Review Hape Jadul, Sony Xperia C4 Dual, Layakkah Jadi Old but Gold?



Video pada review kali ini saya buat sepenuhnya menggunakan Samsung Galaxy Note FE. Baik gambar maupun suaranya.

Coba siapa yang masih ingat saya pernah unbox hape yg sejatinya adalah Galaxy Note 7 yang diperbaiki ini?

Oke, kita bahas Sony sekarang ya. Saya tidak akan bahas Galaxy Note FE-nya lagi, Anda nilai langsung saja dari kualitas gambar dan suara pada video ini.


Jaman Nokia berjaya dulu, Sony Ericsson adalah favorit saya. Saya yang dulu memang anti kemapanan, dan anti hape mainstream. Juga karena dulu uang saku bulanan mahasiswa jarang sisa sih, hahaha.

Lalu ketika brand ini bertransfromasi kembali menjadi Sony saja, saya masih suka. Maksudnya suka mupeng. Beli sih jarang banget. Mahal bos!

Dan seterusnya begitu, hape Sony yang berbasis Android memang tergolong mahal dibandingkan merk lain. Termasuk si Xperia C4 Dual ini, yang harga perdananya dulu di atas 4 juta Rupiah. Mahal!

Saya saja baru kesampaian beli sekarang, pas harganya tinggal 1,4 jutaan doang. Dan pas hape ini udah ketinggalan jaman hahaha.

Walau begitu, ada beberapa nilai positif yang harus saya berikan kepada ponsel ini. Antara lain:

1. Punya NFC, hape sejutaan jaman now susah cari yang ada NFC-nya.
2. Kameranya bisa mengenali scene yang sedang dibidik. Jaman sekarang, harus diembel-embeli ada AI-nya kalau yang begini. Padahal Sony ternyata sudah bisa dari dulu. Dia bisa tahu kapan saya sedang ambil bidikan macro, kapan saya lagi foto makanan. Keren kan?
3. Punya efek AR pada kameranya. Buat anak-anak ini jadinya fun banget, bisa ada dinosaurus atau kurcaci dan rumah jamurnya. Ya buat lucu-lucuan lah. Hasil kameranya pun cukup baik, ya mungkin bisa setara lah dengan hape 2-3 jutaan jaman sekarang.
4. Punya 3 slot kartu dedicated. Dan walaupun jadul, hape ini slot simcard-nya berukuran nano lho. Jadi yang udah kadung pakai nano-sim ya tinggal colok saja.
5. Xperia UI-nya saya suka, notif selalu always real-time.

Apa lagi ya? Kayanya sudah deh itu aja. Sementara nilai minus yang saya berikan, memang kebanyakan dipengaruhi spesifikasinya yang sudah ketinggalan banyak. Tapi hayuk lah kita mulai berhitung saja.

1. Performa MTK6752 dikombinasikan dengan RAM 2 GB buat jaman now, empot-empotan euy! Multitasking agak keteteran di mana pindah apps kerasa ada jeda, apalagi dipakai main game. Masih bisa sih maen PUBG dengan grafis low, tapi ya gitu deh, kalah mulu. Ngelag soalnya heuheu.
2. Masih lanjutan dari performa, dipakai maen PUBG 1 jam aja baterainya turun hampir 50%. Dan dengan berbagai pola pemakaian saya, screen-on time-nya mentok 2 jam lebih dikit. Ya bisa sih battery usage tembus 24 jam, kalau jarang banget dipake, screen-on timenya aja cuma sekitar sejam. Jadi, baterai 2.600 mAh-nya ngga bisa diandelin buat ngegame ya gaiss!
3. OS-nya mentok di Marshmallow dengan security patch yang jadul abis, 2016 kalo ga salah inget ya. Masalahnya di penghujung 2017 ada patch security yang penting banget di berbagai OS terkait masalah keamanan network saat menggunakan Wi-Fi. Jadi ya, agak gimana gitu ya makenya.
4. Bezel tebal di mana-mana. Patut dimaklum sih, ini hape dengan pakem desain 3 tahun lalu. Dan pada masanya, bezel bawah segini tuh udah tergolong tipis sih. Hare gene? Maaf-maaf aja ya, haha.
5. Masih gampang demam, ya penyakit Sony jaman dulu adalah kurang cakap dalam mengatur pembuangan panas. Walau ga sampai overheat, tapi ponsel ini cukup sering menghangat dalam genggaman.

So, itu dia 5 penilaian positif dan negatif untuk Sony Xperia C4 Dual di tahun 2018 ini.

Saya cuma bisa merekomendasikan ponsel ini jika Anda punya tujuan mengkoleksinya, atau menjadikannya ponsel backup saja ya. Karena kameranya bisa diandalkan jika sesekali Anda gunakan berfoto.



Udah lihat hasil kameranya? Ya udah, gitu aja. Saya ga bisa merekomendasikan ponsel ini selain untuk dua tujuan tadi. Terlalu ketinggalan euy. Mending nambah 15 juta aja biar dapet iPhone X, ya ga, hahaha. Becanda ya, mbok jangan diseriusin mulu toh....

Demikian ulasan yang diproduksi menggunakan Samsung Galaxy Note FE ini, dari Kota Cimahi Aa Gogon pamit undur diri, wassalam.

Comments

Popular Posts