Gadget Promotions

Wednesday, September 14, 2016

Review Xiaomi Redmi Note 4 Indonesia, Satu Minggu yang Manis Bersama

review xiaomi redmi note 4 indonesia


Suatu malam, saya sedang iseng menelusuri tumpukan e-mail dari salah satu milis teknologi terbesar di Indonesia. Saya menemukan sebuah post jualan salah seorang rekan milis yang menawarkan Xiaomi Redmi Pro dan Xiaomi Redmi Note 4. Wow, saya pikir, kekinian sekali jualannya! Terlebih penawarannya cukup menarik, barang ready walau stoknya hanya satu, dan harganya masih lebih murah dari harga pre-order yang sempat beredar di milis yang sama.

Sebuah e-mail singkat segera saya layangkan, menanyakan ketersediaan sebuah Xiaomi Redmi Note 4 warna grey, dengan RAM 3 GB dan internal memory 64 GB. Karena hari sudah larut, e-mail saya tak cepat berbalas, saya pun beranjak ke sebuah marketplace lokal untuk mengetikkan susunan kata "Xiaomi Redmi Note 4" di kolom pencariannya. Dan beberapa produk muncul pada hasil pencarian, ada yang kombinasi RAM 3GB dan internal memory 64 GB, ada pula yang hadir dengan RAM 2 GB dan internal memory 16 GB saja. Kebanyakan status produk-produk tersebut masih pre-order juga alias indent, namun ada satu penjual yang menyatakan stoknya tersedia, walau hanya yang varian Gold alias Emas dengan sisi depan berwarna putih.

Keesokan hari, balasan e-mail pun saya terima. Seperti perkiraan saya, barangnya sudah habis, maklum stok beliau hanya semata wayang (wayang kulit, kalau wayang golek mah matanya tetap dua, hehe). Saya pun bergerak cepat menanyakan kembali stok dari penjual di marketplace yang menamakan dirinya Lapak Selusindo itu. Alhamdulillah masih kebagian, walau warnanya Gold dan harganya sedikit lebih mahal dari harga yang dipasang oleh rekan milis tadi. Memanfaatkan diskon sebesar seratus ribu rupiah, saya pun pada akhirnya jadi memesan sebuah Xiaomi Redmi Note 4.


Updated: Full Review (video version) silakan... (jangan lupa cek di bawah ada video versus Redmi Note 4 melawan Redmi Note 3 Pro)

Unboxing Xiaomi Redmi Note 4

Ternyata penantian saya dan harga yang lebih tinggi yang saya bayarkan berbuah manis. Xiaomi Redmi Note 4 datang tepat keesokan harinya. Malam-malam sepulang kerja, saya sudah tak sabar untuk melakukan unboxing, jadilah prosesnya berlangsung penuh deru nafas yang terengah-engah, haha. Namun rezeki tak dapat ditolak, ada bonus lengkap dari sang penjual untuk saya. Mau tahu bonusnya apa saja? Yuk, saksikan saja proses unboxing lengkapnya pada video berikut ini.



Videonya memang bisa dibilang temaram hehe, ditambah musik latar yang jazzy, semoga Anda tak tertidur di bagian ini, karena tulisan ini masih sangat panjang dan ada bagian-bagian menarik lainnya yang tak boleh dilewatkan. Sebagai penebus dosa atas temaramnya video di atas, berikut saya tampilkan foto-foto penampakan jelas Xiaomi Redmi Note 4 deh.

review xiaomi redmi note 4 indonesia
Xiaomi Redmi Note 4 - Dus kemasan penjualan

review xiaomi redmi note 4 indonesia
Xiaomi Redmi Note 4 - Keterangan di balik dus

review xiaomi redmi note 4 indonesia
Xiaomi Redmi Note 4 - Kelengkapan dalam kotak penjualan

review xiaomi redmi note 4 indonesia
Xiaomi Redmi Note 4 - Kepala charger dengan output 5v, 2A

review xiaomi redmi note 4 indonesia
Xiaomi Redmi Note 4 - sisi belakang

review xiaomi redmi note 4 indonesia
Xiaomi Redmi Note 4 - sisi bawah

review xiaomi redmi note 4 indonesia
Xiaomi Redmi Note 4 - sisi atas

review xiaomi redmi note 4 indonesia
Xiaomi Redmi Note 4 - sisi kanan

review xiaomi redmi note 4 indonesia
Xiaomi Redmi Note 4 - sisi kiri


Untunglah varian warna Gold pada Xiaomi Redmi Note 4 tak seperti Xiaomi Redmi Note 3 yang bagian depannya juga berwarna emas. Warna putih pada bagian depan Xiaomi Redmi Note 4 menjadikannya terlihat lebih elegan.

Saat saya melihat bagian pinggir dari body Xiaomi Redmi Note 4, rasanya sangat familiar karena garis desainnya sealiran dengan smartphone saya sebelumnya, Xiaomi Redmi 3x.

review xiaomi redmi note 4 indonesia
Xiaomi Redmi Note 4 - head-to-head dengan Xiaomi Redmi 3x

review xiaomi redmi note 4 indonesia
Xiaomi Redmi Note 4 - head-to-head dengan Xiaomi Redmi 3x

Namun, saat saya lanjutkan menelisik bagian per-bagiannya dan tiba pada dua buah garis putih di bagian punggung Xiaomi Redmi Note 4, seperti ada kenangan lama yang menyeruak menusuk ke kalbu. Seperti membuka album foto pernikahan mantan, seperti lewat di gerai yang menjual cemilan masa kecil kita di sebuah mall. Sempat berpikir keras, akhirnya saya sadari: "Ini sih mirip banget sama HTC One M7 saya dulu!"


