5 Alasan Mengapa Xiaomi Mi 5 Masih Sangat Layak di 2017



Ini adalah ulasan versi singkat dari smartphone yang saat ini menjadi daily driver saya, Xiaomi Mi 5. Dan kali ini tulisan saya hanya akan membahas kelebihan-kelebihannya saja. Bukan maksud memuja atau memberi pandangan tak berimbang, tetapi memang seringkali saya tak begitu berhasrat untuk mengulas smartphone yang menjadi alat komunikasi utama saya terlalu dalam.

Anda tak pernah menemukan tulisan atau video ulasan LG G4 milik saya kan? Pun begitu dengan Xiaomi Redmi Note 3 Pro yang hanya saya buat mini review dengan menggunakan Custom ROM Resurrection Remix di bawah ini.


Kurang lebih, konsep mini review untuk Xiaomi Mi 5 ini pun sama. Mengambil angka lima dari nama produknya sendiri, inilah lima alasan untuk bersyukur di 2017 dengan smartphone yang saya miliki, Xiaomi Mi 5.


1. Harga Xiaomi Mi 5 Sudah Semakin Turun

Saat saya membeli Xiaomi Mi 5, rata-rata produk ini di toko online dijual pada kisaran harga 3-3,1 juta Rupiah. Saya sendiri berhasil membelinya kurang dari 2,7 juta Rupiah memanfaatkan diskon 15% dari promo BNI Debit Online di Blanja.com.

Jika dulu saya sempat mengunggah sebuah video yang menyatakan bahwa ZUK Z2 merupakan Smartphone dengan processor Qualcomm Snapdragon 820 termurah, kali ini Xiaomi Mi 5 bisa merebut tahtanya. Selain karena harganya yang semakin turun, stok ZUK Z2 sendiri sudah nyaris punah di pasaran ponsel tanah air.


2. Performa Xiaomi Mi 5 Masih Sangat Bisa Diandalkan

Siapa yang menyangsikan kejayaan Qualcomm dengan deretan Snapdragon seri 8xx di tahun 2016 lalu? Baik Snapdragon 820 dan Snapdragon 821 menurut saya adalah yang terbaik yang pernah saya coba sejauh ini.

Keduanya pernah saya coba pada Xiaomi Mi 5s, ZUK Z2, dan terakhir ya pada Xiaomi Mi 5 ini. Baru pada dua processor ini sajalah saya menyaksikan animasi 3D saat benchmarking menggunakan Antutu bisa benar-benar berjalan mulus tanpa tersendat.

Yang lebih istimewa lagi, dengan performa setinggi ini, Qualcomm mampu membuat kedua seri tertinggi processor mereka ini tetap hemat dalam konsumsi daya. Inilah yang membuat saya yakin Xiaomi Mi 5 akan mampu diajak bertahan mengarungi tahun 2017 tanpa kendala.


3. Kamera Xiaomi Mi 5 Masih Jadi Salah Satu Yang Terbaik di Range Harganya

Ya, kamera Xiaomi Mi 5 saya rasa masih menjadi yang terbaik untuk smartphone di range harga tiga jutaan. Ditambah dengan adanya image stabilization memanfaatkan 4-axis gyro juga bisa jadi nilai tambah untuk mereka yang senang memanfaatkan kamera smartphone untuk merekam aktifitas yang dinamis.

Poin ini perlu digarisbawahi dengan catatan: wajib menggunakan MIUI ya. Karena sejauh saya menggunakan ROM lain, kamera Xiaomi Mi 5 tak pernah seoptimal saat menggunakan MIUI Camera.

Hadirnya mode manual dengan pengaturan yang lengkap, tentunya semakin melengkapi kedigdayaan kamera dari Xiaomi Mi 5 ini.


