Review Sony Xperia Z2 Compact Docomo, Batangan Batam

review sony xperia z2 compact docomo indonesia

Saking bosannya dengan pilihan smartphone untuk saya jajal, saya sampai berpikir untuk mencoba membeli sebuah smartphone yang banyak dijual oleh seller asal Batam dengan harga cukup murah.

Tidak, saya tidak mencobanya untuk kemudian merekomendasikan Anda untuk ikut membeli barang-barang bekas Singapur atau Jepang ini.

Pertama saya ingin mencoba mencari penjual yang benar-benar berjualan. Maksud saya adalah, kita tahu banyak barang asal Batam yang bisa didapatkan dengan harga murah akibat tidak dikenakannya pajak untuk barang yang masuk ke sana. Nah, dari sejak beberapa tahun lalu, citra barang Batam yang murah ini seringkali dimanfaatkan penipu untuk menawarkan smartphone dengan harga tak masuk akal.

Ya, mereka memberi embel-embel nama tokonya dengan kata Batam, agar calon korban lengah akan harga luar binasa yang mereka pasang. Kalau ditanya kenapa bisa semurah itu, sang penipu tinggal mengelak dengan mengatakan ini barang Batam. Dan dengan mengaku dari Batam pula, mereka bisa menghindari ajakan COD karena lokasi yang jauh, sehingga bisa memaksa calon korban untuk mentransfer uang mereka.

Nah, saya hanya ingin mencari tahu apakah sebetulnya barang murah dari Batam itu benar-benar ada, atau semuanya hanyalah scam? Untungnya dari pengalaman saya kali ini membuktikan bahwa masih ada ternyata penjual yang betul-betul berdagang.

Kedua, saya ingin mencoba produk sekenan Docomo. Selama ini saya banyak membaca dan menyimpulkan bahwa orang nampak menghindari produk smartphone yang dulunya di-bundle Docomo karena alasan kompatibilitas jaringan. Karena penjual menulis bisa menggunakan jaringan 4G di Indonesia, saya pun penasaran mencobanya langsung. Intinya, dengan harga sejutaan, Sony Xperia Z2 Compact yang saya jajal ini worth the story lah.

Oh ya, tidak ada proses unboxing pada ulasan kali ini. Wong datangnya saja ndak pake kotak koq! Batangan saja, diplastikin, lalu dibungkus dengan bubble wrap. Namun, pasti saya sudah mendokumentasikan proses buka plastiknya pada video di bawah ini.



Sony Xperia Z2 Compact dalam Pemakaian Sehari-hari

Saat Sony Xperia Z2 Compact ini datang, saya kemudian memensiunkan daily driver saya sebelumnya, Xiaomi Mi 5. Rasanya saya seperti jatuh cinta pada mantan deh saat menggenggam dan melihat penampakan smartphone ini. Warnanya ungu, dengan penampakan bagian depan hitam mengkilat, menjadi sebuah perpaduan yang menarik. Dimensi layarnya yang hanya 4,3 inci membuat saya sangat senang memegangnya, enak, ringkas!

Sang penjual menjanjikan barang yang paling mulus yang dia miliki. Kebetulan yang paling mulus memang berwarna ungu. Awalnya saya memang katakan bahwa saya hanya berminat pada varian warna orange atau ungu, rasanya yang hitam dan putih sudah terlalu biasa. Rupanya pada barang termulus yang penjual miliki masih bisa kita dapati sedikit dent, yang walaupun tak banyak menganggu, masih tetap harus dihitung sebagai poin minus.

review sony xperia z2 compact docomo indonesia

review sony xperia z2 compact docomo indonesia

Resolusi layar dari Sony Xperia Z2 Compact ini adalah HD 720p. Anda takkan mungkin protes mengenai resolusi ini jika mempertimbangkan dimensi layarnya yang imut di 4,3 inci. Jenis layar yang digunakan apabila merujuk kepada situs GSM Arena adalah TFT. Namun saya tak merasakan ada perbedaan dengan layar IPS yang umum digunakan pada smartphone masa kini. Sudut pandangnya pun cukup luas dan memiliki visibilitas yang cukup baik pada penggunaan di bawah sinar matahari.

