Jika butuh detail yang lebih baik, saya menyarankan Anda menggunakan kamera lain yang levelnya lebih baik, namun tentunya tidak akan semurah Kogan Action Cam ini.





177 comments:

  1. Apakah kamerqanya bisa berfungsi sebagai web cam jika dihubungkan ke TV?

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum coba, kebetulan tidak punya kabel micro HDMI :)

      Delete
    2. Saya punya kamera kogan itu. Tpi sedang bermasalah. Setelah di tekan tombol power untuk on. Hanya ada logo kogan saja tidak mau masuk ke standby untk merekam. Mohon petunjuk

      Delete
    3. senasib juga....gimana cara mengatasinya? mohon bantuannya plissss

      Delete
    4. Kogan saya juga punya masalah yangvsama tapi karena lama gak dipake. Itu perbaikix gimana yaa?? Mohon bantu jawab buat yang tau

      Delete
    5. ini yang senasip beli di toko online laz*d* ya?

      Delete
    6. biasanya seperti itu karena baterai dibiarin sampai habis betul.. solusinya coba cabut baterai, lalu pasang charger dan biarkan sampai nyala sendiri di mode dashcam. setelah itu matikan dalam posisi masih tercharger, setelah di posisi off pasang kembali baterainya. ingat ya, pemasangan baterai dalam posisi masih tercharge..

      Delete
    7. biasanya seperti itu karena baterai dibiarin sampai habis betul.. solusinya coba cabut baterai, lalu pasang charger dan biarkan sampai nyala sendiri di mode dashcam. setelah itu matikan dalam posisi masih tercharger, setelah di posisi off pasang kembali baterainya. ingat ya, pemasangan baterai dalam posisi masih tercharge..

      Delete
  2. hasil video nya lumayan mulus ya?
    belum di coba di outdoor ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, makanya saya bilang tak kenal patah-patah heuheu.
      itu outdoor yg dipasang di kaca mobil :D

      Delete
  3. Ini yg harganya 400 rb bisa disambungkan ke hp gk wifi mksdnys

    ReplyDelete
  4. tidak ada wifinya om. jadi tidak bisa disambungkan ke hp :)

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. aplikasi nya belom ada yg di rilis untuk kogan ya ?
      soal nya uda banyak aplikasi yang di saran kan katanya bisa untuk kogan tapi hasil nya nihil. ga bs terhubung . mohon pencerahan nya

      Delete
    2. Aplikasinya pake goplus ! Ada d android sama ios

      Delete
  6. mungkin kalo connect ke HP yg SUpport OTG bisa kali ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan ngga, konektor micro-USB di Kogan setau saya hanya untuk charging. TV-out pakai micro-HDMI

      Delete
    2. Mas ini video yang di rekam dri kogan camera ini , bisa di pindahin ke HP pke SD card kan?atau foto²nya yang sudah di foto dari kogan g mna caranya di pindahin ke HP?

      Delete
  7. gan mo nanya.. penanda klo batre penuh tu gmn? ni lampunya nyala merah terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya memang gitu om, ceknya nyalain layar, liat udah penuh belum indikatornya :D

      Delete
    2. Gan cara setting timer bbuat foto gmana ya gan? Udah lama beli kogan tpi gk kepake

      Delete
  8. Cara shoot pake tongkat gimana kalo ga ada wifinya?

    ReplyDelete
  9. Cara shoot pake tongkat gimana kalo ga ada wifinya?

    ReplyDelete
  10. Cara shoot pake tongkat gimana kalo ga ada wifinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake timer :D
      atau shoot dulu baru tongkatnya dijauhkan :D

      Delete
  11. cara setting nya gimana sih nih biar gambarnya tambah mantap ?

