Review Coolpad Max, Smartphone dengan Ruang Ganda Nan Lega

Review Coolpad Max Indonesia

Setelah beberapa hari menggunakan Coolpad Max berdampingan dengan smartphone yang menjadi ponsel utama saya, akhirnya saya pun bisa menarik kesimpulan-kesimpulan apa saja yang mau saya bahas di tulisan review kali ini.

Selagi ada waktu menunggu para pelamar kerja mengisi form dan tes tulis, saya mulai saja deh menulis ulasan lengkap dari hasil pemakaian Coolpad Max selama beberapa hari. Sebagai informasi, saat saya memulai tulisan ini, saya berada di sebuah ruangan meeting di Hotel Verona Palace, Bandung, yang kantor saya (Paybill Indonesia) sewa untuk proses rekrutmen besar yang kedua sejak kami setup sebuah development office di Bandung tahun lalu.

Untuk yang melewatkan proses unboxing dan kesan pertama saya terhadap Coolpad Max, saya sarankan Anda membacanya terlebih dahulu ya.


Spesifikasi Teknis Coolpad Max

Kita mulai pembahasan dari spesifikasi teknis Coolpad Max ini ya. smartphone ini hadir dengan layar berukuran 5,5 inci beresolusi Full HD 1080p yang menurut saya terlihat tajam dengan reproduksi warna yang baik dan vivid. Di ukuran layar sebesar itu, resolusi 1920 x 1080 pixel sudah sangat cukup, saya tidak bisa menemukan perbedaanya dengan layar yang beresolusi 2K atau QHD.

Malah, layar QHD berpotensi memberatkan kinerja prosesor grafis yang dimiliki sang ponsel pintar. Yang saya alami sendiri sih saat memutar video lalu hendak menggeser ke menit tertentu, prosesnya cukup tersendat di layar QHD.

Beralih ke dapur pacunya, Coolpad Max ini menggunakan processor besutan Qualcomm, yaitu Snapdragon 617 yang memiliki jumlah inti sebanyak delapan buah alias octa-core, dengan clockspeed maksimal 1.5 GHz. Qualcomm umumnya melabeli processor kelas menengah mereka dengan angka 6xx, yang jika dibandingkan dengan harga jual Coolpad Max yang hampir menyentuh angka lima juta rupiah terasa mahal. Skor Antutu Benchmark yang berkisar di angka empat puluh ribuan adalah cerminan level processor ini.


Skor Antutu Benchmark Coolpad Max
Skor Antutu Benchmark Coolpad Max

Namun, Coolpad memberi nilai lebih di sisi kapasitas RAM dan penyimpanan media. Ya, Coolpad Max memiliki RAM sebesar 4 GB dengan memori bawaan seluas 64 GB. Saat pertama dinyalakan, masih tersedia ruang kosong di hati Aa sejak ditinggal kawin sama Gista sekitar 52 GB pada memori bawaan Coolpad Max. Cukup lega bukan? Memang harus begitu, soalnya Coolpad Max membutuhkan ruang penyimpanan lebih untuk menyimpan semua kenangan Aa bersama dia, ya dia, tak perlu Aa sebut lagi namanya memfasilitasi satu buah fitur yang saat ini baru ada di jajaran smartphone milik Coolpad.

Detail Storage Coolpad Max
Detail Storage Coolpad Max


Fitur Dual Space pada Coolpad Max

Fitur yang saya maksud pada bagian sebelumnya adalah fitur Dual Space. Fitur ini jadi unggulan Coolpad dalam memasarkan smartphone ini. Singkatnya fitur ini memungkinkan Coolpad Max menggunakan dua ruang berbeda dalam satu ponsel, sehingga terasa seperti memiliki dua ponsel yang berbeda isinya.

Ruang pertama adalah ruang normal, di mana smartphone Coolpad Max beroperasi seperti biasa layaknya ponsel Android lainnya. Sementara ruang kedua adalah ruang privat atau rahasia yang mana semua data di sana takkan bisa diakses oleh orang lain. Mulai dari file-file media, hingga aplikasi-aplikasinya terkunci hanya untuk Anda, dan jangan lupa Anda bisa menggunakan akun yang berbeda untuk setiap aplikasi yang berjalan di ruang privat.

Jika Anda hanya berniat menggunakan ruang privat ini untuk penggunakan dua akun pada aplikasi yang sama, tidak butuh kerahasiaan macam-macam, tampilkan saja ikon untuk pindah ke private space di homescreen Coolpad Max dan tak perlu set kunci untuk masuk ke ruang ini. Tinggal tap ikon kunci berlabel private space, dalam sekejap mata Anda seperti pindah menggunakan smartphone lain. Tap ikon home untuk kembali ke ruang normal.

