Review HTC One E8, Impian Lama yang Terwujud Nyata

Review HTC One E8 - www.gontagantihape.com


Beberapa waktu lalu, saya dikejutkan dengan munculnya HTC One E8 versi garansi distributor di salah satu marketplace langganan. Namun harga yang belum cukup menarik, serta masih merasa nyaman dengan sang mantan performa Lenovo VIBE S1, menjadi dua alasan utama saya untuk belum tergerak meminang smartphone yang harga resminya saat dirilis di Indonesia mencapai angka tujuh setengah juta Rupiah itu.

Hingga pada satu hari, saya menemukan beberapa seller lain turut menjual produk ini di Elevenia. Tak tanggung-tanggung, tiga seller sekaligus memasang harga yang sama untuk HTC One E8 versi garansi ditsributor. Harga yang apabila saya terapkan voucher diskon, menghasilkan total yang harus dibayar sebesar Rp 3.074.000,- saja.

Pengecekan berlanjut kepada data ketiga seller. Ini adalah hal yang wajib dilakukan saat hendak membeli barang secara online. Selalu lihat reputasi sang penjual! Naga-naganya ketiga seller ini memang berada dalam satu bendera yang sama, ini terlihat dari alamat pengiriman yang persis sama. iPhone Cellular, Apple Cellular, dan Lexashop, sama-sama menggunakan sebuah alamat pengiriman dari daerah Cideng, Jakarta Barat, dekat ITC Roxy Mas. Saya perhatikan sudah ada beberapa ulasan positif untuk produk yang mereka jual, kebanyakan sih smartphone garansi distributor. Kalau tidak iPhone seri lama, maka seri-seri smartphone keluaran Xiaomi-lah yang nampak sudah mendapatkan ulasan dari pembeli. Dalam pencarian lebih lanjut, saya temukan Lexashop juga menjual HTC One E8 ini di Lazada, bagi Anda yang lebih suka berbelanja di sana, silakan klik link ini.

Tugas selanjutnya adalah memilih pasangan hidup warna. Total ada empat pilihan warna yang kesemuanya menarik hati. Ada pilihan warna putih dan merah untuk bahan glossy, serta abu tua dan biru untuk yang mempunyai sentuhan akhir doff. Pilihan ini malah lebih banyak dibandingkan dengan pilihan warna yang terdapat pada HTC One E8 garansi resmi yang hanya sebatas putih dan abu tua. Setelah berkutat dengan Google Images, saya putuskan untuk mengambil warna biru. Kombinasi biru tua pada body, dengan aksen biru neon metalik pada sekitar lensa kamera dan LED flash, membuat bagian belakang HTC One E8 ini terlihat super catchy.

Oh ya, kelak ada satu hal lagi yang justru takkan Anda temukan pada HTC One E8 garansi resmi. Apakah itu? Pastikan saja Anda membaca tulisan ini hingga tuntas ya, biar tidak menyesal. 

Warna sudah saya tetapkan. Tinggal memilih mau beli dari seller yang mana. Satu-persatu saya cek bagian tanya jawabnya, nampak sudah ada yang mempertanyakan spesifikasinya. Dual-sim apa tidak, refurbished atau bukan, garansi mana, hingga kenapa harga bisa semurah itu. Dari kompilasi jawaban yang diberikan seller, didapat informasi bahwa HTC One E8 ini aslinya garansi Singapore, di-backup dengan garansi distributor lokal, dual-sim, BNIB, dan bisa murah karena seller mengaku sebagai distributor langsung.

Pesanan pun dilakukan kepada iPhone Celluler karena seller ini yang memberikan opsi memilih warna via sistem Elevenia (bukan via catatan pembelian). Pembayaran kali ini lagi-lagi menggunakan Mandiri Clickpay. Sebelumnya sempat saya pilih pembayaran via ATM, mengamankan stok selagi menunggu jandanya Gista Putri galau di hati hilang. Tak lupa saya mengirimkan pesan kepada seller agar segera diproses pengirimannya.