    ReplyDelete
  12. buat yg tanya2 settingnya, mohon maaf, saya pakai ini bulan September lalu, dan sudah dijual kembali barangnya, jadi sudah pada lupa caranya :D

    ReplyDelete
  13. cara connec kameranya ke hp gimana gan

    ReplyDelete
  14. Permisi .. Mau bertanya bagaimana cara ngehilangin tanggal pada foto action cam? Mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sudah ga pegang lagi Kogan-nya euy, jadi susah bantunya :(

      Delete
  15. Min kogan punya saya pas udah rekam gambarnya eror mulu terus juga suka nge play dan stop sendiri. Juga pas di timer pas ada suara ''ckrek'' langsung gabisa di pencet apa apa. Biasanya kendalanya dari apanya ya min. Apakah memory atau dalemannya minta bantuannya min 😥

    ReplyDelete
  16. Min kogan punya saya pas udah rekam gambarnya eror mulu terus juga suka nge play dan stop sendiri. Juga pas di timer pas ada suara ''ckrek'' langsung gabisa di pencet apa apa. Biasanya kendalanya dari apanya ya min. Apakah memory atau dalemannya minta bantuannya min 😥

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba update firmware, saya sudah ga pegang lagi Kogan-nya euy :(

      Delete
  17. kenapa kogannya dijual Gan...berarti ga recomended dong, dan buat apa share blognya...apa nyari yang ada WiFinya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. pinternya kelewatan.. iya lewat aja..

      Delete
    2. kalau review, kebanyakan memang dijual kembali koq. review belum tentu rekomen ya om..

      @boy: boy sepditia hartman bukan ini? :D

      Delete
    3. Reviewnya buat menenangkan hati para pembeli kogan yg ternyata ga ada wifi nya. Contohnya saya.. Hihihiii... Ternyata bukan saya aja yg kaget ini gimana kok ga ada wifinya. Ternyata emg ga bisa wifi. Huuufff

      Delete
  18. Replies
    1. yg saya bukan versi wi-fi, jadi ga bisa konek ke hape :D

      Delete
  19. Replies
    1. pake app ez iCam
      saya pake action cam sjcam 6000
      skr kogan sudah ada yg versi wifi nya koq

      Delete
    2. pake app ez iCam
      saya pake action cam sjcam 6000
      skr kogan sudah ada yg versi wifi nya koq

      Delete
    3. cara.nya kalau kogannya gak ada wifi.nya gimana biar nyambung dengan hp?

      Delete
    4. ga bisa atuh kalo ga ada wifi mah :D

      Delete
  20. Punya saya ga bisa nyala nih stlah tekan power button, padahal sudah dipasang microsd 16GB,ada yg tau knpa? :(

    ReplyDelete
  21. Bang irfan mau nanya dong. Kenapa ya warna kamera kogan saya kok jadi warna "negatif" gitu (warnanya tuh aneh) jadi setiap mau dipake buat ambil gambar/video ngga berwarna. Itu gimana cara ngenbaliin ke warna awalnya ya? Mohon bantuanny. Terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  22. Bang irfan mau nanya dong. Kenapa ya warna kamera kogan saya kok jadi warna "negatif" gitu (warnanya tuh aneh) jadi setiap mau dipake buat ambil gambar/video ngga berwarna. Itu gimana cara ngenbaliin ke warna awalnya ya? Mohon bantuanny. Terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah maap mbak saya kurang tahu :)

      sudah ga pegang unitnya :D

      Delete
  23. Numpang tanya kok pas di videonya diputer di hp kenapa gak ada suaranya ya?

    ReplyDelete
  24. Numpang tanya kok pas di videonya diputer di hp kenapa gak ada suaranya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin format videonya ga disupport aplikasi di hp. coba pakai aplikasi berbeda :)

      Delete
  25. agak kecewa dgn ko*an gan hehehe emang harga engga bisa bohong ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo cuma buat asik-asikan ngerekam perjalanan sih lumayan Om, kalau mau kualitas gambar sih memang kurang, namanya juga murmer heuheu

      Delete
  26. agak kecewa dgn ko*an gan hehehe emang harga engga bisa bohong ��

    ReplyDelete
  27. Aku baru aja beli dan bener sama kaya yg mas tulis. Loh ga ada wifinya. Pdhl pas diawal sipenjual online bilang kalo ada wifinya. Alhasil mo tak balikin aja kali ya. Ga fungsi juga kalo ga bisa konek ke hp ya mas... Masnya aja dijual lg 😸

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu jaman saya beli sih emang ga ada yg versi Wi-fi. kalo sekarang cek di toko online, pada nulis ada wi-fi, harganya pun sedikit lebih mahal dari yg non wi-fi

      Delete
  28. Ane ada masalah pas ambil gambar pake kogan ultra 4k. Biasanya dimensi gambar 4000*3000, eh pas cek galeri ada satu pic yg dimensinya 1980*1080. Ada yg tau biar dimensinya jadi 1980*1080? Saya coba foto foto lagi, hasilnya 4:3 semua.dimensi 4:3 ga selebar dimensi 1980*1080.

    ReplyDelete
  29. mau nanya cara unduh foto dr kamera action cam biar masuk ke galery hp gimana caranya ya? saya sudah download fotonya tapi tetep ga masuk ke galery di hp.

    ReplyDelete
  30. ada rupa ada harga..
    thanks reviewnya gan :D

    ReplyDelete
  31. akuu uda pake memory 32gb tapii memory tidak terbaca.
    tlong kasih sarannyaa

    ReplyDelete
  32. syp blang gk patah2 gan , saya dah punya camera action kogan yang wifi pula ,eh ternyata gambarnya patah2 juga kok gan ... oh ya skalian mw nanya itu knp ya gan hasil videonya bisa patah2 .atau harus di konversikan menjadi Mp4 bkan MOV lagi.mohon pencerahannya gan ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan saya yg bilang om, hehehe. itu hasil pengujian saya. punya saya non-wifi.

      kalau patah-patah, bisa jadi playernya yg bikin patah-patah. dicoba play di device dengan spek lebih tinggi mungkin?

      Delete
  33. pengen beli,, tapi pengen yg ada wifi nya,, harganya brp ya???

    ReplyDelete
  34. Kalau rekam video trus di download lewat wifi knp suara yg d videonya gk bs kluar yaa pas di play d android ??

    ReplyDelete
  35. Kalau rekam video trus di download lewat wifi knp suara yg d videonya gk bs kluar yaa pas di play d android ??

    ReplyDelete
  36. Ane beli kogan 4k ultra HD wifi. Tpi msih penasaran sama applikasi yg cocok buat kogan di android. Soalnya ane pake app xdv. Ada kah app lain selaain xdv. Yg ada effect2nya gitu kyk xiaomi tinggal. Harga kogan 4k yg sya beli 950k tpi sya milih harga paket jdi 1,1k ada monopod dan micro sd 16gb c10. Curcol plus nanya...

    ReplyDelete
  37. Mau tanya om, HDMI itu fungsi nya buat apa and gimana cara make nya?
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat disambungkan ke layar lain, misal televisi. jadi bisa dilihat di layar lain apa yg muncul di layar kamera

      Delete
  38. Mau tanya gan...indikasi batre penuh gimana warna led nya ? kisaran berapa jam pengisiannya ? makasi

    ReplyDelete
  39. 1 lagi...kalau disambungin ke monopod selfie yang pake kabel, bisa apa engga yah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. indikasi batre penuh emang ga jelas nih hehehe

      kayanya ga bisa disambungkan monopod selfie, memang ada colokan audio-nya tah?

      Delete
  40. Info aja gan. Yg patah-patah waktu ngerekam bisa jadi karna sdcardnya kurang mantep. Minimal class 10 lah. Kalo buat kogan 4k coba dicek di situs2 belanja online, search sdcard 4k 80mbps. Itu cocok banget buat action cam ga akan patah2.

    ReplyDelete
  41. Punya saya kok hasil kameranya gak bagus ya. Apa lagi kalau minim cahaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang ga begitu bagus koq hasil kameranya. cuma untuk iseng2 rekam kegiatan mah lumayan, ga patah2 videonya

      Delete
  42. Gan saya baru beli kogan dilaza percis sma yang agan posting cuman harga sekarang lebih murah , nah saya rombak semua setelah barang nya sampe saya buka langsung saya coba ,awalnya saya ga ngerti gimana nyalain nya ternyata cuman tekan tombol didepan nya aja , tapi setelah saya tekan ga nyala nyala ,pas saya cas tapi lampu nyala warnanya merah , setelah saya baca di google emang iya kalo ga ada memori card otomatis kogan ga bisa nyala?

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, karena tanpa micro-SD si Kogan ini ga bisa save gambar/video :)

      Delete
  43. Saya juga pinya kamera kogan, tapi hasil suara videonya kecil banget.
    Gmn cara mengatur volumenya agar hasil videonya suaranya besar..
    Mohon bantuannya...