Loudspeaker yang berada di bagian sisi bawah smartphone ini menurut saya kualitasnya baik dan enjoyable untuk mendengarkan musik. Penampakannya pun sangatlah memikat hati. Seriously, Sony Xperia Z2 Compact ini looks-nya benar-benar serasa menyihir saya, padahal ini adalah perangkat yang dirilis 3 tahun lalu lho!

review sony xperia z2 compact docomo indonesia

review sony xperia z2 compact docomo indonesia


Performa Snapdragon 800 rupanya masih sangat bisa diandalkan. Selama seminggu saya gunakan, processor yang ditanamkan pada Sony Xperia Z2 Compact ini sama sekali tak mempunyai masalah untuk memberi tenaga yang dibutuhkan OS Android 5.1 Lollipop yang berjalan di atasnya.

Nah, berbicara soal OS, smartphone ini rupanya menggunakan ROM milik Sony Xperia Z1 Compact agar mendapat OS Lollipop dan mengakali lock dari operator. Tak heran saat saya menggunakan aplikasi Antutu Benchmark, CPU-Z, dan AIDA64, smartphone ini muncul sebagai Z1 Compact/Mini (D5503).

Berikut adalah skor benchmark Sony Xperia Z2 Compact menggunakan aplikasi Antutu Benchmark:

review sony xperia z2 compact docomo indonesia
Skor Antutu Benchmark - Sony Xperia Z2 Compact Docomo

Kelengkapan sensor pada smartphone ini pun terbilang lengkap.

review sony xperia z2 compact docomo indonesia
Kelengkapan Sensor - Sony Xperia Z2 Compact Docomo

Performa baik smartphone ini masih terus berlanjut saat digunakan untuk gaming. Kalau diingat lagi, hal ini wajar saja mengingat processor lawas Snapdragon 800 ini memang diperuntukkan bagi kebanyakan flagship pada tahun 2014 lalu. Saya masih ingat performanya pada LG G2 Sprint yang dulu saya miliki. 

Dan saya juga masih ingat betapa hangatnya sambutan yang diberikan processor ini untuk saya. Maksudnya ya... Processor ini cepat menghangat meskipun hanya digunakan untuk tugas yang tak terlalu berat. Jadi jika saat Anda bermain game balapan dan Anda sedang mengejar kendaraan di depan Anda pada lap terakhir, atau saat bermain game sepakbola dan tim Anda tertinggal satu gol pada injury time, kemudian terasa suasana memanas, bisa jadi itu bukan efek dari adrenalin Anda yang meningkat. Lebih besar kemungkinan suasananya memanas secara harfiah, akibat suhu processor Snapdragon 800 yang naik, hehehe.

Lanjut ke daya tahan baterai, Sony Xperia Z2 Compact yang memiliki baterai berkapasitas 2.300 mAh sejauh ini belum pernah berhasil menembus waktu 24 jam dalam sekali pengisian daya. Tergolong wajar mengingat processor-nya masih cukup rakus daya dan memang kapasitas baterainya tergolong kecil untuk sebuah smartphone 4G. Namun, tak menutup kemungkinan performa baterainya memang sudah tak lagi prima, namanya saja barang bekas.

Namun, untuk pola penggunaan "pagi lepas charger, malam colok lagi sebelum tidur" mah masih mampu koq. Di bawah ini adalah screenshot dari penggunaan baterai terlama selama saya gunakan.

review sony xperia z2 compact docomo indonesia

review sony xperia z2 compact docomo indonesia


Pada kebanyakan deskripsi produk ex-Docomo yang saya temui di marketplace atau toko online, umumnya ditulis bahwa pengaturan APN harus dilakukan secara manual. Nyatanya, pada Sony Xperia Z2 Compat yang saya gunakan, APN selalu berhasil muncul dengan sendirinya setiap saya mengganti sim-card dari operator yang berbeda. Entah kenapa saat menggunakan kartu Indosat, koneksi data tidak berjalan padahal ikon 4G sudah muncul di indikator sinyal. Menggunakan kartu XL sih langsung wuss wuss di 4G tanpa masalah sama sekali.