Pesanan kemudian datang dua hari berselang. Ini adalah saatnya mengecek apakah barangnya refurbished atau bukan. Satu kekhawatiran hilang, karena tadinya saya cukup deg-degan ketika memutuskan membayar pesanan ini. Saya takut ini adalah seller abal-abal yang seringkali tidak mengirimkan pesanan pembelinya. Sampai pada tahap ini, bisa dikatakan seller memang benar niat berjualan.

Unboxing HTC One E8 Garansi Distributor Indonesia

Dari penampilan kemasannya sih meyakinkan. Isi di dalam kotak pun benar terasa baru. Hanya ada dua yang tak saya dapatkan, kartu garansi dan buku petunjuk penggunaan asli milik HTC. Jika benar pengakuan seller bahwa ini adalah garansi Singapore, seharusnya ada kartu garansi HTC berbahasa Inggris dalam paket penjualan. Namun, kenyataannya saya hanya dapat menemukan kartu garansi Platinum supported by Bless, pemain lama di dunia Blackberry dan iPhone garansi distributor.

Review HTC One E8 - www.gontagantihape.com
Kemasan HTC One E8

Review HTC One E8 - www.gontagantihape.com
Kemasan HTC One E8 - tampak belakang

Review HTC One E8 - www.gontagantihape.com
Kemasan HTC One E8 - segel garansi?


Setelah mengecek kelengkapan dalam paket penjualan, tak sabar saya pun segera menyalakan HTC One E8 ini untuk pertama kali. Sungguh terasa seperti menyingkap kenangan lama yang sangat dirindukan. FYI, sebelumnya saya adalah pengguna setia beberapa seri smartphone keluaran HTC, mulai dari HTC Chacha, Evo 3D, One X, Desire 616, hingga One M7.

Review HTC One E8 - www.gontagantihape.com
Kartu garansi BLESS pada HTC One E8

Review HTC One E8 - www.gontagantihape.com
Tidak ada buku manual, hanya ada dua kertas ini. Salah satunya adalah sim-ejector

Review HTC One E8 - www.gontagantihape.com
Charger HTC One E8, output 5V 1A, dengan colokan gepeng.

Review HTC One E8 - www.gontagantihape.com
Kabel USB HTC One E8

Review HTC One E8 - www.gontagantihape.com
Headset bawaan HTC One E8


Saking tak sabarnya, saya bahkan rela tidak membuat video unboxing dari smartphone yang satu ini.

Begitu menyala, saya segera melakukan cek update OTA. Alhamdulillah, ada update kecil. Meskipun kecil namun sangat cukup untuk membuktikan bahwa ini bukan barang abal-abal atau supercopy. Hingga titik ini, saya berani memastikan bahwa HTC One E8 garansi distributor ini betul-betul asli produk HTC (bukan supercopy, selanjutnya saat saya cek IMEI memang benar terdaftar untuk HTC One E8 Asia), dan bukan hasil rekondisi.



Hanya saja, proses rebooting setelah update selesai dilakukan terasa lama. Mungkin memang untuk mendapatkan apa yang benar-benar kita cintai, selalu butuh penantian dalam waktu yang lama. Sekarang saya mengerti kenapa sampai ada yang bikin lagu Kutunggu Jandamu, ha.. ha.. Okelah, Gista, Aa akan selalu menunggumu. Jangan lupa aja ya pakai krim anti-aging, takutnya nunggunya sampai Gista punya cucu, hiks. Paragraf yang amat sangat tidak penting nih, terimakasih sudah menyempatkan membacanya, ha.. ha..

Hands-on dan First Impression pada HTC One E8 Garansi Distributor Indonesia

Kesan pertama saat menggunakan produk jajaran teratas HTC lagi, terasa sungguh memuaskan. Kita bahas per-bagian saja ya.