Hands-on & First Impression Xiaomi Redmi Note 4

Desain Xiaomi Redmi Note 4 secara keseluruhan sebetulnya sangatlah cantik dan menawan, tapi kenapa Xiaomi mengadopsi desain sebuah smartphone yang sudah lewat tiga generasi? Lalu saya melihat-lihat desain smartphone dari brand-brand lainnya, dan akhirnya saya simpan kembali pertanyaan saya itu. Too bad HTC, you're gone way too early (eh, gone?).

Feels metal premium sangat kental terasa saat memegang bagian belakang dan pinggir smartphone ini, sementara bagian depannya yang sudah mengadopsi kaca dengan tepian melengkung 2.5D membuat saya tak punya masalah berarti dengan form dan desain dari Xiaomi Redmi Note 4. Yang punya masalah pastinya si tempered glass yang diberikan oleh penjual sebagai bonus. Sudah lumrah kita ketahui bahwa tempered glass akan menyisakan bagian yang tampak kurang menempel pada tepiannya saat dijodohkan dengan layar yang memiliki sisi sedikit membulat ini.

review xiaomi redmi note 4 indonesia
Xiaomi Redmi Note 4 - earpiece, kamera depan, dan sensor proximity

review xiaomi redmi note 4 indonesia
Xiaomi Redmi Note 4 - tombol kapasitifnya dilengkapi lampu latar

review xiaomi redmi note 4 indonesia
Xiaomi Redmi Note 4 - saat layar mati


Di sekeliling layar terlihat garis hitam, ya inilah kekurangan yang terdapat pada smartphone dengan bagian depan yang tak berwarna hitam. Untungnya, Xiaomi tetap membuat bezel-nya berwarna putih mengikuti warna body depan keseluruhan, sehingga tak ada dusta di antara kita, tak ada tipuan bezel yang baru terlihat saat layar menyala.

Lampu LED notifikasi hadir di atas layar, dan lampu latar juga menerangi tombol kapasitif di bawah layar. Sementara dari dua set lubang speaker di bagian bawah Xiaomi Redmi Note 4, hanya yang sebelah kanan saja yang mengeluarkan suara. Sementara yang kiri bisa dipastikan diperuntukkan bagi mikrofon.


Xiaomi Redmi Note 4 versus Redmi Note 3

Satu yang sangat menonjol dari Xiaomi Redmi Note 4 ini adalah layarnya yang cerah dan terang. Apabila dibandingkan dengan Xiaomi Redmi Note 3 Pro yang juga saya miliki, terlihat Xiaomi Redmi Note 4 menang banyak di sektor ini. Ngomong-ngomong perbandingan dengan Xiaomi Redmi Note 3 Pro, saya sempat membuat video perbandingan desain, skor antutu, dan adu cepat membuka aplikasi antara kedua smartphone ini. Yuk, kita simak.


Secara singkat, saya coba buatkan daftar apa saja peningkatan Xiaomi Redmi Note 4 dari sang pendahulunya.

Xiaomi Redmi Note 4 over Xiaomi Redmi Note 3 Pro

  • Desain yang lebih premium
  • Layar sangat kentara lebih terang
  • Posisi lubang speaker lebih baik

Xiaomi Redmi Note 3 Pro over Xiaomi Redmi Note 4

  • Resolusi kamera utama lebih besar
  • Performa masih sangat mampu bersaing dengan harga yang sudah semakin drop


Xiaomi Redmi Note 4 dalam Pemakaian Sehari-hari

review xiaomi redmi note 4 indonesiareview xiaomi redmi note 4 indonesia

Saat pertama dinyalakan, Xiaomi Redmi Note 4 ini masih menggunakan MIUI bersi 7, namun segera saat saya cek pembaruan, sudah ada update OTA untuk MIUI 8 dengan basis Android Marshmallow 6.0. Dalam rangka mengujinya, saya menjadikan Xiaomi Redmi Note 4 sebagai ponsel utama saya, semua aplikasi yang biasa saya gunakan tak lupa dipasang di smartphone ini, mulai dari aplikasi chatting, media sosial, e-mail, hingga multimedia dan games.


review xiaomi redmi note 4 indonesiareview xiaomi redmi note 4 indonesia


Dari segi cara penggunaan, saya tidak merasakan banyak perubahan dari saat memakai Xiaomi Redmi 3x yang masih berkutat di MIUI 7.5. Namun dari sisi performa sangatlah kentara peningkatan yang saya rasakan, semua tampilan aplikasi disajikan dengan cepat dan sangat fluid, perpindahan aplikasi pun sangatlah lancar, maklum RAM-nya besar, 3 GB.

Yang saya sukai dari MIUI 8 adalah jendela notifikasi yang sudah memunculkan toggles tanpa harus menggeser halamannya. Tampilannya pun terasa lebih 2F, fresh dan flat. Dipadankan dengan layar yang kinclong dengan saturasi warna yang pas, rasa-rasanya betah sekali menggunakan dan memandang bagian depan dari Xiaomi Redmi Note 4 ini saat layar menyala.

Satu hal baru pada MIUI 8 yang menurut saya sangat berguna adalah fitur scroll atau long screenshot. Sementara second space dan dual apps tak pernah saya gunakan, walau saya yakin akan berguna bagi sebagian besar orang.

Saat Xiaomi Redmi Note 4 dipakai untuk bermain game 3D yang membuat kinerja processor dan GPU terasah pun saya tak menemui kendala. Game balap Asphalt 8 dan game petualangan Beast Quest mampu dilahap tanpa masalah. Saya bermain game biasanya tak lebih dari lima belas menit, dan selama itu sih tidak pernah pula suhu smartphone ini berlebih. Entah jika digunakan bermain game lebih lama dari itu ya.

Jika membahas baterai, ingatan saya langsung teringat pada pengalaman buruk saya dengan Xiaomi Redmi Note 3 versi Mediatek. Dulu baterai Redmi Note 3 MTK sangatlah payah, tak seperti smartphone berbaterai jumbo. Mungkin karena dulu dapat yang ROM-nya abal-abal ya.