    ReplyDelete
  44. Gan punya saya kog hasil videonya gak bisa di putar di pc kenapa ya

    ReplyDelete
  45. buat selfie kediri sendiri gmna mas cara cpturenya kan gak ada wifinya?

    ReplyDelete
  46. lensa Kamera Kogan bisa diganti nggak gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya ngga, kalo bisa mungkin harganya 10x lipat :D

      Delete
  47. Min.. kogan saya kan tanpa wifi, bisa di hubungkan ke HP android ga?
    Please bales min

    ReplyDelete
  48. Min.. kogan saya kan tanpa wifi, bisa di hubungkan ke HP android ga?
    Please bales min

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak bisa, hubungan mereka tidak akan pernah direstui :)

      Delete
  49. Min.. kogan saya kan tanpa wifi, bisa di hubungkan ke HP android ga?
    Please bales min

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sarimin lagi ke pasar Bang :D

      Kogan non wifi ga bisa konek ke android, ntar dia bingung pake apa :D

      Delete
  50. Bos gmn cara konek ke hp untuk kogan non wifi

    ReplyDelete
  51. ada set timer ketika mau recording video / ambil gambar engga gan ?

    ReplyDelete
  52. Apakah saat di charger kogan tetap menyala? saya bingung cara off in kogan nya,hehe mohon dijawab ya.. soalnya saya belum ngerti

    ReplyDelete
  53. Yang nanya settingan Kogan, mohon maaf sudah pada lupa hehehe. :D

    ReplyDelete
  54. Gmana cara mindahin foto di kogan ke galeri??

    ReplyDelete
  55. Gmana cara mindahin foto di kogan ke galeri??

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg wifi version ya? pakai aplikasi kayanya. soalnya punya saya ga ada wifinya :)

      Delete
  56. kok hasil video&foto ga ada, ga ke save, itu gmna ya?

    ReplyDelete
  57. ketawa aja baca komeng2nya wkwkwkwk,yg pada kecewa dengan kogan yg murah meriah dan murahan,anggap aja beli accesoris action camera dan bonus camera2an,semoga makin rame buat blog-nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin doanya thanks...

      ya, betul.. jangan over expectation dengan harga segini, lumayan koq kalo cuma buat rekam2 perjalanan mah :)

      Delete
  58. Replies
    1. dari settingnya, mohon maaf saya sudah lupa menu-menunya :)

      Delete
  59. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  60. saya juga ada beli kamera action dengan harga 575000 dengan kelengkapan seperti kogan dan resolusi seperti kogan, kamera saya di lengkapi lcd 2 inc + wifi, jenis kamera nya yaitu action cam x-2 wifi

    ReplyDelete
  61. saya juga ada beli kamera action dengan harga 575000 dengan kelengkapan seperti kogan dan resolusi seperti kogan, kamera saya di lengkapi lcd 2 inc + wifi, jenis kamera nya yaitu action cam x-2 wifi

    ReplyDelete
  62. Ko punya saya tidak ada lobang buat usb'a ya ?? Dan cara sambungan k'hp gmna minta petunjuk dong..

    ReplyDelete
    Replies
    1. masa tidak ada lobang USB? Kalo ngecharge ke lobang mana?
      sambungan ke hape kalo yg versi wifi pake wifi, kalo yg non wifi memang tidak bisa :)

      Delete
  63. Ko punya saya tidak ada lobang buat usb'a ya ?? Dan cara sambungan k'hp gmna minta petunjuk dong..

    ReplyDelete
  64. kalau ngecharger pake charger lain bisa gak

    ReplyDelete
  65. jadi kogan non wifi kalo mau pindahin foto harus pindahin sdcard ke hp atau laptop ya ?

    ReplyDelete
  66. Mas saya pengen jual camera kogan saya tp kira" dmn ya tempat buat jual kamera kogan ini... Tlng infonya

    ReplyDelete
  67. Mas..saya pengen jual kamera kogan saya. Tp saya gak tau dmn tempat jualnya. Tlng infonya lokasi jual kamera ini

    ReplyDelete
  68. Gan saya kan baru beli kogan yang ultra hd 4k tapi kok gak bisa nyala ya gan? Padahal udah dicas selama 2 jam lebih tapi pas dicas lampu yg warna merahnya nyala kok gan. Knp ya?