HTC One E8 - bagian atas
HTC One E8 - bagian atas

HTC One E8 - bagian kanan
HTC One E8 - bagian kanan

HTC One E8 - bagian bawah
HTC One E8 - bagian bawah

HTC One E8 - bagian kiri
HTC One E8 - bagian kiri

HTC One E8 - bagian belakang, keren!
HTC One E8 - bagian belakang, keren!
HTC One E8 - speaker di bawah layar menjadi pembeda
HTC One E8 - speaker di bawah layar menjadi pembeda

HTC One E8 - tampak keseluruhan
HTC One E8 - tampak keseluruhan

HTC One E8 - aksen biru neon pada logo HTC, dan logo NFC
HTC One E8 - aksen biru neon pada logo HTC, dan logo NFC


Dimulai dari body HTC One E8. Meskipun terbilang cukup tebal karena mengakomodasi bentuk dual curve pada bagian belakangnya, namun sensasi yang dihasilkannya pada genggaman tangan terasa istimewa. Ergonomis! Beberapa level lebih baik daripada tingkat keergonomisan HTC One M7 dulu. Bahan polikarbonat yang digunakan mampu memberikan kesan yang jauh dari murahan, meskipun pada dasarnya bahan ini tetap plastik. Warna birunya mampu membuat smartphone ini terlihat seperti berbahan metal. Sayangnya, meski bertekstur doff, namun bekas minyak acapkali masih terlihat nangkring pada bagian belakang smartphone ini.

HTC One E8 - layar berkualitas tinggi
HTC One E8 - layar berkualitas tinggi


Lanjut ke bagian layar, terlihat begitu vivid, sedikit mengingatkan kepada Xiaomi Mi 4c. Dari dulu HTC selalu menggunakan layar yang dinamai Super LCD, di HTC One E8 ini sudah menggunakan generasi ketiga dari layar tersebut. HTC tidak latah menggunakan layar IPS seperti kebanyakan produsen smartphone lainnya. Layar HTC One E8 mampu beroperasi dengan kontras yang baik pada kondisi pemakaian di luar ruangan dengan sinar matahari yang terik.

HTC One E8 - speaker bagian atas
HTC One E8 - speaker bagian atas

HTC One E8 - speaker bagian bawah
HTC One E8 - speaker bagian bawah


Perhatian lebih perlu Anda berikan pada masalah suara yang dihasilkan oleh HTC One E8. Teknologi BoomSound yang dibawanya terdengar menggelegar tanpa tipu-tipu. Kenapa saya bilang demikian? Karena HTC One E8 benar-benar membawa speaker stereo melalui dua set speaker grille yang berada di atas dan bawah layarnya. Dalam beberapa review terakhir saya, sering kita temukan speaker grille yang hanya berfungsi sebagai lubang microfon, atau malah berupa aksesoris semata. Nah, untuk urusan yang satu ini, HTC One E8 mampu mengungguli semua smartphone yang pernah saya tulis ulasannya di blog ini.

Beralih ke performa user interface, smooth adalah kata yang tepat untuk mewakilinya. Jika dibandingkan dengan dua smartphone saya sebelumnya yang juga diotaki oleh Qualcomm Snapdragon 801, maka HTC One E8 ini performanya setingkat dengan Motorola Moto X 2014, dan di atas ASUS Padfone S, namun skor Antutu Benchmark-nya jadi yang paling tinggi dari ketiganya.

Kustomisasi UI ala HTC Sense 6 mampu memberikan sentuhan berbeda pada tampilan Android Lollipop 5.0.2 yang digunakan HTC One E8. Rasanya pas aja gitu, esensinya dapat, tidak berlebih, apalagi sampai memberatkan RAM. Jumlah aplikasi yang dapat dikategorikan sebagai bloatware rasanya masih masuk akal, tidak seperti ASUS yang kelewat rajin membuatkan aplikasi pada smartphone keluaran mereka, he.. he..

Satu hal yang selalu saya sukai dari HTC Sense adalah Task Switcher atau Recent Apps-nya yang dapat ditampilkan dalam bentuk Grid View 3x3. Pilihan Card View ala Android Lollipop dapat Anda pilih pada menu Setting.



