Xiaomi Redmi Note 3, Maaf Aa lelah... (Final Review)













Dari judul artikel ini, saya rasa Anda semua sudah bisa menebak hasil akhir dari proses uji pakai yang saya lakukan terhadap Xiaomi Redmi Note 3. Tapi, bukan berarti Anda kemudian tidak akan menemukan hal-hal menarik dalam tulisan saya kali ini. Saya janji di tulisan ini tidak akan terlalu baper (bawa perasaan) soal Gista Putri lagi, karena ternyata saya menemukan bahwa move-on dari Gista Putri sedikit lebih mudah daripada move-on dari Xiaomi Mi 4c yang sudah saya jual akibat kedatangan Xiaomi Redmi Note 3 ini.

Ya, Aa menyesal telah mencampakkanmu, Miporse... Aa ingin kembali, andaikata masih ada kesempatan buat Aa... Gimana kabarmu di majikan barumu? Sini sama Aa, ceritakan semua tentangmu... Lanjut muter lagunya Eddi Brokoli - Sini Sama Aa aja deh... biar jadi lagu kebangsaan para Gontamania (ahaha ini maksa banget sebutannya)...



Anda yang hendak membaca tulisan final review ini, ada baiknya membaca artikel sebelumnya tentang kesan pertama saya mengenai Xiaomi Redmi Note 3. Pada awal penggunaan, saya sempat mempunyai harapan yang tinggi pada smartphone yang satu ini.

Meskipun masuk keluarga Redmi series, namun spesifikasinya sudah mulai cocok masuk ke tingkat yang lebih tinggi. Maksud saya adalah, Redmi series identik dengan bahan plastik dan tersedianya slot memori tambahan, dua hal yang tidak Anda temukan pada Xiaomi Redmi Note 3. Terlebih dengan hadirnya sensor sidik jari alias fingerprint scanner, membuat Xiaomi Redmi Note 3 menjadi sebuah outlier di keluarga Redmi. Perlu kita ketahui bahwa sampai detik tulisan ini dibuat, keluarga Mi series yang merupakan jajaran smartphone flagship dari Xiaomi belum memiliki anggota yang membawa fingerprint sensor lho.

Namun harapan tinggalah harapan, dalam kesehariannya, Xiaomi Redmi Note 3 lebih banyak membuat saya merasa tidak nyaman. Hari demi hari terus begitu, hingga akhirnya saya harus berkata, mungkin saya lelah, dan akhirnya memutuskan tali kasih kita berdua untuk menjualnya kembali, walau dengan harga sakit hati, dua juta Rupiah saja! Padahal saya membelinya dengan harga 65 juta untuk 3 jam early adopter pada kisaran 3,4 juta Rupiah!

Apa saja sih yang membuat saya tidak nyaman menggunakan Xiaomi Redmi Note 3 ini? Mari kita buat daftar dosa dari Xiaomi Redmi Note 3 ini.

Baterai Xiaomi Redmi Note 3 Terhitung Sangat Boros

Jika sebuah smartphone dibekali dengan baterai berkapasitas jumbo sebesar 4.000 mAh, saya yakin kebanyakan orang beranggapan smartphone tersebut akan mampu melewati hari dengan mudah, bahkan mungkin bertahan hingga dua hari.

Untuk beberapa smartphone lain, hal itu dapat dicapai tanpa rintangan berarti. Sebetunya, Xiaomi Redmi Note 3 pun sempat mampu bertahan selama itu, saat masih menjadi secondary phone saya, mendampingi Xiaomi Mi 4c.

Namun, setelah menjadi smartphone utama saya, bisa bertahan 18 jam saja sudah untung. Rata-rata sekali diisi daya sampai penuh, baterainya dapat digunakan hanya sekitar 16 jam saja. Tambahan ekstra satu hingga dua jam bisa saya dapatkan apabila penguncian layar dengan sidik jari saya matikan.

Sebagai perbandingan, saya buatkan tabelnya ya. Ini adalah perbandingan antara Xiaomi Redmi Note 3, dengan dua buah smartphone yang saya gunakan sebelumnya (Xiaomi Mi 4c) dan sesudahnya (Hisense PureShot).

SmartphoneKapasitas BateraiPenggunaan BateraiScreen on Time

Xiaomi Mi 4c

  • Layar 5" Full HD 1080p
  • Qualcomm Snapdragon 808
  • Hexa-core processor (4 x 1.44 GHz + 2 x 1.82 GHz)
3.050 mAh 24 jam
sisa 10%
3 - 3,5 jam

Xiaomi Redmi Note 3

  • Layar 5.5" Full HD 1080p
  • MTK Helio X10
  • Octa-core processor (8 x 2.0 GHz)
4.050 mAh 16 jam
sisa 10%
3,5 - 4 jam

Hisense Pureshot

  • Layar 5" HD 720p
  • Qualcomm Snadpragon 415
  • Octa-core processor (8 x 1.43 GHz)
2.200 mAh 18 jam
sisa 10%
3 - 3,5 jam

Dari tabel di atas, bisa kita lihat, baterai jumbo nampaknya tidak membuat Xiaomi Redmi Note bertahan lebih lama dari smartphone lain. Yang membuat saya lebih kecewa lagi, dibandingkan dengan Hisense Pureshot pun, Xiaomi Redmi Note 3 masih sedikit ketinggalan.

Okelah kita bisa bilang spesifikasi dapur Hisense Pureshot tidak sementereng Xiaomi Redmi Note 3, sehingga konsumsi dayanya lebih rendah. Namun faktanya, baterai Hisense Pureshot berkapasitas nyaris hanya setengah dari baterai Xiaomi Redmi Note 3.

Saya lalu teringat betapa borosnya baterai Xiaomi Mi 4c saat masih menggunakan ROM bawaan dari distributor. Masalah pada Mi 4c kala itu hilang cukup dengan di-flash ulang menggunakan ROM asli dari MIUI. Nah Xiaomi Redmi Note 3 juga saya harapkan begitu, namun ternyata melakukan update ROM di smartphone ini tidak segampang yang saya kira. Lanjut bahas masalah ROM di bagian berikutnya ya!

Xiaomi Redmi Note 3 Mempunyai Masalah dalam ROM Update

Beberapa hari sebelum Xiaomi Redmi Note 3 datang, saya sudah rajin mengecek web download MIUI ROM. Kala itu di daftar unduhan, gambar smartphone ini sudah muncul, hanya saja saat diklik, maka dapat dilihat belum ada ROM yang tersedia untuk diunduh. Saya lakukan ini mengingat pengalaman dengan Xiaomi Mi 4c yang membutuhkan flashing ROM agar dapat memiliki kinerja yang lebih baik.