    ReplyDelete
  69. Sama saya juga bantu dong gan. ���� udh di cas ga mau nyala sekrang di cas malah ga nyala lampu led nya. Udah di kasih memori segala macem ga nyala juga bantu dong gan

    ReplyDelete
  70. Kak kok pas sdcardnya dipindahin ke hp foto sma videonya gak ada trus klo kogannya dimatiin fotonya terhapus sendiri
    Tolong dibantu kak-_-

    ReplyDelete
  71. Saya punya action cam 4k kogan bukan sih?,nah udah di coba tapi hasil gambarnya itu gepeng mohon petunjuknya segera mohon

    ReplyDelete
  72. Saya punya action cam 4k kogan bukan sih?,nah udah di coba tapi hasil gambarnya itu gepeng mohon petunjuknya segera mohon

    ReplyDelete
  73. Gan cara mendownload foto dari galery kogan gimana..saya download gak mau di situ katanya memori tidak muat ruang padahal memori hp saya masih ada 700MB
    mohon penjelasannya

    ReplyDelete
  74. Kenala setial aku download slalu "download fail, no more storage" .
    Gabisa di download ������

    ReplyDelete
  75. Ane jual sis gan, 350 saja ad yg mau contact wa ya : 087877361921

    ReplyDelete
  76. saya beli kamera kogan non wifi tp gmbarnya tidak cembung.itu gmn y cara nyembunginya.thnks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. lensa kogan memang ga cembung (fisheye).
      coba cari tambahan lensa fisheye, mungkin ada

      Delete
  77. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  78. Permisi Gan, Saya Mau Nanya, Tolong jangan di Kacangin.....

    Saya Mau beli Kogan yang Wifi... Nah apakah saat pengambilan gambar/ foto nya wireless atau manual yah?

    Tolong Di Jawab yah
    Terima Kasih

    ReplyDelete
  79. Ini ada wifinya gak sih?klo ada bagaimana cara mengaktipakannya?

    ReplyDelete
  80. Gan. Numpang tanya nih.. kogan ultra hd 4k sy habis di tes di air pake case anti air nya.. pas waktu ane angkat kok matiinnya agak lama ya (gamasalah sih) .. tapi ane ga bisa masuk ke mode settingnya gan.. gimana ya itu. Mohon bantuannya ya gan

    ReplyDelete
  81. gan, ada link untk download firmware terbarunya gak ?

    ReplyDelete
  82. Mas bro.. Tanya donk.. Sya pake kogan 1080FullHD 16 MP.. Kok tdi ane coba ngerekam sambil naik motor gambarnya kok patah2 yah.. Apa memang 30fps bgtu gan? Atau ane settingnya salah? Mohon pencerahannya gan..

    Hatur nuhun..

    ReplyDelete
  83. . senasip , klo foto , kyk kamera hp cina solusinya g mn ya...?

    ReplyDelete
  84. . senasip , klo foto , kyk kamera hp cina solusinya g mn ya...?

    ReplyDelete
  85. Om Saya mau nanya, Kan saya punya kamera kaya gitu, yang no wifi, tapi pas saya rekam, suaranya gak ada, saya sudah teriak teriak, pas rekaman , tapi suaranya gak ada juga, moho solusinya dong om

    ReplyDelete
  86. sya mau nanya om, sya bru beli camera kogan 4k sdakh satu jam saya cas ketika saya nyalain kok caman timbul warna putih dilayar

    ReplyDelete
  87. sya mau nanya om, sya bru beli camera kogan 4k sdakh satu jam saya cas ketika saya nyalain kok caman timbul warna putih dilayar

    ReplyDelete
  88. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  89. saya juga nie baru beli Koogan 4k wifi HD dengan Sonny lensa..untuk foto menurut saya oke dioutdoor tp dilow light kurang memuaskan, untuk video apa diharapkan dengan riview2 tidak sesuai dengan kenyataan, exsporenya terlalu tinggi jadi kelihatan seperti ngeblur dan patah2...padahal sudah pake sd card clas 10 80mbs

    ReplyDelete