Namun, lain halnya jika Anda punya niat berbeda pada ruang privat ini. Untuk percakapan sensitif yang tidak ingin diketahui orang lain, pasangan atau bos misalnya, hehehe.. Sembunyikan ikon kunci, lalu set kunci untuk masuk ke ruang privat ini. Lebih ringkas lagi apabila Anda mengatur salah satu sidik jari tangan Anda untuk menjadi pemicu perpindahan ruang atau space ini. Misalkan jari telunjuk tangan kanan diatur untuk membuka kunci layar, sementara telunjuk kiri untuk pindah ruang. Maka saat ingin menggunakan smartphone ini untuk keperluan biasa, tempelkan telunjuk kanan ke pemindai sidik jari Coolpad Max yang berada di punggung ponsel ini. Sementara saat ingin mengakses ruang privat, tempelkan telunjuk kiri. Ini bisa dilakukan bahkan saat layar Coolpad Max masih dalam keadaan padam lho, keren kan?

Masih kurang jelaskah? Oke, gini deh. Misalkan waktu Aa sedang bersama pasangan, Aa selalu gunakan telunjuk kanan agar yang terbuka adalah ruang normal. Saat dia pergi ke toilet, Aa gunakan deh telunjuk kiri untuk membuka ruang privat sehingga Aa dapat chat dengan Gista tanpa ketahuan seseorang yang tidak disukai pasangan Aa. Errrr, masa harus lebih dijelaskan lagi sih, hahaha... Ingat, ini cuma contoh saja yaaa, C-O-N-T-O-H!


Desain Coolpad Max

Desain Coolpad Max ini layak masuk ke kategori smartphone cantik, terlebih dengan ketersediaan pilihan warnanya yang agak feminim. Bentuknya yang tipis serta bahan metal yang terasa berkualitas pun mantap dalam genggaman. Sisi layarnya terasa lembut berkat lapisan kaca dengan tepian melengkung. Penempatan lubang speaker pada bagian sisi bawah menjadi nilai tambah yang Coolpad berikan.

Sisi minusnya adalah di bezel layar yang terlihat seperti berusaha disamarkan oleh Coolpad. Maksud saya, kalau memang ada bezel-nya ya sudah perlihatkan saja apa adanya, tidak semua orang mempermasalahkan bezel yang tidak terlalu tipis koq. Saya sendiri masih membutuhkan kehadiran bezel di pinggiran layar untuk melakukan sapuan saat ingin menampilkan notification bar saat ponsel berada dalam posisi layar landscape untuk bermain game yang berjalan secara fullscreen misalnya. Kesan murahan malah muncul pada ponsel-ponsel yang menyembunyikan bezel dengan warna hitam di sekeliling layar, berbeda dari warna body ponsel. Kesan ini akan jelas muncul saat ponsel padam dan kita beranggapan layarnya bezelless, kemudian merasa tertipu saat melihat layarnya dinyalakan. Terlebih, materi foto promosi produk seringkali dibuat supaya layarnya benar-benar terlihat tanpa bezel.

Satu kelemahan lain adalah slot micro-SD yang bergantian dengan slot sim-card kedua. Untunglah memori bawaan Coolpad Max sudah lega, jadi tanpa penggunaan micro-SD pun bagi saya sudah terasa cukup, mengingat fitur dual-sim jauh lebih penting dalam keseharian saya.


Kamera Coolpad Max

Coolpad Max memiliki dua buah kamera. Kamera utama yang berresolusi 13 Megapixels hadir ditemani dual-tone LED Flash. Peletakan posisi kamera utama terasa riskan tertutupi jari pada saat memegang Coolpad Max dalam posisi landscape saat memotret, butuh pembiasaan supaya dapat digunakan tanpa terganggu jari.

Review Coolpad Max Indonesia

Review Coolpad Max Indonesia


Sementara kamera depannya memiliki resolusi sebesar 5 Megapixels dan tiada berteman dengan LED Flash. Kualitas gambar yang dihasilkan kedua kamera Coolpad Max dapat dilihat pada artikel Hasil Foto Menggunakan Kamera Coolpad Max berikut ini.


Fitur Multimedia pada Coolpad Max

Dari pengalaman saya menggunakan Coolpad Max, mau tak mau saya merasakan bahwa smartphone yang satu ini mempunyai titik berat lebih pada bidang multimedia. Layar yang cerah dan jernih, kamera yang mampu menghasilkan gambar yang baik, dan kemampuan audio yang prima.

Ya, kemampuan audio Coolpad Max dapat saya katakan masuk ke kategori di atas rata-rata, mengacu pada jajaran smartphone yang pernah saya coba. Asyiknya, dua buah lubang speaker yang ada pada sisi bawah Coolpad Max ternyata benar-benar mengeluarkan suara, tidak hanya sebelahnya saja. Jadinya suara yang dihasilkan cukup bertenaga, dan tidak takut tertutup jari pada saat ponsel ini dipegang pada kedua sisinya untuk menonton video misalkan.

Review Coolpad Max Indonesia


Lagi-lagi memori bawaannya yang luas memungkinkan kita menyimpan banyak file multimedia. Klop kan kalau saya bilang ini smartphone untuk kebutuhan multimedia?


Performa dan Daya Tahan Baterai Coolpad Max

Performa Coolpad Max sejauh yang saya gunakan terbilang baik. Hampir tidak ada lag berarti yang saya temukan, saya tengarai RAM-nya yang besar membuatnya jadi tak punya masalah untuk melakukan multitasking.