Di Xiaomi Redmi Note 4, beruntung saya mendapat ROM resmi, walaupun yang tersedia memang baru sebatas ROM versi China, bukan Global. Ketahanan baterainya tak dapat dikatakan istimewa, rekor penggunaan terlama saya hanya mencapai 19 jam saja, dengan sisa baterai masih 19% dan screen-on-time 3 jam 23 menit. Sementara rekor screen-on-time terlama saya ada di angka 3 jam 51 menit dengan lama penggunaan sekitar 15 jam dengan sisa baterai 4% saja.

review xiaomi redmi note 4 indonesiareview xiaomi redmi note 4 indonesia

review xiaomi redmi note 4 indonesiareview xiaomi redmi note 4 indonesia


Baterai Xiaomi Redmi Note 4 cukup diajak bertahan melewati kegiatan sehari-hari, di mana pagi lepas charger, dan malam menjelang tidur baru kembali diisi dayanya. Sebatas cukup saja sih, karena menurut hemat saya seharusnya baterai 4.000 mAh itu mampu dibawa melewati satu hari dan satu malam. 

Tapi menilik performa baterai Xiaomi Redmi 3x (processor octa-core kelas menengah dengan clockspeed maksimal 1,4 GHz dan layar 5 inci hanya beresolusi HD 720p) yang kurang lebih sanggup bertahan selama 36 jam, maka performa baterai Xiaomi Redmi Note 4 (processor deca-core dengan clockspeed maksimal 2,15 GHz dan layar 5,5 inci dengan resolusi Full HD 1080p) bisa dikatakan wajar. Setidaknya Mediatek mampu memberi perbaikan performa dan efisiensi pada Helio X20 ini setelah tahun lalu jajaran processor mereka kalah banyak dari milik Qualcomm. Serius, Mediatek Helio X10 sangat-sangat tidak saya sukai karena sangat rakus daya.

Oh ya, daya tahan baterai di atas dihasilkan menggunakan mode balanced. Sebagaimana processor Mediatek lainnya, Xiaomi Redmi Note 4 mempunyai pilihan mode performance untuk memaksimalkan kinerjanya. Mode performance ini hampir tak saya sentuh, selain karena dengan mode balanced saja sudah sangat smooth performanya, saya khawatir suhu smartphone ini ikut dimaksimalkan oleh mode yang satu ini, ha... ha... ha...

Berbicara soal suhu, pada saat mengisi daya menggunakan kepala charger berarus 2A, memang body Xiaomi Redmi Note 4 akan terasa hangat dan cenderung panas. Tapi ini pertanda bahwa proses pengisian daya berlangsung dengan cepat. Dari posisi 4% ke 35% hanya dibutuhkan waktu selama tiga puluh menit saja, dan tambahan waktu sekitar satu jam lebih sedikit diperlukan untuk mengisi baterainya hingga penuh. Cukup cepat kan?

Pada penguncian posisi GPS pun saya tak menemukan masalah. Saat saya gunakan untuk memandu jalan menggunakan Google Maps, maupun saat memesan ojek online, GPS pada Xiaomi Redmi Note 4 mampu memberikan tingkat akurasi yang baik.

Fingerprint scanner pada Xiaomi Redmi Note 4 diletakkan sama persis dengan apa yang ada pada Xiaomi Redmi Note 3. Akurasi dan kecepatan proses buka kunci layar pun memenuhi ekspektasi saya.

review xiaomi redmi note 4 indonesia
Xiaomi Redmi Note 4 - formasi kamera, dual-tone LED flash, dan fingerprint scanner sama persis dengan Redmi Note 3


Review Kamera Xiaomi Redmi Note 4

Hadir dengan mode manual yang hanya bisa mengatur ISO dan white balance saja, Xiaomi Redmi Note 4 tak menyediakan pengaturan manual untuk fokus dan exposure time. Pun demikian, hasil foto yang diproduksi terasa memuaskan, auto fokus yang cepat dan pemilihan titik fokus yang akurat menjadi salah satu kelebihan dari kamera Xiaomi Redmi Note 4.

Entah kenapa resolusi kamera Xiaomi Redmi Note 4 kembali ke 13 Megapixels, setelah Xiaomi sempat memberikan peningkatan resolusi ke 16 Megapixels pada Redmi Note 3 versi Snapdragon.

Mau lihat hasil fotonya? Cek saja di artikel hasil foto kamera Xiaomi Redmi Note 4 ini ya.


Informasi Hardware Xiaomi Redmi Note 4

Berikut adalah informasi hardware yang dikandung oleh Xiaomi Redmi Note 4 yang saya tangkap menggunakan beberapa aplikasi pihak ketiga. Sekalian saya menggunakan fitur long screenshot nih.

Xiaomi Redmi Note 4 dengan CPU-Z:

review xiaomi redmi note 4 indonesia

review xiaomi redmi note 4 indonesiareview xiaomi redmi note 4 indonesia

Xiaomi Redmi Note 4 dengan AIDA64:

review xiaomi redmi note 4 indonesia

review xiaomi redmi note 4 indonesia

review xiaomi redmi note 4 indonesia

review xiaomi redmi note 4 indonesia

Cek Kelengkapan Sensor pada Xiaomi Redmi Note 4 dengan Sensor Box for Android:

review xiaomi redmi note 4 indonesia

Uji Benchmark Sintetis Xiaomi Redmi Note 4 dengan Antutu Benchmark:

review xiaomi redmi note 4 indonesia
Skor Antutu Xiaomi Redmi Note 4 - mode balanced

review xiaomi redmi note 4 indonesia
Skor Antutu Xiaomi Redmi Note 4 - mode performance


Plus dan Minus Xiaomi Redmi Note 4

Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan yang saya temukan selama satu minggu penuh menggunakan Xiaomi Redmi Note 4.