Hasil Kamera Sony Xperia Z2 Compact

Kamera utama Sony Xperia Z2 Compact saya nilai menakjubkan. Selain resolusinya yang mencapai 20,7 Megapixels, gambar yang dihasilkan pun berkualitas tinggi, bahkan pada kondisi pencahayaan minim. Namun, Anda yang terbiasa menggunakan smartphone Xiaomi, mungkin akan merasa tone warna dari kamera Sony Xperia Z2 Compact terasa sedikit hambar. Ya, saturasinya memang tidak dibuat terlalu menonjol, dan di beberapa kesempatan malah tergolong pucat menurut saya.

Hanya saja, kamera depannya bak langit dan bumi. Resolusinya hanya 2 Megapixels, dan hasilnya biasa-biasa saja. Lagi-lagi faktor trend selfie yang belum booming di kala smartphone ini dirilis, saya yakini jadi penyebabnya. Karena lihat saja, seri Xperia C saja sekarang kamera depannya super besar.

Dari segi fitur, kamera Sony Xperia Z2 Compact tergolong memiliki banyak tambahan. Ada banyak aplikasi tambahan yang bisa dipasangkan pada kameranya, salah satu yang paling anak-anak sukai pastilah AR Effect, di mana kita bisa menambahkan objek-objek augmented reality ke dalam foto maupun video yang direkam. Sayangnya mode manual hanyalah mengatur white balance dan kompensasi kecerahan gambar.

Pada artikel review kamera dari smartphone Sony Xperia Z2 Compact ini Anda akan dapat melihat langsung hasil fotonya.


Apa Kata Aa tentang Sony Xperia Z2 Compact


Sesungguhnya saya sudah jatuh hati pada looks dari smartphone ini. Bahkan saya sempat berpikir untuk menggunakannya terus, atau mengoleksinya. Hanya ada dua hal yang saat ini membuatnya tak akan mungkin menjadi daily driver saya, yaitu kenyataan bahwa Sony Xperia Z2 Compact hanya memiliki satu buah slot sim-card, serta absennya fingerprint scanner. Alasan terakhir sebetulnya tidak terlalu wajib, apalagi mengingat smartphone ini dirilis pada saat penggunaan pemindai sidik jari pada ponsel belumlah lumrah.

Selain soal desain, Sony Xperia Z2 Compact memiliki keunggulan pada kamera utamanya. Resolusi besar, serta hasil yang memuaskan mata pada berbagai kondisi, saya rasa adalah nilai plus yang sangat signifikan untuk smartphone ini. Anda yang suka berfoto-foto tak perlu khawatir soal storage, karena meskipun foto beresolusi tinggi yang dihasilkannya akan berukuran lebih besar, smartphone ini mempunyai slot micro-SD yang mampu menampung kartu memori tambahan dengan kapasitas besar.

Kamera depan yang resolusinya kecil dan hasilnya biasa saja layak dihitung sebagai poin minus. Satu tambahan untuk kekurangan smaprtphone ini adalah suhunya yang cepat naik.

Sejauh ini, harga 1,25 juta Rupiah yang saya keluarkan untuk sebuah ponsel bekas dan batangan rasanya sepadan. Namun, saya sama sekali tak merekomendasikan Anda untuk membeli ponsel bekas seperti ini. Bisa jadi yang saya terima memang bagus dan berfungsi dengan baik. Namun, hal yang sama tak bisa dipastikan untuk barang lainnya, meskipun dari penjual yang sama. Namanya juga barang bekas yang dijual kembali oleh penjual biasa, pastilah quality control-nya tak akan sama dengan apa yang dilakukan oleh pabrikan ya.

Demikian ulasan saya terhadap Sony Xperia Z2 Compact Docomo yang saya beli dari penjual asal Batam, semoga cerita ini bermanfaat ya. Seandainya tulisan ini membuat Anda berminat membeli barang serupa, pastikan Anda pahami resikonya. Kerennya mah Do It With Your Own Risk lah gitu, hehehe.

Comments

  1. nice post gan.
    saya minat nih, pesennya lewat mana ya?
    Kalo bole japri ke saya gan irawan.satria@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa join grup FB "SAPUTRA PHONE SHOP BATAM " barang pilihan di batam

      trimakasih

      Delete
  2. gan saya juga pingin nyoba...
    klo boleh kabari ke saya ya gann..
    lenovohaqi@gmail.com
    timakasih banyak

    ReplyDelete
  3. Boleh minta link pemesanan g gan?
    aharoldk@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa om gabung grup fb saya ya SAPUTRA PHONE SHOP BATAM amanah ,bergaransi dan semua barang pilihan batam

      Delete
  4. Aq jga pake z1 compact, josss perform...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sampai sekarang masih pake z1 compact gan?
      boleh minta reviewnya

      Delete
  5. Z2compact jepang memang tidak ada leletnya

    ReplyDelete
  6. Docomo Z2compact memang tidak ada leletnya

    ReplyDelete
  7. Mas Irfan,

    Boleh minta link penjualnya? Pengen coba juga nih, kalo boleh japri saya ke yogiswarasatrio@yahoo.com

    Terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. https://www.facebook.com/groups/758703307605956/

      Delete
  8. Link pesennya apa ya mas bro? arbanih@gmail.com mkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. https://www.facebook.com/groups/758703307605956/ SAPUTRA PHONE SHOP BATAM

      Delete
  9. sya y pngen thu link pesennya nih mas bro,ilinkesesi@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada di shopee id dijual boss banyak. Saya juga beli di shopee id

      Delete
  10. sya y pngen thu link pesennya nih mas bro,ilinkesesi@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. https://www.facebook.com/groups/758703307605956/ SAPUTRA PHONE SHOP BATAM

      Delete
  11. Replies
    1. Tahan air gan, saya beli dari batam juga, sudah beberapa kali saya rendam, awalnya takut tapi ternyata benar anti air

      Delete
  12. di tokopedia, yang jual banyak wkwk

    ReplyDelete
  13. Gan review Xperia ZR docomonya ga ada nih?

    ReplyDelete
  14. Minta link t4 belinya dong puji.fika@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ane Ready ZR, Z1 compact, Z2 compac, Z3 big 5 inch.

      Japri wa : 081270114553
      Akun fb: Adi Sas

      Delete
  15. saya cek di GSM arena, Z2 itu ga ada yang versi compact dech. adanya z2 biasa yang layar nya 5.2 kalau secara spek seh mirip banget sama z1 compact, boleh tau bedanya apa sama z1 compact???

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut saya ini sebenarnya z1 compact. gk tau kenapa admin sebut ini hp z2 compact

      Delete
  16. Nih sy udah coba, beneren bagus walaupun second tapi masih mulus harganya 1,1 sama ongkirnya plus charger gratis. Performa bagus, anti air, udah 4G tapi baterainya cepat habis, karena cuma 2000 lbih mah. Tapi saya puas

    ReplyDelete
  17. Nih sy udah coba, beneren bagus walaupun second tapi masih mulus harganya 1,1 sama ongkirnya plus charger gratis. Performa bagus, anti air, udah 4G tapi baterainya cepat habis, karena cuma 2000 lbih mah. Tapi saya puas

    ReplyDelete
  18. Saya juga pakai z2 compac,,performanya mantab,no lelet,,games onlain apapun libas abizt,,walaupun batraynya kecil,tp mampu bertahan 2hr koq.pdhl saya tinggal di kampung,tp signyal 4g nya lNcar jaya.minusnya cuma camera depane kecil

    ReplyDelete
  19. Saya berminat, email saya untuk toko penjual.
    harukustik@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ane Ready ZR, Z1 compact, Z2 compac, Z3 big 5 inch.