Ada satu hal yang khas dari sebuah smartphone flagship yang dibekali processor paling mumpuni pada jamannya seperti HTC One E8 ini. Smartphone flagship selalu dilengkapi fitur yang dapat membantu meningkatkan kualitas hidup para jomblo.

Pertama, jomblo yang memiliki smartphone flagship tentu saja terlihat lebih keren dan pede untuk mencari mangsa.

Kedua, buat yang jomblo dan percaya dirinya tidak terbantu dengan menenteng sebuah smartphone flagship, paling tidak HTC One E8 bisa membantu menghadirkan kehangatan dalam kehidupan mereka. Cukup dipakai bermain game puzzle selama 5 menit, maka para jomblo sudah bisa mendapatkan kehangatan yang pernah hilang dari hidup mereka. If you know what I mean, ha.. ha.. ha..

Satu saran saya, sehabis dipakai bermain game maka jangan langsung dimasukkan ke saku atau kantong celana. Dijamin Anda akan merasakan sensasi seperti ngompol di celana, karena ada sesuatu yang hangat terasa di sekitar pangkal paha, ha.. ha.. ha..

Sebetulnya saya sudah enggan memakai perangkat dengan processor Snapdragon 801. Bukan karena masalah performanya, cuma arsitekturnya saja yang sudah agak ketinggalan zaman. Masih 32-bit gitu lho.

Tapi demi HTC One E8, saya buat pengecualian deh. Asal Anda tahu saja, sebelumnya sudah dua kali saya mencoba menabung guna membeli smartphone yang satu ini, namun selalu setiap uang sudah terkumpul, hati ini berbalik pikir, sayang rasanya menggelontorkan lebih dari enam juta rupiah untuk sebuah smartphone pada waktu itu.

Kali ini, saya telan ludah saya soal Snapdragon 801. Biarlah arsitekturnya masih 32-bit, yang penting mimpi lama saya terwujud. Toh selama RAM-nya masih tak lebih dari 3 GB, arsitektur 32-bit masih mampu mengoptimalkan penggunaan RAM. Lain cerita kalau RAM 4 GB diotaki oleh processor 32-bit, karena arsitektur 32-bit hanya mampu mengelola alamat physical address di memory hingga sekitar 3,5 GB saja.

Hasil Uji Hardware, Sensor, dan Benchmark HTC One E8

Info hardware dihasilkan via aplikasi CPU-Z, sementara info sensor dihasilkan menggunakan software Sensor Box for Android dan hasil benchmark sintetis menggunakan Antutu Benchmark serta Antutu Benchmark 3D disajikan pada gambar di bawah ini.

HTC One E8 - skor Antutu Benchmark
HTC One E8 - skor Antutu Benchmark

HTC One E8 - skor Antutu Benchmark

HTC One E8 - Sensor Box for Android
HTC One E8 - Sensor Box for Android

HTC One E8 - info hardware via CPU-Z
HTC One E8 - info hardware via CPU-Z


HTC One E8 - info hardware via CPU-ZHTC One E8 - info hardware via CPU-Z



Performa HTC One E8 dalam penggunaan sehari-hari masih sangat mumpuni. Meskipun sering menghasilkan suhu berlebih, performanya dalam multitasking banyak aplikasi maupun bermain game dapat diandalkan. Kali ini, urusan baterai saya tidak khususkan mengukurnya dikarenakan tampilan battery usage pada HTC Sense kurang dapat menunjukkan berapa lama waktu penggunaan, termasuk Screen-On Time. Namun, dalam pemakaian ala saya, di hari kerja pada umumnya mampu digunakan dari pagi hingga malam saat pulang kerja, bahkan kadang sampai 24 jam. Sementara pada hari libur di mana waktu saya lebih senggang dan lebih banyak menggunakan smartphone, rata-rata saya melakukan pengisian daya sebanyak dua kali dalam sehari.

Hasil Uji Kamera HTC One E8

Hasil pengambilan gambar menggunakan lensa kamera HTC One E8 dapat Anda tinjau pada artikel berikut ini ya.