Setelah menggunakan Xiaomi Redmi Note 3 beberapa hari, ada update OTA yang muncul saat saya cek pada aplikasi Updater. Entah kenapa saya selalu gagal mengunduh update ini. Yang saya maksud dengan gagal di sini adalah proses pengunduhan tidak pernah berhasil dimulai.

Saya pun kembali mengecek web download MIUI ROM tadi. Ajaib! Sudah tidak ada Xiaomi Redmi Note 3 lagi di daftar tersebut. Namun saya berbaik sangka saja, mungkin halamannya diturunkan sementara untuk proses unggah ROM terbaru untuk Xiaomi Redmi Note 3 ini.

Dan benar saja, satu atau dua hari kemudian Xiaomi Redmi Note 3 sudah muncul kembali, kali ini sudah mempunyai ROM yang tersedia untuk diunduh. ROM yang tersedia baru yang versi Stable, dan pastinya versi China saja.

Sudah diunduh, disalin ke memori internal Xiaomi Redmi Note 3, saya kemudian flash ROM-nya melalui aplikasi Updater. Reboot terjadi, namun tidak ada proses upgrading yang terjadi, hanya langsung kembali menyala seperti biasa, versi ROM-nya pun tidak naik.

Update ROM ternyata tidak berhasil, pun demikian saat saya mencobanya melalui Mi PC Suite, bahkan melalui ADB sideload. Saya baca beberapa rekan di milis berhasil melakukan update, namun ada juga yang mengalami masalah persis seperti yang saya alami.

Entah apakah ini ada hubungannya dengan kondisi bootloader Xiaomi Redmi Note 3 yang locked.

Di sinilah akhirnya saya merasa cukup sudah perjuangan saya untuk Xiaomi Redmi Note 3. Maaf, Aa lelah...

Maaf Xiaomi Redmi Note 3, Aa Lelah...

Karena sudah merasa lelah dengan Xiaomi Redmi Note 3 ini, saya pun akhirnya memutuskan akan menjualnya saja. Saya sudah siap sakit hati dengan harga jualnya yang pasti jatuh.

Meskipun siap sakit hati, namun tawaran demi tawaran yang masuk ternyata di luar kesiapan saya, he.. he..

Ya masak hape yang barunya masih 3 juta lebih, dengan spesifikasi keren (body metal, RAM 3GB) cuma ditawar 1,5 juta Rupiah saja. Rupanya CV-nya yang berisi pengalaman pernah berendam di dalam kubangan bukannya menjadi nilai tambah, malah menjatuhkan harganya, ha.. ha..

Hingga satu hari, ada salah satu tweet yang di-quote oleh akun twitter MiFans Bandung yang minta ditawarkan Xiaomi Redmi Note 3 RAM 3GB dengan harga murah. Iseng saya tawarkan saja, soal harga silakan tawar sepantasnya saja saya katakan, tak lupa saya memberikan link artikel blog saya tentang tragedi kubangan yang sudah dialami.

"Aduh udah pernah jatuh ke got ya? Kirain teh cuma jatuh. Kalo dua juta mah sok ajah :D"

Kira-kira begitulah tweet balasan dari sang calon pembeli. Tanpa pikir panjang, saya iyakan saja. Itu adalah tawaran terbaik yang bisa saya dapatkan saat itu. Sebetulnya sebelumnya ada follower yang mau beli seharga tiga juta Rupiah, transfer langsung pula. Namun begitu tahu masa lalu smartphone ini yang begitu kelam dan kotor (karena masuk kubangan, bukan karena suka dibooking Om-om ya!), diapun mundur teratur, ha.. ha..

Singkat cerita, saya dan calon pembeli itupun bertransaksi di pelataran sebuah minimarket. Entah kenapa saya yakin pernah melihat si calon pembeli ini. Karena kondisinya hujan saat itu, kami pun berpelukan erat mengobrol dulu menunggu hujan reda. Dan si pembeli ini akhirnya buka kartu, kalau sebetulnya dia adalah salah satu admin akun twitter yang sangat terkenal di Jawa Barat, @ComicSunda. Da aku mah apa atuh! Jual hape lecet malah ketemu si Adol.

Sebagian Anda mungkin tidak kenal dengan Adol (singkatan dari Adipati Dolken, artis yang diaku-aku sebagai sang admin, ha.. ha..). Tapi pasti banyak dari Anda yang sudah sangat fasih melafalkan jargon "Da aku mah apa atuh!".



Bisa dibilang, akun twitter yang satu itulah yang mencetuskan kalimat tersebut sampai dikenal luas di masyarakat melalui puisi kocaknya yang fenomenal. Bahkan sampai jadi judul sebuah lagu dangdut yang dibawakan oleh Cita Citata. Yah genre dangdut memang dikenal sangat latah dengan apapun yang sedang menjadi trend di masyarakat.

Cerita pertemuan dengan admin akun @ComicSunda yang sudah punya sekitar 233.000 followers cukup menjadi intermezzo saja ya, kita kembali ke bahasan utama kita, Xiaomi Redmi Note 3.

Rasanya tidak adil jika hanya membahas ketidaknyamanan saya dengan Xiaomi Redmi Note 3 saja. Karena faktanya, Xiaomi Redmi Note 3 juga punya kelebihan yang tidak dapat kita lewatkan begitu saja.

Plus Minus Xiaomi Redmi Note 3

Berikut adalah kelebihan yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi Note 3:

  • Spesifikasi jeroan cukup mumpuni
    • Processor Mediatek Helio X10, Octa-core 2.0 GHz
    • RAM 3GB
    • ROM 32GB
  • Kelengkapan fitur:
    • Fingerprint sensor, 
    • Infrared blaster
    • Dual-sim 4G
  • Bentuknya menarik hati, sudah tampil layaknya smartphone flagship saja, bahkan mampu menghilangkan kengileran saya akan iPhone 6 versi space grey
  • Body metal nampak mewah
  • Ukuran cukup compact meskipun berlayar 5.5 inch, tetap tipis meskipun memiliki baterai dengan kapasitas besar
  • Cukup bertenaga digunakan bermain game berat (diuji menggunakan game balap 3D, Need For Speed)
  • Hasil kamera tergolong baik, meskipun masih di bawah hasil kamera Xiaomi Mi 4c

Kekurangan dari Xiaomi Redmi Note 3:

  • Memiliki masalah dengan update ROM
  • Baterai boros
  • Body sangat licin, dapat dibantu dengan pakai softcase namun jadinya tidak cantik lagi.
  • Tidak memiliki slot memori tambahan
  • Proses fokus pada kamera sering mengalami error, harus menutup aplikasi kamera dulu agar dapat memilih fokus kembali.

Update Skor Antutu Benchmark Xiaomi Redmi Note 3

Karena ada update pada aplikasi Antutu Benchmark, termasuk 3D Benchmark-nya, maka saya sertakan ulang hasil benchmark-nya ya. Kali ini terasa lebih masuk akal, karena skor benchmark pada mode Performance mengungguli mode Balanced.

Xiaomi Redmi Note 3 - skor Antutu Benchmark pada mode Balanced
Xiaomi Redmi Note 3 - skor Antutu Benchmark pada mode Balanced

Xiaomi Redmi Note 3 - skor Antutu Benchmark pada mode Performance
Xiaomi Redmi Note 3 - skor Antutu Benchmark pada mode Performance

Hasil Kamera Xiaomi Redmi Note 3

Sebelum masuk ke kesimpulan akhir, berikut saya lampirkan beberapa hasil foto menggunakan kamera utama Xiaomi Redmi Note 3 pada artikel terpisah ya.


Kesimpulan

Sebetulnya, Xiaomi Redmi Note 3 adalah smartphone yang juga menawarkan value lebih dari harga jualnya, dengan catatan bahwa harga jual di sini adalah harga jual resmi yang diumumkan oleh Xiaomi ya. Karena belum secara resmi dirilis di Indonesia, dan masih masuk melalui jalur distributor, maka harganya pun diatur oleh mekanisme pasar. Selama peminatnya masih berlimpah, dijamin harga Xiaomi Redmi Note 3 ini akan tetap tinggi, meskipun sudah terlihat trend penurunan harganya cukup signifikan.

Bagi Anda yang sabar menantikan update-update ROM dari Xiaomi untuk Redmi Note 3 ini, Anda boleh meminang smartphone ini sambil berharap suatu hari akan datang update yang bisa membuat baterainya bertahan setidaknya satu hari satu malam, syukur-syukur bisa sampai dua hari layaknya smartphone berbaterai jumbo lainnya.

Bagi Anda yang mempedulikan penampilan, smartphone ini dijamin tidak akan membuat Anda merasa tidak pede saat membawanya.

Xiaomi Redmi Note 3 - tampak depan dengan layar menyala
Xiaomi Redmi Note 3 - tampak depan dengan layar menyala

Xiaomi Redmi Note 3 - tampak depan dengan layar mati
Xiaomi Redmi Note 3 - tampak depan dengan layar mati

Xiaomi Redmi Note 3 - bagian paling menarik, kamera, dual LED Flash, fingerprint sensor
Xiaomi Redmi Note 3 - bagian paling menarik, kamera, dual LED Flash, fingerprint sensor

Xiaomi Redmi Note 3 - tampak belakang samping, cantik sekali
Xiaomi Redmi Note 3 - tampak belakang samping, cantik sekali

Xiaomi Redmi Note 3 - sisi atas, noise cancellation mic, port audio 3.5 mm dan IR-blaster
Xiaomi Redmi Note 3 - sisi atas, noise cancellation micport audio 3.5 mm dan IR-blaster

Xiaomi Redmi Note 3 - lubang speaker masih saja diletakkan di sisi belakang bawah
Xiaomi Redmi Note 3 - lubang speaker masih saja diletakkan di sisi belakang bawah

Xiaomi Redmi Note 3 - sisi bawah, lubang mic dan port micro USB 2.0
Xiaomi Redmi Note 3 - sisi bawah, lubang mic dan port micro USB 2.0


Perlu dicermati juga, bahwa ada smartphone yang dirilis oleh pesaing, yang juga membawa spesifikasi body metal dan fingerprint sensor, ZTE A711. Meskipun baterainya tidak sebesar Xiaomi Redmi Note 3, ZTE A711 mempunyai kelebihan yaitu dirilis secara resmi oleh produsennya di Indonesia. Dan harga resminya jelas lebih rendah dari harga Xiaomi Redmi Note 3 versi distributor yang beredar di Indonesia saat ini. 

Bagi Anda yang penasaran dengan ZTE A711, silakan cek di link berikut ini ya.

Saya tinggal menunggu pesanan ZTE A711 saya datang, saya ingin membuktikan apakah memang fingerprint sensor membutuhkan daya yang besar sehingga membuat Xiaomi Redmi Note 3 begitu rakus akan konsumsi daya.

Untuk saat ini, pendirian saya jelas. Xiaomi Redmi Note 3, maaf Aa sudah lelah denganmu. :D

Updated: Video Unboxing Xiaomi Redmi Note 3 Pro (versi Snapdragon) TERMURAH dan ROM GLOBAL alias tinggal pakai:



Video REVIEW Custom ROM, Xiaomi Redmi Note 3 Pro dengan Resurrection Remix ROM


Video VERSUS, Adu Cepat Xiaomi Redmi Note 3 Pro vs Xiaomi Redmi Note 4


Video VERSUS, Adu Cantik Xiaomi Redmi Note 3 Pro vs Meizu M3 Note



Comments

  1. selamat malam gan,
    saya ingin membeli android dan sedang galau antara zenfone 2 yg ram 4//32,xiaomi redmi 3 yg 3/32 atau xiaomi mi4c. lebih baik ane beli yang mana yah suhu? yang penting sih multitasking sosmed sama kamera suhu, mohon bantuannya saya tambah galau abis liat review agan tentang note 3 haahahaa

    ReplyDelete
  2. Gan mau nanya nih. Screen on time tuh maksudnya gimana sih.? "Mohon pencerahannnya.

    ReplyDelete
  3. bang mi4i sama mi4c bagus mana? bedanya apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda processor, beda port USB, sama Mi 4c ada yg versi RAM 3GB.

      lebih bagus dan powerful Mi 4c pastinya

      Delete
  4. bingung nih antara redmi note 3, mi 4c, sama redmi 3 yg bntr lg keluar. xiaomi racun bgt euy

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ngejar performa sih udah jelas menang Mi 4c atuh :D

      Delete
  5. Bang mau nanya. Redmi note 3 emang font tulisan hp nya gabisa kecil yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa koq, tapi ya sekecil-kecilnya di 5.5 inch mungkin keliatannya masih agak gede

      Delete
  6. Harganya masih 3.4 ya bang... Kirain dibawah 3.2 itu belinya di toko online apa dimana bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah banyak yg jual 3.1an koq yang RAM 3GB mah. Toko online atau di Roxy kayanya udah banyak

      Delete
    2. Di online redmi note 3 internal 3/32 cuma 2,6 - 2,7 doang, kalo yg versi snapdragon+16 mp baru harganya 3jt pas, (cek tokopedia kalo ga percaya)

      Delete
  7. Secara keseluruhan lbh baik mana,,beli mi4i garansi resmi ato mi4c garansi dist ya mas helmy??
    Worted mana mas??

