Gadget Promotions

Friday, February 3, 2017

Review X-Cam Sight 2, Bluetooth Gimbal Stabilizer untuk Smartphone Anda

Mata saya tertuju pada sebuah gadget unik yang mejeng di salah satu kotak product suggestion pada halaman website Banggood.com. Saat itu harganya adalah sekitar $55, dan menilik pada deskripsi produknya, X-Cam Sight 2 adalah sebuah video stabilizer alias gimbal untuk smartphone yang juga dapat terhubung dengan bluetooth. Koneksi dengan bluetooth ini akan berguna untuk mengontrol kapan ponsel Anda mulai mengambil gambar, dan kapan mengakhirinya.

Dari informasi terakhir yang saya dapat, X-Cam Sight 2 ini mendapat potongan harga yang cukup besar sehingga harganya tinggal sekitar $45 saja.


Unboxing X-Cam Sight 2


Kelengkapan yang terdapat pada kemasan penjualannya tidak terlalu banyak, tapi lumayan juga dapet sebuah carrying pouch yang membuatnya dapat dibawa di dalam tas dengan lebih ringkas dan aman.

review x-cam sight 2 indonesia video stabilizer gimbal bluetooth

review x-cam sight 2 indonesia video stabilizer gimbal bluetooth

review x-cam sight 2 indonesia video stabilizer gimbal bluetooth

review x-cam sight 2 indonesia video stabilizer gimbal bluetooth



X-Cam Sight 2 dalam Penggunaan

Pengoperasian X-Cam Sight 2 cukup sederhana. Kita tinggal memasangkan smartphone pada dudukannya dengan seimbang, jangan sampai lebih berat ke kanan atau kiri demi hasil yang baik. Setelah itu kita cukup menekan dan menahan tombol power yang terletak pada sisi atas pegangan gimbal ini, hingga lampu indikatornya menyala.

review x-cam sight 2 indonesia video stabilizer gimbal bluetooth

review x-cam sight 2 indonesia video stabilizer gimbal bluetooth


Kemudian smartphone akan dibawa ke dalam posisi perekaman horizontal. Segera setelah posisi smartphone berubah, maka stabilization dapat kita rasakan. Sumbu gerakan yang dapat dilakukan hanyalah dua buah, yaitu ke kanan dan kiri, serta menjauh dan mendekat badan kita, sesuai dengan gerakan ayunan tangan.

Jogger yang ada pada pegangan dari X-Cam Sight 2 ini dapat membuat sudut perekaman naik dan turun atau biasa disebut dengan tilting. Bila Anda sudah melakukan pairing bluetooth dengan smartphone Anda, maka jogger ini pun berfungsi sebagai tombol shutter, baik itu dalam mode foto maupun video.

Saat gimbal ini mendeteksi tidak ada gerakan apa-apa dalam beberapa puluh detik, maka secara otomatis benda ini akan mematikan dayanya. Sayangnya, saat daya mati, maka smartphone akan berada pada posisi seperti terkulai lemas. Sehingga untuk dalam kondisi perekaman tertentu, Anda harus memastikan gimbal ini tidak otomatis mematikan daya, atau proses rekaman Anda akan terganggu.

review x-cam sight 2 indonesia video stabilizer gimbal bluetooth

review x-cam sight 2 indonesia video stabilizer gimbal bluetooth


Harus saya akui, stabilizer ini lebih banyak berguna untuk membantu gerakan smartphone saat melakukan panning ke samping, serta gerakan semacam zoom-in dan zoom-out. Tilting agak susah dilakukan dengan lembut mengingat jogger-nya terasa ringan digerakkan. Mungkin butuh penyesuaian lebih lama agar gambar yang dihasilkan semakin smooth.

Saat sang camera person bergerak dengan mengalami cukup banyak goncangan, semisal naik turun tangga atau melompat-lompat, rasanya stabilizer ini tidak banyak membantu.

Saya membuat perbandingan pengambilan video dengan dan tanpa menggunakan X-Cam Sight 2. Dua buah smartphone saya gunakan dalam pengujian ini, yaitu Xiaomi Mi 5 dan Blackphone BP1. Hasilnya dapat disimak langsung pada video berikut ini ya.



Apa Kata Aa tentang X-Cam Sight 2

review x-cam sight 2 indonesia video stabilizer gimbal bluetooth

Stabilizer ini memiliki kelebihan pada ukurannya yang cukup ringkas serta harganya yang terjangkau. Untuk Anda yang sering mendokumentasikan kegiatan Anda menggunakan kamera smartphone, bisa jadi ini adalah sebuah must have gadget.

Namun, perangkat ini memang kurang nyaman digenggam. Selain bentuknya yang tak ergonomis, bobotnya yang ringan pun kurang membantu proses penstabilan gambar. 

Untuk beberapa aktifitas seperti perekaman acara yang membutuhkan panning terhadap jejeran orang atau objek misalnya, saya rasa gimbal ini akan cocok digunakan. Atau jika Anda ingin mengambil video sekeliling Anda dengan cara sedikir memutar, stabilizer ini pun akan berguna.

Sayangnya saya rasa gibal ini tidak akan banyak membantu apabila Anda hendak mengambil gambar sembari berlari atau naik dan turun tangga.

Atau, bisa jadi memang bukan masalah gadget-nya. Tapi the man behind the gun! Saya kan bukan videografer yang baik, pun tak memiliki cukup ilmu mengenai sinematografi. Mungkin inilah yang membuat saya merasa perangkat ini tidak cukup banyak membantu pekerjaan atau aktifitas saya.

Anda yang punya keahlian dalam video making, mungkin akan cocok menggunakan gadget ini saat sedang tak mau repot membawa kamera SLR Anda. Who knows...

Yang pasti, Anda dapat memiliki sebuah X-Cam Sight 2 dari Banggood.com melalui link ini untuk mendapatkan promosi dengan harga terbaik ya. (Diskon 10% OFF dengan Coupon Code: "CellAcc")

Mini review-nya dicukupkan sekian, semoga menambah wawasan Anda soal dunia gadget ya. Hatur nuhun!

No comments:

Post a Comment