Plus dan Minus HTC One E8

Saatnya membuat daftar, apa saja yang menjadi plus dan minus dari HTC One E8 ini setelah saya gunakan kurang lebih selama dua minggu sebagai hape utama saya.

Kelebihan HTC One E8:

  • Looks, looks, looks! Anda tidak akan habisnya mengagumi desain HTC One E8.
  • Ergonomis.
  • Top build quality.
  • Kualitas audio BoomSound yang dihasilkan dual stereo front-speaker.
  • Layar kelas atas, Super LCD 3.
  • Performa masih mumpuni, meskipun menggunakan spesifikasi ala dua tahun lalu.
  • Dual-sim.
  • Slot micro-SD mandiri alias terpisah atau tidak makan slot sim-card, mendukung hingga kapasitas 128 GB.
  • HTC Sense.

Kekurangan HTC One E8:

  • Percaya atau tidak, HTC One E8 yang resmi beredar di Indonesia tidak mendukung jaringan 4G! Untungnya yang versi distributor ini adalah versi Asia yang sudah saya uji dapat terhubung ke jaringan XL 4G (1800 MHz).
  • Hanya kalangan tertentu yang tahu gengsi dari brand HTC. Sebagian besar mungkin mengira ini adalah merk lokal yang tak jelas.
  • Slot sim-card kedua hanya dapat mengakses jaringan 2G, perlu menukar posisi kedua sim-card untuk mengubah sim-card yang dapat mengakses jaringan internet cepat.
  • Kualitas hasil kamera, rasanya angin-anginan.
  • Body sering terasa hangat, konsekuensi dari processor dengan clock tinggi.

Kesimpulan Akhir dari HTC One E8

Kesimpulan akhir ini mungkin akan terasa sangat hiperbol bagi Anda. Perlu dimaklumi karena saya dapat dikatakan sebagai fans dari brand yang satu ini, meskipun tidak sampai pada level fanatik yang rela mengesampingkan akal sehat untuk perang komentar di kolom komentar pada portal berita sih, ha.. ha..

HTC One E8 tiga jutaan? Nyesel kalo ngga beli! Sudah, itu saja kesimpulan akhir dan rekomendasi saya. Saya rasa itu sudah sangat mewakili maksud saya. Kecele kan? Ha.. ha.. ha..

Bagi yang kurang puas dengan penjelasan saya, silakan lihat kesan saya tentang HTC One E8 ini melalui video yang saya unggah ke Youtube berikut:

== MASIH PROSES UPLOAD VIDEO :P ==

Selamat menikmati, saya pun akan kembali menikmati nostalgia saya bersama HTC One E8. Adios.

Comments

  1. Replies
    1. sudah Lollipop 5.0.2 out of the box Om. Dan ada di update plan Marshmallow koq :)

      Delete
  2. kamera antara e8 dan m8 bukannya sama om? setau saya cuman beda body doank. cmiiw

    ReplyDelete
  3. kamera belakang beda... seingat saya M8 pake dual cam, ultrapixel

    sedangkan E8 single cam 13 MP

    ReplyDelete
  4. Chargernya ori ga? Takutnya kayak iphone garansi distributor aksesorisnya ga ori kebanyakan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya saya ga pake chargernya sih, karena di rumah punya quickchargernya Sony. plus yg ini colokannya gepeng, butuh adapter.

      so far sepengamatan saya sih ori, kalau yg iphone itu pake charger 10ribuan, kentara banget bedanya hehehe

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Om beda refurbished sama 100% new ori apa aja om? Tlng djelasin dong om..ada artikelnya ngak ttng refurbished ini? Thx

    ReplyDelete
  7. Om beda refurbished sama 100% new ori apa aja om? Tlng djelasin dong om..ada artikelnya ngak ttng refurbished ini? Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum nulis artikel soal ini.

      refurbished itu rekondisi, barang seken yg diperbaiki luarnya biar keliatan seperti baru. Sangat banyak terjadi pada BB dan iPhone kalo di sini. Di China banyak android juga yg direkondisi

      Delete
  8. Bro, ada masalah ga dengan sdcard??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Solved, bro, liat di xda
      Btw ni hp worth it bgt, speaker & headset nilai plussssss bgt

      Delete
  9. kira2 htc one e8 ini terkena issue purple tint di kameranya gak ya?
    sampai saat ini apakah sudah dapat update Marshmallow? di negara lain udah pada dapet.

    kabarin ya kalo dapet marshmallow!