Kelebihan Xiaomi Redmi Note 4:

  • Desain yang menawan dibalut feels premium di semua sisi.
  • Layar yang kinclong dan terang.
  • Performa smooth dan kencang.
  • Kombinasi RAM dan internal memory besar (3 GB dan 64 GB)
  • Posisi lubang speaker sudah berpindah ke bagian bawah.

Kekurangan Xiaomi Redmi Note 4:

  • Desain kurang original (begitu juga desain smartphone lain), saya kurang suka dengan garis putih di bagian belakangnya, walaupun untuk kepentingan signal reception, tapi Meizu M3 Note mampu tampil lebih baik mengakali garis ini.
  • Daya tahan baterai yang biasa saja padahal kapasitasnya besar.
  • Mengusung hybrid slot, akan jadi masalah di varian RAM 2GB dan internal memory 16 GB.
  • Saat tulisan ini dinaikkan, belum tersedia di Indonesia secara resmi maupun via jalur distributor, sehingga harganya masih tinggi.

Apa Kata Aa tentang Xiaomi Redmi Note 4


review xiaomi redmi note 4 indonesia
Xiaomi Redmi 3x dan Redmi Note 4 

Meskipun saat dilakukan adu cepat melawan Xiaomi Redmi Note 3 Pro tidak terasa peningkatan, bahkan banyak kalahnya, sebetulnya performa Xiaomi Redmi Note 4 sama sekali tidak punya masalah. Smooth dan fluid, dua kata itu rasanya sangat pas menggambarkan performa smartphone ini. Kekurangan utama ada pada daya tahan baterainya yang rata-rata saja, padahal saya yakin banyak orang berekspektasi sebuah smartphone berbaterai 4.000 mAh pasti mampu bertahan lama.

Semakin hari saya gunakan, semakin saya coba cari kekurangannya, yang ada saya malah makin betah menggunakannya. Good performance and good looking adalah kombinasi yang sangat manis pada sebuah smartphone. Tinggallah kita menunggu apakah Xiaomi Redmi Note 4 akan masuk resmi di Indonesia? Ataukah akan ada varian lain, semisal Xiaomi Redmi Note 4 Pro dengan processor Snapdragon? Biarlah waktu yang menjawab, soalnya jika bertanya pada perwakilan Xiaomi di Indonesia, kita harus puas dengan dua set jawaban: "Pantengin Terus" dan "Doain aja ya". Hehehe.

Dan sampai waktu itu tiba, saya akan menyimpan semua kenangan manis selama satu minggu bersama Xiaomi Redmi Note 4 ini. Till we meet again!

Anyway, jika kamu sudah membeli Xiaomi Redmi Note 4 dan ingin membuatnya lebih aman, kamu dapat menggunakan beberapa pilihan xiaomi phone back covers berikut ini. Ada banyak pilihan desain casing untuk ponsel kamu di sana.

147 comments:

  1. bagus reviewnya,,
    sekalian mau tanya kalau fingerprint di belakang bisa langsung nyalakan HP tanpa tekan tombol power/tombol lainnya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa langsung nyala Dari posisi layar off

      Delete
    2. Bisa langsung nyala Dari posisi layar off

      Delete
    3. Bila saya tdk mau layar menyala apabila finger print di sentuh,gmn cr nya gan? Tq

      Delete
    4. Bisa langsung kebuka tanpa harus nyalain layar bolehkata fungsi 2x knock layar buatnyalain tidak terpakai, respon finger print sangat cepat rsio 360° bisa dari arah mana aja, skor antutu yg saya dapt mode balance nyentuh 83ribu selian dan mode performance 86rebu sekian hanya saja main game dead triger 2 agak patah dikit mash wajar terbilang game tersebut memang 3d dan sangat berat dengan grafis yang sangat tajam recommended for buy gk nyesel, saya ganti dari mi4i ke redmi note 4 kagak nyesel mantap

      Delete
    5. baterai beli di mana xiaomi redmi note 4?

      Delete
  2. Minta lapak yg jual xiaomi note 4 dong Aa... Ane mau beli

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bro fermana coba main2 ke priceza.co.id
      Smlm ane cek harga 2,3jeti..

      Delete
  3. Nunggu AA review Redmi Pro. Pengen tau kualitas dual kameranya.

    ReplyDelete
  4. A kali speakernya gak stereo kan ya ? Lubang speaker di bawah ada 2 tapi yg bunyi sebelah kanan ajah, apa yang satu cuma hiasan saja, thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama tuh punya saya juga hidupnya sebelah kanan aja. apa yg kiri cuma variasi aja ya?
      Ada yg bisa jelasin mengenai speakernya?

      Delete
    2. Beneran microfon? Redmi 4 juga sebelah kanan doang spekernya :D

      Delete
    3. iya gan.
      xiaomi note 4 ane kenapa cuma speaker kanan yang nyala?
      yg kiri gak nyala gan.
      masalahnya apa itu?di jelasin dong admin

      Delete
    4. punya ane juga gan, cuma bunyi sebelah kanan aja tak kira rusak eh ternyata emang gini ya..

      Delete
    5. emang sebelah gan, bagian kanan doang, bagian kiri itu microphone

      Delete
    6. klo speaker bunyi sebelah sama kayak hp oppo dia juga bunyi sebelah

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. MIUI 8 yg telah diupdate dari version 7, apakah sdh bisa menggunakan layanan 4G all operator di indonesia ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga bisa.. Cuma bisa 4g kalo pake bolt aja selebihnya only 3g

      Delete
    2. Ga bisa.. Cuma bisa 4g kalo pake bolt aja selebihnya only 3g

      Delete
    3. Bisa gan ane pake si biru lancar jaya...

