Gadget Promotions

Wednesday, April 5, 2017

Review UMIDIGI Plus E, RAM 6 GB Termurah Saat Ini

review umi umidigi plus e indonesia

Saya berkesempatan menjajal sebuah smartphone dari salah satu brand Tiongkok, UMI yang baru saja melakukan rebranding menjadi UMIDIGI. Mungkin hal ini terjadi karena UMI menuruti perintah ABI-nya, he.. he.. he..

Satu hal yang membuat smartphone ini sangat menarik untuk dicoba adalah besarnya RAM yang dimiliki. Ya, UMIDIGI Plus E ini merupakan versi upgrade dari UMI Plus, di mana huruf E yang ditambahkan ini memiliki kepanjangan Extreme.

Langsung saja kita buka kotak dari smartphone ini yuk! Kotaknya cukup unik lho dengan bahan plastik semi transparan yang digunakannya.

Unboxing dan Hands-on UMIDIGI Plus E


review umi umidigi plus e indonesia

review umi umidigi plus e indonesia

review umi umidigi plus e indonesia

review umi umidigi plus e indonesia


UMIDIGI Plus E dalam Pemakaian Sehari-hari

Dulu kala, di zaman kegelapan masih menyelimuti diri yang lugu ini, saya sering mencemooh ketika ada perilisan smartphone yang spesifikasinya dibuat tinggi hanya demi mengejar angka terbesar. Karena saya termasuk tipe yang percaya, ada batas di mana indera manusia tak lagi bisa merasakan perbedaannya. Semisal layar 2K dan 4K untuk smartphone, termasuk juga saat ada yang merilis ponsel dengan RAM 6 GB tetapi secara default baru 4 GB saja maksimal yang bisa diutilisasi.

Lha, terus RAM 6 GB buat apa? Buat main Onet? Begitulah kira-kira pertanyaan saya yang sebetulnya hanya retorika belaka, dan lebih ke sarkasme saja.

Rasanya RAM 6 GB masih overkill pada saat itu, saat di mana saya belum mencobanya langsung karena memang tak mampu memiliki. Pada saat itu, RAM 2 GB masih sangatlah cukup, bahkan memang masih jarang smartphone dengan RAM 3 GB atau lebih.

Hingga akhirnya processor 64-bit mulai umum digunakan. Ya, dengan processor 32-bit maka RAM 4 GB saja sudah terhitung mubazir, karena batas penyimpanan alamat memori dalam hitungan 32-bit hanya mampu mengakomodasi sekitar 3 GB RAM saja.

Dan saya akhirnya mencoba smartphone dengan RAM 4 GB untuk pertama kalinya. Setelah itu rasanya agak sulit untuk kembali menggunakan ponsel Android dengan RAM 2 GB saja, apalagi jika menggunakan custom UI yang tak jarang memberatkan memori dengan konsumsinya yang tergolong rakus. Multitasking tak indah lagi rasanya di RAM 2 GB, sedikit-sedikit saya perlu melakukan close all application dan memasukkan beberapa aplikasi penting ke dalam whitelist agar tak ikut tertutup.

Dan kini saya merasakan sendiri menggenggam sebuah smartphone dengan RAM 6 GB, saya merasakan kebebasan multitasking yang sesungguhnya. Saya tak pernah peduli lagi dengan aplikasi apa yang belum saya tutup, semuanya bisa saya biarkan tetap nongol di recent apps, hahaha.

Dengan pemakaian beberapa aplikasi normal, RAM yang tersisa masih sekitar 4 GB. Hingga saya harus mencoba membuka banyak game berat, dan sisa RAM yang bebas pun kini tinggal 1,8 GB saja.

Harapan saya sih bisa sampai tersisa free RAM 500 MB saja, biar terutilisasi dengan baik. Kalau RAM besar tapi sisanya juga besar terus, jadinya mubazir dong yah. Banyak sekali pengguna smartphone pemula yang salah kaprah akan hal ini, mereka selalu menginginkan angka free RAM yang besar, mungkin khawatir sisanya tak cukup untuk digunakan bermain game yang menyedot memori besar.