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak ada purple tint, setau saya itu hanya di One M7 dulu :)

      sudah saya jual, jadi ga bisa ngabarin kalo udah dapet M hihihihi

      Delete
  10. gan, yang saya liat koq ada yang made in china sama yg made in taiwan... Kualitasnya sama ga gan? soalnya beda harganya lumayan jauh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kualitas bahan sama, paling beda di QC. Yang saya made in china, ga ada masalah koq kemaren itu :)

      Delete
  11. Murah amat bang dapet Harga segituuu #Envy :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang emang berapaan ya hihi, udah ga update harganya... kirain masih segituan :)

      Delete
  12. Baru tau klo e8 ada yg blm bs 4g ya,cara ngeceknya gmn tuh?hehe

    ReplyDelete
  13. Gan, waktu pertama kali unboxing sisa RAMnya berapa yah?

    ReplyDelete
  14. Kang,
    Pernah pakai atau nyoba LG G2?
    Kaya menurut pandangan saya cukup adil untuk di bandingkan dengan HTC One E8 ini...
    Sama" menyandang Kamera 13MP, Perbedaannya mungkin di processor (itu pun perbedaannya tdk begitu signifikan)
    Kalo Kang Irfan/Kang Hilmy (Gak tau panggilan pastinya... hhehe) pernah pakai / nyoba LG G2, menurut kacamata specialist reviewer seperti Kang Irfan/Kang Hilmy unggul mana diantara HTC One E8 dan LG G2 terutama di sektor kualitas Kamera, kualitas Suara, kualitas Layar (Klo untuk Performa/Processor sepertinya sudah ketahuan siapa yg unggul).

    Hatur nuhun

    ReplyDelete
    Replies
    1. pernah pakai LG G2 Sprint.

      kamera = LG G2 agak telak
      suara = HTC One E8 telak
      layar, hmmm lupa-lupa ingat, kayaknya setara lah.

      panggilan saya Hilmy, dan saya bukan specialist reviewer, pun gak pake kacamata hehe... saya tech blogger biasa, berat bener kalo dibilang reviewer :D

      Delete
    2. Owh, hhehe... OK OK

      Kalo "agak telak" berarti ada kemungkinan disituasi tertentu Kamera E8 bisa ngungguli Kamera G2 yah (terutama buat user G2 yg pake ROM CyanogenMod kaya saya) :D
      Kalo suara memang saya akui G2 ini walaupun mengusung Dolby sound tapi level kekerasan (bukan kualitas) suaranya dibawah rata-rata.

      Nah sekarang boleh dong untuk perbandingan dengan keluarga Mi 4 kang hilmy... hehe

      Trims

      Delete
    3. kalau ga butuh dual-sim dan slot micro-SD, Mi4 menang. harganya itu lho :D
      paling kalah di audio aja si Mi4, itupun ga jelek sih, E8 aja yg audionya bagus :D

      kamera E8 saya suka warnanya saat kondisi banyak cahaya matahari, tapi lowlightnya duh ya gitu deh :D

      G2 dulu saya pakai CM11 apa 12 ya lupa :D

      Delete
  15. kang hilmi numpang tanya saya mau beli HTC one M8 kan di toped sekarang dah 2.6 juta, yang saya mau tnya cek itu rekon atau bukan dimananya ya kebetulan kalo m8 dapet distri theone

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kemungkinan sih kalo rekondisi, coba saya cek ah di toped, kalo2 sellernya saya kenal online, mau tanya2 dulu :)

      HTC ga ketauan kapan aktifnya kayak iPhone euy, tapi bisa cek dari fisik aja palingan...

      Delete

Post a Comment

Popular Posts