Gadget Promotions

Tuesday, September 8, 2015

Review Modem Mifi Smartfren 4G Andromax M2P



Setelah pesanan saya bermasalah di MatahariMall.com, akhirnya saya lanjutkan membeli modem Mifi Smartfren Andromax M2P di Tokopedia saja. Cuma butuh satu hari hingga modem ini berada dalam genggaman, jempol lah mengingat posisi seller berada di Jakarta sementara paket saya terima di Cimahi. Gudjob kalo kata Bahasa Sunda mah, he.. he..

Ada beberapa misi yang mau saya penuhi dengan pembelian modem 4G smartfren ini. Yang pertama, saya ingin membuktikan omongan orang bahwa Meizu M2 Note dapat digunakan memakai kartu USIM 4G Smartfren. Kedua, karena dapat info jaringan 4G milik Smartfren berjalan pada frekuensi 2300 saya jadi inget modem Bolt yang lama nganggur di rumah juga menggunakan frekuensi 2300 alias TDD-LTE, siapa tahu bisa dipakai menggunakan jaringan 4G Smartfren. Terakhir, pengen melakukan uji kecepatan jaringan 4G Smartfren terutama di rumah, siapa tahu bisa diandalkan buat menulis dan upload ke sana ke mari, he.. he..

Saat pertama melihat kemasannya, saya rasa orang yang tidak tahu pasti menyangka ini adalah dus handphone. Ya, kemasan modem Mifi Smartfren Andromax M2P terasa seperti kemasan handphone, handphone entry level tepatnya. Kelengkapannya pun demikian, terdapat kepala charger, kabel data, dan beberapa buku manual. Saat pertama dibuka, baterainya yang berkapasitas 1.500 mAh diletakkan pada sebuah kotak kecil terpisah dari unit modemnya.





Unitnya sendiri tampak keren dalam balutan warna hitam. Untung saya beli yang hitam, finishingnya matte bukan glossy, jadi kalau warna putih bisa dipastikan akan mudah kotor. Modem ini tidak menyediakan slot microSD ya, untuk Anda yang membutuhkan sharing file melalui microSD pada modem, dapat melirik tipe Andromax M2Y yang juga dibekali baterai berkapasitas lebih besar, 2.000 mAh.



Begitu dinyalakan, pertama kali kita harus melakukan registrasi kartu smartfren dan mengaktifkannya dengan menginputkan kode aktifasi yang tercetak pada dus kemasan Smartfren Andromax M2P ini. Proses aktifasi dilakukan di http://my.smartfren.com yang dapat diakses melalui jaringan Smartfren meskipun kartu kita belum aktif. Hanya saja link untuk proses konfirmasi terakhir dikirimkan melalui e-mail, aneh saja buat saya ketika ingin menggunakan layanan internet dari Smartfren maka saya harus sudah punya akses internet terlebih dahulu untuk membuka e-mail. Lha saya kan beli modem karena ingin bisa internetan, koq ini malah harus sudah punya akses ke internet lebih dulu, he.. he..


Pada bagian bawah, terdapat port micro USB dan port untuk external antenna


Segera setelah proses registrasi dan segala konfirmasinya selesai, saya pun segera dapat mengakses internet menggunakan jaringan wi-fi yang dipancarkan modem ini. Saat saya coba matikan dan nyalakan kembali, proses untuk modem ini bisa terkoneksi ke internet cukup cepat, bahkan yang tercepat dibandingkan semua modem yang pernah saya gunakan. Lampu indikator sinyal menyala hijau saat modem sudah terkoneksi ke jaringan. Namun lampu indikator ini tidak selamanya menyala, setelah beberapa saat lampu indikator sinyal dan juga lampu indikator baterai pun mati namun modem tetap bekerja seperti biasa. Anda dapat menekan tombol yang berada di tengah modem ini untuk kembali menyalakan lampu indikator, rupanya untuk mengemat baterai maka lampu indikator ini tidak selalu menyala.

Untuk menyalakan dan mematikan modem ini, caranya yaitu dengan menekan dan tahan agak lama satu-satunya tombol yang terdapat pada bagian muka modem ini, sangat sederhana.




Misi Pertama

Untuk menjalankan misi pertama, mau tidak mau USIM Smartfren 4G pun saya potong menjadi seukuran nano-sim. Ada bagian logam pada chip USIM ini yang ikut terpotong pada saat saya sesuaikan ukurannya, namun hal ini tidak menjadi masalah dan USIM Smartfren 4G sukses saya sematkan pada slot simcard Meizu M2 Note.