4. Tersedianya Banyak Custom ROM untuk Xiaomi Mi 5

Poin ini khusus buat mereka yang suka ngoprek. Saya sendiri memang bukan penggemar MIUI. Ada beberapa hal pada MIUI yang kurang sesuai dengan pola penggunaan saya. Untungnya, perangkat-perangkat Xiaomi yang banyak digunakan di berbagai belahan dunia selalu memiliki banyak custom ROM, entah itu yang disediakan secara official semisal Cyanogenmod 14 (yang saat ini sudah tak beroperasi lagi), hingga yang dikembangkan oleh tim-tim developer kenamaan di berbagai forum modifikasi.

Saya sendiri sempat mencoba CyanogenMod 14 serta ROM AOSP by JDCTeam yang keduanya sudah berbasis Android 7.1.1 Nougat. Dari sisi UX, saya sangat dimanjakan dengan berbagai fitur baru yang ditawarkan pada versi Android termutakhir ini.

Namun memang, sebagaimana kebanyakan Custom ROM dengan versi Android terbaru yang belum terlalu matang, kedua Custom ROM yang saya coba memiliki beberapa bug esensial yang membuat saya untuk sementara ini memilih kembali menggunakan MIUI 8 saja.

Di CyanogenMod 14, selain kamera yang hasilnya tak sebaik pada MIUI, quickcharging juga tak berjalan dengan baik. Sementara di ROM AOSP, quickcharging bisa berfungsi, tetapi wi-fi tethering acapkali mengalami masalah saat hendak digunakan. Ada beberapa Custom ROM lainnya, termasuk Resurrection Remix, yang belum saya coba. Saat ini saya memutuskan menunggu ada ROM Nougat yang lebih stabil dan tanpa bug berarti.


5. Banyak Pilihan Aksesoris untuk Xiaomi Mi 5 dengan Harga yang Beragam

Ini selalu jadi alasan yang menyenangkan setiap kali saya menggunakan produk smartphone dari Xiaomi. Ya, berbagai aksesoris dapat dengan mudah ditemukan di toko-toko online di tanah air. Berbagai casing dengan penampilan yang keren dapat kita pilih dan dapatkan dalam waktu yang singkat. Tak perlu membelinya di e-commerce luar negeri.

Pilihan saya akhirnya jatuh pada sebuah case Peonia warna hitam dengan tekstur seperti brushed metal dengan aksen pola karbon ala kevlar di bagian atas dan bawah sisi belakangnya. Harganya tak sampai lima puluh ribu Rupiah!

Selain banyak pilihan gaya, banyak pula pilihan harganya. Jika dulu saya harus membeli tempered glass seharga Rp 150.000 untuk ZUK Z2 karena minimnya pilihan, tak demikian dengan Xiaomi Mi 5. Saya cukup membayar sepersepuluhnya saja untuk membeli sebuah tempered glass yang presisi dan sudah berpinggiran 2.5 D untuk Xiaomi Mi 5.

Ini jadi alasan saya tetap menerima Xiaomi Mi 5 warna emas yang dikirimkan penjual, meskipun maksud hati ingin membeli yang warna putih. Toh, tetap ujung-ujungnya saya pakaikan case, jadi tak masalah deh.



Punyak banyak pilihan aksesoris yang dapat dibeli untuk gadget yang kita miliki pun seringkali membuat kebahagiaan tersendiri, dan kita patut bersyukur untuk itu. Terlebih jika melihat lagi semua poin yang sudah saya tuliskan di atas.

Jadi, itulah semua alasan mengapa Xiaomi Mi 5 masih sangat layak untuk digunakan di tahun 2017 ini. Semoga bermanfaat ya!

Comments

  1. min. antara mi 5 sama zuk z2 performanya jauh ngga ya ? terus baterenya gimana kalo pemakeannya sama ?
    bingung milih antara 2 itu min..

    ReplyDelete
  2. The phone adds a decent thickness to it. In my case, the slightly curved back and a texture make the device less slippery and comfortable to hold with one hand.
    redmi note 4x

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts