Jadikan Smartphone Anda sebagai Remote Control dengan Benda Kecil Ini!


Dulu, kita bertukar data dengan teman melalui port infrared. Masalahnya ketika ingin melakukan proses transfer data, kedua handphone harus saling berhadapan tepat pada bagian pemancar sinar infra merah ini. Untuk masalah kecepatan transfer data juga jangan ditanya, kirim sebuah foto resolusi VGA saja bisa mengabiskan waktu hingga dua menit.

Seiring semakin populernya teknologi baru dalam koneksi nirkabel antar perangkat yang dinamakan bluetooth, penggunaan infrared pun semakin ditinggalkan. Hingga kini, nyaris tidak ada smartphone yang tidak memiliki koneksi bluetooth. Selain tidak perlu selalu berhadapan, kecepatan transfer data pun meningkat hingga berkali-kali lipat. Batasannya hanyalah jarak di mana biasanya koneksi bluetooth mempunyai batas maksimal sejauh sepuluh meter. Tidak seperti halnya infrared, bluetooth terus meningkat popularitasnya seiring perbaikan-perbaikan yang dibawa hingga versi termutakhirnya yaitu versi 4.0 dengan kelebihan transfer data yang cepat dengan kebutuhan daya yang sangat kecil.

Kini port infrared kembali populer, dan banyak digunakan pada smartphone high-end untuk fitur remote control. Cukup dengan membawa sebuah smartphone, kini kita dapat mengontrol banyak perangkat elektronik di rumah kita, mulai dari TV, AC, hingga DVD Player.

Sayangnya, harga smartphone yang memiliki port infrared pada umumnya cukup mahal. Entah karena ini jadi trik marketing atau memang menyematkan sebuah pemancar dan penerima sinar infra merah pada sebuah smartphone membuat biaya produksi menjadi membengkak, sehingga port infrared ini hanya disertakan pada smartphone kelas atas. Seringkali ketiadaan port ini menjadi penghalang seseorang untuk berpindah smartphone dari yang saat ini dipegang. Memang, remote di rumah saya saja sering mempraktekkan jurus menghilang, sehingga fitur remote control pada sebuah smartphone menjadi sangat berharga.

Remote control kan tidak bisa dimiskol kalau hilang, smartphone sih bisa. Mungkin itu yang menjadi alasan beberapa orang memilih smartphone yang memiliki fitur remote control menggunakan port infrared yang dibawanya.



Namun kini, smartphone Anda pun bisa menjadi remote control, meskipun tidak memiliki port infrared out of the box. Anda tinggal tambahkan perangkat ini saja pada smartphone Anda, namanya Smartphone Wireless IR Remote Control. Karena kepanjangan, kita sebut IR Remote saja ya. Perangkat ini cukup dipasangkan pada port audio 3.5 mm pada smartphone Anda. Untuk pengoperasiannya cukup download aplikasi ZazaRemote di PlayStore lalu lakukan pengaturan agar smartphone Anda bisa menjadi remote control dari banyak perangkat elektronik yang Anda miliki.

Layaknya sebuah universal remote control, sebelum menggunakan perangkat ini maka Anda perlu mengatur dan membuat konfigurasi remote control untuk masing-masing perangkat. Jangan khawatir, database perangkat yang didukung oleh ZazaRemote cukup melimpah koq. Saya sudah berhasil mengontrol televisi istri saya yang bermerk Toshiba, sehingga walaupun remote-nya terselip di antara tas-tas koleksinya, saya masih bisa menyalakan televisi di kamar menggunakan smartphone saya, Meizu M2 Note.





Caranya cukup mudah dan intuitif, setelah Anda menginstall ZazaRemote dan membukanya, Anda akan dihadapkan pada menu wizard untuk menentukan pilihan konfigurasi remote yang sesuai dengan perangkat elektronik yang Anda miliki. Kita dapat memilih jenis perangkat, lalu kemudian memilih merknya. Setelah itu aplikasi ZazaRemote akan menampilkan jumlah kombinasi konfigurasi yang tersedia, lalu kita akan diminta menekan tombol pada layar sembari mengarahkan IR Remote kepada perangkat elektronik yang kita kehendaki. Jika ada respon pada perangkat elektroniknya, kita dapat menekan tombol Has Response, dan aplikasi akan menerukan pada tombol selanjutnya untuk dicoba. Sementara jika tidak ditemukan respon, aplikasi akan melanjutkan pada kombinasi konfigurasi selanjutnya untuk dicoba. Hal ini akan berlangsung beberapa kali hingga ZazaRemote merasa telah menemukan konfigurasi yang tepat untuk perangkat elektronik Anda.

ZazaRemote dapat menambahkan beberapa konfigurasi remote control berdasarkan ruangan dalam rumah Anda. Jadi kita bisa menambahkan remote AC Sharp dan remote TV Samsung pada ruang Bedroom, dan remote AC Panasonic beserta remote TV Samsung dan DVD Player Philips pada ruang Livingroom. Sederhana dan sangat intuitif, gudjob ZazaRemote.




Tapi saya harus buka rahasia. Saya gagal mengontrol AC di kantor yang bermerk Changhong sih, padahal sudah 72 kombinasi konfigurasi remote AC Changhong yang disediakan ZazaRemote saya coba. Entah hanya terjadi pada saya atau bagaimana, karena yang saya baca ada juga pengguna yang bisa menggunakan alat ini unuk mengontrol AC Changhong miliknya.

So, buat Anda yang sudah memiliki smartphone tapi tidak terdapat port infrared, atau Anda yang bingung menentukan pilihan smartphone baru yang akan dibeli karena masalah port infrared, maka Anda dapat menghilangkan masalah itu dari pikiran Anda. Dengan perangkat yang dapat dibeli dengan harga antara 35-55 ribu rupiah ini, Anda bisa menguasai dunia. Menghidupkan dan mematikan, maupun mengganti saluran televisi di tempat tunggu apotek misalnya, he.. he.. he..



Cukup membantukah informasi yang saya bagikan kali ini? Jika setelah membaca tulisan ini kemudian Anda merasa membutuhkan alat ini, cukup cari "Smartphone Infrared Wireless" di beberapa marketplace kesukaan Anda. Yang sudah saya cari, alat ini tersedia di Tokopedia, Elevenia, dan JakartaNotebook. Harga termurah dapat Anda temukan di JakartaNotebook, tapi kali ini saya membelinya di Elevenia, memanfaatkan voucher dan poin yang saya miliki, sehingga uang yang saya harus keluarkan di Elevenia kemarin hanya Rp 200,- saja lho! Kalo beli permen kayanya cuma dapat tiga biji tuh segitu, ha.. ha..

Selamat mengontrol perangkat elektronik di sekitar Anda ya :)

Comments

  1. merk apa gan minta liknya buat toko pedia dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan om: https://www.tokopedia.com/search?q=smartphone+wireless+infrared

      Delete
  2. Ane kok gaga ya gan kok ga bisa dipake Smartphone IR remotenya

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Saya rakit sendiri gan ir nya tpi gbsa y,pakai bekas earphone

    ReplyDelete
  5. Mantap ini gan jadi ngk usah bayak remot dirmah,hp saya meizu m2 note tidak ada infra red nya ternyata ada perangkat tambahannya

    ReplyDelete
  6. Itu buat di pasang hp realme c2 bisa gak om buat remot tv

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts