Gadget Promotions

Monday, July 23, 2018

Review Huawei Y5 Prime 2018, Begini Toh Huawei yang Sejutaan...



Ini adalah smartphone android Huawei sejutaan pertama yang saya coba, ya seri Y pertama yang saya coba juga.

Semasa perjalanan arus balik kemarin, Huawei Y5 Prime 2018 ini jadi ponsel kedua menemani Huawei P20 Pro yang merupakan daily driver saya saat ini.

Memang jomplang kalo dibandingkan keduanya, namun untuk ukuran hape dengan harga 1.599.000 sih Y5 Prime 2018 ini tak mengecewakan.

Sudah berjalan pada OS Android Oreo yang kekinian, smartphone ini juga sudah menggunakan layar full view dengan rasio 18:9. Dimensinya yang hanya 5,45 inci membuatnya enak digenggam karena ringkas, dan cocok banget jadi hape kedua mah.



Build quality-nya terasa tak banyak berbeda dari ponsel 2-jutaan Huawei. Termasuk layarnya yang memiliki reproduksi warna yang baik, hanya kurang di lapisan kaca depannya yang reflektif alias gampang memantulkan bayangan saja.

Untuk urusan performa, Huawei Y5 Prime 2018 ini sudah dibekali processor entry level terbaru Mediatek, yaitu MT6739. Kalau melihat skor benchmark sih, ada peningkatan dari MT6737 walaupun tidak terlalu besar. Kira-kira setara Snapdragon 425 lah tenaganya.

Iseng saya coba install game Garena Free Fire untuk membunuh bosan sewaktu server PUBG sedang maintenance. Di luar dugaan game yang memang lebih ringan ini bisa dimainkan dengan sempurna, hingga saya sempat merasakan booyah, alias kemenangan pada game ini.Smooth-smooth aja dipake mainnya tuh.

Untuk masalah daya tahan, baterai 3.000 mAh-nya bisa diajak bertahan dari pagi hingga malam, namun tak lebih. Jadi ya sedang-sedang saja lah ketahanannya.

Satu yang perlu dicatat adalah ponsel ini memiliki dua slot nano sim-card dan satu slot micro-SD dedicated. Sementara storage internalnya sebesar 16 GB dengan RAM 2 GB.

Membandingkan apa yang didapat dengan bandrol harganya, saya tak bisa banyak komplain sih. Malah pujian patut diberikan pada performa kameranya di kondisi ideal. Tone warnanya natural sekali, dan dipakai mengabadikan pemandangan atau bunga-bunga sih mantap lah saya rasa. Dipakai selfie pun masih usable, beautificationnya cukup sedap dipandang mata. Satu yang penting adalah, kameranya dapat dioperasikan dengan lancar, ga lemot-lemotan yang berujung ke males-malesan.

Foto dan video berikut saya ambil menggunakan kamera Huawei Y5 Prime 2018 ini, silakan dinilai langsung ya!



Seri Y dari Huawei ini umumnya bisa didapatkan dengan mudah di gerai-gerai penjualan ponsel offline. Seri ini pulalah yang selama ini konsisten Huawei gelontorkan ke pasaran tanah air.

Tak bisa dibilang best value memang, mengingat rata-rata Huawei menjual smartphonenya pada level harga sedikit lebih tinggi untuk spesifikasi yang setara dengan pesaingnya. Namun masalah kualitas memang berbicara, ponsel seterjangkau inipun masih mantap sekali dalam genggaman, tidak ada kesan murahan.

Bahkan packaging-nya pun tetap terasa elegan meskipun ponsel ini masuk kategory entry level.

Pricing-nya Huawei rada mirip dengan Samsung lah. Kita lihat apakah Huawei bisa menggenjot penjualannya sesukses Samsung di Indonesia atau tidak ya.

Paling tidak saya sudah tak penasaran lagi dengan seri Y milik Huawei ini. Saya sudah coba hampir semua level smartphone Huawei sekarang, tinggal seri Mate saja nih yang belum, hehe. Doakan ada rezekinya ya!

Segini aja videonya ya, dari kota Cimahi, Aa Gogon pamit undur diri. Wassalam!

No comments:

Post a Comment