      Delete
  7. Gan, coba tes download Snapchat. Pake kamera utk rekam video. Pengalaman saya di Reno 2 slowmotion nya aktif, jadi gelap dan tidak stabil kameranya. Tolong dicoba ya gan, utk memastikan itu bug di mediatek nya atau bukan.

    ReplyDelete
  8. Gan reno 4 saya dengan rom distri tembus antutu 84.000an, mengalahkan samsung note 5

    ReplyDelete
    Replies
    1. signal 4G nya langsung on ? atau harus setting custom ROM ?

      Delete
  9. ini udah support 4G LTE operator indonesia blm ?
    langsung plug and play atau harus setting ribet ?

    ReplyDelete
  10. Knp redmi note 4 saya ga ada pilihan fingerprint?

    ReplyDelete
  11. Knp redmi note 4 saya ga ada pilihan fingerprint?

    ReplyDelete
  12. saya baru pakai redmi note 4, performa ok, cuma mau tanya nih kenapa panas banget ya, suhunya sempat mencapai 70 derajat celcius pada processor nya, dilihat
    pakai cpu-z, apakah normal? mohon pencerahannya ya. thanks ya

    ReplyDelete
  13. saya baru pakai redmi note 4, performa ok, cuma mau tanya nih kenapa panas banget ya, suhunya sempat mencapai 70 derajat celcius pada processor nya, dilihat
    pakai cpu-z, apakah normal? mohon pencerahannya ya. thanks ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow panas amat, yg saya ajah blm pernah nyentuh 45 drajat, dipake apa aja tuh

      Delete
    2. Ngak dipakai buat main game, cuma standby, pakai 2 kartu. Berasa panas pas dikantong. Lalu sy cek di cpuz br keliatan suhunya. Diluar kantong kadang2 jg berasa panas. Nah ada juga maslah dgn whatsapp, setiap kali klau sdh standby lama, wa ngak masuk. Pas kalau di klik di icon wa nya br deh pada masuk tuh semua. Kenapa ya? Utk koneksi internet tdk ada masalah. Krn istri sy
      Pakai redmi note 3 pro. Dia tdk alami spt saya di wa. Tlng apa ada saran? Thanks ya

      Delete
    3. Ngak dipakai buat main game, cuma standby, pakai 2 kartu. Berasa panas pas dikantong. Lalu sy cek di cpuz br keliatan suhunya. Diluar kantong kadang2 jg berasa panas. Nah ada juga maslah dgn whatsapp, setiap kali klau sdh standby lama, wa ngak masuk. Pas kalau di klik di icon wa nya br deh pada masuk tuh semua. Kenapa ya? Utk koneksi internet tdk ada masalah. Krn istri sy
      Pakai redmi note 3 pro. Dia tdk alami spt saya di wa. Tlng apa ada saran? Thanks ya

      Delete
    4. di setiing aja mas..
      Keamanan - Perizinan - Mulai otomatis
      pilih aja yang on terus mana aja..

      Delete
    5. ngeliat suhu nya jangan di liat dri cpuz ke akuratannya masih kurang banget..... hp dengan suhu segitu mah tangan udah jdi barbeqiu klo megang hp itu...

      kalo pengen aktif trus pemberitahuan WA nya pilih keamanan > perizinan > tinggal di on kan saja app WA nya....

      Delete
    6. Setelan nya jgn pake peforma pasti panas

      Delete
  14. saya pake usb otg, tapi ga nampil di galery atau app lainnya, cuma nampil di app berkas doang, tolong dong infonya

    ReplyDelete
  15. Cara menggunakan long screenshoot gimana Ga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Screenshoot seperti biasa, nanti ada preview screenshoot di pojok kanan atas, cepat cepat pencet previewnya nanti ada 4 pilihan gulir,ubah,k irim dan hapus, pilih yang gulir, setelah itu selesaI
      cara dia atas gak begitu efektif ambil SS di webpage, kalo di menu android lancar

      Delete
    2. Siiip. Terimakasih banyak. Sekarang aku sudah bisa. Hehehehe

      Delete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. Xiaomi note 4 terjatuh dari ketinggian 2 meter. Dan terlihat adanya lengkungan keluar dari casing pinggir di dua sisi. Sisi volume kanan dan sisi kartu kiri. Apakah ada yg menjual casing asli?

    ReplyDelete
  18. permisi mas admin... mau tanya reno 4 aku kok klo nyari signal 4g agak susah ya? pake indosat ooredoo
    padahal kartu baru support LTE, paketan juga 4G
    notif 4G cuma muncul sebentar saja.. terus berubah ke 3G lagi.. sudah 6x pindah tempat jg sama..
    kira kira punyae mas admin bgtu juga apa gak?
    mohon pencerahannya,,

    terima kasih.
    sukses selalu gontagantihape.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ganti kartu lain gan coba indosat suka gtu eman

      Delete
    2. Dulu saya jg gitu awalnya....coba saya dowload mediatek enginering di play store....hasilnya mantap....sinyal 4G stabil...gak kbur2an lgi...

      Delete
  19. kamera belakang reno 4 suka ngelag,,, apa ada yang punya solusi?
    biasanya di restart sudah normal lagi, tapi biar gak kambuh terus gimana ya..?
    terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama gan kyk punya ane suka ngelag klo buat buka kamera tapi klo buat game2 hd kok gak yaa !!!

      Delete
    2. penyakit HP cina gan, infinix note 2 ane jg gitu kadang2 doang sich

      Delete
  20. kalau 4g nya musti diatur-atur seperti redmi note 3 ga?