    ReplyDelete
    Replies
    1. secara performa, Mi 4c.

      secara keseluruhan berarti memperhitungkan garansi ya, saya ga berani ngasi saran, takutnya pas saya nyaranin ambil Mi 4c, sebulan kemudian ada error dan ga bisa diservice resmi, nanti saya merasa bersalah hehehe

      Delete
    2. Hehheheh
      Mksd nya setimpal kah performanya mi4c walaupun kita beli tanpa garansi sekalipun??
      Klo performanya jauh d atas mi4i kan why not
      Klo performanya cuma beda tipis ya mending mi4i resmi
      Org beli bm psti udh tau konsekuensi nya mas
      Hhehehe
      Sy sdh tau resikonya koq mas

      Delete
    3. performa Mi 4c, processornya no lag, tapi ga demam! (asal habis beli langsung flash ROM resmi ya, ROM bawaan biasanya abal-abal)

      recording video lebih baik resolusinya.

      konon bisa pakai Smartfren lho.

      ada versi RAM 3GB dan internal 32 GB, hayo cukup ga pake 16GB di Mi 4i?

      USB Type-C ini bagai pisau bermata dua, bikin transfer data lebih cepat, tapi bikin kita ga bisa pinjem charger orang kalo kepepet.

      semoga membantu memutuskan sekarang :P

      Delete
  8. Klo dengan meizu m2 note gmn mas hilmy?
    Maaf mas byk tanya
    Hhehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Performa tetep mi 4c.
      Kalo suka hp yg mungil alias compact, mi 4c masih menang. Tapi m2 note ini memang top juga, ga terlalu gede untuk yg layar 5.5inch.

      Tapi setelah lama dipakai, m2 note suka kerasa sedikit melambat..

      Delete
  9. xiaomi redmi note 3 segitu parah ya bro?
    aduuuuuh baru mao beli ane.. oiya sama zte blade a711 bagus mana bro ?

    ReplyDelete
  10. Gan cara aktifin fitur fingerprint gimana yaa? Do ROM distributor apa gabisa ya?

    ReplyDelete
  11. Ane kira cuma ane doang yang ngalamin hal yang sama soal sadisnya note 3 "memakan" daya, soalnya ekspektasi akan kapasitas besar yang buat jadi janggal sama kenyataan. apa dengan update rom stable (china) bakal lebih baik ya om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya membaik, cuma malesnya adalah sejak bootloader pake acara lock2an, ganti ROM agak ribet :D

      Delete
    2. saya pengguna jg redmi note 3 pertama saya beli yg versi 16 GB ram 2.
      memang rom nya bukan ori alias rom Abal-abal, beberapa kali coba ganti rom selalu gagal, akhirnya bisa saya ganti ke official rom, flashing via sp flash tools.
      baterai yg boros bisa teratasi, semua fitur jg bisa di gunakan mulai finger, mi remot, mi drop, malah sekarang ada Mi Move.
      sekarang saya suda ganti ke yg versi 32 Gb dan Ram 3GB.
      menurut saya Redmi Note 3 lumayan lah dengan kisaran harga segitu, tp asalkan sudah diganti ROM Official nya Stable Cina ataupun Developer Cina.

      Delete
    3. dngan ROM Official berarti ga ada Google PlayStore & tulisan China?

      Delete
  12. gan, kalo redmi 3 sama redmi note 3 dari segi performa + baterai bagusan mana ya ?
    thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. redmi 3 belom coba. tapi harusnya performa menang redmi note 3, dan baterai menang redmi 3 karena speknya ga terlalu buas makan baterainya

      Delete
  13. Bang apa maksud ny
    "tapi bikin kita ga bisa pinjem charger orang kalo kepepet."
    apakah maksud abg kabel lain tidak support dengan smartphone ny?

    ReplyDelete
  14. Gan, kalo redmi 3 sama mi 4c baterainya lebih tahan mana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tunggu ya, Redmi 3 baru punya nih :D

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Kalau saya mau flash ROM Redmi 3 pro bagaimana gan... Terima kasih

      Delete
    4. Gan saya baru beli redmi 3 pro RAM 3 GB - 32 GB. Cara tau itu ROM abal abal bagaimana gan..?? Maaf saya awam bangat masalah begini... ^_^

      Delete
    5. Satu lagi Gan... Cara membedakan Redmi 3 RAM 3GB - 32 GB sama Redmi 3 Pro RAM 3GB - 32 GB bagaimana gan, hahahaa... belum ngerti, ma kasih ya Gan...

      Delete
    6. yg biasa tidak ada memori slot,
      kalau yg pro sdh ada memori slot,tetapi gantian,
      yg biasa chipset mtk
      yg pro chipset Snapdragon (BAGUS)

      Delete
  15. gan,gimana caranya flash ROM resmi ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya sama kaya Redmi 3:
      http://www.gontagantihape.com/2016/03/tutorial-flashing-rom-miui-stable-ke-xiaomi-redmi-3.html

      Delete
  16. Help mas.....galau berat ni sm redmi note 2 prime...baterai boros gilaaaaa....ada solusi g mas?

    ReplyDelete
  17. Ini ada ROM redmi note 3 versi 7.2.3.0 http://en.miui.com/download-295 dulu sdh ada? Problemnya ga bisa berhasil update ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu belum ada, dan ya gagal update terus :D

      Delete
    2. Di forum miui sdh ada cara utk flash rom china/developer dg aplikasi flash menggunakan fastboot rom. Agak ribet mmg setelah xiaomi menerapkan lock bootloader pd device2 yg baru spt redmi note 3 ini. Harus unlock dulu kl ingin flash via recovery.

      Delete
  18. Gan saya baru pake 2 minggu ne redmi note 3, sebelum dipake buat hp utama irit baterainya tahan sehari semalem .setelah dijadiin hp utama baru aja lepas charger 30 menit dipake udh turun 10 persen buat browsing.aplikasi jalan whatsaap,bbm,line,2 email,massanger.Normalkah ? chargernya juga lama .gimana neh gan ?

    ReplyDelete
  19. Gan saya baru pake 2 minggu ne redmi note 3, sebelum dipake buat hp utama irit baterainya tahan sehari semalem .setelah dijadiin hp utama baru aja lepas charger 30 menit dipake udh turun 10 persen buat browsing.aplikasi jalan whatsaap,bbm,line,2 email,massanger.Normalkah ? chargernya juga lama .gimana neh gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang boros, tapi ada kemungkinan gara-gara ROM abal-abal. bisa infokan versi MIUI-nya?

      Delete
  20. Maaf sebelumnya...numpang kasih masukan...mas-mas sebaiknya saya sarankan redmi note 3 yg versi SD 650 jangan yang MTK X10, untuk versi SD 650 hape lebih dingin dan powerfull, tanpa ada lag...karna saya pribadi memakai redmi note yang versi Snapdragon 650,..Skor antutu bisa mencapai 74.+++ an...baterai nya pun sangat awet, sekali cas bisa tahan sampai 2 hari..sosmed aktif, email aktif,wifi aktif, data aktif ,browsing sesekali...MUI versi Global stable 7.1.9 Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gan mau nanya, itu ada yg dirubah ga batrenya bisa awet 2 hari ?
      MIU versi global nya bawaan pas beli atau dirubah sendiri ?

      Delete
    2. betul, sebaiknya memang ambil yg Pro, kalo lihat spesifikasi, dan dapat ROM Global :)

      Delete
    3. Redminote 3 pro ,Apa pas beli bawaannya sudah rom global...atau harus melalui proses flash dan unlock?

      Delete
  21. Xiaomi reno 3 Snapdragon 650 vs Lenovo Vibe k4 Note lebih bagus mana gan performanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo cuma performa, saya yakini menang Redmi Note 3 Pro di atas kertas. K4 Note pakai MT6753 yang kurang kenceng :D

      Delete
  22. gan mau tanya xiaomi redmi note 3 pro sama huawei p8 bagus mana gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda kelas, beda harga. 2-2nya belom saya coba :D

      Delete
  23. Gan mw tanya, xiaomi redmi note 3 pro ane kok gk bisa buat fingerprint ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. set lockscreen dulu unlocknya jangan pakai swipe :)

      Delete
  24. Gan mw tanya, xiaomi redmi note 3 pro ane kok gk bisa buat fingerprint ya.

    ReplyDelete
  25. Mau nanya gan
    Waktu normal charger Xiaomi note 3 berapa jam ya?
    Saya charger HP dalam keadaan baterai tersisa 17% memakan waktu sekitar 7 jam untuk bisa full
    Apakah itu normal?

    ReplyDelete
    Replies
    1. SANGAT TIDAK NORMAL
      SAYA AJA CUMA 2,5 JAM FULL

      Delete
    2. ya, harusnya cepet koq, kan support quickcharge. Kepala chargernya mungkin bermasalah?

      Delete
  26. Gan..mau nanya, cara ngatasi signal ilang "emergency call only" Di sim2 utk xiaomi note 3 pro gimana ya?? Mohon pencerahannya.. Thx

    ReplyDelete
  27. Kalau blh tau versi rom reno 3 pro nya brp??

    ReplyDelete
  28. Mas, apakah reno3pro garansi distributor keluaran sekarang semuanya sudah dgn rom stable/global? Atau harus flash rom sendiri?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hampir semua ROM redmi note 3 pro itu uda global..
      karena sebenernya redmi note 3 yg MTK (Mediatek) itu cuma dipasarkan di china, tapi berhubung orang kita rasa penasarannya lbh gede ketimbang rasionalitasnya, uda banyak yg keburu minang redmi note 3 MTK..

      Delete
    2. belum pernah beli yg pro, tapi ada seller yg kasi rom global stable, ada yg masih rom abal-abal :)

      Delete
  29. Mas, apakah reno3pro garansi distributor keluaran sekarang semuanya sudah dgn rom stable/global? Atau harus flash rom sendiri?

    ReplyDelete
  30. kalo liat dari performa,kualitas kamera sama daya tahan batre bagusan note 2 prime atau note 3 ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagusan note 3 om..
      asal jangan yg mediatek lho ya, yg mediatek itu khusus pasaran china doang soalnya..
      liat aja di gsmarena, jelas banget bedanya..

      Delete
    2. daya tahan baterai Note 2 Prime sangat buruk, Redmi Note 3 yg Mediatek juga mirip-mirip tapi terbantu dengan kapasitas yang lebih besar.

      Konon Redmi Note 3 Pro pada tahan lama baterainya, dan konon juga kameranya lebih baik (di atas kertas dan hasilnya)

      Delete
  31. kalo liat dari performa,kualitas kamera sama daya tahan batre bagusan note 2 prime atau note 3 ?

    ReplyDelete
  32. Selamat siang,saya tertarik dengan redminite 3pro snapdragon 650,pertanyaannya apa yg sekarang di jual distributor semua masih rom distributor yg perlu di flash dan di unlock seperti redminote 3 helio?apa sudah langsung menggunakan rom global stable di dalamnya dan tinggal pakai saja?

    Thanks before

    ReplyDelete
    Replies
    1. hampir semua ROM redmi note 3 pro itu uda global..
      karena sebenernya redmi note 3 yg MTK (Mediatek) itu cuma dipasarkan di china, tapi berhubung orang kita rasa penasarannya lbh gede ketimbang rasionalitasnya, uda banyak yg keburu minang redmi note 3 MTK..

      Delete
    2. belum pernah beli yg pro, tapi ada seller yg kasi rom global stable, ada yg masih rom abal-abal :)

      Delete
    3. Kalo pada redminote 3 pro yg sudah rom global,berarti google play dan playstore sudah ada langsung dan sudah berjalan dengan baik?

      Delete
    4. Kalo pada redminote 3 pro yg sudah rom global,berarti google play dan playstore sudah ada langsung dan sudah berjalan dengan baik?

      Delete
  33. NAh kalo redmi note 3 Pro ram 2 / 16 GB yg skg gimana yah? rekom apa nda?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cocok aja sih gan, selama gak dipake buat ngerekam video 4K dan jangan lupa pasang SDcardnya kyk gini nih: https://www.youtube.com/watch?v=JH6PbYm1J_c
      biar ajib..
      kalo takut ga bisa, beli USB OTG aja, pindahin semua game2 berat kesitu..

      Delete
    2. belum rekomendasiin, belom coba soalnya, masih berharap untuk menunggu yang resmi :D

      Delete
  34. mohon bantuannya, kenapa xiaomi redmi note 3 punya saya gak bisa buka link bawaan misalkan di facebook dan di bbm. mohon pencerahannya. trmksh

    ReplyDelete
  35. Gan apa redmi note 3 pro semuanya garansi distributor apakah ada masalah jika saya beli garansi distributor misalnya platinum , b cell dsb gan apa itu aman gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. garansi distributor untuk barangnya sih aman-aman saja, biasanya layanan purna jualnya yg kurang bagus. apa mau tunggu garansi resmi saja? konon sudah mau datang :)

      Delete
  36. Gan apa redmi note 3 pro semuanya garansi distributor apakah ada masalah jika saya beli garansi distributor misalnya platinum , b cell dsb gan apa itu aman gan

    ReplyDelete
  37. yaaaa gak jadi deh beli hp ini, niatnya mau redmi 3 atau note 3 / pro. karena saya cuma end user yang beli hape trus gak ngerti di oprek atau utak atik,apalagi setelah liat di you tube tadi, pengalaman pahit terjadi waktu beli lenovo S90 livo blom 3 bulan udah 3kali masuk ICU ganti mesin (tapi sekarang udah stabil, mau dijual sayang akhirnya dipake sampe ancur lah). lagi cari hp dg batere besar. sekalian mau tanya apakah asus zenfone max, hapenya bagus??? atau ada masalah2 juga nih.... tolong dong yg udah pernah pake. dan referensinya untuk hp dh batere besar dan irit di kisaran2-3jtan. makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ditunggu saja, konon redmi note 3 pro akan segera masuk resmi. biar ga perlu oprek2 :)

      zenfone max saya belom coba.

      semoga nanti ada yg share di sini ya :)

      Delete
  38. gan mohon bantuannya gan, kenapa reno 3 punya saya sering balik ke home tiba2 ya gan? Posisi MIUI 7.2.5.0(LHCNDA) Android Version 5.0.2 LRX22G, Terima Kasih Gan

    ReplyDelete
  39. gan, redno3 saya pertama beli udh di charge penuh, nah kan didiemin semaleman pas tidur, wifi data off, tiba2 paginya mati ternyata baterainya udh abis aja. itu normal ya gak gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sangat tidak normal. coba dicek apa yg menghabiskan baterai, di battery usage bisa dilihat :)

      Delete
  40. Karoo di isi full brapa jam ya kak resmi note 3 nya....

    ReplyDelete
  41. Maaf gan, mw naya soal xiaomi redmi 3... apakah sudah bisa pakai rom mui global stabil atw belum.... soalnya udah beli nih hp.... mohon pencerahannya dari master2 yg pake xiaomi, soalnya baru pwrtama kali pake hp xiaomi....

    ReplyDelete
  42. Gan mau tanya . Saya pake note 3 ko kamera belakang nya gak fkus ya ? Kasih pncrhan buat otak atik dikit gan makasih

    ReplyDelete
  43. Tanya dung.
    Ini kenapa redmi note 3 saya biasa tiba2 standby lama (layar mati) mau nyalain lg gtw gmn..dipencet semua tombol n pake fingerprint juga g nyala. Alhasil teken power lama jd restart deh.
    Mohon bantuannya

    ReplyDelete
  44. numpang nanya dong gan, xiaomi 4c saya ko sering muncul konten iklan-iklan gitu klo buka social media seperti bbm/WA/line/instagram dll tiba-tiba muncul gt aja dan akhir-akhir ini lebih sering muncul tiba-tiba yg mengakibatkan hp nya jadi blank diem gt dan ga bisa d scroll sama sekali sampai iklannya muncul baru bisa di klik skip add atau di klik home balik lagi ke social media sebelumnya, mohon bantuan infonya dong gan?

    ReplyDelete
  45. gan saya mau beli nih xiaomi redmi note 3 pro snapdragon 650 ,,, kira kira udah resmi belum yah ,,, trus minta pencerahannya dong ,,, oh iya apa ROM nya udh udh global stabil atau belum ... help mee

    ReplyDelete
  46. Reviewnya manteb bro. Sekalian mau tanya nih, ane juga bar mau cari hp dan disaranin ama tmn ambil Xiaomi. Ane ga bisa oprek2 ROM gituan dll, penggunaan smartphone selama ini normal2, dan ane lbh mentingin daya tahan batre. Agan ada saran ga, ane harus ambil Xiaomi seri apa? reno 2, reno 2 prime, reno 3, mi4c, atau yg lain bro?? soalnya ane masih agak awam untuk oprek2 dalemnya smartphone, jadi maunya sih habis beli, langsung dipake dan harapan tanpa ada masalah.
    Thanks :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo syaratnya seperti itu, sabar sebentar lagi Mas Yacobus, Xiaomi Redmi Note 3 Pro segera dijual resmi koq di erafone, konon harganya di bawah 3 juta di atas 2 juta, siapkan saja tabungannya heuheu

      Delete
  47. Gan saya ada masalah degan redmi note 3 pro, yg tidak bisa buka app recorder audio dan tidak bisa buka video nya!! Ada yg bisa bantu

    ReplyDelete
  48. Aa, saya terjebak dalam ruang nostalgia (emangnya Raisa) #eh.

    Terjebak di CHild Mode, gimana cara keluarnya, ya. sudah gugling-gugling, sayangnya waktu aktivin child mode xiaomi note 3 saya ini browsernya ikutan ke block/gak tampil di layar. huhuhu, hp note 3 udah kayak game boy aja nih T_T

    ReplyDelete
  49. Min,ngapa sinyal note 3pro nya,kalo main game,sering hilang,mohon pencerahan nya

    ReplyDelete
  50. Min,ngapa sinyal note 3pro nya,kalo main game,sering hilang,mohon pencerahan nya

    ReplyDelete
  51. Gan numpang tanya dong kenapa ko aplikasi di hp redmi note 3 ane sering jalan sendiri ,contoh lg asik bbm tau2 ad aplikasi lain kebuka sendiri trus kadang nongol kaya logo Android nangis..

    ReplyDelete
  52. Gan numpang tanya dong kenapa ko aplikasi di hp redmi note 3 ane sering jalan sendiri ,contoh lg asik bbm tau2 ad aplikasi lain kebuka sendiri trus kadang nongol kaya logo Android nangis..

    ReplyDelete
  53. mas..saya kan lupa masuk ke pola ximoni redmi note 3..trus saya fastboot..koq lama ya..sudah seharian dari jam 10 pagi..sampai malam ini juga.belum selesai2..knpa ya?

    ReplyDelete
  54. Duhhh redmi note 3 pro saya error sound nya, gk bsa bunyi semua... Bsa play video tp gk bisa kluar suara, gk bsa dimaju mundurin... Heeeeellllppp

    ReplyDelete
  55. Terlambat dapet infonya mas di sini mengenai note 3. Uda kebeli hp ini minggu kemarin mas. Keluhannya sama di baterainya, kondisi standby 12 jam tidak dibuka (data,sync,wifi dll semuanya off) saja baterai tersisa 70% dari full (habis 30%). Versi MIUI tertulis MIUI 7.0 /stable 7.0.19.0.0 (LHNCNCJ).
    VERSI ANDROID 5.0.2 LRX22G
    Apakah termasuk rom abal-abal? Apakah saat ini ada update yg bisa dilakukan untuk memperbaiki masalah baterainya ?
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ROM abal-abal. pakai SP FLash Tools atau unlock BL buat bisa flash ROM Stable. ROM China ya adanya

      Delete
    2. Iya nih, telat baca review nya ane kang. Ada tutor flash rom nya ga kang?