Namun, UMIDIGI Plus E ini tak hanya dapat diandalkan soal RAM-nya saja koq. Mengusung processor Mediatek Helio P20, performa keseluruhan dari ponsel ini sangat cukup untuk mentenagai semua kegiatan saya di atas smartphone. Nampaknya sejak beberapa tahun belakangan ini, hanya seri P saja dari Mediatek yang masih bisa diharapkan. Helio seri X memang mampu menghasilkan skor benchmark yang lebih tinggi, akan tetapi konsumsi dayanya berlebihan.

Helio P20 ini sudah menggunakan proses fabrikasi 16nm, sehingga walau mampu menghasilkan skor benchmark lebih besar dari P10, namun tetap bisa sama hematnya. Dengan pemakaian ala saya yang sehari rata-rata hanya menghasilkan Screen-on Time 3-4 jam saja, pemakaian baterainya dapat bertahan menembus sehari semalam, tepatnya sekitar 30 jam.

Kabar baiknya adalah UMIDIGI Plus E sudah mendukung fast charging. Terlihat dari kepala charger bawaan-nya yang mampu beroperasi pada tegangan 5, 7, 9, dan 12 volt. Sehingga pengisian daya baterainya yang berkapasitas 4.000 mAh ini dapat berlangsung cukup cepat. Oh ya, port-nya sudah menggunakan USB Type-C lho!

review umi umidigi plus e indonesiareview umi umidigi plus e indonesia

review umi umidigi plus e indonesiareview umi umidigi plus e indonesia

Saya yakin Helio P20 ini akan lebih hemat lagi pada smartphone dengan RAM 2-3 GB, karena pada UMIDIGI Plus E ini mau tak mau konsumsi daya lebih banyak tersedot akibat banyaknya proses yang tetap berjalan di memori, sebagai akibat jumbo-nya ukuran RAM yang tersedia.

Penggunaan berat juga hanya sedikit menghangatkan suhu backcover dari ponsel ini. Jadi saya rasa Helio P20 sedikit bisa mengembalikan kepercayaan saya pada chip buatan Mediatek. Semoga seterusnya semakin baik lagi deh.

review umi umidigi plus e indonesia

review umi umidigi plus e indonesia

Harus saya akui, ada yang terasa inferior pada smartphone ini. Dan ini adalah sebuah kewajaran mengingat ini adalah smartphone dengan RAM 6 GB yang mungkin termurah yang bisa ditemukan di pasaran global.

Adalah feels dari bahan yang digunakan pada ponsel ini yang terasa tak istimewa. Bagian backcover metal-nya jelas bukan yang paling solid yang pernah saya genggam. Tak hanya itu, frame metal di sekeliling pinggiran ponsel ini terasa cheap, dan kurang halus finishing-nya, mengingatkan saya akan frame yang dimiliki Elephone S7 dulu.

review umi umidigi plus e indonesia

review umi umidigi plus e indonesia

review umi umidigi plus e indonesia

review umi umidigi plus e indonesia

review umi umidigi plus e indonesia

review umi umidigi plus e indonesia

review umi umidigi plus e indonesia

Beralih ke sisi depan, saya yakin Anda takkan bisa menebak smartphone apakah ini jika melihatnya dalam keadaan layar padam. Ya, tak ada logo brand UMI atau UMIDIGI di sini, dan juga tidak ada sesuatu yang khas yang dapat membuat kita mampu membedakannya dari smartphone lain dengan desain sejenis semisal Meizu M5 yang belum lama ini saya coba. Dan karena mirip dengan Meizu M5 yang saya nilai cantik, maka predikat cantik pun bisa lah kita berikan pada ponsel ini.

Cantik dan mirip-mirip, jadi pas jika dianalogikan dengan cewek-cewek yang cantik berkat operasi plastik di tempat yang sama ya, hehehe.

review umi umidigi plus e indonesia

review umi umidigi plus e indonesia

Layarnya sendiri memiliki kualitas yang baik, warna yang cukup vibrant, tidak pucat atau washed out, sudut pandang luas serta kerapatan yang tentunya sangat cukup berkat resolusi Full HD 1080p pada dimensinya yang 5,5 inci.

Nah, berbicara soal ukuran fisik layarnya, meskipun berdiagonal 5,5 inci, tetapi saya merasa cukup nyaman menggenggamnya, tak seperti saat menggenggam Blackberry Aurora dan ZUK Z1 yang sempat saya miliki. Bezel pinggirnya memang cukup tipis, tetapi tetap masih cukup untuk space jari kita melakukan swiping dari pinggiran layarnya. Meski tak se-vivid layar Xiaomi Mi 5 dan kawan-kawan, saya kira layar dari UMIDIGI Plus E ini patut dikategorikan sebagai layar yang baik.

Untuk masalah navigasi, saya yakin banyak yang mengira bahwa ponsel ini hanya dioperasikan menggunakan satu tombol home yang bisa menggantikan fungsi tombol lain. Nyatanya tidak, di sebelah kiri dan kanan tombol home sebetulnya terdapat tombol menu dan back yang walau dapat disentuh, tetapi anehnya tak memiliki indikator apa-apa.

review umi umidigi plus e indonesia

Saya yang lebih menyukai konfigurasi tombol recent apps daripada tombol menu, akhirnya memutuskan menggunakan on-screen navigation saja. Untungnya UMIDIGI Plus E mengakomodasi hal ini. Meninggalkan tombol fisik berfungsi sebagai pemindai sidik jari saja.

Pemindaian sidik jari sebetulnya dapat terjadi dengan cepat dan hanya perlu menempelkan jari, tanpa menekan tombol home ini. Namun pada beberapa kesempatan saya harus menempelkan jari saya dengan sedikit penekanan agar proses pemindaian bisa berhasil dengan akurat.

review umi umidigi plus e indonesia

Satu lagi hal yang saya syukuri dari UMIDIGI Plus E ini adalah penggunaan OS Android stock yang hanya sedikit sekali mengalami modifikasi. Saat saya uji, versi Androidnya masih Marshmallow 6.0. Selain itu, penggunaan processor Helio P20 ini sudah memungkinkan koneksi ke jaringan 4G dan 3G secara berdampingan di kedua nomor yang dipasangkan.

review umi umidigi plus e indonesia


Info Hardware dan Hasil Benchmark pada UMIDIGI Plus E

Berikut ini adalah informasi hardware serta hasil benchmark yang saya hasilkan menggunakan beberapa aplikasi pihak ketiga, berupa:

AIDA64

review umi umidigi plus e indonesiareview umi umidigi plus e indonesia

review umi umidigi plus e indonesia

Sensor Box for Android

review umi umidigi plus e indonesia
Kelengkapan sensor pada UMIDIGI Plus E

Antutu Benchmark

review umi umidigi plus e indonesia
Skor Antutu Benchmark pada UMIDIGI Plus E


Kamera UMIDIGI Plus E

Dalam kondisi cukup cahaya, kamera UMIDIGI Plus E ini terlihat mempesona sekali hasilnya. Sayang memang jika intensitas cahaya berkurang, mulai sedikit pudar juga ketajaman dan kecerahan warna yang dihasilkan. Tipikal kamera hape dua jutaan banget deh pokoknya,

Sayangnya, ketidakhadiran fitur manual untuk mengatur shutterspeed membuat saya tak bisa memperbaiki hasilnya. Ya, biasanya saya menurunkan ISO dan memperlambat rana agar hasil foto di kondisi lowlight bisa lebih baik lagi.