    ReplyDelete
  21. Bos gue mau tanya redmi not 4 Sdh bisa di gunakan 4 g di Indonesia,,sy lihat di Lazada ada hrg 3 .750.000.ada2.700.000 type yg sama yaitu 3 gb ram internal64 warna sama tlng di jelasin sy mau beli

    ReplyDelete
  22. Bagus mana redmi note 3 pro atau note 4 aa ? Jd bingung mau beli yg mana nie ! Thx a

    ReplyDelete
  23. Reno 4 saya kokk suka keluar suara kresek2 seperti radio yang sedang mencari sinyal yaa pada saat saya menjalankan aplikasi joox. Ada yg tau kenapa? Dan apa solusinya?? Makasih

    ReplyDelete
  24. Bos speaker redmi note 4 saya kok cuma berfungsi sebelah boss?? Mohon infonya boss..

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang sebelah gan, bagian kanan doang, bagian kiri itu microphone

      Delete
  25. Bos speaker redmi note 4 saya kok cuma berfungsi sebelah boss?? Mohon infonya boss..

    ReplyDelete
    Replies
    1. harap di baca & di pahami gan artikel di atas.... jawabannya sudah ada di artikel atas....

      Delete
    2. harap di baca & di pahami gan artikel di atas.... jawabannya sudah ada di artikel atas....

      Delete
  26. Gan,rom reno 4 sy itu rom distributor, bila sy lakukan flash ke rom global maka apa jaringan 4G hilang atau tidak?

    ReplyDelete
  27. Bila dua itu (note 4 & note 3 pro) diajak bentrok zenfone selfi juara mana kang..?

    ReplyDelete
  28. Halo... Udah Support 4G belom bang Redmi Note 4 ?

    ReplyDelete
  29. Reno 4 udeh dtg wrn putih. Dpt langsung miui8 dg 4g aktif. Update via ota, 4g aktif jg. Case blkg pake ipaky. Cma TG yg masalah, krn curved 2.5d, sampai saat ini belum ada TG yg bisa full cover lcd reno 4. Pake merk nillkin amazing h+pro jg lebarnya ga sampe nutupin bingkai hitamnya. Jadi reno 4nya msh blm dipake sampe ada TG yg pas nutup sampe bingkai hitam layar lcdnya. Semoga berguna.

    ReplyDelete
  30. redmi note 3 pro (snapdragon 650 3/32) vs redmi 4 prime vs redmi note 4 (3/64) bagus mana?

    ReplyDelete
  31. mohon tanya ya masta. saya jg baru pakai redmi note 4. pada saat iseng klik pembaruan (MIUI) dlm kondisi terkoneksi internet tapi ketika saya klik cek pembaruan selalu muncul notifikasi hubungkan ke jaringan wifi. semua setting juga uda nyala utk wifi. bagaimana slusinya gan? sementara utk wifi ke aplikasi lain jg conect&lancar

    ReplyDelete
  32. Mas, Mau tanya dong. ini saya pake redmi note 4, masukin simcard indosat. udah preferred network LTE tapi tetep cuma dpt 3G/H+
    nyoba masukin simcard tsel yg emang ud 4G, hasil sama. Gimana ya mas biar 4Gnya bisa jalan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ke pengaturan pilih sim card&mobile network, klik simnya trus ke network priority, pilih LTE, beres

      Delete
  33. krn xiaomi note 4 miui 8 apakah masalah 4G hilang akan dirasakan oleh pengguna? Ingin membelinya takut 4G nya hilang, krn posisi beli online bkan di offline jadi agak susah complain

    ReplyDelete
  34. krn xiaomi note 4 miui 8 apakah masalah 4G hilang akan dirasakan oleh pengguna? Ingin membelinya takut 4G nya hilang, krn posisi beli online bkan di offline jadi agak susah complain

    ReplyDelete
  35. Teman saya pake reno bagus tuh 4g nya ,yg penting settings nya dipilih 4g prioritas

    ReplyDelete
  36. Mau nanya, dari pengalaman aa, lebih tahan mana baterai reno 3 pro atau reno 4?? Kalo ada yg tau, boleh bantu jawab, masih galau nih, mau reno 3 pro atau reno 4

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo menurut gw yg pernah make 22nya,,tu tergantung app yg qta download brad..yg bikin boros app yg sembunyi diblakang layar.aplg data aktif terus

      Delete
    2. Baterei menurut saya lbh kuat reno 3 pro snapdragon.

      Delete
  37. hahaha.. tinkyu reviewnya, sya berasa konyol sndri karena kirain speaker sebelah kiri rusak
    nggk thunya untuk mikrofon pdahl udah sempt nanya kesana dan kemari..😅😅

    ReplyDelete
  38. Belum ada yang review soal soundnya? Saya lihat di spesifikasinya sudah mendukung Hi-Res Audio 24 bit 192 kHz.

    ReplyDelete
  39. gan numpang nanya nih kok xiaomi note 4 gw ngak bisa dibuka galerinya ya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin pas awal hp nyala trus buka galeri ga allow permission

      Delete
  40. Mw tanya donk.. Bru bli note 4 tp maen pou 10 mnitan udah panas bgt hpnya.. Gak ngecek sih suhu brp.. Tp lmyan lma jg nunggu dia adem.. Itu knp ya? Ada solusinya gak? Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  41. Mau tanya ni gan, saya udah 1minggu pakek reno 4 tpi sinyal 4g nya sering hilang hilangan trus udah d update ke versi 8.0.4.0 msh sama.
    Yg setting2 sgla macam udah di coba tpi tetap sama.
    Daerah saya udah suport 4g telkomsel.
    Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu saya awalnya begitu. Sinyal kabur2an....coba gogling solusinya downloads aplikasi di play store namanya..mediatek enginering....di jamin tokceeer...

      Delete
  42. Mas saya mau tanya saya baru pake xiome note 4 seminar, 1minggu knapa cass batrenya lama butuh waktu 3jam untuk full mau tanya lagi apakah charging bawaan hp suda fast charging atau blm?? Moohon bantuan nya

    ReplyDelete
  43. Ada yg tau gk kenapa reno4 ane bunyi sblh kanan aja + kalau layarnya dipencet pas muter lagu/ngegame suaranya ngandat berat,, bagi yg tau solusinya kasitau dong

    ReplyDelete
  44. Untuk speaker cuman bisa sebelah kanan aja .
    Apa ad settingan nya?