      Delete
  56. menurut kesimpulan agan xiaomi versi mana yg tdk merepotkan dan enak digunakan untuk sehari2.
    Soalnya saya pengguna redmi2 pengen upgrade ke seri lainnya. Thx

    ReplyDelete
  57. Buat flash ROM GLobal Reno 3 Mediatek memang harus unlock bootloader.
    BTW, saya juga nyesel beli nih Reno 3 Mediatek. Maklumlah, hape lama, Mi4i, pecah kacanya shg lcdnya error. Jadi memang darurat. Akhirnya beli nih hape, dengan MIUI 7.19.

    Kelebihan Reno 3 Snapdragon nggak cuma di prosesor dan gpu-nya saja tapi juga sensor brightness, kamera 16M dual flash, LTE Cat 7 dan micro slot SD.

    Soal baterai, Snapdragon A72 jelas lebih efisien dibanding Mediatek A53. Demikian juga GPU Adreno 510 jelas lebih powerful dibanding Power VR G6200.

    ReplyDelete
  58. gan mau nanya mending xiaomi mi4s atau redmi note 3?
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebetulnya belom coba Mi 4s. harganya pun beda sejutaan.

      tapi kalo disuruh beli lagi, mending beli mi 4s :D

      Delete
  59. oke gan ditunggu reviewnya tentang mi4s.
    ngincer hp itu banget soalnya. susah nyari yang warna ungu lavender.
    thanks gan.

    ReplyDelete
  60. Toloong,..huhuhuu ( tangisan Bombay deh..),gan mo mnta tolong knp redminot 3 pro pnya sy gk bs msuk k folder sandi dan sidik jari..!?pasti kluar lagi k menu setelan,lalu sy cb msuk lg dr folder layar kunci dan sandi> lalu k sandi dan sidik jari..ee kluar lg..k setelan.gmn tuh gan..trims pencerahannya...

    ReplyDelete
  61. Toloong,..huhuhuu ( tangisan Bombay deh..),gan mo mnta tolong knp redminot 3 pro pnya sy gk bs msuk k folder sandi dan sidik jari..!?pasti kluar lagi k menu setelan,lalu sy cb msuk lg dr folder layar kunci dan sandi> lalu k sandi dan sidik jari..ee kluar lg..k setelan.gmn tuh gan..trims pencerahannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. flash ulang saja kalo gitu Om heuheu. Memang pake ROM versi berapa?

      Delete
    2. Sorry,Om Irfan baru baca reply-nya, saya pake redmi note 3 Pro 32 Rom..,klo Flash-ing dbawa kmn ya Om..? K tmpat wkt beli ato..? Soal nya waktu itu garansi Distributor cm 3 hr,(tgl pembelian 12/05/2016.)..tolong pencerhan-nya lg Om Irfan..tq.

      Delete
    3. tinggal di mana om? kalo ke toko hape biasanya bayar, antara 50-100 ribuan.

      kalo ada komunitas mi fans di daerahnya, mereka biasanya mau bantuin flashing :)

      Delete
  62. MungkinRedmi note 3 punya agan versi paling bawah dan udah d kutuk sama rom distributor, harus di flash fastboot. Punya saya yg versi Snapdragon,RAM 3GB, kamera 16MP selama ini lancar jaya, baterai awet, bahkan hampir sama dengan oukitel k6000 yg baterainya 6000mAh

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa bantu flash resmi note 3 pro punya saya di Jakarta pusat?

      Delete
  63. siang min.. Kalo mau xiaimi redmi Note 3 pro di toko hp kira" versi romya global atau tidak ?? , miui yg bagus tipe brapa? Terus garansinya distributornya bagus ?? Terimakasih min...

    ReplyDelete
    Replies
    1. beli yg resmi saja di Erafone, Bang. Toh harganya sekarang cuma selisih dikit banget :)

      Delete
  64. saya baru beli redmi 3 pro, ko tiba2 ga bisa ngecharge ya bang? kata yg jual padahal udh pake ROM global. Kira2 kenapa ya?
    Terus kalau saya service ke distributornya apakah aman? (bukan distributor resmi)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau masalah hardware begini sebaiknya bawa ke tempat service. sudah coba update ROM, apakah menyelesaikan masalah?

      Delete
  65. Bang maaf mau tanya, kalo xiaomi mi 4c suka overheat juga sama kayak xiaomi yang lainya gk?

    ReplyDelete
  66. klo sekarang redmi note 3 pro yg garansi resmi dah kluar blum ya mas?

    ReplyDelete
  67. Bang saga mau tanya saya kemarin beli redmi note 3 pro tapi setelah saya lihat dus nya tulisan nya redmi note 3 saja apa memang tulisan di dus nya tanpa ada pronya? Kira2 kalau mau lihat perbedaan spesifikasi antara redmi note 3 dan redmi note 3 pro dihp saya bagaimana ya? Mohon pencerahannya bang. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. emng bgtu kok tulisan dusnya... cb cek di setting > about phone. redmi note 3 pro CPU nya sudah hexa-core klo note 3 biasa msh octa core.
      heehehee

      Delete
    2. garansi mana? kalo garansi TAM sih santai aja. pasti yang versi Snapdragon

      garansi distributor:
      Redmi Note 3 = versi Mediatek
      Redmi Note 3 Pro = versi Snapdragon

      Delete
  68. Coment dikit deh. Mau tanya jaringanya sudah 4G blm ya?
    Karena beda jenis jaringan kan memperngaruhi pemakain batty

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanya ke saya kah?
      Kalo saya ya udah 4G dulu. dan memang mempengaruhi battery betul. Tapi masalah ROM dan Processor Mediatek X10 itu bikin lebih boros lagi :)

      Delete
  69. Gan,may nanya. Ane pake minote 3 pro..udh ganti kartu 4G me telkomsel,tpi koq gak muncul sinyal 4G nya..yg Ada cuma H+(3G)..
    Sebenarnya support 4G telkomsel gak sih atau 4G operator lain??!!

    ReplyDelete
  70. Gan,may nanya. Ane pake minote 3 pro..udh ganti kartu 4G me telkomsel,tpi koq gak muncul sinyal 4G nya..yg Ada cuma H+(3G)..
    Sebenarnya support 4G telkomsel gak sih atau 4G operator lain??!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah dirubah ke prefer 4G gan di pengaturan?