Untuk mendapatkan sinyal 4G Smartfren dan dapat melakukan koneksi data, cara-caranya adalah seperti berikut:

Setelah memasukkan USIM Smartfren 4G dan menyalakan Meizu M2 Note Anda, segera masuk ke Dual SIM and Network Settings. Arahkan penggunaan mobile data menggunakan SIM Card Smartfren. Lalu bukalah Dialer atau Telepon, dan masukkan kode berikut ini: *#*#3646633#*#* maka Anda akan dibawa masuk ke menu Engineer Mode. Cari pilihan Network Selecting, dan pilih LTE Only, lalu kembali ke Dual SIM and Network Settings. Pilih menu APNs, dan pilih nomor kartu Smartfren. Biasanya sudah ada APN yang otomatis muncul, jika belum juga dapat melakukan koneksi data, pilih RESET untuk APN pada kartu Smartfren ini, dan buatlah sendiri dengan parameter:

  • Name: Smartfren (yang ini sebetulnya bebas)
  • APN: Smartfren4G
  • Username: smartfren
  • Password: smartfren


Namun, ternyata Smartfren menjalankan layanan 4G-nya pada dua frekuensi yang berbeda, yaitu frekuensi 850 dan 2300. Di Cimahi rupanya masih menggunakan frekuensi 850 sehingga Meizu M2 Note tidak bisa terhubung dengan layanan 4G Smartfren. Ya untuk jaringan TDD-LTE, Meizu M2 Note sepertinya hanya mendukung frekuensi 2300 saja.

Tapi yes, misi pertama berhasil dipenuhi. Di Kota Bandung, Meizu M2 Note sukses mengakses layanan 4G Smartfren, bahkan sempat saya lakukan pengujian kecepatannya dengan hasil berikut ini:


Misi Kedua

Misi kedua sempat saya anggap gagal karena lagi-lagi di Cimahi frekuensi 4G Smartfren masih berada di 850, dan nampaknya modem Bolt ZTE MF90 yang saya miliki hanya mendukung frekuensi 2300 juga. Untunglah saat digunakan di Bandung Kota cukup lancar mengakses jaringan 4G milik Smartfren. Oya, modem Bolt ZTE MF90 saya dalam kondisi unlocked dengan versi firmmare B05 ya.


Misi Ketiga

Sejauh pemakaian saya, baik di Cimahi maupun di Kota Bandung, modem Mifi Smartfren Andromax M2P besutan Huawei ini selalu sukses menemani saya menikmati jaringan 4G Smartfren. Untuk di Kota Bandung sendiri, kecepatan download Smartfren 4G memang tidak setinggi kecepatan download menggunakan jaringan 4G sebuah operator GSM lain. Justru kecepatan upload Smartfren yang sangat baik berdasarkan hasil uji kecepatan menggunakan SpeedTest Ookla. Wah, kalo gitu cocok buat saya yang rajin menulis ini, buat upload foto sebagai pendukung naskah tulisan, atau juga upload video-video unboxing maupun video hasil Action Cam saya.

Secara default, kartu Smartfren yang disertakan pada pembelian modem ini sudah terdaftar pada paket Connex EVO sehingga setiap diisi pulsa maka akan langsung otomatis dikonversi menjadi kuota data. Hanya saja, saat ini hingga akhir bulan Oktober nanti Smartfren sedang mengadakan promo kuota double untuk pembelian paket My Smartplan, jadi saya pun ingin mematikan paket Connex EVO ini. Masalah baru pun muncul, proses penonaktifan paket ini ternyata membutuhkan SMS untuk konfirmasinya. Jadilah saya harus menghubungi Customer Service Smartfren untuk masalah ini, mengingat modem Mifi Smartfren Andromax M2P tidak dapat digunakan untuk SMS dan telpon.

Pada paket pembeliannya, modem Mifi Smartfren Andromax M2P sudah mendapatkan perdana dengan kuota 4,5 GB. Satu yang wajib Anda ketahui, kuota ini terbagi menjadi kuota normal sebesar 1,5 GB dan kuota kalong alias kuota malam sebesar 3GB (dapat digunakan pada pukul 01:00 - 07:00) dan hanya berlaku selama seminggu saja.

Jadi, buat Anda yang sudah kepingin merasakan kecepatan jaringan 4G tapi smartphone-nya belum mendukung, plus belum ada dana cukup buat upgrade smartphone Anda, bisa jadi modem Mifi Smartfren Andromax M2P ini menjadi solusi sementara atau alternatif bagi Anda. Selamat menjelajah dunia internet dengan kecepatan tinggi! :)

77 comments:

  1. Replies
    1. belum tau, memang mau dipakein kartu apa?

      Delete
    2. GOBLOK. Mana ada kartu BOLT -__- !?