    ReplyDelete
  45. Screen on time reno 3 kate bisa tembus 10 jam

    ReplyDelete
  46. Gan, kalo launching resmi buat hape ini tanggal berapa ya?

    ReplyDelete
  47. Gan, kalo launching resmi buat hape ini tanggal berapa ya?

    ReplyDelete
  48. Gan nanya dong, redmi note 4 gak bisa untuk ambil foto pake fingerprint ya? Kalo bisa gimana ya pengaturannya?

    ReplyDelete
  49. Kak mau nanya donk kl xiomi redmi note 4 itu gak bisa pake speed dial ya mohon pencerahan ny kak...masih bingung nie...trims sblm nya...aku tunggu pencerahannya di bali.kasihku@gmail.com kak xie xie

    ReplyDelete
  50. Konektor charger saya rusak. Xiaomi note 4 mahal gak ya servis nya?

    ReplyDelete
  51. Gan ane mau beli ni hp tp gak ada duit. bgmn y enaknya? hahahah... bcanda gan, serius amat... thanks n sukses terus n jgn bosen gontagantihape...

    ReplyDelete
  52. redmi 4a sudah ada di indonesia blm????

    ReplyDelete
  53. Saran ane gan kalo mau batre redmi note agan semua hemat, root hp agan trus agan buat frekuensi cpunya bekerja dibawah maximal , tidak melebihi yg agan tetapkan , misalnya cpu max hp agan berada 2.1Ghz agan buat jadi 1Ghz atau 1.4Ghz saja agar cpu tidak cepat panas, panas hp diakibatkan pemakain cpu yg melebihi atau sudah mentok di max , recomended saya sih di 1.4Ghz aja masih smooth kok gan buat browsing dan lain lain TERKECUALI buat gaming. Kalo mau main game agan tetapkan cpunya di atas 1.4Ghz tadi atau mentokin aja biar puas Gan tp ingat pemakain batre juga ikut boros gan. Abis bermain game setting lagi cpunya turunin Overclock yg udh disetting max tadi,sekian.

    ReplyDelete
  54. Bro, kok ada pola kunci ya stelah ganti tema, padahal ane ga masang itu pola kunci,alhasil hp xiaomi note 4 ane ke kunci? Minta bantuannya yg tau polanya atau cara bikin normal lagi bro makasih

    ReplyDelete
  55. Gan. Reno4 saya minta update tes miuinya. Kalo diuodate masalah ga kan ini romnya global BI.. Ngeri gabisa LTE jadinya

    ReplyDelete
  56. Gan,Leno 4 ane batrenya kok boros ya. Masa cuma dipake stanby doank dengan mode off data dari jam 22.30 s/d jam 05.30 batre berkurang sampai 30%. Apa ini wajar....
    Mohon pencerahannya.

    ReplyDelete
  57. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  58. Xiaomi redminote 4 manthap gan sesuai apa yang anda tulis dan tutorial nya
    Td iseng baca2 coment di atas katanya pake indosat banyak yang hilang jaringan 4G nya saya hanya menambahkan indosat 4G nya masih susah tidak seperti telkomsel jangan menyalahkan HP toh gw aja kalo di jauh dari pusat kota atau daerah 4G jarang mungkin yang ngomong 4G nya susah dapet tinggal di GOA kalih hehehhee kidding

    ReplyDelete
  59. xiaomi redmi note 4 saya kalo lgi di charger knp bisa panas skali yah?? wajar atau perlu disetting???

    ReplyDelete
  60. Jujur agak kcewa sama seri ini, dibanding redmi note 1 3G jadul..
    1) redmi note 1 gak cpt panas, panas cmn kalo main game
    2) redmi note 4 cpt panas, terutama kalo signal gak stabil, battery kyk kesedot cpt bgt habis.. solusi nya sy pake2 kartu inet, kalo ada coverage 4G sy pakai, klo GA ada pakai yg 3G aja.. kalo lagi ngecas, sy mode airplane (ngecas nya cpt kok, 2jam udah 100%).. klo pakai wi-fi nggak panas, wajar2 aja..

    Di setting nya, ada mode 'cool down' setelah lewati sekian derajat, klo punya sy, sy setting klo udah 40°, ada notify untuk cool down gituuu..
    3) kamera depan bs renote1 lebih tajam warna renote1, ya renote4 ttp Bagus sih.. cmn disisi ktajaman sy lebih puas renote1, renote4 kyk pakai filter (padahal udah di off)

    ReplyDelete
  61. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  62. Mau tanya, reno 4 punya saya kalo dipake nonton video malah macet gitu suaranya jadi kurang nyaman nontonnya. Itu kenapa ya? Solusi nya gimana ya?

    ReplyDelete
  63. Ada yg punya pengalaman baterai xiaomi sampai habis total,lalu di charges tidak bisa. Mohon sharing pengalamannya bsgsimana mrngatasinya

    ReplyDelete
  64. redmi note 4 syaa ko di cas stuck di 60% ya?? help ga ada artikelnya

    ReplyDelete
  65. Om, kalo om cas full kan di malam hari, trus om cabut dan om airplane biarkan ga main gitu. Paginya baterainya kurang gak?

    ReplyDelete
  66. Om, kalo om cas full kan di malam hari, trus om cabut dan om airplane biarkan ga main gitu. Paginya baterainya kurang gak?

