Gadget Promotions

Sunday, September 11, 2016

Tutorial Unlock Bootloader Xiaomi dan Flashing Resurrection Remix untuk Xiaomi Redmi Note 3 Pro Snapdragon

Tutorial Unlock Bootloader Xiaomi Indonesia



Kali ini saya sedang kangen pakai ROM Resurrection Remix, tapi agak malas juga kalau harus beli Xiaomi Mi 4c lagi. Selidik punya selidik, ROM RR ini tersedia juga buat Xiaomi Redmi Note 3 Pro (versi Snapdragon), wah klop deh saya pikir. Karena device terbaru Xiaomi yang dapat official ROM CyanogenMod juga baru si Kenzo ini.

Nah, rupanya untuk flashing ke Xiaomi Redmi Note 3 Pro mau tak mau harus unlock bootloader dulu, tak seperti di Mi 4c dulu. Sempat mengalami beberapa kali kegagalan dalam proses unlock, akhirnya saya berhasil juga sampai flashing. Saya ceritakan langkah-langkahnya menjadi sebuah tutorial di sini ya.


Bahan yang Harus Dipersiapkan:

  1. Xiaomi Redmi Note 3 Pro (saat saya beli hanya Rp 1.559.000 di seller Good Guys, Lazada).
  2. PC/Laptop Windows (saya menggunakan Windows 10 64-bit, harusnya bisa di Windows 7/8 juga, 32-bit juga tak masalah).
  3. Recovery ROM Global Dev untuk Xiaomi Redmi Note 3 Pro, download di: http://en.miui.com/download-301.html.
  4. Minimal ADB & Fastboot.
  5. MiFlashUnlock Tools.
  6. TWRP (Custom Recovery) image untuk Xiaomi Redmi Note 3 Pro, tempatkan di Laptop/PC, saran saya sih satu folder dengan file adb.exe dari bahan nomor 1.
  7. ROM Resurrection Remix untuk Xiaomi Redmi Note 3 Pro, salin ke memori internal smartphone.
  8. Flashable Slim Google Apps, salin ke memori internal Xiaomi Redmi Note 3 Pro.
  9. Sudah punya Mi Account dan sudah verifikasi nomor telepon.
  10. Sudah punya akun forum MIUI.

Persyaratan awal untuk proses ini adalah Anda sudah mendapatkan permission dari Xiaomi untuk melakukan unlock. Anda dapat meminta permission ini dengan cara:

Tutorial Unlock Bootloader Xiaomi Indonesia


  1. Buka web berikut ini: http://en.miui.com/unlock/.
  2. Klik tombol [Unlock Now], lalu login menggunakan Mi Account.
  3. Di halaman selanjutnya, isikan username forum MIUI, negara, nomor telepon yang sudah terverifikasi, dan alasan Anda ingin melakukan unlock (isi saja "I want to repair my broken phone" biar lancar).
  4. Centang lalu tekan tombol [apply immediately].
  5. Anda akan diminta memasukkan kode yang dikirim melalui SMS ke nomor telepon yang tadi Anda isikan. SMS ini biasanya agak lama datangnya, bisa lebih dari satu menit, yang sabar ya.
  6. Masukkan 6 kode angka yang Anda terima, lalu tekan tombol [Next]. Jika cocok maka akan muncul pesan sukses.
  7. Tunggu hingga Anda mendapat SMS yang menyatakan pengajuan proses unlock Anda disetujui (SMS pakai Bahasa Inggris). Dulu saya menunggu sekitar satu minggu untuk mendapatkan SMS ini, konon katanya sekarang hanya sekitar satu hari saja. Kalau sudah dapat SMS ini, boleh lanjut ke langkah-langkah proses unlock di bawah ya.




Langkah-langkah Unlock Bootloader pada Xiaomi Redmi Note 3 Pro (bisa juga dilakukan pada smartphone Xiaomi lainnya)