      Japri wa : 081270114553
      Akun fb: Adi Sas

      Delete
  20. Saya jg pakai Sony Z2 Docomo...jaringan 4G nya cepet bgt..
    Pas bwt ukr tangan sya...gk terlalu ribet jg....yg pnting spek tdk kalah sma yg lain..

    ReplyDelete
  21. Mantap
    Saya pake xperia zr docomo S0-4E
    Peforma jos dengan ram 2gb
    Internal lega 32gb
    Batre menurut sya awet lah

    Tp sya kurang puas karna rata" hp docomo blm bisa/emang gk bisa di Unlock Bootloader nya , sehingga agak susah buat otak-atik system seperti costum rom (maklum saya suka oprak oprek system) jadi tampilannya monoton.

    Padahal di seri global sudah support cm14/lineage o.s14 android 7.1.1 nougat.

    ReplyDelete
  22. Sony emang joss. Ane mulai make dari ; Sony Xperia E1, Xperia zr, dan skarang pake Xperia z2 compact.. Emang kualitas ny gk main2..

    ReplyDelete
  23. Saya Beli Di toko Hp khusus Sony
    Dapat Harga 1jt HP saja.
    Batre awet
    Seharian 24jam ngeces 2x
    Kemaren pakai Xiaomi 3 malah ngeces 3x
    Main game
    Marvel future Fight geme berat batre

    ReplyDelete
  24. Ada yg minat dgn HP Varian Sony ? Ane Ready ZR, Z1 compact, Z2 compac, Z3 big 5 inch.

    Japri wa : 081270114553
    Akun fb: Adi Sas

    ReplyDelete
  25. Seriusan anti air gan?kalau buat foto bawah air bisa?mau coba takut rusak,duit gaada buat beli baru wkwk

    ReplyDelete
  26. saya lagi pesan di laku6,,nunggu barabgnya blm datang...

    ReplyDelete
  27. Pesen d BBenk Phone Shop Batam skarang udah turun 750rb include onkir.
    Pmesanan via aplikasi BBenk phone shop. Download d Play Store & App Store.

    ReplyDelete
  28. Mas mau tanya..sebenernya sudah ada yg tanya di atas tapi belum di jawab, sebenarnya z2 compact itu ada tidak y??koq di cek di gsm arena tidak ada, adanya z1 compact dan z3 compact, z4 compact pun specnya di gsmarena tidak lengkap...mohon bantuannya..thx

    ReplyDelete
  29. Saya sedikit kecewa masalah suhu yang sangat tinggi pada sony z2c saya kebetulan saya pesan dari salah satu online shop awal pemakaian saya merasakan overhite yang luar biasa saat memjalankan game hd sampai-sampai batre yang menjadi korban dengan suhu yang panas sehingga menjadi drop dan mati sendiri tp saya juga sadar dengan topik di atas "namanya juga hp bekas" emang resiko tanggung sendiri dan saya mengalah untuk mengganti batre alhamdulilah sudah normal sampe sekarang saya masih menggunakan sony z2c dengan alasan hp murah tp spek gahar emang susah di cari jaman sekarang, itulah pengalaman saya memakai sony z2c docomo selama 3 tahun

    ReplyDelete
  30. Saya juga ada pengalaman pake produk sony (bukan review yahhh) Suka duka bersama sony xperia XA

    Kesimpulan saya, sony emang bagus, terutama dalam memilih hardware penting seperti processor dan screen.

    Tapi ada yang kadang terlewatkan yaitu baterai.

    Terima kasih Aa. atas review Sony Z2 Compact, saya pernah berniat beli ini (yang versi docomo, harganya menggiurkan) tapi, akhirnya pilihan saya jatoh di Xperia XA.

    Ya, saya terima kelebihan dan kekurangannya. :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts