Gadget Promotions

Thursday, February 16, 2017

Review QCY Q29, Penerus Kehebatan Q26 yang Sudah Stereo

review qcy q29 bluetooth stereo earphone


Masih ingat dengan ulasan dari bluetooth earphone segede upil QCY Q26? Kali ini saya kedatangan bluetooth earphone generasi selanjutnya dari QCY, yaitu Q29.

Tak seperti QCY Q26 yang jomblo alias tak punya pasangan, QCY Q29 hadir dengan lengkap. Selengkap Romeo dan Juliet, Romlah dan Julianto, atau sesederhana kiri dan kanan. Ya selengkap-lengkapnya earphone, pasti cuma kiri dan kanan kan? Ga ada sampai earphone yang empat modul misalkan, kiri-kanan depan-belakang, mau dipasang di mana? Ahahaha.

Sepintas jika melihat penampakan QCY Q29 yang memiliki carrying case yang sekaligus berfungsi sebagai dock charging, saya yakin Anda akan mengidentikkan produk ini dengan wearables lain milik Samsung, Gear IconX. Dan saya yakin juga kemudian Anda akan menyangka ini adalah semacam versi kerehore-nya Gear IconX.

review qcy q29 bluetooth stereo earphone

review qcy q29 bluetooth stereo earphone

review qcy q29 bluetooth stereo earphone

review qcy q29 bluetooth stereo earphone

review qcy q29 bluetooth stereo earphone

review qcy q29 bluetooth stereo earphone


Hore-nya sih iya, kere-nya nggak. Karena meskipun nampak seperti dua buah QCY Q26 yang diberi dock charging, hargan QCY Q29 tak sekedar dua kali lipat dari harga QCY Q26, melainkan enam kali lipat! (harga normal QCY Q29 ini adalah $59.99, tetapi bulan Februari ini ada diskon 40% dengan menggunakan kode voucher "f7a2ef" di halaman produk QCY Q29 ini di Banggood)

Video unboxing-nya dapat Anda lihat di sini.


Dengan output audio yang mempunyai kualitas kurang lebih sama, rasa-rasanya harga QCY Q29 ini akan cukup memberatkan kocek audiophile kelas ekonomi. Meskipun memang harganya hanya sekitar sepertiga Gear IconX, namun seandainya saya harus membelinya sendiri tentu saya pun akan berpikir matang sebelum menolaknya mentah-mentah. Dikira buah mangga kali ah, ada yang matang sama mentah, hahaha!

Pssst... Untung saja saya mah dapet minta dari Banggood.com ahaha. Yang mau beli, bisa cek harga dari QCY Q29 di website Banggood ya.

Fungsi QCY Q29 memang tak selengkap Samsung Gear IxonX. QCY Q29 hanya memiliki kegunaan sebagai wireless earphone saja, tak kurang dan tak lebih. Namun, apabila Anda menggunakan masing-masing modulnya secara terpisah, Anda seakan mendapatkan dua buah QCY Q26. Karena meskipun modul sebelah kanan merupakan modul utamanya, baik modul kiri maupun kanan dapat digunakan sebagai earphone mandiri.

Pada kedua modul, terdapat sebuah tombol yaitu pada bagian yang mengkilap. Saya merasa tombol ini mudah tertekan saat kita memasang atau memperbaiki posisi earphone pada telinga. Rasanya tombol QCY Q26 lebih cocok posisinya buat saya, walau tak menutup kemungkinan sebagian besar orang akan lebih suka posisi tombol besar yang dimiliki QCY Q29 ini.

Sayangnya, sama seperti QCY Q26, tombol pada QCY Q29 ini hanya berfungsi untuk answer atau end call, serta play atau pause musik saja. Kita tak bisa menggunakannya untuk mengontrol media player pada smartphone. Boro-boro bisa merespon sentuhan kayak di Gear IconX mah hehehe.

review qcy q29 bluetooth stereo earphone

review qcy q29 bluetooth stereo earphone

review qcy q29 bluetooth stereo earphone


Tak ada lubang micro-USB pada kedua modul, karena kali ini pengisian daya dilakukan melalui dua buah pin magnetic pada masing-masing modul. Jadi, pastikan Anda tidak meninggalkan charging dock-nya ya, karena itulah satu-satunya jalan untuk melakukan pengisian daya.

Baterai QCY Q29 sendiri masih berkapasitas 30 mAh di masing-masing modul, sehingga daya tahannya pun masih sama dengan QCY Q26 yaitu sekitar 3 jam saja. Perbaikan yang saya rasakan ada di waktu pengisian daya yang rasanya lebih singkat.

Sebelum menghubungkannya dengan smartphone atau notebook Anda, pastikan kedua modul memiliki daya. Anda bisa mencolokkan charger berujung kepala micro-USB, dan lihat lampu indikator pada masing-masing modul. Apabila sudah penuh terisi, lampu indikator akan berubah dari merah menjadi putih, lalu kemudian mati.

Proses pairing-nya sendiri saya akui sedikit memakan waktu dan tak begitu praktis. Jika mengikuti apa yang ada pada petunjuk di buku manual, maka prosesnya adalah seperti ini:
  1. Angkat modul sebelah kanan dari charging dock-nya, secara otomatis earphone ini akan masuk ke mode pairing.
  2. Cari dan hubungkan perangkat bluetooth yang bernama "QCY-Q29_R".
  3. Setelah modul kanan terhubung, angkat modul kiri dari charging dock, dan dekatkan dengan modul sebelah kanan tadi.
  4. Tunggu hingga terdengar suara yang menyebutkan bahwa channel bluetooth sudah tersambung untuk kedua modul earphone.
Sayangnya, cara ini tak selalu berhasil. Saya pun pernah gagal mendapatkan Gista menghubungkan kedua modul QCY Q29 ini dengan cara tersebut. Saya malah berhasil melakukan pairing dengan cara seperti ini:
  1. Dari keadaan mati, masuk ke mode pairing dengan tekan dan tahan terus tombol pada modul kanan QCY Q29 (sekitar 8 detik) hingga bersuara dua kali (suara pertama indikasi menyala, suara kedua indikasi mode pairing).
  2. Lakukan langkah yang sama untuk modul sebelah kiri QCY Q29.
  3. Pastikan kedua modul dalam jarak yang berdekatan, tunggu dan dengarkan kembali suara yang mengindikasikan bahwa kedua modul sudah berhasil terhubung.
  4. Setelah itu, baru pasangkan QCY Q29 dengan smartphone atau notebook Anda, yang dipasangkan tetap yang sebelah kanan ya, sang modul utama.
  5. Voila, saya berhasil menggunakan cara yang ini.


Apa Kata Aa tentang QCY Q29


Dengan harga yang mencapai enam kali lipat dari QCY Q26, saya menyarankan Anda membeli QCY Q26 saja kalo untuk urusan gadget, Anda masih mengenal kata anggaran. Hehe...

Ya, kualitas suara QCY Q26 masih terasa sama, selain itu pairing lebih cepat, dan harganya pasti jauh lebih ramah di kantong.

Kelebihan QCY Q29 ada pada sifatnya yang stereo karena mempunyai modul yang lengkap kiri dan kanan, namun masih bisa digunakan secara terpisah sehingga kita seakan memiliki dua buah earphone bluetooth. Namun memang harus diakui hadirnya carrying case sekaligus dock charging pada earphone ini membuatnya terlihat wah, terlihat seperti barang canggih, dan pastinya bikin tambah keren yang punya, hehe.

Anda yang punya extra budget untuk tampil kece saya persilakan untuk memiliki QCY Q29. Kalau urusan suara mah sudah bukan masalah, bluetooth earphone milik Meizu dan Xiaomi bisa dengan mudah dilibas oleh QCY. Dua jempol saya berikan karena QCY mempertahankan kualitas suara yang oke pada Q26 di produk suksesornya, QCY Q29.

Saya mengerti, dari tadi Anda pasti pusing mengeja Q-C-Y , Q-2-6, dan Q-2-9. Dari itu, saya sudahi saja deh ulasannya, mending Anda coba langsung biar percaya, hehehe. Jika Anda tertarik membelinya, boleh banget klik link QCY Q26 maupun QCY Q29 yang akan membawa Anda ke website Banggood. Moga-moga lagi ada promosi ya.

Sekian, dan hatur nuhun!


No comments:

Post a Comment