  1. Gunakan ROM Global Dev, beberapa tutorial lain menyebutkan tidak masalah menggunakan ROM Global Stable, namun saya mengalami kegagalan saat menggunakanya. Jadi lebih baik dari awal gunakan ROM Global Dev. Jika Xiaomi Redmi Note 3 Pro Anda sudah menggunakan ROM Global Stable, cukup download ROM Global Dev lalu gunakan aplikasi Updater dengan memilih menu Choose Recovery Update Package. Bisa koq. Pastikan sudah backup data-data Anda, karena pindah versi ROM dari Stable ke Developer akan membutuhkan proses hapus semua data pada smartphone Xiaomi Anda.
  2. Setelah menggunakan ROM Global Dev, login dengan Mi Account pada smartphone Xiaomi Anda.
  3. Pastikan fitur USB Debugging dan Enable OEM Unlock sudah dinyalakan pada menu Developer Options di smartphone Xiaomi Anda.
  4. Masuk ke bootloader mode, caranya matikan dulu smartphone Xiaomi Anda, lalu tekan dan tahan tombol power dan volume down (-) hingga muncul gambar Mi Bunny dan tulisan FASTBOOT.
  5. Pada Laptop atau PC, buka aplikasi MiFlash Unlock, klik tombol [Agree], lalu login dengan menggunakan nomor telepon dan password Anda. Usahakan login dengan nomor telepon, karena saya mengalami kegagalan unlock saat login dengan alamat e-mail.
  6. Hubungkan smartphone Xiaomi Anda dengan kabel data ke Laptop/PC.
  7. Jika sudah muncul tulisan "Phone Connected" pada aplikasi MiFlash Unlock, tinggal tekan tombol [Unlock] dan proses akan berjalan hingga muncul pesan sukses, lalu tekan tombol [reboot phone] dan smartphone akan melakukan restart.

Gagal Unlock?

Langkah unlock sebetulnya sederhana kan? Cuma memang persiapannya saja yang memakan waktu. Tapi, pada prakteknya saya pun mengalami beberapa kegagalan unlock pada posisi proses baru 50% dengan pesan error "Couldn't Verify Device". 

Ada beberapa kemungkinan penyebab kegagalan ini. Pertama, Anda tidak menggunakan ROM Dev pada smartphone Xiaomi Anda. Cara mengatasinya adalah dengan flashing ROM Dev terlebih dahulu.

Kedua, Mi Account Anda sedang login di lebih dari satu smartphone pada saat bersamaan. Cara mengatasinya adalah:
  • Buka web https://i.mi.com/.
  • Login dengan Mi Account Anda.
  • Di bagian atas web, Anda akan melihat jumlah smartphone yang terkoneksi dengan Mi Account Anda, klik tulisan tersebut maka akan muncul daftar semua smartphone yang pernah Anda gunakan dengan Mi Account Anda.
  • Hapus semua smartphone, sisakan smartphone yang hendak Anda lakukan unlock saja.

Setelah mengatasi masalah di atas, Anda dapat mengulangi proses unlock ya. Jangan takut, gagal unlock tidak akan berakibat apa-apa untuk smartphone Xiaomi Anda. Setelah proses unlock berhasil, prosesnya sama dengan apa yang pernah saya lakukan pada Mi 4c. Cek bagian selanjutnya ya.


Langkah-langkah Mengganti Recovery Xiaomi Redmi Note 3 Pro dengan Custom Recovery TWRP

  1. Pastikan smartphone kamu bootloader-nya tidak locked, jika locked maka harus melakukan unlock bootloader dulu ya.
  2. Pastikan driver Xiaomi Redmi Note 3 Pro sudah ter-install di laptop/PC kamu (hubungkan dengan kabel USB agar Windows mencari driver-nya jika belum ada).
  3. Nyalakan ADB Minimal.
  4. Di Console ADB Minimal, ketik (tanpa tanda petik ya kalo ketik): "adb devices" lalu tekan [ENTER]. Jika benar, maka nomor seri device akan muncul di Console. Jika ada tulisan unauthorized, nyalakan layar Xiaomi Redmi Note 3 Pro kamu, lalu beri permisi pada dialog yang muncul. Ulangi proses nomor 4 ini.
  5. Jika langkah nomor 4 sudah sukses memunculkan device kamu di daftar, lanjut dengan mengetikkan "adb reboot bootloader" lalu tekan [ENTER]. Xiaomi Redmi Note 3 Pro akan masuk ke mode fastboot (gambar Mi Bunny dengan tulisan FASTBOOT).
  6. Ketik: "fastboot devices" lalu tekan [ENTER]. Jika benar, maka nomor seri device akan muncul di Console.
  7. Langkah selanjutnya adalah flashing recovery image (file .img), perintah berikut ini harus pas banget ya dengan lokasi kamu menyimpan file .img di PC/Laptop.
  8. Ketik: "fastboot flash recovery twrp-3.0.2-2-kenzo.img" (jika file .img satu folder dengan file adb.exe, jika tidak maka alamat file harus lengkap, misal: D:\Downloads\twrp-3.0.2-2-kenzo.img)
  9. Akan muncul pesan sukses jika berhasil.
  10. Reboot ke custom recovery dengan cara mengetikkan: "fastboot boot twrp-3.0.2-2-kenzo.img" (jika file .img satu folder dengan file adb.exe, jika tidak maka alamat file harus lengkap, misal: D:\Downloads\twrp-3.0.2-2-kenzo.img). Selesai.


Langkah-langkah Flashing Resurrection Remix ROM ke Xiaomi Redmi Note 3 Pro

  1. Asumsi kita sudah masuk ke custom recovery TWRP dari langkah pada bagian sebelumnya.
  2. Biasakan Backup dulu ROM sebelumnya, untuk jaga-jaga jika flashing gagal.
  3. Pilih menu Wipe (Cache, Dalvik, Data), biasakan selalu wipe jika hendak berpindah ROM ya.
  4. Lalu, pilih Install, dan pilih file .zip berisi Resurrection Remix ROM (ResurrectionRemix-M-v5.7.3-20160829-kenzo.zip), tambahkan satu file .zip lagi untuk Google Apps (Slim_zero_gapps.BETA.6.0.build.0.x-20160516-2250.zip). Lalu swipe tombol [Flash].
  5. Tunggu hingga flashing selesai dan muncul pesan sukses.
  6. Wipe lagi.
  7. Reboot.
  8. Tunggu yang sabar karena boot pertama kali sangat lama (kurang lebih 3-5 menit, dan logo RR saat booting ini asli keren banget, jadi sabar aja).
  9. Voila! Masuk deh ke Resurrection Remix, lanjutkan seperti biasa aja ya dari situ.
Nah, gimana, jelaskah cara unlock dan flashing-nya? Jika ada yang ingin ditanyakan mengenai tutorial ini, follow twitter @GontaGantiHaPe lalu mention deh, karena biasanya channel socmed itulah yang paling fast response, hehe..

Selamat mencoba, dan semoga berhasil ya!

27 comments:

  1. lebih dari 2 minggu belum dapet sms cinta.apakah harus request lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bikin trit keluhan di miui forum... sertakan id dan tunggu staff melihat

      Delete
  2. Replies
    1. saya ganti ya, ke https://basketbuild.com/devs/resurrectionremix/kenzo

      Delete
  3. kalo dah pernah dapat permission dan misal udah dipakai ubl di redmi 3 pro akun masih bisa dipakai buat UBL hape lain tidak ya... apa kudu reques permission lagi untuk hp yang baru...

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1 akun hanya bisa UBL 1 hape dalam 30 hari, jadi kalo udah lebih dari 30 hari mah bisa UBL yg lain :)

      Delete
  4. Om , apakah UBL pakai nomor HP kartu nya harus ada fi HP yang mau di UBL tersebut ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. setauku engga ngaruh loh, lagian kan posisi hp waktu unlock di flashboot mode, flashboot belum bisa sampe detect no hp, jadi tetep bisa unlock *cmiiw*

      btw ava agan ini kok sobatHAPE sih wkwk

      Delete
  5. Thank gan.. ane udah install ikut tutorial agan. berhasil...

    ReplyDelete
  6. om ! mau nanya nih klo misalnya kita udah unlock bootloader yg gk official apakah lgsg bisa instal ini rom !

    ReplyDelete
  7. Cara hapus twrp gmna gan? Supaya balik ke recovery bawaan?

    ReplyDelete
  8. kalo pasang miui pro dari rom distri bgtu jgakah langkah2nya

    ReplyDelete
  9. Bang ini yang versi ram 2gb/3gb atau semua bisa?

    ReplyDelete
  10. belum ada yang nanya kyknya, kalau unlock bootloader itu hapenya mesti di root dulu gak ya? atau UBL itu otomatis ngeroot hp nya? thx

    ReplyDelete
  11. om klo misal belom mendapat SMS yang menyatakan pengajuan proses unlock Anda disetujui (SMS pakai Bahasa Inggris). terus lanjut ke langkah berikutnya bisa nda?

    ReplyDelete
  12. Om, mau tanya nih, Rom skr saya multirom 6.9.29 resmi note 3 pro.
    Sudah Ubl dan Twrp zxc.3.0.2 by.my.
    Td sudah flash RR tp pas boting muncul Deskripsi Gagal.
    Klo mau flash lg RR gmn Om?
    Maaf ya Om.

    ReplyDelete
  13. Fingerprint nya masih belom bisa yaa gan plusss pengaturan navigasi bar yg fisik nya kok gak bisa di non aktifin yaa??Infonya donk gan???

    ReplyDelete
  14. fingerprintnya lancar di kenzo ane, tapi camera depan malah gak kedetek, solusinya gmana ya?

    ReplyDelete
  15. Gan mau nanya, hp saya redmi note 3 pro yg ramnya 3Gb gan mau ganti rom ke rom dev china. Tapi download yg mana yah? Di situ nya ada 4 pilihan buat seri renot 3pro. Mohon pencerahanya gan :)

    ReplyDelete
  16. Link pembelian itu kok tujuannya ke home page Lazada ? bukan ke Item ? mohon pencerahannya bang Himly :)

    ReplyDelete