Tapi, penggunaan RAM yang besar berarti makin banyak proses yang bisa berjalan di memori, yang artinya juga penggunaan daya menjadi lebih besar. Dan ya, baterai Coolpad Max yang berkapasitas sebesar 2.800 mAh ini terasa cukup cepat habis. Gambaran konsumsi daya selama saya pakai dapat dilihat pada beberapa screenshot di bawah ini.

Review Coolpad Max Indonesia

Review Coolpad Max Indonesia

Review Coolpad Max Indonesia

Review Coolpad Max Indonesia

Review Coolpad Max Indonesia



Dengan daya tahan baterainya yang tidak dapat dikatakan istimewa, Coolpad Max hadir dengan pelipur lara berupa kemampuan Fast Charging. Saat saya isi daya pada pukul 19:33, indikator baterai menunjukkan kapasitas 33%. Pada pukul 19:59 indikator baterai sudah menunjukkan angka 80% atau atau sudah naik sebesar 47% hanya dalam waktu 26 menit. Untuk mengisi penuh dari kondisi baterai tersisa sekitar 10%, waktu yang diperlukan tak sampai satu jam saja. Yah, paling tidak walau cepat habis, penuhnya kembali juga cepat lah.

Review Coolpad Max Indonesia


Fitur fast charging ini bisa didapatkan saat menggunakan kepala charger bawaan yang disertakan pada paket penjualan Coolpad Max yang mampu menyuplai arus sebesar hingga 2A pada tegangan 5v maupun 7,5v.

Untuk hasil benchmark dan info hardware selengkapnya dapat dilihat pada artikel proses unboxing dan kesan pertama saya terhadap Coolpad Max ya :)


Plus dan Minus Coolpad Max

Review Coolpad Max Indonesia

Review Coolpad Max Indonesia


Menurut saya, Coolpad Max memiliki kelebihan-kelebihan yang jarang ditemui di smartphone lain. Pun begitu bukan berarti tak ada kekurangannya lho, untuk lebih lengkapnya kita buat daftar kelebihan dan kekurangannya saja ya.

Kelebihan Coolpad Max

  1. Bentuknya yang cantik dan tipis serta build quality yang baik.
  2. Layar tajam nan responsif, warna yang dihasilkan cerah dan jernih.
  3. Memori lega, baik RAM maupun memori penyimpanan internal.
  4. Fingerprint scanner yang beroperasi dengan cepat dan sangat jarang gagal membaca sidik jari saya.
  5. Fitur-fitur yang berguna: Dual Space, Scroll Screenshot.
  6. Dual stereo speaker, audio yang dihasilkan speaker cukup lantang, menggunakan earphone pun suaranya memuaskan.

Kekurangan Coolpad Max

  1. Harga yang terlalu berani untuk brand yang masih terbilang pendatang di Indonesia, dengan kata lain masih kemahalan.
  2. Dengan harga cukup premium, masih menggunakan processor kelas menengah.
  3. Bezel di sekitar layar terkesan disembunyikan, menimbulkan kesan murahan saat dinyalakan.
  4. Slot hybrid untuk micro-SD atau sim-card kedua, walaupun sebetulnya tidak terlalu butuh micro-SD karena memori internal sangat lega.


Apa Kata Aa tentang Coolpad Max

Sebetulnya pendapat saya tentang Coolpad Max sudah tercermin dari plus minus smartphone ini yang saya tuliskan. Seandainya saja harga bukan masalah, saya merasa nyaman menggunakan smartphone terbaru dari Coolpad ini. Menilik pada kebutuhan saya yang lebih banyak untuk penggunaan browsing internet, social media, sesekali foto-foto, mendengarkan lagu di perjalanan, serta menonton film seri kesayangan, rasanya smartphone ini sudah cukup banget deh.

Sayangnya, saya tidak akan mau mengeluarkan lima juta rupiah untuk itu. Dengan spesifikasi dan semua yang bisa saya dapatkan dari Coolpad Max, saya hanya rela mengeluarkan uang maksimal tiga setengah juta Rupiah saja. Nah, kebetulan Coolpad mengeluarkan versi lebih terjangkau dari smartphone ini, yaitu Coopad Max Lite. Dengan harga jual Rp 2.999.000,- apakah Coolpad Max Lite akan membuat saya merasa harganya sepadan dengan yang didapatkan? Hmm, tunggu saja reviewnya, kebetulan saya juga dipinjami Coolpad Max Lite nih.

Tapi jika Anda penasaran ingin merasakan sendiri untuk menilai apakah harga yang diberikan Coolpad pada smartphone unggulannya ini terlalu mahal atau tidak, silakan klik link promo pre-order Coolpad Max di Blibli.com ini ya.

Demikian tulisan review kali ini, yang saya selesaikan sembari menahan kantuk selepas sahur pertama di Ramadhan tahun ini. He.. he.. Selamat menunaikan ibadah puasa ya, semoga tulisan saya bisa membantu Anda melewatkan waktu menunggu berbuka :D

Comments

Popular Posts