      Delete
    2. Sy jg punya masalah yg sama, butuh solusi,,,

      Delete
    3. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
    4. Point nomor 3 salah harusnya *#*#4636#*#*
      Terbalik :)

      Delete
    5. Mbak Ersa, komen soal trik pengaktifan 4G-nya saya hapus ya, karena melukai etika :)

      Delete
  71. Baca baca... Tapi kok ane ga nemuin yang sperti kata agan TS ya? Battery ane nahan ampe 22 jam keatas kalo ga maruk nge game ampe lupa makan hihihi... Terus kmaren hbs beli dr rom distributor ane ganti ke official stable langsung aja lewat pc suit sekali jalan aja gan lgsg update dan official.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Konfirm dulu, Redmi Note 3 Mediatek juga om yg dipake?

      Ga ada agan TS di sini, kan bukan kaskus, hehe

      Delete
  72. mohon pencerahannya bagusan mi4i atau redno3 ya?

    ReplyDelete
  73. mohon pencerahannya bagusan mi4i atau redno3 ya?

    ReplyDelete
  74. Gan.kalo mau nge aktifin lagi fitur fast charging di resmi 3 gimana sih.tadinya ane iseng matiin fiturnya pas LG nge-charge.eh gak tau balikin nya lagi :(.tolong y pencerahan nya.trims

    ReplyDelete
  75. Gan.kalo mau nge aktifin lagi fitur fast charging di resmi 3 gimana sih.tadinya ane iseng matiin fiturnya pas LG nge-charge.eh gak tau balikin nya lagi :(.tolong y pencerahan nya.trims

    ReplyDelete
  76. May nnya nih bos.. Redmi note 3 bru kmren beli kaga bs fingerprint trs sinyal 4g nya ga ada.. Malah edge pdhal udh d coba do *#*#4636#*#* trs sy plih CDMA only to ttp ga bs.. HP nya versi MIUI7.3.7 Mohon bantuannya .. APA sy hrs balikin ke toko nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg Mediatek apa Snapdragon?
      versi MIUI lengkapnya berapa? biasanya 4 digit angkanya

      Delete
  77. Mau tanya.. kok Reno 3 pro saya ga bisa speaker ya? Musik. Video. Telp .. speaker nya ngga nayala.. mohon bimbingan nya gan

    ReplyDelete
  78. Reno 3 3gb 32gb versi snapdragon..,suka restart dgn sendiri-nya ( rom distro )..kenapa tuh Om Fahmy...?? Tq..Om 😁

    ReplyDelete
  79. Reno 3 3gb 32gb versi snapdragon..,suka restart dgn sendiri-nya ( rom distro )..kenapa tuh Om Fahmy...?? Tq..Om 😁 ee..Om Irfan kok Fahmi sih..hehehe

    ReplyDelete
  80. Reno 3 3gb 32gb versi snapdragon..,suka restart dgn sendiri-nya ( rom distro )..kenapa tuh Om Fahmy...?? Tq..Om 😁 ee..Om Irfan kok Fahmi sih..hehehe

    ReplyDelete
  81. Sorry Om baru baca..,iya blom gnti Rom stabel msh dikutuk rom Distro., Versi Miui 7.1

    ReplyDelete
  82. Sorry Om baru baca..,iya blom gnti Rom stabel msh dikutuk rom Distro., Versi Miui 7.1

    ReplyDelete
  83. EMANG BENER KALO REDMI NOTE 3 PRO SINYAL 4GNYA HARUS DI SETTING LAGI BIAR MUNCUL YA?? & APA BERMASALAH DENGAN SINYAL 4GNYA DI HP TERSEBUT??

    #BUTUHPENCERAHANNIHBANG

    ReplyDelete
  84. Permisi gan, ane nubi mao nanya

    Ane baru beli redmi note 3, jadi belom ngerti bener. Ane pas masukin sim card, kok disetting tulisannya "Off" ya, terus pas ane coba cek *888# (ane pake simpati) kagak bisa, nelpon pun kagak bisa, pop up "matikan mode pesawat untuk melakukan panggilan" terus padahal udah ane matiin itu modenya.
    Ane pake yg reno 3 pro 2/16 snapdragon gan

    Mohon pencerahannya gan, ane nubi

    ReplyDelete
  85. Siang gan,
    Ane baru punya redmi note 3 pro,setelah dicek ternyata mic atas dan bawah tidak berfungsi pada saat menelepon dan terima telepon. Tp semua normal pas pake earphone. Cek di hardware test juga normal2 aja. Oya saya dapat MIUI 7.3.2.0 Global Stable (LHOMIDD)
    Mohon solusinya gan,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya dulu pernah begitu di redmi note 2, saya restart mau dia berpungsi kembali mic nya.

      Delete
  86. Gan, please infonya. Baru beli redmi note 3 pro yg katanya rom MIUI Global 7.3.2.0 Nah ada 3 problem :
    1. Batre sempet ga mau di charge pada saat keadaan batre 0% atau mati total. Udah coba 24 jam ga naik2. Akhirnya coba pake cas redmi lain bisa, dan balik pake cas redmi punya ane eh balik normal jg.Itu masalah dmn nya ya?
    2.GA BISA RECORD VIDEO!! (nangis bombay) Press record button ga terjadi apa2. Coba pake aplikasi jg failed to record. Udah coba factory reset ga berhasil jg. Pusying..
    3. Hp kadang ngeluarin bunyi aneh kaya kresek2 halus bunyi mesin.
    Ini gmn ngatasinnya ya gan? Mau claim garansi tapi katanya bless jelek bgt bisa berbulan2 atau ga balik tu hp :( Please help :(

    ReplyDelete
  87. gan, kameranya bagusan redmi note 3 pro, alcatel flash plus 2, atau infinix hot s?

    ReplyDelete
  88. Kalau Mi4C sama Redmi 4 Prime bagus mana kang?

    ReplyDelete
  89. Gan mau nanya baru beli redmi note 3 pro dapet rom global trs cek pembaruan ada pembaruan otomatis miui 8 stable 1.2G kalo unduh n install aman ga gan 4Gnya ilang ga ya

    ReplyDelete
  90. Bisa saya memberi komentar saya merupakan pengguna Xiaomi note 3 . Saya kira HP ini sangat bagus Xiaomi saya sudah MIUI 8. Jadi tidak ada kendala batery boros dll. Lengkap. Apalagi klu internet khususnya 4G GK ada lelet.nya

    ReplyDelete
  91. gan mau tanya,hp saya xiomi note 3,tiba2 mati dan muncul tulisan pcsuite.mi.com,bagaimana cara mengatasi nya,trimaksih

    ReplyDelete
  92. Mas nanya ,tochsren xiomi note 3 sama note 3 pro sama tudak ,mksh

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts