Gadget Promotions

Friday, December 21, 2018

Review Realme U1, Realme dengan Kamera Terbaik Sejauh Ini



Anda yang sudah menonton review Realme 2 Pro di channel ini, pasti akan merasa familiar dengan produk terbaru dari Realme, yaitu Realme U1.

Ya, sekilas tidak ada perbedaan pada penampilan kedua smartphone ini. Untung saya bisa dapat Realme U1 berwarna fiery gold, satu varian warna yang tak dimiliki Realme 2 Pro. Warna gold-nya sih terlihat kece dan juga keren, menurut saya masih masuk untuk digunakan cowo, terlebih sisi depannya masih berwarna hitam ya.

Realme nampaknya ingin menegaskan bahwa dewdrop notch jadi ciri khas smartphone besutan mereka. Pun dengan backcover glossy yang pastinya membuat kesan mewah smartphone ini lebih terasa.

Lalu, selain warna, apa dong bedanya Realme U1 ini? Sebetulnya jika disimak baik-baik, Realme U1 hadir dengan bezel yang semakin tipis, dan backcovernya disebut memiliki 13 lapis atom level mikro yang selain tampil menawan, juga nyaman digenggam dan lebih tahan goresan.

Layarnya kini sudah memiliki screen to body ratio yang mencapai 90,8%. Dengan panel IPS  dan kerapatan mencapai 409 ppi, ponsel ini nampaknya sangat siap untuk jadi ponsel multimedia. Plus, proteksi Gorilla Glass 3 hadir juga.

Lalu jika kita melihat spec sheetnya, setidaknya ada 2 hal mendasar yang jadi diferensiasi Realme U1 dari produk sebelumnya, yaitu SoC dan konfigurasi kamera.

Kita mulai bahasan kamera dulu ya. Realme U1 masih memiliki jumlah kamera yang sama, dua di belakang, dan satu di depan. Yang membedakan adalah spesifikasi teknis hardware kamera yang digunakan.

Kali ini, Realme menyematkan kamera selfie beresolusi super besar, yaitu 25 Megapixels yang memakai sensor Sony IMX576 serta bukaan lensa f/2.0. Di atas kertas, ini adalah jaminan mutu ya, namun saya sarankan lihat dulu hasil foto selfie saya berikut ini deh.



Bagaimana? Selfienya keren kan segini? AI yang ada pada ColorOS 5.2 nampaknya semakin bagus performanya di Realme U1 ini. Selfie bokeh pun tergolong rapi, dan mode super vivid juga tersedia. Dan saya juga senang dengan hasil selfienya di saat kondisi lowlights yang tetap jernih dan minim noise. Satu lagi, walaupun mode beautification menyala, kemampuan AI-nya mendeteksi gender membuat hasilnya tidak berlebihan bagi saya yang cowok ini.

Beralih ke kamera belakang, Realme U1 dibekali dua kamera. Yang pertama adalah kamera utama dengan lensa f/2.2 dan sensor 13 Megapixels. Sementara yang kedua adalah lensa depth sensor 2 Megapixels, dengan bukaan f/2.4.

Dan bagi saya, ini adalah smartphone Realme dengan kamera terbaik sejauh ini. HDR-nya bekerja dengan baik, membuat exposure tersebar secara baik, dan hasilnya sangat bisa dinikmati. Anda yang senang dengan warna-warna yang lebih hidup, bisa memanfaatkan super vivid mode untuk hasil foto yang lebih vibrant.

Dan di lowlights, lagi-lagi kameranya mampu menampilkan performa menawan, di mana hasil foto tetap terlihat minim noise.

Sementara untuk perekaman video, bisa dilakukan pada resolusi maksimal Full HD. Asyiknya, mode super vivid juga hadir pada video, hanya saja resolusinya maksimal di HD 720p. Framerate videonya sudah cukup untuk membuat hasilnya nampak halus, tak patah-patah. Sehingga meskipun stabilisasinya tak terlalu terasa, hasilnya masih enjoyable.

Fitur kameranya cukup lengkap, termasuk mode manual alias professional yang lengkap, lalu juga adanya slow-motion mode di 240fps ya. Untuk pengaturan optimal di berbagai kondisi, AI scene recognition juga ada.