      Delete
    3. lu lebih goblok,
      kalo bolt ga ada kartunya, gimana modemnya bisa ngenet ?
      makanya beli dulu modem bolt, trus lu bongkar, baru koar2 -_-

      Delete
  2. Moga menang lombanya ya, salam kunjungan baliknya, klik

    http://amir-silangit.blogspot.co.id/2015/09/ku-pilih-smartfren-untuk-internet-cepat.html

    ReplyDelete
  3. iy ni pingin punya smartfren 4g, karna jaringan evdo ref. b nya aja sudah bisa kmana-mana

    ReplyDelete
  4. Kartu bolt bisa dipake di modem smarfren ga bro?

    ReplyDelete
  5. kemarin saya cobain kartu Smartfren LTE di jakarta namun memakai modem unlock Bolt orion, tapi gak bisa, hanya bisa untuk whatsapp aja, sisanya g bisa :(

    ReplyDelete
  6. Berhasil nggak gan yg ganti paket dari connec evo ke smartplan limitless? Kan lumayan tuh double kuota

    ReplyDelete
    Replies
    1. berhasil, via bantuan email CS :D

      dobel kuota hanya promosi berkala, apakah sekarang masih berlaku?

      Delete
    2. emang bisa di ubah ke limitless? caranya gimana?

      Delete
  7. Berhasil nggak gan yg ganti paket dari connec evo ke smartplan limitless? Kan lumayan tuh double kuota

    ReplyDelete
    Replies
    1. berhasil, hubungi CS.
      kalo punya hape smartfren sih gampang, masalahnya kalo ga punya, sementara kode verifikasi dikirim via sms :D

      Delete
  8. Saya pake m2p.
    Awal nya kenceng,
    Sekarang ampun deh.
    Nenek nenek aja lebih kencang jalannya

    ReplyDelete
  9. Udah coba daerah padalarang blm om..? Minta review nya dunk buat daerah padalarang. Saya mau beli

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padasuka mah mantap Kang... Padalarang belom tau :D

      Delete
  10. Gan kasih tau cara setting apn di modem bolt mf90 dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus masuk web adminnya. so far dia selalu auto setting buat APN, ga ada masalah koq :)

      Delete
  11. bro. itu mifi andromax jaringan nya bisa di jalankan/pakai lewat hape GSM gak? soalnya mifi trsebut kan cdma.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari mifi, koneksi CDMA disebarkan lagi jadi wifi. jadi ga ngaruh hapenya GSM apa CDMA, asal ada wifinya aja :)

      Delete
  12. Gan mifi smartfren bisa pake kartu lain kaya indosat, telkomsel 4G gitu?
    Soalnya saya pakai kartu smartfren 4G lemot

    ReplyDelete
  13. bisa ganti kartu smartfren biasa enggak gan.?

    ReplyDelete
  14. Gan hp saya andromax c2, blm support 4G, bisa ga pake wifinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mbak.. asalkan gadget/hapenya ada wifinya aja, ga peduli sudah 4G atau belom. hape bukan smartfren juga bisa konek ke mifi ini :)

      Delete
  15. Saya pamai m2s andromax/mini router / mifi
    Ini sinyalnya bagus.saya gunakan di 12 ho yang berbeda seperti smatfrend,samsung,azuz,pc/lepi(lptop)

    Saya mau unlock pakai kartu lain gan.tau caranya tidak?

    ReplyDelete
  16. Saya pamai m2s andromax/mini router / mifi
    Ini sinyalnya bagus.saya gunakan di 12 ho yang berbeda seperti smatfrend,samsung,azuz,pc/lepi(lptop)

    Saya mau unlock pakai kartu lain gan.tau caranya tidak?

    ReplyDelete
  17. Gan kan mifi nggak bisa dipake buat nerima sms.. untuk ganti paket dari connex evo ke 4g limitless gimana caranya? Saya nggak punya hp smartfren soalnya..

    ReplyDelete
  18. gan kalo misalnya di ganti sama kartu lain yang ada paketan 4G nya konek gak? kartunya indosat ooreedoo

    ReplyDelete
  19. gan mau tanya ...
    bisa ganti kartu yg lain ga? yg sama2 4G gtu.. saya baru beli yg m2y dan ngerasa boros... gmna ada solusi ga gan??

    ReplyDelete
  20. Bang udah berhasil belum bang?
    Saya mau ganti kartu nya sama m3 bang

    ReplyDelete
  21. Bang udah berhasil belum bang?
    Saya mau ganti kartu nya sama m3 bang

    ReplyDelete
  22. Mifi andromax m2y di ganti kartru perdana yg sama dengan nomor berbeda...bisa apa gak ya gan.....

    ReplyDelete
  23. Mifi andromax m2y di ganti kartru perdana yg sama dengan nomor berbeda...bisa apa gak ya gan.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, saya juga pakai perdana bekas pureshot dulu :)

      Delete
  24. Replies
    1. Pagarsih teh belah mana ya? Deket ga sama Pasteur? ahahaha

      Delete
  25. All:
    M2Y belum ada info bisa diunlock, lagian frequensi Smartfren di 850 dan 2300, beda sama 4G GSM yang di 900 dan 1800. So?

    ReplyDelete
  26. Bang kalo kartu smart gua yg di roter m2p mati, bisa di ganti pakek kartu smartfren 4G yg lain gk? udah lama gk kepakek tau-tau udah mati

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa koq, saya aja suka pake kartu bekas Hisense Pureshot :D

      Delete
  27. Jika saja modem ini bisa pake kartu GSM lain kayanya laku berat nih gan.

    ReplyDelete
  28. Jika saja modem ini bisa pake kartu GSM lain kayanya laku berat nih gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa koq pake kartu GSM, tapi ga konek aja :D
      Kasian Smartfren dong abang, modem udah murah dapet kuota gede pula heuheu. Memang yg disayangkan udah ga ada paket true unlimited nih

      Delete
  29. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  30. berbagi pengalaman gan , saya juga pengguna m2p bru dr tgl 20 juli lalu , dan mpesekarang udh lebih 20GB data ygsaya gunain n speeed y pun masih stabil n gk ada penurunan speed , seneng bget dh pke ni mifi ,status paket connex evo

    ReplyDelete
  31. Andromax m2y bisa dipake di jaringan yg blm support 4G, gak. Soalx didaerahku blm support 4G, masih 3G. Trims

    ReplyDelete
  32. Andromax m2y bisa dipake di jaringan yg blm support 4G, gak. Soalx didaerahku blm support 4G, masih 3G. Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya semua jaringan Smartfren sudah 4G sekarang. Daerah mana Mas?
      Modemnya 4G only nih

      Delete
  33. Itu hanyai bisa pake kartu smartfren aja? Dan misalkan kita ke daerah pelosok, apakah masih bisa 4G?

    ReplyDelete
  34. Bang kok saya make mifi m2p dulu lancar jaya skrg untuk sekedar browsing sama sosmed masih lancar ping stabil tapi pas mw streaming youtube , video2 di sosmed itu jadi lemot bgt itu knp ya ? Terutama pas main game kalo sedang di lobby game ping normal tp pas udah mulai game nya langsung dah RTO

    ReplyDelete
  35. Kang maaf, kalo hape kita cuma connect 3G, tapi kita pake mifi itu dan hape kita wifi ke mifi itu, kira kira bisa gak yah? Dapet koneksi 4G atau tetep 3G kang? Makasih :-D

    ReplyDelete
  36. gmn ni bisa gak d ganti kartu lain wkwkkw infoo yg dah coba

    ReplyDelete
  37. Om, boleh melenceng gak ? Mumpung nemu artikelnya nih. Gini, Kang...saya beli yang Andromax M3Z yang harga 300 rb itu (yang bonus kuotanya 30GB). Jadi Saya mau mastiin aja nih Mas, bisa ga kalo yang versi ini (Andromax M3Z) kartunya Saya ganti dengan GSM ? Boleh ga ya Bang ? Boleh ya ? Please, soalnya kalo promo ini abis, termasuk mahal euy beli kuotanya.

    ReplyDelete
  38. Kang kalau nomornya sudah masa tenggang gimana ya? Bisa pake no hp biasa? Saya punya mifi m2s.

    ReplyDelete
  39. Gan untuk harga paket datanya per giganya berapa nih smartfren?

    main - main juga ke blog saya gan.
    http://buluinfo.blogspot.co.id/
    http://economaniaz.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  40. Gan mau tanya , mifi 4g bisa diisi slot kartu 3g enggak?

    ReplyDelete
  41. bang bisa ngga modem andromax m2y dimasukin kartu bolt yg 4G juga??

    ReplyDelete
  42. Bang,kartu smartfren 4g yang awal beli sepaket ama mifi m2p nya,udah ga aktif. Itu gimana ya?bisa ganti kartu smartfren 4g yang warna merah ga?kira2 ngaruh ama kecepatan jaringan nya ga?. Penjelasan nya bang thx

    ReplyDelete