    ReplyDelete
  67. Xiaomi redmi note 4 saya kok sering ngelag saat buka kamera dan saat mutar mp3 dan video, romnya ud 8.0.4.0 itu kenapa yaaa. Klo direstart normal lg tapi jeda bbrp waktu bisa kembali ngelag lg. Saat sdg chat pun kdg pesan yg terkirim bunyinya tersendat-sendat, begitupula saat screenshoot suka lag dan tersendat juga. Kira-kira solusinya apa yaaa. Mohon dibantu. Makasih

    ReplyDelete
  68. Coba set di pengaturan, setelan tambahan, opsi pengembang, pengoptimalan memori set ke nonaktif. Biasanya defaultx sedang.

    ReplyDelete
  69. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  70. Gan ane mau tanya dong kan itu pencerahannya saya kurangin sampe habis , kok dia malah gelap ya mohon pencerahannya supaya bisa terang kembali layarnya thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masalahnya sama nih sama saya.. Haha kenapa ya? Udah coba setting ini itu juga belum bisa.. Besok ubek2 official forum kaskus dah..

      Delete
  71. Gan mohon pencerhan lampu notifikasi retmi note 4 saya ko kedip kedip terus ya padahal sudah tidak ada notif lagi. Tk

    ReplyDelete
  72. Gan kalo saya rekam video story pake snapchat/instagran kok kezoom sendiri ya? Trs jg diinstagram gabisa manual zoom gtu.. tolong solusinya dong gan

    ReplyDelete
  73. Min kemarin saya baru beli xiomiredminote4 tapi kok layar kadang mati dengan sendirnya padahal lagi nge-jalankan aplikasis contohx buka galeri nanti beberap detik mati...terus pas mau dinyalain pake tombol kanan (power) yg nyala cuman lapmu tombol tengahx sedangkan layar mati..itu knp ya min...takut soalnya baru beli kok langsung ada masalah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sama persis nih pengalamannya! Baru aja kejadian. Terus gimana mba skrg udah bisa? Gimana ngatasin nya?

      Delete
    2. Layarnya gelap ga kalo settingan brightness nya digeser sampe ke kiri full?

      Delete
  74. Gan ada yg tau CARA SILENT SUARA KAMERA RENO 4.... TKS

    ReplyDelete
  75. Gan speaker music hanya denger yg sbelah kanan aja ya

    ReplyDelete
  76. Gan saya beli Xiaomi note 4 .Tapi ketika sinyal nya 3G langsung gak ada koneksi sedang kn kalau pake 4G terkoneksi dan kuota pun banyak .Tolong solusi gan?

    ReplyDelete
  77. Gan saya beli resmi note 4 kan trus di motifnya 4g tp paket 3g saya yg berkurang. Jd caranya bedain yg aktif itu 4g ato 3g gmn ya?

    ReplyDelete
  78. hp saya juga reno 4 tapj menurut saya kurang memuaskan karena saat memutar video di ig sering lag ngga seperti hp saya yang dulu smsung j3 padahal rom saya juga global setabil

    ReplyDelete
  79. Bang ane mau tanya, redmi 4 prime led notifikasinya kok tidak hidup walau ada notifikasi yang masuk. padahal layar dalam keadaan mati

    ReplyDelete
  80. Saya baru beberapa hari beli xiaomi redminote 4, problem nya adalah saat dicharger lama penuhnya, dicharger dari jam 12 malam dalam keadaan mati sampe jam 7pagi masih 90% trus tidak bisa ganti walpaper&lock screen pakai foto yg ada digaleri. Itu kenapa ya bang? Boleh bagi solusinya

    ReplyDelete
  81. Ini ak barusan beli charger awal emg lama yaa?

    ReplyDelete
  82. Maksud masalah nya itu gimana bang ? "Mengusung hybrid slot, akan jadi masalah di varian RAM 2GB dan internal memory 16 GB"

    ReplyDelete
  83. Saya juga pindah ke smartphone Xiaomi khusus gaming, kata temen saya cocok banget buat main game HD.

    ReplyDelete
  84. Kenapa pemutar videonya gambar nya jelek

    ReplyDelete
  85. Ada yg bisa jelasin,ane buka ruang ke dua di redmi note 4,ketika saya lock di ruang pertama pas ane buka kok masuk nya ke ruang ke dua ya ada yg bisa jelasin?

    ReplyDelete
  86. selamat siang agan-agan, mau nanya nih, kok kamera depan xiaomi note 4 saya ga fokus yah, rada rada ngeblur gitu, dan saat layarnya di sentuh( untuk memfokuskan) tidak bisa. mohon pencerahannya agan agan . Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emank gan. Msalah nya di situ. Mngkin bakal hilang klw updare software kdpan

      Delete
  87. Gan saya mau tanya nih,, saya punya xiaomi redmi note 4 pro chipset snapdragon,, wktu saya mainin player musik kok speakernya yg bunyi cuma sebelah kanan ya gan begitu pun ketika saya lg main game,, itu memang dr bawaan apa ada problem sama hardwarenya ya gan,, mohon pencerahan agan"

    ReplyDelete
  88. Gan saya mau tanya nih.. tentang suhu.. kok aplikasi ngk diapa apakan suhu 35 derajat..
    main facebook udah naik ke 38.. main youtube naik ke 42 derajat..
    ini aneh.. padahal belum main game.

    ReplyDelete
  89. Gan xiomi note 4 ane pagi 100% pemakaian normal sore jam 5 udah tgl 30% wajar gak sih

    ReplyDelete
  90. wah kebetulan nh dishopee ada promo HP dan accesories termurah semoga ada xiaomi disana https://shopee.co.id/pc_event/?smtt=1.2490&url=https%3A%2F%2Fshopee.co.id%2Fweb%2Fevents3%2Fcode%2F1057082967%2F%3Fsmtt%3D1.2490

    ReplyDelete
  91. saya mau Tanya game yang sering ada di preview di youtube itu apa ajah


    terima kasih ya aa gogon

    ReplyDelete
  92. Saya beli reno 4 bm, kalau update miui 8.2.10 apa lte tetap hadir

    ReplyDelete