Setelah sempat khawatir dengan autofokus, gegara beberapa ponsel terakhir yang saya review suka meleset autofokusnya. Saya merasa sangat lega mendapati UMIDIGI Plus E ini memiliki autofokus yang akurat.

Untuk menilai seberapa baik kualitas kameranya, saya mempersilakan Anda memeriksa foto-foto hasil kameranya pada artikel review hasil kamera UMIDIGI Plus E ini.


Plus dan Minus tentang UMIDIGI Plus E

Berikut ini adalah kelebihan UMIDIGI Plus E menurut penilaian saya:

  • Spesifikasi jeroan yang Ekstrem dibandingkan harganya, RAM 6 GB dan ROM 64 GB pada kisaran harga $219 saja! (bahkan masih ada diskon 10% dengan coupon: "BGPLUSE" di https://goo.gl/FTVFrE).
  • Layar yang terbilang baik.
  • Cukup hemat konsumsi daya.
  • Autofokus kamera yang cepat dan akurat.
  • OS stock Android dan bisa menggunakan on-screen navigation.
  • Support fast charging.
  • Bisa 4G di sim card pertama, dan 3G di sim card kedua secara simultan.

Berikut ini adalah kekurangan UMIDIGI Plus E menurut penilaian saya:

  • Hasil kamera pada kondisi lowlights yang noisy dan agak pucat, setara dengan smartphone kelas menengah lainnya yang kurang bisa diandalkan.
  • Finishing kurang halus serta material yang tak terasa premium.
  • Hybrid slot, meskipun rasanya tidak terlalu masalah karena memori internalnya sudah lega.
  • Fingerprint scanner-nya kadang perlu ditekan agar akurat.
  • Tidak tersedia di Indonesia.

Apa Kata Aa tentang UMIDIGI Plus E


Andaikata saya belum memiliki Honor 8 yang sudah saya dapuk untuk menjadi daily driver saya seterusnya (setidaknya sampai saya bosan, hehe), mungkin saya akan dengan senang hati menjadikan UMIDIGI Plus E ini sebagai ponsel utama saya. RAM dan ROM yang besar tentu jadi kelebihan tersendiri.

Namun lebih dari itu, saya menilai pada harganya yang sekitar 2,7 juta Rupiah ini akan sangat sulit sekali mencari lawan yang sepadan untuk UMIDIGI Plus E. Terbukti ketika saya menjual kembali ponsel ini, sang pembeli langsung melakukan deal tanpa negosiasi harga sama sekali, meskipun saat saya menjualnya saya mengatakan baru bisa dikirim pada minggu berikutnya.

Anda yang lebih mementingkan spesifikasi jeroan daripada build quality dan feels dari material yang digunakan, nampaknya akan cocok dengan UMIDIGI Plus E.

Jangan lupa, jika Anda berminat membeli UMIDIGI Plus E di Banggood.com, gunakan link pembelian ini ya, supaya saya terus diberi kesempatan menjajal smartphone lainnya. Dan jangan lupa juga gunakan coupon "BGPLUSE" untuk mendapatkan diskon sebesar 10% (selama masih berlaku).

Demikian review saya kali ini, hatur nuhun.

6 comments:

  1. Gimana cara order di banggood??
    Banyak hape ram besar harga miring..

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Mau nanya nih karna kta bli di luar,
    1.apa work semua operator 4g di Indonesia
    2.itu pakai room resmi atau kaya x*omi pke room distributor serta apa ada jaminan update?

    ReplyDelete
  4. kalo harganya skitar 3jutaan kira2 kena pajak brp ya gan?
    thx

    ReplyDelete
  5. Good Article. My vote is 4 Doogee Mix because of Super Small design Looks very Beautiful And Doogee Mix Price is Much better than Xiaomi Mix Also 4Gb And a 6Gb ram version Available . so better I buy Doogee Mix I am Super Excited to buy it.

    ReplyDelete
  6. gua dpt di tokopedia, nama tokonua supplier umidigi office

    ReplyDelete