Jika ada yang bisa sedikit saya beri feedback, masalah pengaturan kamera yang harus masuk dari menu setting system apps, harusnya bisa diberi akses langsung dari aplikasi kamera ini.

Lanjut ke masalah SoC, Realme U1 adalah smartphone pertama di dunia yang menggunakan chipset MediaTek Helio P70. Processor ini bersanding dengan GPU Mali-G72 yang performanya diklaim lebih efisien sekitar 13% dibanding Helio P60.

Apa artinya? Artinya adalah konsumsi daya yang lebih hemat dari smartphone yang menggunakan Helio P60. Dengan baterai 3.500 mAh yang dimilikinya, Realme U1 mampu bertahan hingga 40 jam dengan pemakaian cukup intens untuk social media, messaging, camera, dan sedikit gaming.

Dan untuk gaming, Realme U1 menurut saya sangat mampu mengimbangi performa Realme 2 Pro, di mana saat bermain PUBG, setting maksimal untuk graphic ada pada HD, dengan framerate High.

Bermain PUBG selama setengah jam hanya membuat ponsel ini sedikit saja menghangat, dan yang pasti saya mainnya enjoy karena gameplaynya lancar sekali.

Buat yang penasaran dengan skor Antutu Benchmark, Realme U1 punya skor menembus 130-ribuan lho. Jadi saya harap tidak ada lagi yang menggeneralisir bahwa Mediatek itu jelek ya.

Faktanya, sejak Helio P60 lalu, performanya sudah sangat baik, dengan konsumsi daya yang juga hemat dan tak mudah panas juga berkat fabrikasinya yang sudah 12nm. Dan Helio P70 pada Realme U1 ini semakin mematahkan stigma bahwa Mediatek itu tak sebagus Snapdragon.

Yup, penggunaan Helio P70 ini juga memungkinkan kedua nomor mengakses jaringan 4G secara bersamaan, termasuk untuk VoLTE-nya lho. Mantap bukan?

Masih ingat tidak keluhan saya tentang ColorOS? Rupanya, perbaikan pada ColorOS 5.2 ini sudah mencakup beberapa hal yang dulu saya jadikan feedback. Ya, untuk menghilangkan notification item, baik itu yang berupa toast ataupun yang muncul pada notification drawer, kini cukup di-swipe ke samping sekali saja.

Sementara fitur favorit saya dari ColorOS ini adalah smart sidebar yang membuat kita dapat mengakses aplikasi lain yang sudah kita atur, saat layar sedang menampilkan suatu aplikasi yang fullscreen.

Sidebar ini juga punya fitur lebih banyak lagi saat kita bermain game. Intinya, game makin bisa dinikmati tanpa interupsi, dan fitur-fitur tambahan bisa kita akses dengan mudah, misalkan saat kita hendak merekam gameplay kita.

Kamera ok, performa ok, UX makin enak, lalu bagaimana dengan security? Kalau yang dimaksud adalah performa fingerprint dan face unlocknya, ini mah jangan khawatir lah. Fingerprint-nya cepat dan akurat, sementara face unlocknya juga tak kalah baiknya, plus mampu bekerja dengan baik juga di kondisi redup cahaya.

Saran saya bagi Realme ke depannya, mungkin ada baiknya mulai memikirkan cara untuk menempatkan LED Notification, agar smartphonenya tak hanya terlihat indah, namun juga informatif bagi penggunanya. Jadi saat lama ditinggal di atas meja, kita bisa tahu apakah ada pesan penting atau tidak yang hinggap di ponsel ini.

Dengan harga segini sih seperti biasa Realme selalu menawarkan value for money ya. Walau belum dilengkapi fitur fast charging, bagi saya mengisi daya selama 2 jam sih masih ok. Overall performanya sangat memuaskan, meskipun Realme U1 ini kabarnya lebih difokuskan ke masalah fotografi.

Jika Anda merasa cocok dengan paparan saya, dan tertarik memilikinya, link pembelian ada di deskripsi video juga ya.

Demikian hasil pengujian saya, dari Kota Cimahi, Aa Gogon pamit undur diri. Wassalam!

No comments:

Post a Comment